Meredam Kebosanan dengan Game Keuangan, Ternyata Menantang!

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Akhir-akhir ini saya sedang merasakan kejenuhan terhadap rutinitas yang saya sukai. Rasanya? Jangan ditanya. Efeknya membuat kurang bersemangat dan lebih banyak menunda-nunda. Sangat berkebalikan dengan prinsip bahwa waktu begitu berharga dan sebaiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Satu dua kegiatan pancingan sudah dilakukan, namun sifatnya sementara saja.

Mortgage Calculator Money Games
pict: @storyset (freepik)


Jika sudah begini, sebetulnya jawaban lain adalah meninggalkan dulu hal yang biasa dilakukan tersebut sejenak, sekalipun hal tersebut sangatlah disukai. Lakukan hal yang belum pernah dicoba sebelumnya, untuk dijadikan stimulasi. Tambahan lagi, pilih yang menantang agar otak aktif bekerja, bukan hal repetitif yang mudah bosan.

Segera saya mengaktifkan mode fokus dan do not distrub di gawai, membuka laptop, dan mencari permainan sederhana untuk merangsang otak jadi lebih aktif. Saya memilih yang berbasis web tanpa unduh aplikasi karena sementara akan digunakan dalam jangka waktu yang singkat saja. Ternyata ada yang gratis dan tak perlu login atau membuat akun terlebih dahulu, kebetulan sekali.

Terdapat Aneka Games Finansial

Tema permainannya seputar finansial atau keuangan, dan tertulis untuk anak atau children. Lho, bukan berarti dewasa nggak bisa memainkannya, jangan salah walau terlihat sederhana dan warna-warni ceria, tingkatannya ternyata susah juga. Jangan terkecoh, ya! XD Lagi pula, sudah cukup lama tak membangkitkan sisi anak-anak dalam diri. Bermain ini sebagai orang dewasa juga sekalian melihat manfaatnya, jika dimainkan untuk usia anak-anak.

Temanya finansial dan gamesnya beragam, ada yang tentang bisnis, simulasi restoran, game real estate, simulasi pertanian, bahkan sampai software development. Saya tertuju pada games yang membuat saya tertarik dahulu, yaitu Money Games, Grocery Store Games, dan Environmental Games.

Berikut beberapa permainan yang telah saya coba dan pengalamannya:

  • Money Games

Ketika membuka menu ini, maka akan muncul berbagai permainan pilihan, jadi tidak hanya sebatas satu permainan saja ya. Beberapa nama muncul dan sekilas mirip-mirip seperti Cashier Simulator, Cash Back, Grocery Cashier, Treze Coins, Idle Money Tree, dan Supermarket Numbers. Lantas saya mencoba Grocery Cashier.

Grocery Cashier

Grocery Cashier ini ada pop-up petunjuknya ketika memainkan, jadi bukan hanya saat instruksi di awal saja. Sekilas sederhana karena hanya perlu memasukan harga tertera di belanjaan, menjumlahkan, menghitung total akhir, kemudian menguranginya dengan shopping voucher atau uang senilai tertentu, belum lagi kembalian.

Di permainan ini ada dua jenis metode pembayaran, yaitu menggunakan cash atau menggunakan gift voucher. Jika cash dan uangnya melebihi total belanjaan, maka kira wajib memberi uang kembalian pada customer baru transaksi dinilai selesai. Sedangkan jika menggunakan kupon/voucher belanja, meskipun nilai kuponnya jauh lebih besar dari belanjaan, maka tidak perlu memberi uang kembalian.

Cashier Games

Ada waktu permainan ini diberi batas waktu, ada juga yang tidak, jadi munculnya random aja gitu. Nah saat muncul batasan waktu, maka kita harus cepat dan akan game over jika melebihi batas waktu. Jujur permainan ini lumayan membutuhkan fokus dan kecepatan, sering salah ketik angka, atau paling tricky saat mengembalikan uang kembalian.

Menurut saya, untuk memainkan Grocery Cashier ini akan lebih mudah jika menggunakan perangkat gawai layar sentuh. Kalau menggunakan touch pad atau mouse akan kurang cepat. Nah kalau menggunakan touch screen, kemungkinan sensasi seperti menjadi kasir akan lebih terasa karena menyentuh langsung. Mau coba main game ini? Bisa cek sendiri di Grocery Cashier ya.

