Cara Mudah Membuat Website Bisnis

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hai para pelaku usaha atau bisnis! Jangan sampai usahamu terhambat karena kamu tidak tahu cara mudah membuat website bisnis ya. Faktanya, kini membangun website tidak memerlukan keahlian teknis, seperti kemampuan coding untuk membangun website dari awal. Sementara itu dari segi biaya sendiri, membuat website bisnis juga tidak memakan biaya yang mahal. Memangnya bisa begitu?

Optimasi Website Bisnis
Img by freepik

Nah, pada artikel ini akan menjelaskan cara membuat website yang praktis, ramah pemula, dan tentunya dengan biaya yang murah. Jadi, pastikan kamu ikuti pembahasan sampai akhir ya! Yuk, langsung menuju ke pembahasan langkah demi langkahnya berikut:

1. Tentukan Jenis Website

Pertama-tama, untuk memulai cara mudah membuat website bisnis kamu perlu menentukan tipe website yang akan dibuat. Setiap tipe website memiliki karakteristik yang berbeda karena menyesuaikan dengan preferensi dan tujuan target audiensnya. Adapun beberapa tipenya antara lain, seperti:

  • Website Portofolio

Ini merupakan website yang digunakan untuk menampilkan karya secara online. Tujuannya antara lain sebagai validasi profesionalitas di bidang tertentu, eskalasi jangkauan klien, dan lainnya.

  • Website Toko Online

Layaknya toko pada umumnya, website ini menjadi media untuk memasarkan dan menjual produk kepada konsumen. Website toko online memudahkan proses transaksi, termasuk dengan menyediakan fitur pembayaran yang aman.

  • Website Blog

Meskipun sifatnya personal, blog banyak diminati untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Misalnya untuk digunakan memberikan ulasan, menjalankan program afiliasi, dan sebagainya.

  • Website Komunitas Online

Ini merupakan website yang digunakan untuk mewadahi komunitas dengan ketertarikan atau hobi di bidang yang sama. Tipe website ini dilengkapi berbagai fitur yang memungkinkan setiap anggota komunitas untuk saling berinteraksi.

2. Dapatkan Domain dan Hosting

Usai menentukan tipe website yang akan dibuat, selanjutnya kamu perlu mendapatkan nama domain dan hosting. IDwebhost punya pilihan paket hosting murah yang dilengkapi dengan domain gratis. Untuk mengetahui cara mendapatkannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka halaman paket hosting murah IDwebhost.
  • Berikutnya, pilihlah paket hosting Cute dan klik Pilih Sekarang.
  • Pada halaman selanjutnya, masukkan nama domain yang diinginkan dan alamat emailmu.
  • Tentukan metode pembayaran yang sesuai dan klik Checkout.
  • Usai menyelesaikan pembelian hosting, kamu akan mendapatkan email yang berisikan informasi user login dan passwordnya.
  • Lanjutkan dengan membuka halaman member area dan lakukan login.
  • Jika sudah berhasil masuk, akses cPanel dan lakukan instalasi sertifikat SSL sesuai dengan nama domain yang sudah dipilih.

3. Pilih Platform yang Akan Digunakan

Berikutnya, kamu harus menentukan platform mana yang akan digunakan. Kamu dapat menggunakan CMS, website builder, atau coding manual untuk membuat website. Nah, untuk cara mudah membuat website bisnis ini, kamu bisa menggunakan CMS sebagai pilihan terbaiknya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka kembali cPanel dan temukan Softaculous Apps Installer.
  • Dalam menu ini, kamu bisa menemukan banyak pilihan CMS yang tersedia. Misalnya, WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya.
  • Arahkan kursor ke salah satu CMS yang dipilih, misalnya WordPress.
  • Pada pilihan WordPress klik tombol Install untuk memasangnya.
  • Berikutnya, masukkan nama domain dan hapus “wp” pada kolom In Directory.
  • Jika sudah mengisi semua kolom yang disediakan, gulir ke bawah dan klik Install.

4. Lakukan Optimasi Website

Membuat Website Bisnis
Img by freepik

Setelah menginstall platform yang akan digunakan, berikutnya kamu bisa memulai optimasi website. Masuk ke halaman dashboard WordPress melalui namadomainkamu.com/wp-admin, untuk melakukan posting, editing, atau mengubah tema.

Jika kamu ingin mengubah tema web, kamu bisa menggunakan menu Appearance > Themes > Add New. Pada halaman ini, kamu bisa memilih berbagai tema WordPress gratis sesuai dengan seleramu.

Tidak lupa, pastikan juga untuk menginstall berbagai plugin yang bisa mendukung performa website misalnya Yoast SEO. Plugin ini dapat membantu untuk mengoptimasi website di search engine, sehingga situsmu bisa mudah ditemukan oleh user.

5. Buat Konten dan Promosikan Website untuk Menghasilkan Traffic

Terakhir, buatlah konten dan promosikan website untuk mendatangkan pengunjung. Kamu bisa membuat berbagai konten menarik yang sesuai dengan niche situs. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat, mengoptimasi gambar, dan buat permalink yang mengandung keyword relevan.

Untuk mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas, bagikan konten website ke berbagai platform lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan link building, dengan membuat konten backlink untuk mengarahkan user mengunjungi websitemu.

Ternyata cara mudah membuat website bisnis memang terbukti sangat praktis kan? Mulai sekarang, pastikan untuk mempercayakan jasa pembuatan website dan hosting kepada IDwebhost ya! Pilih paket hostingmu sekarang yuk!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.