ODGJ dan Hal-Hal Lainnya

Assalamualaikum!

                Hai! Ada yang takut sama ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa? Saya juga, tapi dulu. Entah sejak tahun berapa udah “netral” sama ODGJ, saya nggak tau kapan tepatnya, semacam terjadi begitu aja. Nampaknya postingan kali ini saya bakal ngomongin perkara ODGJ yang saya ingat selama ini.

                Saya begitu menyukai hal-hal yang unik. Dan entah kenapa saya memasukan ODGJ ke dalam golongan unik tersebut. Mungkin karena kalo saya lagi liat ODGJ selalu mikir “mengapa kok orang bisa kena gangguan dan kehilangan kontrol atas dirinya?”. Iya, karena menurut saya kontrol diri itu anugrah bagi manusia, tanpa kontrol diri manusia nggak bisa bertahan dalam fase-fase sulitnya. Dan ODGJ keliatannya bahagia mulu, tapi ODGJ itu sepanjang hidupnya merasa nggak sih kalo dirinya “alive”?

                Terus tingkah-tingkah ODGJ. Mereka tingkahnya aneh-aneh, dimulai dari jalan-jalan tanpa busana, bawa sampah kemana-mana kaya mau pindahan, bahkan adzan sebelum waktunya di pasar. Sebenernya kasihan juga, kadang mereka diusir-usir orang, atau dikerjain anak kecil. Eh, saya pernah juga satu bus sama ODGJ, duduk bareng malah. Awalnya biasa aja karena dia diem dan bawa tas, tapi sempet curiga sama aromanya, mareka kan jarang mandi, kek saya. Terus pas ada karyawan masuk bus dan duduk di depan si dia pindah sambil senyum-senyum. Naksir mungkin. Yang kedua saat nunggu jemputan saat pulang sekolah, saya lagi duduk, disamperin sama ibu-ibu dasteran beserta aromanya juga, dia juga tanya “mau pulang dek?”, “iya bu”, selepas itu dia ketawa-tawa liat jalanan. Marfa bersama orang-orang selo. Nunggu jemputan tak pernah segreget ini. Suatu sore yang nikmat, coba kalo bisa selfie.

sumber : https://www.tokopedia.com/bacabaca/membunuh-orang-gila

                Saya juga pernah baca buku fiksi tentang ODGJ, judulnya “Membunuh Orang Gila” karya Sapardi Djoko Damono . Saya baca sekitar 7 tahun yang lalu di perpustakaan sekolah. Sebenernya isinya kumpulan cerpen sih dan salah satunya memang bercerita tentang seseorang yang membunuh orang gila, kok kejam? