Manfaat dan Kandungan Susu Kambing Etawa Untuk Beragam Usia

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hustling dari satu ke yang lainnya dalam hidup, ternyata efeknya sangat terasa di badan. Terlebih lagi usia bukan lagi remaja atau awal 20an yang masih enerjik karena beban lebih sedikit. Badan mudah pegal, kalau dibawa begadang dikit langsung sakit semua, dan jika sedang tidak dibarengi olahraga, gerak rasanya lebih berat dan kurang nyaman.

Momen tersebut justru menjadikanku lebih aware dengan kesehatan tubuh sendiri dan langsung mengecek apa saja yang kira-kira dibutuhkan, apakah perlu tambahan suplemen atau konsumsi susu etawa, perlu mengurangi makanan tertentu, mengecek kembali jam tidur, dan seterusnya. Memang tak mudah melakukan kesemuanya secara bersamaan, namun jadi tahu bahwa usaha yang dilakukan tidak lain untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri. Terlebih lagi perihal apa yang dikonsumsi, efeknya bukan dalam jangka pendek atau langsung terasa, melainkan jangka panjang.

susu etawa
Photo by Artem Podrez (Pexels)

Dari sana jadi sadar penuh atau bahasa sekarang yaitu mindful terhadap semua yang aku konsumsi. Harus memperhatikan dan teliti dalam melihat keseluruhan kandungan, apakah ada manfaatnya ke tubuh atau hanya rasa enak yang didapatkan. Sementara asupan sehat untuk sehari-hari ini lebih penting dari pada mengejar rasa nikmat namun tanpa nilai lebih. Sesekali boleh saja, namun sebagai self-reward dan aku lebih memilih rasa nyaman pada tubuh untuk bergerak ke sana dan ke mari.

Manfaat dan Kandungan Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan

Pada suatu ketika, aku membuka kulkas dan terdapat beberapa bungkus susu kambing bubuk kepunyaan ibuku. Beliau mengonsumsinya untuk alasan membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi. Waktu itu pun kupikir jika susu kambing ini seperti susu untuk pengeroposan tulang yang biasa dikonsumsi untuk dewasa atau usia lanjut. Setelah aku cari tahu, khasiat susu kambing etawarich ternyata justru memiliki berbagai manfaat untuk beragam usia.

Merasa bahwa ada beberapa keluhan dalam diri yang cocok dengan manfaat susu kambing selain untuk pengapuran tulang, lantas aku mencari lebih jauh. Aku sendiri sudah cukup lama tahu jika susu kambing yang diperuntukkan untuk konsumsi ini adalah susu kambing etawa. Susu untuk kesehatan ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti seng, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, dan juga vitamin C. Dalam susu etawa juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, kalium, natrium, dan zat besi.

Dengan sejumlah kandungan susu etawa tersebut, manfaatnya juga tentu saja mengikuti dan baik untuk kesehatan tubuh beragam usia. Dugaan awalku akan susu etawa ini hanyalah susu tulang keropos ini tentu saja tidak benar. Berbagai manfaat kandungan dari susu etawa ini yaitu:

1. Bantu Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Seperti susu sapi, susu kambing dari etawa ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi karena mengandung sumber kalsium dan fosfor. Untuk usia dewasa dan lanjut, maka susu nyeri sendi ini akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mengurangi nyeri pada sendi serta mencegah risiko dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Sedangkan untuk anak-anak juga bagus dalam pertumbuhan tulang dan gigi serta mencukupi kebutuhan kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam susu.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dengan kandungan kompleks yang telah disebutkan, susu kambing etawa ini juga dapat bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut karena dengan mengonsumsi susu kambing etawa, terdapat protein imunoglobulin yang dihasilkan dan bermanfat untuk melawan berbagai virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah bagi yang rutinitas setiap harinya melalui jalanan dan polusi serta jam kerja yang padat, oke juga nih melengkapi dengan susu kembing etawa dalam keseharian.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Susu kambing etawa ini istimewa karena selain dapat menjaga kesehatan tulang, juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan karena mengandung senyawa probiotik bernama oligosaccharides. Seperti yang kita tahu bahwa kesehatan pencernaan ini begitu penting dan berpengaruh sekali untuk tubuh kita, maka dari itu tak jarang akan menemui anjuran semacam untuk menjaga pencernaan agar terhindar dari berbagai sumber penyakit dan gangguan pencernaan. 

Aku sendiri setuju karena jika tidak dijaga dengan baik, keluhan akan timbul dan menunjukan bahwa pencernaan sedang tak baik-baik saja. Misalnya jerawat karena usus mengolah makanan yang kurang baik untuk kulit, mood yang berubah karena tubuh mencerna asupan yang kurang akan kandungan vit B kompleks, sampai mudah lelah karena kurang vitamin-vitamin yang tubuh butuhkan.

Selain dua manfaat tersebut, kandungan laktosa yang ada pada susu kambing etawa ini juga cenderung lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Sehingga akan lebih aman juga jika dikonsumsi bagi yang memiliki lactose intolerant yang biasanya akan berefek pada mulas atau diare.

4. Baik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Susu kambing etawa selain baik untuk beragam usia ini, juga baik untuk ibu yang sedang mengASIhi atau sedang mengandung. Kandungan protein yang ada di susu kambing etawa ini baik untuk perkembangan sel-sel janin, meningkatkan suplai darah untuk janin, serta memperkuat rahim. Kandungan protein yang ada dalam susu kambing ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai, atau susu almond.

Ibu hamil juga membutuhkan nutrisi dan kalsium lebih selama masa kehamilannya  karena terbagi untuk dirinya dan janin yang dikandung. Susu nyeri sendi INI mengandung kalsium yang baik untuk jaga kesehatan tulang ibu dan perkembangan tulang dan gigi bagi janin. Tak lupa juga dapat turut menjaga pencernaan sang ibu ketika hamil dan dapat mengurangi gangguan pencernaan yang dialami.

Jadi, susu untuk pengeroposan tulang atau susu kambing etawa ini bukan hanya untuk usia lanjut saja yang biasanya mulai terdapat keluhan seperti pengapuran tulang ya. Melainkan baik untuk ibu hamil dan juga menyusui. 

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Familiar dengan produk-produk kecantikan dengan manfaat dari kandungan susu etawa? Hal tersebut  karena susu kambing etawa mengandung asam lemak dan trigliserida yang bermanfaat untuk melembutkan kulit. Selain itu vitamin A yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk kulit seperti bantu menyembuhkan jerawat. Mengonsumsi susu kambing etawa selain untuk tulang, gigi, dan pencernaan, maka baik juga untuk kulit.

Susu Kambing etawarich, Kaya Manfaat Baik Untuk Tubuh

susu etawarich

Dengan manfaat yang kaya di atas, maka tak segan dan tak ragu-ragu lagi untuk menyimpan stok susu kambing etawa guna kebaikan tubuh. Pilihanku jatuh ke susu etawarich karena terdapat kandungan lainnya selain kebaikan susu etawa yang bagus untuk kesehatan, di antaranya:

Manfaat susu etawa etawarich

  • Susu kambing etawa dengan kandungan fosfor, kalsium, sodium, dan florin. Manfaat susu etawa etawarich ini seperti yang telah disebutkan dalam manfaat di atas seperti mencegah pengeroposan tulang, mengatasi permasalahan sistem pernapasan, menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh, dan mencegah anemia.
  • Ekstrak gamat dengan kandungan gizi protein, kolagen, glukosamin, serta kondroitin yang dapat membantu proses pembentukan tulang rawan dan mengatasi keluhan nyeri sendi.
  • Daun sirsak yang dapat membantu mencegah pembentukan asam urat dengan kandungan flavanoid yang ada di dalamnya.
  • Kayu manis yang sifatnya sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk metabolisme, mencegah peradangan, serta pengendalian kadar gula darah. Sehingga, beberapa manfaat sekaligus bisa didapatkan dari susu untuk kesehatan yang satu ini.
  • Bee pollen dengan kandungan flavaoid, quercetin, serta glutathione dengan manfaatnya sebagai penangkal efek radikal bebas, memelihara fungsi liver, dan menjaga kesehatan jantung.
  • Gula stevia yang sebagai bahan pemanis nol kalori sehingga rasa manis dalam etawarich bagus bagi yang sedang mengurangi gula.

Aku tertarik dengan kombinasi khasiat susu kambing etawarich ini yang terdiri daridari 98% susu etawa dan manfaat bahan-bahan alami di atas yang menjadikan etawarich memiliki nutrisi 3x lebih banyak. Selain itu menggunakan gula stevia yang cocok untukku yang sedang mengurangi asupan gula dalam sehari-hari.

Menurutku jika untuk stok di rumah juga pas karena bisa dikonsumsi bersama juga untuk orang tua karena cocok dijadikan sebagai susu tulang keropos, begitu juga baik untuk anggota keluarga lainnya, misal jika teman-teman memiliki adik atau keponakan yang masih dalam usia anak-anak. 

Di sisi lain akan manfaat susu etawa etawarich ini, apakah susu kambing etawa etawarich bau prengus? Tidak ya guys karena sudah melalui proses pengeringan dan fortifikasi atau penambahan mikronutrien untuk mengurangi bau prengus ini. Susu kambing etawa sendiri jika dalam keadaan segar memiliki bau prengus, hal itu  wajar dan alami sebab kaya akan asam lemak rantai sedang. Namun dengan kedua proses tersebut maka tak perlu khawatir akan terganggu dengan aroma ini.

Khasiat susu kambing etawarich

Whoaaa menarik! Di mana nih bisa beli susu etawarich yang kaya akan manfaat ini? Teman-teman bisa ya membeli secara online lewat Shopee atau Tokopedia, tinggal disesuaikan dengan preferensi atau kebiasaan belanja online teman-teman aja lewat mana. Ohiya, pastikan beli di official store distributor resminya saja ya supaya mendapatkan produk yang original dan resmi. Sayang banget kalau nanti dapatnya yang versi palsu atau tiruan.
***

16 komentar

  1. Dari dulu penasaran pengen coba susu kambing etawa, tapi belum kesampean. Kayak gimana sih rasanya? Mirip sama susu sapi yang biasa kita minum apa beda ya?

