Apa itu Home Diffuser, Jenis-Jenis, dan Rekomendasi dari Brand Lokal

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Teringat awal-awal bekerja freelance dari rumah masa pandemi lalu, segala cara dilakukan agar betah dan pekerjaan menjadi bukan hal yang menjemukan. Wajar saja, pasalnya pergi ke coffee shop untuk WFC tak semudah saat ini kala itu untuk mencari suasana baru. Mengatur ulang layout tempat untuk bekerja, melakukan rutinitas bersih-bersih kecil sebelum bekerja, sampai membeli wewangian agar suasananya rileks. Cara-cara tersebut masih saya lakukan sampai sekarang, bedanya hanya di intensitasnya saja. 

Apa Itu Home Diffuser

Dari salah satu rutinitas tersebut, ada yang menjadi semacam hobi yaitu berburu aneka scent untuk ruangan. Beraneka ragam, mulai dari parfum, pengharum ruangan dengan wangi yang sedang banyak dibicarakan, lilin aromaterapi, sampai reed diffuser. Yang terakhir masih awet dibicarakan di media sosial seperti X atau TikTok, aromanya juga semakin beragam dan terus muncul varian yang baru. Bagi yang belum akrab, sebetulnya apa sih home diffuser ini? Okay, let's get to know this one!

Apa Itu Home Diffuser

Singkatnya, home diffuser ini merupakan alat yang fungsinya mengubah minyak esensial menjadi uap aromaterapi di udara. Jangan sampai keliru dengan humidifier ya, karena cara kerjanya berbeda dan biasanya untuk humidifier tak dapat mencampurkan dengan essential oil. Jika humidifier memiliki fungsi untuk membuat udara menjadi lebih lembab, maka untuk diffuser lebih ke menciptakan suasana yang nyaman dan segar dengan wangi dari minyak esensial tadi.

Manfaat Home Diffuser

Apa Itu Reed Diffuser

Ada beberapa manfaat lainnya dari home diffuser selain relaksasi dari wangi yang dikeluarkan lho, yakni:

1. Mengurangi Tingkat Stres

Dengan menghirup wangi aromaterapi dan tubuh menjadi rileks, maka akan berpengaruh ke aktifnya sistem limbik di mana fungsinya mengatur denyut jantung, tekanan darah lebih stabil, dan suasana hati yang lebih baik. Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari tekanan atau stres berlebih sehingga beraktivitas atau istirahat dalam ruangan menjadi lebih nyaman.

2. Mencegah Flu

Aroma diffuser yang beraneka ragam ini juga termasuk ke aroma yang sifatnya therapy oil, misalnya minyak atsiri. Aroma dari jenis therapy oil ini dapat membantu mengurangi risiko serangan bakteri pada tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya flu atau pilek.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika teman-teman sedang berkurang kualitas tidurnya yang disebabkan oleh stres dan membuat gelisah, dapat mencoba gunakan home diffuser ini beberapa jam sebelum tidur. Aroma wangi yang dihirup akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman karena rileks, sehingga dapat tidur dengan perasaan yang nyaman dan nyenyak pula.

4. Mengusir Nyamuk dan Serangga

Menggunakan aroma minyak essensial melalui diffuser juga dapat dijadikan opsi untuk mengganti obat pengusir nyamuk dan serangga yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan. Selain itu, tak perlu terganggu dengan asap obat nyamuk bakar atau obat semprot jika menggunakan diffuser ini.

5. Meningkatkan Mood dan Produktivitas

Diffuser biasanya diletakkan di tempat-tempat seperti meja kerja, dekat tempat tidur, atau di tengah ruangan. Meletakkan di dekat meja kerja dapat meningkatkan suasana hati dan bekerja menjadi lebih fokus karena badan telah rileks. Ini akan bermanfaat terutama bagi para freelancer atau mereka yang sedang sedang menjalani side job dari rumah.

Jenis-Jenis Home Diffuser

Anyway, untuk bentuk dari home diffuser ini tak hanya berupa satu jenis melainkan terdapat beberapa variasi, di antaranya adalah:

1. Lilin Aromaterapi

Apa Itu Scented Candle

Atau biasa juga dikenal sebagai scented candle, jenis diffuser ini bisa disebut jenis diffuser paling awal digunakan dan ramai dibicarakan, biasa juga digunakan sebagai isi hampers atau kado. Untuk menggunakannya hanya perlu menyalakan sumbu layaknya menyalakan lilin, nantinya aroma dari lilin tersebut akan muncul dan menyebar ke ruangan. 

