Manfaat Menonton Drama Korea Romantis Untuk Relationship

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar? Sedang nonton drama korea atau drakor apa saat ini? Queen of Tears yang terbaru on-going, atau malah drakor yang sudah tayang lama? 

manfaat nonton drakor romance
pict: TungArt7 (Pixabay)

Menonton drakor memang menyenangkan sekali ya gengs, bisa melepas penat setelah lelah aktivitas harian dan perasaan jadi lebih cair. Terlebih sekarang selalu muncul judul-judul baru tiap bulan dan tanpa henti, sampai pilihannya jadi banyak. Saya jadi ingat waktu tahun 2020 lalu di mana serentak diberlakukan kegiatan di rumah saja dan dialihkan ke serba online, referensi tontonan terutama series jadi melimpah karena banyak orang yang membicarakannya. Namun meskipun demikian, awal saya akhirnya dapat mengikuti menonton drakor yaitu awal 2021 dimulai dengan menonton Melancholia dan Twenty Five, Twenty One.

Drakor sendiri sama seperti film, sama-sama memiliki banyak genre seperti drama, thriller, action, sampai romcom. Kalau dari pengalaman personal di sekitar, teman-teman saya mayoritas menyukai drakor dengan teman romance. Alasannya juga hampir sama, yaitu untuk merasakan pengalaman perasaan yang berbunga-bunga dan positif. Benar juga sih, kadang hidup sudah banyak drama dan ada-ada saja, maka tontonan juga sebaiknya yang comforting ya hihi.

Itu baru salah satu sisi positif nonton drakor romance, ada manfaat lainnya tentu saja terutama jika kaitannya untuk relationship atau hubungan romansa. Tak harus yang sudah punya pasangan kok, kadang jadi reflektif untuk diri sendiri juga sebelum menjajaki hubungan tersebut. Berikut beberapa manfaat menonton drama korea genre romance untuk relationship:

1. Mengetahui Tipe Love Language

Salah satu yang menjadi rawan miss komunikasi dalam hubungan adalah masih kurang mengenal pribadi masing-masing. Seperti tipe komunikasi ketika menghadapi masalah, bagaimana ketika sedang menunjukan kasih sayang, dan apa yang diharapkan ketika menjalin hubungan dengan pasangannya. 

Menonton drama korea dapat melihat bagaimana love language masing-masing yang dapat dipergunakan sebagai inspirasi untuk merekatkan hubungan, menyelesaikan konflik, dan semakin memahami diri sendiri serta pasangan.

2. Mendapatkan Tips-Tips Pendekatan

Ada yang kurang tentu saja jika drakor romance belum menunjukan momen-momen manis ketika sedang dalam pendekatan dan pengorbanan. Dari drakor, kita dapat mengambil inspirasi untuk melakukan pendekatan, misalnya jadi dapat tahu bagaimana cara agar wanita memikirkan pria, bagaimana melakukan modus-modus pendekatan namun jangan begitu terlihat, dan bagaimana cara mencuri perhatian sampai tips-tips untuk mendapatkan momen bersama lebih seperti kencan.

Misalnya mengetahui cara agar wanita memikirkan pria adalah dengan cara menarik perhatiannya terlebih dahulu. Dimulai dengan mencari apa saja ketertarikannya dan dapat dijadikan topik untuk mengobrol dan mulai menjalin kedetakan. Berikan sinyal perihal kehadiran diri agar wanita mengetahui bahwa ada seseorang yang sedang memperhatikan, namun jangan sampai over.

Lanjut lagi, gunakan strategi yang membuat rasa penasaran pada sang wanita dan sesekali memberi pujian sebagai cara agar wanita memikirkan pria. Jika sudah memiliki rasa penasaran, ada baiknya semakin memperlihatkan hobi atau aktivitas diri agar semakin membuat tertarik dan hal tersebut dapat dijadikan bahan obrolan agar waktu semakin panjang dan intens.

3. Melihat Sudut Pandang Konflik dan Penyelesaian

Sebuah hubungan selalu dalam satu paket pahit manisnya dan susah senangnya. Menonton drama korea romantis tak selalu menghadirkan senyum di wajah dan hati yang berbunga-bunga. Ada juga adegan yang membuat penontonnya sedih dan sesak karena pasangan favorit justru berpisah atau jalan cerita sutradaranya tak merestui. Namun sebelum sampai ke sana, akan ada tahapan-tahapan terlebih dahulu seperti konflik apa saja yang dihadapi oleh pasangan karakter tersebut.

Konflik dalam hubungan tentu saja penting jika dihadapi dengan sehat atau terdapat perkembangan di dalamnya. Menonton drakor terutama ketika sedang scene berkonflik, maka akan memberikan sudut pandang lain sebagai orang ketika. Dari sana dapat dilihat adakah kejadian yang mirip dengan dunia nyata dan memberikan inspirasi atau wawasan untuk dapat diterapkan. Terlebih ketika sedang berkonflik dengan pasangan namun clueless karena kita tak mengerti apa yang dirasakan oleh pasangan. Hal itu berlaku juga sebagai evaluasi jika sedang serupa mengalami namun tak sadar jika yang dilakukan ternyata lebih bersifat egois dan dapat membahayakan relationship. Anggaplah seperti sedang belajar dari orang lain dan tanpa mengalaminya terlebih dahulu, tentunya tetap menyesuaikan dengan kondisi ya karena dalam cerita fiksi drakor tidak selalu mirip persis dengan realita.

4. Menghargai Kembali Pada Apa Yang Berharga

Menonton drakor bisa jadi memberikan kilasan ingatan yang sama dengan adegan di dalamnya mengenai flashback momen-momen berharga yang telah dilalui bersama. Hal ini dapat menimbulkan perasaan menghargai lebih terhadap hubungan yang sedang dijalani tersebut dan meningkatkan kerekatan dengan pasangan.

Apakah manfaat-manfaat di atas dapat didapatkan jika menonton film dengan genre serupa? Tentu bisa juga sih, hanya saja kalau drakor atau series ini kan panjang ya, jadi bisa melihat lebih character development seiring waktu berjalan dan apa saja yang dialami oleh karakter-karakternya. Dengan waktu yang lebih panjang tersebut juga dapat melihat lapis demi lapis dinamika seorang manusia, kalau di sini dalam konteks hubungannya dengan orang lain secara romantis.

Kalau teman-teman, ada yang pernah merasakan manfaat dari nonton drakor dan berefek pada real life juga? Boleh banget dong share di komentar, yuk!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.