Paranormalcy [REVIEW]




  1. Judul                      : Paranormalcy (terjemahan)
  2. Penulis                   : Kiersten White
  3. Penerjemah          : Silvero
  4. Penyunting            : Jenny M. Indarto
  5. Penerbit                 : Laluna and Friends (Mei 2013)
  6. Jumlah Halaman   : 410hlm
  7. ISBN                        : 978-602-97197-2-7
  8. Genre                      : Paranormal, Romance, Fantasy
  9. Sinopsis                   :

Evie selalu merasa dirinya adalah gadis remaja biasa, walaupun dia bekerja untuk International Paranormal Containment Agency (IPCA), dia jatuh cinta pada shape-shifter, dan hanya dia yang dapat melihat menembus glamour makhluk paranormal.
Tapi sekarang mimpi-mimpi Evie dihantui oleh suara-suara dan pesan-pesan. Dan dia menyadari bahwa dirinya termasuk dalam rencana Ratu Kegelapan untuk menghancurkan seluruh makhluk paranormal.


***

                “Lalu aku teringat sesuatu. Pada perjalanan menangkap hag, aku telah menjatuhkan tasku dengan pelacak kaki di dalamnya.
                Lima pelacak gelang kaki.” (hlm. 206)

                Masih berpikir semua yang ada di sekitar adalah manusia? Tentu saja hanya Evie yang bisa melihat wujud asli paranormal dibalik wujud manusia. Kita bisa menganggap hidup Evie menyenangkan selain kelebihannya yaitu bekerja di IPCA, punya tugas dan bertemu makhluk-makhluk paranormal. Namun apa yang dirasakan Evie bukan seperti itu. Evie ingin mejalani masa yang normal, SMA, loker dan prom. Apakah Evie bisa mendapatkan apa yang ia inginkan?


                (Baru) kedua kalinya ngereview buku setelah Gerbang Trinil yang juga sama-sama memiliki peran utama perempuan, sebelumnya juga sudah baca Divergent dan The Hunger Games tapi nggak ngereview, sengaja karena sudah difilmkan, nyoba review yang belum difilmkan, oke lanjut. Setelah membaca novel yang sudah diterbitkan tahun 2010 lalu  ini, saya rasa sasaran genre ini adalah remaja usia belasan. Bahasa dan alur yang mudah dimengerti bisa melengkapi dunia imaji pembaca buku ini. Covernya juga apik. Saya kira Evie juga bukan gadis yang feminim karena berada di IPCA dan ternyata, pink abis, suka shopping dan suka dandan. Ceritanya juga nggak kaku, ada bagian-bagian yang bikin ngakak dan merinding juga. Sayang buku ini nggak ada daftar isinya. Kekurangan lain yang juga saya temukan adalah kata-kata The Empty Ones atau The Empty One? Dan pada halaman 408 mungkin mengatakan seharusnya katakan.  


KUTIPAN FAVORIT

Sial. Dia tidak menyukaiku. (hlm 132)

Tentu saja, begitu aku memikirkan itu, aku benar-benar menyadari bahwa semua paranormal sebenarnya tak bersalah. Contohnya para hag, mereka tidak bangun di suatu pagi dan berpikir hei, sepertinya enak kalau menyantap anak-anak untuk makan siang. (hlm 170)

Aku merasa seperti wabah: di mana pun aku datang, hal-hal buruk selalu mengikuti. (hlm 269)

Bleep, makhluk apa aku ini sebenarnya? (hlm 311)

Holy Bleep, aku tidak mati! (hlm 395)


Tak hanya sampai disini, di halaman terakhir ada 11 pertanyaan Panduan bagi Klub Buku, saya akan jawab tapi nggak terlalu rinci, spoiler nanti.


Panduan bagi Klub Buku
hlm 409

Pertanyaan dasar:

1. Siapakah karakter favorit Anda? Mengapa?
                Arianna, karena dia adalah aktris komedi yang aneh.

2. Bagian manakah yang paling Anda sukai dan tidak Anda sukai?
                Suka                      : Bagian terakhir
                Tidak Suka           : Reth, tapi saya benar-benar ingin tau, Reth itu Seelie atau Unseelie.

3. Inikah pertama kalinya Anda membaca genre/penulis ini? Apakah Anda ingin membaca lebih banyak buku bergenre ini dan/atau penulis ini?
                Iya. Penasaran juga buku-buku lain Kiersten White. Mind Games, Perfect Lies, In the Shadows, mau!

4. Bagian manakah yang sulit Anda pahami?
                Siapa Evie sebenarnya, karena di buku Paranormalcy nggak ada jawabannya. Mungkin ada di seri ke dua atau ke tiga.

5. Secara keseluruhan, apakah membaca buku ini menjadi pengalaman yang menyenangkan?
                Lumayan, berasa ikut berpetualang bersama Evie. Rasanya kaya hampir senasib dengan Evie, dimana-mana bawa rusuh.


Peminjam pertama.

Pertanyaan lanjutan:

6.Menurut Anda, dari manakah roh Evie berasal? Apakah dia terlahir dengan roh itu ataukah dia yang menciptakannya? Mengapa roh Evie lebih terang daripada Vivian, dan mengapa Evie semakin cerah saat bersama Lend?
                Bangsa faerie?  Terlahir mungkin. Karena Evie suka sama Lend, mungkin. Ya, cewek mana yang gak pengen jingkrak-jingkrak di deket cowok yang disuka.

7. Siapa sajakah yang memiliki etika moral yang berbeda dan apa yang terjadi saat mereka berbenturan? Siapa yang benar dan siapa yang salah?
                Oh mbak Kiersten White bisakah kau memberi contekan?

8. Dapatkah diterima bila kita membatasi kebebasan seseorang demi melindungi orang lain? Dalam kasus paranormal, adakah makhluk yang tak layak memiliki hak yang sama dengan yang lainnya? Misalnya, bolehkah vampire diberi kebebasan yang sama seperti manusia serigala?
                Tanyakan pada Raquel.

9. Apa yang membuat hubungan Evie dan Lend terjalin?
                Kepercayaan. Saling mengerti.

10. Novel ini akan difilmkan. Apakah Paranormalcy memang layak difilmkan? Mengapa? Siapa yang tepat untuk memerankan Evie, Lend dan Reth? Mengapa?
                Layak, karena ini bukan hanya tentang cinta dengan peran gadis lemah, tapi petualangan. Evie : AnnaShopia Robb, Lend : Callan McAuliffe, Reth : Freddie Highmore. Karena, coba liat saja bagaimana mereka memainkannya.

11. “Makhluk” manakah yang menjadi favorit Anda? Mengapa? Apakah gambaran makhluk itu cocok dengan yang ada dalam buku ini?
                The Empty Ones? Karena keren. Baru menjumpai makhluk yang satu ini.

                By the way saya juga sudah baca buku kedua, tinggal yang ke 3, Endlessly, ada yang mau ngasih? Dari postingan ini pasti banyak yang bingung dengan kata-kata dalam buku ini. Sengaja. Nah, penasaran? Bisa dibeli di @studiokatabooks atau Gramedia. Pastikan didekatmu ada benda yang terbuat dari besi.


2 comments

  1. Kayaknya bagus bukunya, boleh dikirim ke alamat aku gak, kak Umi? Itu maksud dari "Pastikan di dekatmu ada benda yang terbuat dari besi." apa sih? Gak ngerti.

    ReplyDelete
  2. Fauzy Husni Mubarok : Boleh, mana alamatnya? Ya cuma yang baca buku ini doang yang ngerti

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home