Disabilitas Kreatif dan Produktif Hasilkan Produk Berkualitas Bersama Precious One

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Keterbatasan fisik, bukan artinya terbatas juga dalam berkarya atau produktif menghasilkan produk-produk berkualitas. Setidaknya, itulah yang dilakukan oleh Precious One, organisasi di bawah naungan Yayasan Karya Insan Sejahtera sejak tahun 2004 silam. Berbagai kerajinan tangan buah karya teman disabilitas telah dihasilkan dari sini dan bernilai jual.

Bagaimana Precious One Berdiri

Perjalanan Precious One

Perjalanan turut serta memberdayakan teman disabilitas tersebut justru lebih jauh lagi bagi pendirinya, Ratnawati Sutedjo. Adalah sebuah nazar ketika mengalami jatuh sakit hepatitis A yang cukup parah pada tahun 2001 dan tak dapat bekerja seperti sebelumnya, serta tak bisa melakukan apa-apa. Perenungan hadir saat itu dan teringat akan teman-teman disabilitas yang memiliki keterbatasan fungsi fisik dalam menjalani hidup sehari-hari. Berangkat dari sana, timbul niat baik untuk dapat terjun di dunia disabilitas dan menjadi cikal bakal bagaimana Precious One berdiri.

Pendiri Precious One
Ratnawati Sutedjo. Gambar diambil dari: preciousone_tsa

Berawal dari nazar yang hanya ingin mengenal lebih dekat dan berteman dengan disabilitas, niat baik lainnya timbul yaitu untuk dapat berkontribusi membantu teman disabilitas dalam dunia pekerjaan. Hal tersebut berangkat dari berbagai keresahan seperti penolakan pekerjaan dan masih terbatasnya wadah bagi para disabilitas. Padahal sampai saat ini, angka pengangguran disabilitas juga masih tinggi. Benar-benar salut dan inspiratif karena Precious One ini telah hadir selama 19 tahun ini ya.

Bagaimana Precious One berdiri juga tak luput dari pemilihan nama. Nama Precious One dipilih Ibu Ratna tentunya memiliki alasan dan makna di baliknya. Alasan nama tersebut dipilih yaitu bahwasanya setiap pribadi atau individu manusia, apapun dan bagaimanapun kondisinya, merupakan sosok yang berharga. Tak heran hingga saat ini, kontribusi baik di dalamnya telah membawa ke banyak kerja sama dengan berbagai pihak dan mendapatkan banyak penghargaan.

Program-Program di Precious One

Aktivitas yang dijalankan Precious One ini berada di kawasan Meruya Utara, Jakarta Barat. Di sana terdapat toko souvenir hasil karya teman-teman disabilitas, mulai dari tas tangan, boneka tangan, tempat tisu, dan hasil kerajinan lainnya. Adapun di tempat yang sama, terdapat ruang kerja bagi teman disabilitas menghasilkan produk-produk yang bernilai jual.

Program Precious One



Selain produksi produk, terdapat beberapa program yang ada di Precious One ini dan dijalankan, yaitu:

1. Stop Bully Disabilitas

Hal yang meresahkan dalam kehidupan sehari-hari ini yaitu perundungan atau bully. Tak ada satupun yang berhak menerima perilaku tersebut, termasuk teman-teman disabilitas. Program ini turut hadir agar semua kalangan dapat menghargai hidup teman disabilitas dan tentu saja semua manusia, memberikan pemahaman bahwa perilaku tersebut tercela, dan saling menghormati berelasi dalam menjalankan hidup.

2. Special Day for Special Children

Program yang ada di Precious One

Program yang dilakukan dalam satu hari untuk bermain bersama ribuan anak-anak disabilitas sejak 2011. Program ini bukan hanya dilaksanakan di Jakarta Timur saja, namun berikut di kota lain seperti Tegal, Solo, Rancaekek, Purwokerto, dan Sidoarjo.

3. Program Bangga

Merupakan program pemberdayaan para pengusaha disabilitas melalui pendampingan dan kelas bersama materi dari pembicara atau mentor. Bukan hanya pendampingan dalam pengembangan bisnis dan menghasilkan produk yang berkualitas saja, namun juga mempelajari sampai perpajakan.

4. Training Perusahaan

Memiliki keterbatasan tentu saja tidak mudah dan mengalami tantangan yang lebih, training perusahaan ini hadir untuk memberikan semangat dan daya juang serta rasa syukur bersama-sama dalam aktivitas pekerjaan.

5. I Can Do

Merupakan kegiatan produktif yang dijadikan layanan jasa dalam pengemasan alat makan untuk kebutuhan rumah makan atau katering. Teman-teman down syndrome dan autis berada di balik program I Can Do ini.

6. Everyone Can Be Superhero

Menggandeng yayasan setempat, program ini dilakukan dengan penjualan boneka hero yang hasilnya akan disalurkan pada anak-anak yang membutuhkan. Program yang ada Precious One ini untuk memberi penguatan bagi anak-anak bahwa hal yang sedang dihadapi tidaklah lebih besar dari kekuatan yang ada pada mereka.

7. Disability Buddy

Program berbentuk workshop edukatif dan interaktif yang dilakukan di sekolah maupun kantor untuk lebih dekat mengenal teman disabilitas yang mana mengenalkan pada tantangan dan kerumitan yang dihadapi dalam keseharian maupun tahap-tahap dalam hidupnya. Program ini dilakukan untuk menumbuhkan empati, menghargai perbedaan, dan kesetaraan beserta inklusivitas.

Produk-Produk Precious One

Produk-Produk Precious One


Produk yang dihasilkan beragam, mulai dari aksesoris, fashion items, tas, dompet, blouse, pants, dan pernak-pernik lainnya. Teman-teman yang menyukai craft atau pernak-pernik pasti akan suka dengan hasil karya-karya ini. Bisa dikunjungi di website Precious One, maupun di Instagram dengan akun preciousone_catalogue, atau bagi yang menyukai berselancar di e-commerce juga ada dengan akun official Precious One.

Manfaatkan iReap POS Untuk Kelola Produk


Mengelola usaha tentunya bukan hal yang mudah, perlu waktu bertahun-tahun untuk mengetahui dan mengenal bagaimana jalannya usaha yang paling tepat. Belum lagi menganalisis pasar yang terus mengalami perubahan di setiap tahun atau beberapa tahun sekali. Precious One, seperti yang telah tertulis di atas memiliki banyak produk yang dihasilkan dan untuk membantu dalam hal pengelolaan, mereka menggunakan iReap POS Pro.

Apa itu iReap POS Pro? Sederhananya, iReap POS ini merupakan aplikasi yang manfaatnya dapat digunakan untuk mengatur dan menjalankan operasional toko. Di dalamnya terdapat point of sales (sistem kasir) dan sistem yang diperuntukan untuk mengelola barang. Aplikasi kasir android ini memiliki kepanjangan dari Integrated Retail Application Point of Sale. Jadi dengan aplikasi ini, kasir toko atau pemilik usaha akan lebih mudah dalam mengelola stock dan menganalisis produk di usahanya. Hal tersebut karena fiturnya telah terintegrasi sehingga tidak perlu lagi menggunakan cara manual.

Aplikasi kasir iReap POS memiliki dua versi, yaitu versi Lite dan versi Pro. Yang digunakan oleh Precious One sendiri yaitu yang versi Pro. Bedanya terletak di fitur-fiturnya, jika yang versi aplikasi iReap POS Lite dapat digunakan secara gratis namun tetap tanpa iklan maupun tanpa batasan. Sedangkan yang versi Pro tentu saja terdapat biaya tambahan, namun tentu saja dengan fitur-fitur lanjutan.

Testimoni positif dari Bu Ratna sendiri dalam menggunakan iReap POS ini juga dirasakan, yaitu seperti dapat dengan mudah mengetahui produk mana yang paling laris, mudah digunakan bagi pemula, dapat memantau pendapatan secara real time, dapat mengetahui siapa saja konsumen yang sering berbelanja, serta kemudahan tim support dalam merespon pertanyaan maupun bantuan ketika terdapat kendala.

Fitur di iReap POS Lite

Fitur yang ada di aplikasi kasir iReap POS Lite ini cocok untuk bagi yang baru merintis usaha, kasir toko small business, segala usaha retail, atau yang sedang memangkas budget namun tetap optimal dan terbantu dalam pengelolaan usahanya. Kemudahan tersebut dapat dilihat melalui fitur yang ada di aplikasi berikut:

Aplikasi iReap POS Lite

Fitur gratis yang dapat dimanfaatkan di aplikasi iReap POS lite ini yaitu: penjualan dan pengembalian barang, scan untuk barcode, print struk penjualan (wi-fi & bluetooth), pengaturan persediaan barang, harga pokok persediaan, laporan grafis transaksi penjualan kasir, email laporan, dan back up & restore data dari dan ke local drive atau google drive. Fitur-fitur yang ada ini dapat digunakan ketika tanpa adanya internet atau offline, hal tersebut karena memang dapat digunakan tanpa menggunakan internet sama sekali karena data yang diambil dan tersimpan berada di device masing-masing pengguna. Begitu memudahkan ya? Jadi penjualan tak akan terganggu karena masalah internet karena tak akan berpengaruh. Begitu juga dengan pelaku usaha yang berada di desa atau daerah terpencil, cocok untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Ringan, Mudah Digunakan

Point Of Sale

Ketika saya mencoba aplikasi kasir iReap POS Lite ini, ternyata sesuai dengan testimoni positif founder Precious One tersebut. Aplikasinya cenderung simpel saja dan sama sekali tidak berat digunakan dalam mengakses fitur maupun menu-menu. Ketika klik satu menu ke yang lainnya juga responsif, tak perlu menunggu loading lama. Kemudian walaupun ini versi Lite atau gratis, sama sekali tak terganggu dengan iklan dan navigasi menu sangat mudah dipahami.

Yuk bagi yang sedang mencari rekomendasi aplikasi kasir, bisa pakai iREAP POS ini. Bisa dimulai dari iREAP POS Lite terlebih dahulu untuk merasakan kemudahan yang ada dan bantu kelola operasional bisnis yang sedang dijalani. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play ya. Selamat mencoba!
***

16 komentar

  1. Tari aku sementara liat di Tokped barang2 yg dijual oleh precious one, dan bagus2 ternyata. Ada beberapa baju dan outernya yg aku suka, juga Tote bag. Mungkin ntr kalo aku traveling lagi, mau beli beberapa buat oleh2 temen di negara tujuan. Soalnya beberapa design kliatan Indonesia banget. 👍

    Kereeen mba Ratna ini bisa bikin komunitas begini. Banyak perusahaan yg tidak mau menerima staff disabilitas, padahal banyak rj antara mereka yg jauuuh lebih skillful drpd orang biasa

    BalasHapus
  2. Wah aplikasi iREAP POS ini membantu banget buat yang memiliki usaha. Bahkan sangat mudah digunakan. Juga memiliki versi lite ya kak. Btw pendiri precious one juga sudah membuktikannya.

    BalasHapus
  3. Wah Precious One berada di kawasan Meruya Utara, Jakarta Barat ya, dekat rumahku ini, sebelahan kelurahan sama aku di Joglo...coba cari workshopnya nanti, produknya unik dan cantik. Sebuah misi mulia yang diemban semoga terus dimudahkan apalagi untuk urusan aplikasi kasir sudah didukung iReap Pos yang praktis dan membantu.

    BalasHapus
  4. Suka dengan adanya program stop bullying disabilitas juga adanya special day untuk mereka. Jadi kerasa keberadaan disabilitas itu tidak dipandang sebelah mata ya

    BalasHapus
  5. Seneng banget membaca tulisan ini. Bagaimana Precius one bisa memberdayakan teman teman disabilitas sehingga punya karya luar biasa, ini patut diacungi jempol dan mudah mudahan diikuti ama perusahaan lainnya juga

    BalasHapus
  6. Masya Allah .. kerennya Mbak Ratna .. semoga sehat selalu sehingga bisa membersemai para difabel dengan baik. Penggunaan teknologi untuk mempermudah segala sesuatunya memang perlu ya ... semoga semakin berkembang.

    BalasHapus
  7. Kadang ketidakberdayaan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan menimbulkan "perlawanan" untuk bangkit dan lebih peduli. Seperti yg dilakukan oleh Ratnawati Sutedjo ini. Di balik "ketidakberdayaannya" karena sakit justru menimbulkan ide yg tidak tanggung-tanggung, meeangkul para disabilitas untuk bersama-sama bwkerja dan melawan ketidakberdayaan. Semoga makin sukses semua program-programnya.

    BalasHapus
  8. Kadang ketidakberdayaan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan menimbulkan "perlawanan" untuk bangkit dan lebih peduli. Seperti yg dilakukan oleh Ratnawati Sutedjo ini. Di balik "ketidakberdayaannya" karena sakit justru menimbulkan ide yg tidak tanggung-tanggung, meeangkul para disabilitas untuk bersama-sama bwkerja dan melawan ketidakberdayaan. Semoga makin sukses semua program-programnya.

    BalasHapus
  9. Suatu program yang mulia sekali dari Precious One ini, bukan hanya mendampingi tapi juga memberi pelatihan para disabilitas untuk lebih mandiri. Dan produk yang dihasilkan pun bernilai jual tinggi ya, salut deh

    BalasHapus
  10. Yang begini perlu banget diapresiasi usahanya keren mbak, nah untuk aplikasi kasir itu sendiri uda saya noted kan seiapa tau kedepannya saya punya usaha sendiri hehe thx yaa ulasannya.

    BalasHapus
  11. Keren banget ya..
    Selalu ada titik balik yang membuat seseorang bisa bangkit dan menginspirasi. Bersama Precious One dan aplikasi iReap POS lite, maka usaha sahabat-sahabat disabilitas bisa semakin maju dengan pengaturan keuangan yang baik.

    BalasHapus
  12. Wow,, keren itu ibu ratna nya,emamg klo disabilitas kecil kmungkinan bisa bekerja dengan normal di perusahaan. Smoga usaha mreka bisa berkembang pesat, aamiin

    BalasHapus
  13. Keren banget si Precious One bisa memberdayakan penyandang disabilitas untuk bisa berkarya. Apalagi hasil karya dapat menghasilkan cuan yang tentunya membantu perekonomian setiap penyandang disabilitas.

    BalasHapus
  14. Salut dengan umkm yang mulai memberdayakan teman-teman difabel, saya yang baru belajar dan mendalami tentang inklusif, jadi banyak belajar dari teman-teman difabel ini

    BalasHapus
  15. Saya lihat foto-foto di atas, produk-produk yang dihasilkan teman-teman disabilitas bagus-bagus ya..
    Jadi pengen beli-beli de..
    Jiwa shoppingku meronta-ronta

    BalasHapus
  16. Masya Allah tabarakallah smg makin banyak sobat disabilitas yg terbantu mendapatkan lapangan pekerjaan, banyak wirausaha yg mulai melirik merrka amin 3x (gusti yeni)

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.