    Dari artikel ini, aku jadi tau kalo Ternyata ada banyak banget ya manfaat susu kambing etawa. Salah satunya untuk merawat kulit. Pantesan aja banyak juga sabun mandi yang pake bahan utama susu kambing etawa, hihihi

    BalasHapus
  2. Sejak dulu susu etawa dikenal berkhasiat ya. Apalagi susu etawarich yg bergizi dan bisa mencegah tulang keropos n sakit sendi. Jadi pengen beliin buat mamaku.

    BalasHapus
  3. bener kak banyangin susu kambing kok terus kebayang bau prengus seperti kambing itu yaaa
    tapi klo ternyata tidak berbau bisa nie nanti dicoba sebagai pilihan produk lain selain susu sapi karena ternyata banyak banget manfaatnya yaaa...

    BalasHapus
  4. Susu Kambing Etawa ternyata mempunyai manfaat yang ngga kalah dengan susu sapi. Apalagi ditambah bahan bahan alami yang membuat makin banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh jika rajin dikonsumsi. Jadi tertarik untuk mencoba

    BalasHapus
  5. Aku rutin kirim ke mama susu ini Krn mama juga ada masalah Ama sendi mba. Dan menurut mama setelah rutin minum agak lumayan yg dirasakn. Ga terlalu sering sakit lututnya.

    Tapi aku pribadi ga bisa minum susu. Memang dari dulu ga doyan 😂😂. Susu jenis apapun, kecuali udh dicampur rasa, ntah itu kopi atau coklat. JD susunya ga berasa lagi. Tapj kalo susu kesehatan gini, sayang kan kalo dicampur macem2 🤭

    BalasHapus
  6. Wah, ini persis yang dibutuhkan...
    Selama ini selalu zonk kalo beli susu kambing bubuk, selalu muanis buanget.
    Kalo kandungan pemanisnya produk etawarich pakai Stevia, insya Allah lebih aman dikonsumsi.

    BalasHapus
  7. Udah sering denger dan liat iklan susu kambing etawa, tp blom pernah cobaa.. Makasih kak ulasannya, jadi tau kalo susu kambing yang ini ternyata gak bau prengus ya, jadi pasti anak2 jg suka. Ditambah kandungannya yg kaya gizi, jd gak perlu diragukan lagi deh produk ini...

    BalasHapus
  8. Pilihan rasanya apa aja ya kak susu kambing ini? Original aja apa ada juga rasa yang lain? Jangan bilang rasa yang pernah ada ya 😂

    BalasHapus
  9. Jujur belum pernah nyobain goat milk, sih. Mungkin karena nggak pernah alergi susu sapi dan dari kecil taunya ya susu sapi aja, kalo nggak susu kedelai, jadi agak-agak kurang familiar sama susu kambing. Ternyata punya manfaat macam-macam ya..

    BalasHapus
  10. Wah, banyak juga ya manfaat susu kambing. Aku baru tahu deh. Selama ini baru minum susu kambing itu bisa dihitung jari. Tapi kalo udah tahu banyak manfaatnya begini, jadi kepengen sering-sering. Nanti nyari ah. Biar manfaatnya dapet.

    BalasHapus
  11. Wah, banyak juga ya manfaat susu kambing. Aku baru tahu deh. Selama ini baru minum susu kambing itu bisa dihitung jari. Tapi kalo udah tahu banyak manfaatnya begini, jadi kepengen sering-sering. Nanti nyari ah. Biar manfaatnya dapet.

    BalasHapus
  12. Kaya akan vitamin banget kandungan susu kambing etawarich ini, beneran cocok buat beragam usia. Apalagi di musim penghujan kaya gini, imunitas di gonjang-ganjing banget kan ya, jadi kudu mumpuni asupan makanan sayuran, buah dan susu.
    Bisa beli di ecommerce kesayangan aku lago nih Tokped makin mudah aja.

    BalasHapus
  13. Belum pernah cobain susu kambing. Ternyata banyak banget manfaatnya ya, terutama untuk sendi dan tulang. Termasuk untuk ibu hamil dan busui seperti saya juga bagus banget ya kalau konsumsi susu etawarich ini. Jadi mau cobain juga produk susunya

    BalasHapus
  14. Wah saya belum pernah nyobain susu kambing gitu, penasaran ternyata banyak sekali ya manfaatnya termasuk untuk kulit jadi pengen cobain, sudah bisa beli di e-commerce ternyata ya

    BalasHapus
  15. Kandungan yang baik untuk kesehatan, rasanya jadi harus diutamakan nih.. konsumsi Susu Kambing etawarich. Selain yakin sih, keluarga bakalan suka sama rasanya yang enaak..

    BalasHapus
  16. Pas banget aku lagi cari produk susu tapi yang rendah lemak dan gula, bisa ya susu Etawa ini aku konsumsi sehari-hari cari di market place ah

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.