Dua Gelar dalam 4 Tahun dengan Beasiswa, Raih Kesempatannya Hanya di Sampoerna University

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Setelah memasuki post-university life atau kehidupan pasca kuliah, anggapan mengenai di mana kita berkembang di tempat sebelumnya berpengaruh dan bahkan menentukan terhadap kehidupan pasca kampus ini mulai dirasakan baik secara personal atau melihat sekitar. Memang tidak ada satu benchmark pasti karena masa depan merupakan akumulasi dari multi-faktor, namun memilih PTN atau PTS yang tepat dapat menjadi salah satunya.

Pendidikan Internasional

Beberapa waktu terakhir, berita mengenai pengumuman lolos seleksi Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA berlalu lalang. Program tersebut merupakan salah satu “gebrakan” oleh ‘Mas’ Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Program IISMA ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkuliah di luar negeri selama 1 semester dan biaya ditanggung oleh pemerintah.

Sejalan dengan berita tersebut, topik mengenai semakin dekatnya menuju hari tes UTBK-SNBT juga tak kalah mewarnai linimasa. Dulunya, seleksi tertulis ini lebih akrab dengan nama atau istilah SBMPTN yaitu seleksi tertulis untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Tak sedikit dari para peserta sudah menyiapkan jauh-jauh hari, mulai dari latihan mandiri atau sampai mengambil bimbel atau les. Tentu saja hal tersebut termasuk dalam usaha untuk mendapatkan kampus dan jurusan yang diimpikan. 

Dunia terus mengalami perubahan, begitu juga dengan lingkungan pendidikan yang juga turut berkembang mengikuti perubahan dengan meningkatkan kualitasnya. Kuliah juga bukan hanya sekadar mendapatkan gelar, namun memanfaatkan waktu masa muda untuk mengumpulkan banyak pengalaman dan memperluas relasi bukan hanya di dalam negeri namun juga skala global. Terutama ketika melihat beragam program kampus merdeka yang mewadahi, ingin rasanya kembali ke bangku kuliah dan mengikuti program-program tersebut.

Manfaat Mengambil Pendidikan Internasional

Kurikulum Internasional

Mendapatkan gelar sarjana atau berkesempatan mengenyam kuliah di luar negeri tak hanya dapat dilakukan di PTN atau melalui program IISMA, ada juga alternatif lainnya seperti mengikuti exchange atau mendaftar di alternatif kampus seperti kampus swasta yang memiliki kurikulum internasional. Tentu tak sekali dua kali kita mendengar pengalaman berkuliah di luar negeri atau mengikuti program internasional. Selain jadi mempunyai pengalaman dan merasakan perbedaan kurikulum, berikut manfaat mengambil pendidikan internasional lainnya:

1. Memperkaya Skill Berbahasa Asing

Kurikulum internasional artinya memiliki bahasa pengantar mengikuti dengan di mana negara kampus tersebut. Ada yang mengharuskan untuk menggunakan bahasa di negara tersebut misalnya Jerman atau Prancis. Namun lebih banyak juga yang menggunakan bahasa asing yang lebih umum yaitu bahasa Inggris.


Sebagai bahasa kedua yang kita gunakan sehari-hari, mengikuti program Internasional ini akan membawa kita ke level skill bahasa Inggris yang lebih advance. Bukan hanya memperkaya kosa kata dan penggunaan dalam kalimat sehari-hari, melainkan belajar juga mengenai aksen, bahasa slang, kata-kata informal dalam bahasa Inggris, dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris menjadi lebih lancar.

2. Memperluas Cara Pandang

Bertemu dengan ragam latar belakang negara dan budaya akan membuat cara pandang kita tak sama dengan yang sebelumnya. Kita akan diajak untuk tidak hidup dalam gelembung atau lingkungan yang biasanya atau familier dan menumbuhkan empati dalam diri.

3. Memiliki Pengalaman yang Berkesan

Percayalah, memiliki banyak pengalaman di berbagai aspek kehidupan atau pengalaman yang variatif ini bukan hanya bisa jadi bermanfaat ilmunya di masa depan, melainkan juga menjadi memori yang sangat berkesan. Bukan hanya kenangan yang menyenangkan saja, melainkan juga tantangan-tantangan yang dihadapi. Selain itu, kita juga dapat semakin mengasah soft skill dan mencoba hal baru di luar zona nyaman kita.


Apakah pengalaman ini hanya bisa didapatkan dengan pergi kuliah full ke luar negeri? Nay! Sekarang bisa berkuliah di dalam negeri namun bisa mendapatkan US Degree. Kesempatan emas untuk masa depan yang cerah ini berada di Sampoerna University. Nah untuk adik-adik yang saat ini berminat kuliah yang dekat dengan international exposure & experience, maka teman-teman sudah berada di artikel yang tepat. Langsung kepoin ke detailnya, yuk!

