7 Cara Refreshing Sebelum UN



                Seminggu lagi, seluruh siswa kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK/Sedejarat dan saya juga akan mengikuti Ujian Nasional, sekarang lagi sibuk-sibuknya nih, meskipun nggak ngaruh sama kelulusan, nilai UN ngaruh buat SNMPTN, terutama buat yang mau nglanjutin kuliah. Dan postingan ini memang telat banget, kemungkinan yang baca juga bukan yang mau UN, gininih kadang inspirasi suka dateng tiba-tiba, tapi nggak papa, sekedar share. Jadi, selain belajar, berdoa, berusaha dan bertawakal, siapa bilang kalo mau UN kudu fokus, fokus dan fokus, lama-lama itu bisa bikin stres, ada kok beberapa refreshing yang murah dan masih ada hubungannya sama motivasi UN, dan refreshing ini kategorinya ringan, nggak perlu keluar rumah atau keluar duit. Kok bisa? Bisa dong. Nih :



1. MANDI.

     Kok mandi? Iya, saya suka mandi, kecuali kalo hari libur. Kalo mau belajar usahakan mandi dulu biar seger, biar adem. Dan selama mandi itu bisa sambil nyanyi rumus atau nginget-nginget poin yang penting, otomatis kalo badan enak belajarnya juga enak, ini berlaku buat sore atau pagi-pagi. Kalo malem, jangan, itu malah bikin sakit, Tong, cuci muka aja. 


2. NONTON FILM.

     Wait? Serius? Iya, nonton film juga refreshing, bisa nonton di bioskop televisi atau vcd, usahakan jangan film yang bajakan sih, biar tambah berkah, tapi kalo terlanjur ya, terpaksa nggak papa sih, niatnya buat yang baik-baik. Kenapa nonton film? Nggak setiap jam bakal belajar, kan. Tentu saja film disini bukan film yang drama atau percintaan, nanti efeknya malah mbayangin yang nggak bakal kejadian, jangan juga yang terlalu sadis atau berdarah-darah, saya sarankan sih yang action atau mata-mata, biasanya pemeran utamanya itu cerdik, nanti bakal termotivasi “Pengen deh, keren kaya dia!”. Nah, keren disini nilai UN, bisa nggak jadi orang keren kaya yang di film. Terus, kenapa nggak baca novel, kan refreshing juga? Novel itu kelamaan dan sifatnya nagih, nanti malah ganggu. Kalo film itu maksimal 3 jam sama iklan dan buang airnya, umur pasti udah  bisa ngontrol diri sendiri.


3. BIKIN TARGET.

     Iya, tulis target NEM UN berapa, masing-masing pelajaran berapa, bahkan kalo perlu ditambah tertinggi di kelas, di sekolah, di provinsi, diterima SNMPTN dan lain-lain. Bikin target sebanyak-banyaknya di kertas, lalu ditempel di kamar. Kita boleh bikin keinginan kita sebanyak-banyaknya, dari semua itu memang nggak tentu semuanya tercapai, tapi kalo kita udah usaha dan ikhlas, rasanya puas. Dan target yang lain itu waktu, harus latian soal sama waktu, saran saya sih kalo lagi mengerjakan itu jangan liat jam biar nggak gugup, panik dan akhirnya keluarlah Ekor Sembilan, tapi tetep jangan terlalu santai.


4. INGAT PENCAPAIAN YANG DULU.

     Lalu, coba deh flashback, bukan tentang mantan, tentang kita yang dulu, jaman SD misalnya,kita pernah juara lomba menggambar, mewarnai, baca puisi atau lomba Agustus-an. Hal sekecil itu jangan disepelein, meskipun tingkatannya masih rendah, tapi gimana sih rasanya jadi juara? Puas, bangga, nagih. Nah, sekarang juga haarus bisa bikin “sesuatu”. Kalo dulu bisa, sekarang lebih bisa!


5. HADIAHI DIRI SENDIRI.

     Ada kalanya capek latian-latian soal, pusing ini itu. Coba hadiahi diri sendiri, hal-hal kecil kaya beli es krim, coklat atau barang-barang yang disukai. Atau, misal pas nulis target dan ternyata berhasil, bisa ditambahin tuh kaya beli buku baru, pulsa modem dan kalo mungkin, gadget baru. Siapa yang nggak mau?


6. FOTO ORANG BERPRESTASI.

     Sekali-kali, jangan cuma buka sosial media buat ngatasin jenuh, tapi cari siswa/siswi yang berprestasi, mereka aja bisa, kamu? Dan kalo diliat, yang bangga bukan cuma diri sendiri, tapi juga orang tua, sekolah, dan pacar mungkin. Apalagi sekarang jamannya medsos, nanti bakal terkenal, kira-kira gimana ya kalo bisa kaya mereka? Atau bisa juga foto artis idola, kaya yang ininih, buat penyemangat.



7. BERDAMAI DENGAN DIRI SENDIRI.

     Yang pasti, jangan dipaksa kaya “kamu itu harus bisa!”, keliatannya kaya marah sama diri sendiri, coba deh gini “Saya dan saya sendiri, kerja sama yuk, kita belajar, kita usaha, kita pasti bisa”, dengan begitu kita bakal lebih rileks, nggak tegang. Kita udah usaha, misal hasil masih belum dapat melampaui target, tetap berterimakasih dengan diri sendiri, yang sudah berjuang bersama. Kata Rock Lee “SEMANGAT MASA MUDA!”.

 
Semoga bermanfaat dan terimakasih. Minta do’anya buat semua siswa-siswi yang mau UN, semoga berhasil dan selamat berjuang!


Baca juga postingan lawas : Tips Agar Nggak Stres Saat Ulangan

2 comments

  1. Betul kak, sebelum UN jangan terlalu memporsir diri sendiri nantinya malah lelah, dibawa santai aja...

    Usahakan nonton filmnya judulnya "Whiplash", itung-itung latihan buat menghadapi pengawas yang galak ketika UN :D

    ReplyDelete
  2. Fauzy Husni Mubarok : Mana Pit, ngopi #ehh

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home