5 Pilihan Jenis Investasi untuk Pemula

Menjalani masa depan yang tenang dan bahagia menjadi keinginan bagi semua orang. Namun untuk mencapainya tentu diperlukan persiapan yang baik sejak dini. Salah satu persiapan yang disarankan oleh pakar keuangan adalah berinvestasi. 

Ya, investasi, ‘menanam’ uang dengan harapan bisa tumbuh dan membuahkan hasil di masa depan. Namun sayangnya tidak banyak orang paham dengan investasi. Mungkin ada beberapa yang sudah paham, tapi urung dilakukan karena terkendala masalah keuangan atau takut akan risiko.

investasi untuk pemula
pict: Goumbik, pixabay

Padahal sebenarnya ada banyak jenis investasi modal kecil yang bisa dilakukan dengan nominal mulai Rp 100 ribu saja. Hanya saja keuntungannya tidak sebesar investasi Rp 1 juta, Rp 2 juta, dan seterusnya. Walaupun demikian, jenis investasi ini dapat dilakukan untuk pemula.

Nah, agar bisa menikmati masa depan tanpa banyak kekhawatiran, silahkan simak pilihan jenis investasi untuk pemula yang menguntungkan berikut ini. 

Jenis Investasi untuk Pemula 

Sebelum memulai berinvestasi, perlu diketahui kalau dalam investasi ada yang namanya untung dan rugi. Jadi jangan pernah sekali-sekali menganggap investasi sama dengan menabung dan berharap langsung mendapatkan keuntungan yang besar. Pelajari dulu cara investasi yang benar agar risiko kerugiannya bisa ditekan. 

Dalam hal ini, teman-teman bisa bertanya kepada teman yang berpengalaman dalam investasi, atau membaca artikel yang berhubungan dengan investasi. Bila sudah mengenal investasi lebih dalam, barulah bisa memilih jenis investasi untuk pemula yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Investasi Reksadana 

Kalau bicara soal investasi yang cocok untuk pemula, Reksadana bisa jadi pilihan tepat. Dengan menyisihkan uang minimal Rp 100 ribu saja, kita sudah bisa mulai berinvestasi. Selain itu proses pendaftarannya juga terbilang mudah, tak jauh beda dengan saat membuka tabungan di bank. 

Langkah awal yang harus diperhatikan saat ingin memulai investasi di Reksadana adalah memilih perusahaan Reksadana yang terpercaya. Jangan pernah tergiur dengan tawaran yang menjanjikan keuntungan di luar nalar. 

Selanjutnya, bisa memilih jenis Reksadana yang cocok untuk pemula, seperti pasar saham, pasar uang, hingga pendapatan tetap. Pastikan juga untuk memilih jenis dan produk Reksadana yang memiliki prospek bagus dalam 3 tahun terakhir. 

Kelebihan Reksadana dari investasi lainnya adalah lebih mudah dan menghemat waktu karena dana yang diinvestasikan akan dikelola oleh seorang Manajer Investasi. Jadi setelah menyetor dana, kita tinggal menunggu hasil saja. 

2. Investasi Saham 

Sudah sejak lama saham menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin menginvestasikan uangnya. Seiring perkembangan zaman, akses pasar saham semakin mudah, sehingga saham menjadi investasi yang cocok untuk pemula di tahun 2020 ini. 

Kalau dulu yang bisa bermain saham hanya orang-orang dengan modal besar, sekarang saham bisa dimainkan oleh pemula yang memiliki modal minim. Bahkan dengan modal minimal Rp 100 ribu, Anda sudah resmi jadii pemilik saham di sebuah perusahaan. 

Namun meskipun modal yang dikeluarkan kecil, tetap saja harus pandai memilih perusahaan. Pilihlah perusahaan yang dalam 3 tahun terakhir harga sahamnya stabil atau bahkan naik. Dibutuhkan pemahaman yang baik jika benar-benar ingin mendapatkan untung. 