Get to Know Sampoerna University

Saat ini, Sampoerna University yang memiliki standar kualitas kelas dunia ini memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik & Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Faculty of Arts & Science. Seiring dengan kurikulum internasional yang dimiliki, para tenaga pendidik di Sampoerna University juga merupakan lulusan dengan gelar doktor sejumlah lebih dari 50% dan telah menempuh pendidikan di Amerika, Australia, Eropa, dan Jepang.

Visi dan misi yang diterapkan oleh Sampoerna University sendiri menunjukan bahwa pendidikan yang diterapkan berfokus pada peningkatan kualitas para mahasiswanya. Dengan tujuan tersebut, tak hanya keahlian akademis yang akan didapat melainkan terdapat pula program-program untuk meningkatkan keterampilan dan kredensial yang unggul.

Akreditasi Sampoerna University

Sampoerna University telah berdiri sejak 2013 oleh Putera Sampoerna Foundation dan terlebih dahulu dikenal sebagai Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) dan telah terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Sampoerna University juga satu-satunya institusi di Indonesia yang terakreditasi oleh badan akreditasi AS karena penerapan kurikulumnya. Kurikulum internasional di Sampoerna University sendiri merupakan hasil kerja sama dari kampus internasional Broward College (Florida, AS) yang akan mahasiswa dapatkan pada tahun pertama dan tahun kedua kuliah dan terakreditasi penuh oleh Southern Association of Colleges and Schools Commission on Colleges (SACSCOC).

US Degree dan Keunggulan Kuliah di Sampoerna University Lainnya

US Degree

Saatnya beralih ke bagian yang paling menyenangkan, yaitu mengetahui program yang ada di Sampoerna University terutama program two degrees. Hadirnya program ini merupakan hasil dari kurikulum yang dirumuskan dan tujuannya bukan sekadar untuk prestige semata karena memiliki dua gelar. 

Dengan kurikulum yang diterapkan, mahasiswa Sampoerna University bukan hanya berkesempatan mendapatkan gelar sarjana dari Sampoerna University dan bachelor degree dari University of Arizona saja dalam kurun waktu empat tahun tanpa harus meninggalkan Indonesia. Opsi untuk dapat transfer kuliah ke luar negeri terutama ke kampus internasional di Amerika Serikat yang bermitra dengan Sampoerna University terbuka lebar. 

Kuliah Full Satu Semester di Luar Negeri

Daftar Sampoerna University untuk program gelar ganda juga memungkinkan mahasiswa untuk dapat merasakan kuliah di luar negeri selama satu semester penuh di kampus mitra terpilih. Untuk transfer ini memiliki persyaratan telah menyelesaikan 1 semester penuh atau 15 sks di Program Pendidikan Umum yang diambil pada tahun pertama dan tahun kedua perkuliahan.

Jurusan Dual Degree di Sampoerna University

Proses untuk mendapatkan US degree ini dilakukan setelah lebih dulu mendapatkan kurikulum Broward College dan Sampoerna University di tahun pertama dan tahun kedua. Penerapan kompetensi Science, Technology, Engingeering, Arts, and Math (STEAM) juga diterapkan pada dua tahun pertama dan tak terbatas untuk jurusan tertentu saja. Manfaatnya selain untuk mendukung multi disiplin ilmu, konsep ini dibawa agar menjadi lulusan yang lebih terampil dan kesempatan karir yang bersaing.

Dua tahun pertama yang ditempuh ini akan mendapatkan kredit akademik dari Broward College dan dapat berlaku untuk mengikuti program transfer kuliah empat tahun di AS. Selanjutnya di tahun ketiga dan keempat baru bisa mengajukan ke program dua gelar yang bermitra dengan University of Arizona. Menariknya lagi, terdapat beasiswa Sampoerna University untuk program ini. Nantinya mahasiswa akan mendapatkan gelar dan transkrip dari kedua institusi dan tersedia untuk jurusan-jurusan berikut:

1. Faculty of Engineering and Technology

  • Mechanical Engineering
  • Industrial Engineering
  • Computer Science/Electrical Computer Engineering
  • Information System & Applied Computing

2. Faculty of Business

  • Management

3. Faculty of Arts & Science

  • Psychology

Fasilitas Belajar di Sampoerna University

Kenyamanan belajar didukung betul di Sampoerna University baik untuk kegiatan akademik maupun non akademik. Selain fasilitas gedung reguler untuk kegiatan akademik, terdapat pula layanan kesehatan, layanan bimbingan karir untuk konsultasi mengenai kompetensi bekerja, layanan konseling mahasiswa, klub dan organisasi, serta program magang.