Dulu ketika booming lilin aromaterapi ini, saya juga pernah menggunakannya. Secara personal, wangi yang keluar dari scented candle ini cakupannya kurang luas jika dibandingkan dengan versi reed diffuser. Penggunaanya juga perlu hati-hati dan ditempatkan di tempat yang aman dan jauh dari benda-benda yang mudah terbakar.

2. Reed Diffuser

Selain versi scented candle, varian home diffuser yang umum dicari adalah yang berbentuk khas dengan stick ini atau dinamakan dengan reed diffuser. Sama seperti lilin aromaterapi, jenis diffuser ini juga biasa untuk isian hampers maupun kado, terutama karena biasanya kemasannya menarik dan dengan warna-warna yang cantik pula.

Reed diffuser cenderung mudah digunakan tanpa listrik maupun dibakar karena hanya perlu meletakkan stick kayu atau bambu ke dalam botol atau wadah yang sudah berisi essential oil, nantinya stick ini akan menyerap minyak aromaterapi dan menyebarkan aroma wanginya ke seluruh ruangan. Keunggulan menggunakan reed diffuser ini selain tahan lama, juga aestethic sebagai hiasan ruangan. Kita juga dapat berhemat dengan hanya perlu melakukan isi ulang jika habis.

3. Room Spray

Untuk jenis ini cocok bagi yang lebih suka wangi menyebar dengan cepat atau lebih kuat, begitu juga digunakan di atas spray kasur atau agar suasana sebelum tidur lebih menyenangkan.Bentuknya tentu saja mirip dengan parfum spray, bedanya terletak pada kandungan dan aromanya yang dikhususkan untuk ruangan dan suasana nyaman. Room spray juga dapat dimanfaatkan untuk menetralisir bau tidak sedap atau disemprotkan ke benda lain seperti sepatu. Keunggulan lainnya dari jenis diffuser ini yaitu mudah dibawa ke mana-mana seperti ketika sedang staycation.

4. Electric Diffuser

Jika tiga jenis sebelumnya dapat digunakan tanpa menggunakan listrik, maka jenis ini sebaliknya. Electric diffuser memanfaatkan listrik untuk mengubah essential oil menjadi uap aromaterapi dan menyebarkan wanginya ke seluruh penjuru ruangan. Untuk jenis diffuser ini cocok digunakan bagi yang menyukai wangi lebih tahan lama dibandingkan dengan reed diffuser.

Rekomendasi Home Diffuser dari Brand Lokal

Bagian menyenangkannya dari mempunyai diffuser ini adalah mencoba berbagai aroma. Jenis yang umumnya ada di pasaran yaitu lavender, vanilla, orange, rose, lemongrass, aroma floral, gourmand, sampai aroma rempah. Namun tak hanya terbatas pada aroma tersebut, ada juga jenis aroma-aroma dengan racikan unik dan berbeda dari brand lokal. Salah satu rekomendasinya yaitu This Room Makes Me O by Home of Humans aka HMNS.

This Room Makes Me O by HMNS

This Room Makes Me O

Yesh, mungkin beberapa lebih mengenal HMNS dengan produk-produk parfumnya, namun mereka juga mempunyai home diffuser dengan aroma-aroma khas ala mereka pula. Untuk varian This Room Makes Me O mempunyai karakteristik wangi yang ringan dan nyaman, sehingga cocok untuk ditempatkan di area kamar tidur. Untuk top notesnya ada apel merah, middle note dengan aroma floral rose, jasmine, dan peony untuk kesan mewah dan romantis, serta dilengkapi dengan note vanilla beans & amber dan sweet gourmand untuk penyeimbangnya.

Masa penggunaan dari reed diffuser This Room Makes Me O dari HMNS ini mencapai 3 bulan dan no worries karena mereka juga punya versi refillnya! Jadi kita dapat berhemat serta less waste jika aroma favorit dari diffuser HMNS ini habis. Selain This Room Makes Me O, mereka juga punya aroma-aroma unik lainnya seperti A Room Full of Ideas, A Much Better Living Room, dan Room of Love n Dream lengkap juga dengan versi refillnya. 

Jadi buat yang suka aroma-aroma unik, tidak biasa, dan berkarakter—reed diffuser dari Home of Humans adalah jodohnya! Tentu saja, cocok juga untuk dijadikan sebagai kado untuk orang-orang terkasih.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.