  • Grocery Store Games

Beralih ke pilihan game finansial selanjutnya yaitu Grocery Store Games. Namanya mirip dengan yang disebutkan di atas, namun berbeda jauh ya. Untuk pilihan game ini ada Idle Hypermarket Empire, Tap Supermarket, dan Casagrandes Mercado Mayhem.

Hypermarket Empire

Saya memilih pilihan pertama yaitu Idle Hypermarket Empire. Konsep permainanya yaitu membangun supermarket dari awal, mulai dari atur jualan, menyetorkan ke staf lainnya untuk dimasukan ke bagian keuangan, dan mengumpulkan uang hasil penjualan untuk dijadikan modal pembangunan hypermarketnya.

Idle Hypermarket Empire

Untuk permainan ini bagi saya lebih monoton karena tinggal klik-klik saja, meskipun demikian saya tertarik karena warnanya yang biru dan mudah menarik minat mata. Game ini akan disukai bagi yang menyukai membangun tempat dari awal, nantinya orang-orang atau staf yang ada di dalamnya juga bisa ditambahkan.

  • Environmental Games

Berlanjut lagi ke jenis permainan Environmental Games, alasannya karena unik walaupun bertema keuangan tetap mengikutsertakan tema lingkungan di sini. Tertulisnya berisi mengenai daur ulang, energi hijau, dan manajemen sumber daya. Penasaran dong tentunya isinya apa aja, ternyata ada Wind and Solar, Lumberjack Master, Idle Forest, Sort the Trash, dan Twin the Bin.

Sort The Trash Game

Saya langsung tertarik dengan Sort the Trash dengan alasan perpaduan warnanya yang menarik dan saya menyukainnya. Kalau dari namanya sebenarnya sudah bisa ditebak jika ini sepertinya permainan menyortir sampah. Benar saja isinya menyortir jenis sampah tertentu sesuai dengan instruksi. Nantinya terdapat tiga kali kesempatan jika menadah jenis sampah yang salah kemudian baru game over. Hati-hati juga melewatkan jenis sampah yang jatuh karena jika tiga kali melewatkan, kesempatannya juga akan berkurang.

Game Daur Ulang

Recycle Games

Game Tentang Lingkungan

Sederhana sekali ya kelihatannya? Namun dari kaca mata dewasa, permainan ini bagus sekali untuk mengenalkan anak mengenai penyortiran jenis sampah. Nantinya jenis sampah yang salah misalnya, akan muncul pop up mengapa sampah tersebut tak bisa didaur ulang. Misalnya saja bekas gelas kopi, sedotan, sampah buah-buahan, tidak masuk dalam kriteria sampah daur ulang. Yang bisa hanya botol kaca, botol plastik, dan kaleng. Kalau mau nyobain juga, bisa langsung klik di Sort the Trash ya.

Saya juga mencoba permainan Twin the Bin, dengan konsep serupa namun bedanya menggunakan sistem waktu selama 3 menit untuk mengumpulkan jenis sampah tertentu. Bedanya di sini tak ada penjelasan mengapa sampah tersebut masuk atau tak masuk kategori, hanya sebatas menggolongkannya menjadi jenisnya.

Twin the Bin

Masih terdapat pilihan financial video games for kids selain yang disebutkan di atas, misalnya Business Simulation Games, Office Politics Games, bahkan sampai Cryptocurrency Games. Untuk game yang terakhir menarik rasa penasaran karena perihal aset kripto dalam game ini bagaimana ya bentuknya jika dikemas dalam game anak? Akan saya coba jika beberapa games pilihan telah dicoba semuanya. Oh iya, kita juga bisa membagikan skor yang telah diraih di media sosial, lho!

Selanjutnya saya penasaran dengan Restaurant Simulation Games karena ada Coffee Shopnya. Teman-teman juga bisa merasakan keseruan berbagai permainan ini di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/. Sekali lagi, tenang saja karena bebas dari gangguan iklan. Kalau sudah pernah bermain di sini, bisikin dong, permainan seru apa yang pernah dimainkan di sini?
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.