Kampus Internasional

Daftar Sampoerna University dan mahasiswa akan menemui beberapa gedung penunjang kegiatan akademik sebagai berikut:

  • Biology and Chemistry Lab
  • Classroom
  • Design and Animation Lab
  • Engineering and Technology Lab
  • Green Screen and Motion Capture Studio
  • Informatics Lab
  • Integrated Manufacturing Lab
  • Smart Lab

Sedangkan beberapa sarana lainnya untuk mendukung kenyamanan mahasiswa Sampoerna University dalam beraktivitas yaitu:

  • Baseball Court
  • Dining Area (19th Floor)
  • Food Avenue
  • Library
  • Multi-Purpose Hall
  • Music Room
  • Park & Dining Area
  • Soccer Field
  • Student Union
  • Surrounding Clinic

Biaya dan Beasiswa Kuliah di Sampoerna University

Untuk informasi rincian biaya pendidikan sesuai dengan jurusan yang diminati, dapat diakses di laman Biaya Pendidikan dan Beasiswa ini ya. Di Sampoerna University juga terdapat beasiswa Sampoerna University berbasis prestasi atau merit award yang dinamakan Sampoerna University Merit Award (SUMA). Beasiswa ini dapat memotong biaya kuliah sebanyak 25% atau 50% tergantung pada hasil nilai ujian penempatan. Beasiswa SUMA berlaku untuk tahun pertama dan tahun kedua, sedangkan tahun ketiga dan keempat terdapat Beasiswa Daftar Dekan.

Tak hanya SUMA, terdapat pula SPARK Presedential Scholarship (SPS) yang mencakup biaya kuliah penuh selama 4 tahun untuk program two degree bagi yang mempunyai prestasi akademis dan non akademik (organisasi). Penerima beasiswa SPARK ini juga sekaligus sebagai Duta Sampoerna University. Psst, untuk beasiswa ini khusus bagi teman-teman yang baru lulus sekolah (kelas 12) dan beru pertama kali masuk perguruan tinggi saja lho.

Ikuti Sampoerna University Roadshow dan Dapatkan Beasiswa Kuliah

Beasiswa Sampoerna University

Nah bagi adik-adik lulusan tahun 2024 ini, last chance banget nih untuk bisa dapatkan beasiswa Gelar USA. Tenang, tenang, jangan panik dulu takut ketinggalan infonya karena ada Sampoerna University Roadshow dan kita bisa tanya-tanya sepuasnya mengenai perkuliahan dan beasiswa dua gelar di Sampoerna University.

Hadir di berbagai kota, kita dapat mengenal lebih jauh kampus yang sangat concern terhadap kualitas pendidikan mahasiswa baik akademik maupun karir dengan persiapan kompetensi bekerja. Yuk, catat tanggal-tanggal terdekat roadshow berikut:

Sampoerna University Roadshow 2024

Jangan sampai lewatkan kesempatan terakhir untuk dapatkan beasiswa gelar USA! Segera siapkan berkas-berkasnya untuk daftar di Sampoerna University dan jangan lupa apply event Roadshow Sampoerna University ya!

26 komentar

  1. Seruuuuu banget klo kuliah di Sampoerna , karena world class university ini kaann.
    apalagi dgn program dual degree
    makin mantabbb jiwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa mbaak hihi naksir dengan program merekaaah

      Hapus
  2. Dapat 2 gelar hanya dengan kuliah selama 4 tahun nih keren bangeet. Apalagi Sampoerna University juga kerja sama dengan kampus luar negeri yg kualitasnya dijamin bagus.

    Saladin masih SD sih tapi daku udah nyatat, semoga dia bisa kuliah di sana kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Mbak hihi, mempersiapkannya dari sekarang yaaah

      Hapus
  3. wahhh ternyata sampoerna university sekeren ini sudah kerjasama dengan universitas di US dan kita dapat double degree..ada beasiswa dan bisa berkesempatan mengikuti perkuliahan di LN juga...semoga pendidikan di Indonesia juga bisa semakin maju kurikulumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, keren yaah sudah kerja sama dengan univ di LN! :D

      Hapus
  4. Terkagum-kagum sama Sampoerna University keren banget programnya. 2 gelar dalam 4 tahun beasiswa pula, udah gitu sarana dan prasarana kampus sangat mumpuni banget. Pilihan jurusannya pun menyesuaikan kebutuhan di dunia kerja. Kalau aku masih SMA pasti bakalan tertarik buat lanjut ke Sampoerna University. Info ini aku teruskan ke sepupu ya, siapa tau pas lulus dia bisa lanjut ke Sampoerna University 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bisa apply scholarship untuk program ini. Thank you udah bantu info ya Kak :D

      Hapus
  5. Menggoda sekali program yang ditawarkan University Sampoerna ini, kebetulan ponakan mau kuliah tahun ini, bisa salah satu pertimbangan dan pilihan buat dia. Thanks ya untuk tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you kak sudah berkunjung dan rekomendasikan hihi

      Hapus
  6. Naaah aku seneng Indonesia dah mulai afiliasi dengan beberapa kampus LN seperti ini. Dulu pun aku kuliah di Malaysia 2002, sistemnya udah seperti ini mba. Kampus di sana rata2 begitu.