3. Investasi Emas 

investasi emas jangka panjang
pict: Global_Intergold, pixabay

Semua orang tahu kalau emas menjadi barang investasi yang menjanjikan. Meskipun keuntungannya tidak sebesar investasi saham, namun investasi emas sangat mudah untuk dijalani dan cocok untuk investasi jangka panjang. Apalagi, dengan harga emas yang terus melonjak setiap tahunnya. 

Kelebihan investasi emas dari yang lainnya adalah harganya yang stabil, bisa diperjual belikan kapan saja, dan bisa dijadikan jaminan di Pegadaian. Sebelum memulain berinvestasi, ada baiknya memilih mau investasi emas Antam atau perhiasan. 

Keduanya sama-sama menjanjikan, dan tentu saja ada untung ruginya. Namun saat ini Antam lumayan populer khususnya di kalangan anak muda. Apalagi risiko kehilangan emas Antam lebih kecil dibanding perhiasan karena bisa diinvestasikan secara online. 

4. Investasi Jersey 

Investasi jersey mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun nyatanya investasi jenis ini cukup populer karena risiko kerugiannya kecil. Di samping itu investasi jersey juga pasti menyenangkan karena berhubungan dengan hobi. 

Buat yang ingin memulai, bisa membeli jersey klub favorit yang memiliki desain unik atau jersey klub yang berpotensi akan langka. Kenapa investasi ini menguntungkan? Karena jersey yang unik atau langka harga jualnya bisa meningkat berkali-kali lipat di masa depan. Jersey ini selain biasanya dicari oleh fans kolektor, juga sering dijual secara lelang.

Terbayang kan keuntungan yang bisa didapat? Misalnya sekarang membeli jersey seharga Rp 500 ribu, satu atau dua tahun kemudian jersey tersebut mungkin akan dilirik oleh kolektor jersey dengan harga Rp 1 juta atau bahkan lebih. 

Selain investasi jersey, bisa juga berinvestasi dengan barang-barang yang berhubungan dengan hobi. Seperti action figure, otomotif, atau bahkan barang antik. Semuanya bisa jadi investasi untuk pemula yang menjanjikan. 

5. Investasi Properti

investasi properti
pict: paulbr75, pixabay

Last but not least, ada investasi properti yang cocok bagi yang ingin menginvestasikan uang ke dalam bentuk fisik bangunan. Meskipun harus mengeluarkan modal besar, namun investasi properti sangat menguntungkan mengingat harga rumah dan tanah selalu naik setiap tahunnya. 

Contohnya ketika membeli rumah seharga Rp 500 juta di tahun 2020, selang 5 tahun kemudian harga rumah tersebut bisa naik jadi Rp 1 miliar. Keuntungan lain dari investasi properti adalah bisa mendapatkan penghasilan setiap bulan dengan menyewakan aset properti tersebut. 

Tapi sebelum memutuskan ingin berinvestasi di bidang properti, perlu diperhatikan kalau investasi jenis ini termasuk investasi jangka panjang. Beda dengan investasi lainnya yang bisa dicairkan setiap bulan atau setiap tahun. 

Kesimpulan 

Mengingat kondisi ekonomi yang selalu naik turun, berinvestasi merupakan solusi paling tepat untuk menjaga stabilitas keuangan. Bukan hanya untuk masa tua, namun juga berguna saat terjadi hal yang tak terduga dan harus mengeluarkan uang banyak. 

Setelah mengetahui beberapa pilihan jenis investasi untuk pemula di atas, semoga dapat menimbang mana investasi yang paling cocok dengan kebutuhan. Sedikit saran, pilihlah jenis investasi yang paling menguntungkan dengan risiko kerugian minim.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

  1. Saya sejak kerja diajarin ayah untuk investasi, minimal reksadana yang resikonya rendah. Pengen juga coba yang lain tapi masih bingung yang mana. Terima kasih ya sharingnya... jadi makin tau jenis-jenis investasi deh :)

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)