    Jadi affiliate dengan kampus di LN, mostly UK. Kalo aku dulu kerjasama dengan Nottingham Trent University UK. JD begitu tamat, dapat degreenya 2. Kelebihan ya biaya JD lebih murah, dan kurikulum yg dipakai, ya Nottingham punya. BHS juga pakai inggris. Zaman ku dulu, di Indonesia seingetku blm ada yg begitu. Baru skr ini kan yaa.

    Bagus nih, moga2 makin banyak univ atau college di Indonesia yg begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Malay sudah lebih dulu ya Mba? Mungkin krn sejarahnya dulu yaaa hihi. Keceee deh, skrg untuk dalam negeri pun adaa :D

      Pasti dulu Mba Fanny dg program yg diikuti pasti enjoy bgt pun yaah :D

      Hapus
  7. Ini tuh yang gedung kampusnya di pancoran kan ya?
    Aku tiap lewat tuh selalu jiper liat bentukan gedungnya, welehh keren banget hahaha.

    Sayangnya dulu aku ga cukup banyak belajar ya, jadinya ga dapet beasiswa. Terpaksa dulu kuliah pun jadi pake biaya sendiri sambil kerja.
    Yah, penyesalan mah memang selalu datang belakangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesssh benaar :D fasilitasnya memang nggak kaleng-kaleng. Tak apa kak, skrg belajar bs dr mana saja hihi, malah hebat bs sambil kerja. Semoga saudara, atau keturunan kita akan dapat pendidikan yg lebih baik dan makin baik :D

      Hapus
  8. Wah anak aku masih SMP sih tapi aku jg uda mulai cari2 info beasiswa. Jd menambah opsi apa aja yg bisa aku daftar untuk berburu beasiswa sekolah nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya Mbak Ruli, nyiapinnya mulai dr sekarang yah, apalagi Mbak Ruli jg edu enthusiast nih, pasti mau yg terbaik juga untuk putra-putrinya :D

      Hapus
  9. aku tau program IISMA kayaknya setahunan ini dan itupun dari sosmed, dan jadi flashback ke zaman aku kuliah dulu sepertinya belum ada IISMA ini, yang ada cuman AISEC aja
    sendainya dulu ada, aku tertarik banget buat ikutan IISMA ini, pengalaman belajarnya pastinya ga monoton
    Terus jadi nyesel juga kenapa dulu aku ga aktif AISEC, sedihhh

    sekarang sudah ada beasiswa kuliah dari sampoerna university dan yang aku tau dari universitas ini kurikulumnya internasional dan berbobot pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup dl mungkin mentok aisec atau mun gt yah, akupun kl skrg masih maba pgn ikutan program2 internasional :D untung skrg banyak yg fasilitasin programnya spt sampoerna university ini utk kurikulum internasional

      Hapus
  10. Enak sih kalau ada program double degree seperti ini karena kita bisa mendapatkan pendidikan dengan dua jurusan yang berbeda tapi dengan waktu yang lebih singkat apalagi yang satunya lagi adalah pendidikan internasional yang sangat sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesh kak, bisa menyingkat waktu dan biaya namun pengalamannya tetap lebih. :D

      Hapus
  11. Programnya bagus ya dua gelar dalam sekali menempuh pendidikan. Bagus banget ya kualitas Sampoerna University ini belum lagi fasilitas pendukung dan pengajarnya luar biasa jadi ngga heran kalau lulusannya juga bagus mutunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentuuu, kualitas mutunya benar-benar diperhatikan nih dan waktu benar2 dimanfaatkan pula

      Hapus
  12. Wah keren nih program two degree yang diusung Sampoerna University. Bisa jadi pilihan terbaik nih bagi adek-adek yang mau lanjut kuliah dan bisa langsung dapat dua gelar dalam jangka waktu 4 tahun saja. Lebih efisen dan pastinya peluang untuk kerja terbuka lebar karena lulusan dari SU yang kualitas pendidikannya gak diragukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan yang begitu cemerlang untuk calon-calon maba! :D

      Hapus
  13. Ya Allah, sebagai anak Kimia, aku jadi seneng banget liat jurusanku ada di Sampoerna University.
    Dan memilih jurusan dual degree ini suka bget sii.. Dengan masa tempuh studi yang sama, dapetnya diuble degree. Wow!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti challenging yah program ini, tp buat yang ambis atau suka akan tetap menyenangkaaan :D

      Hapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.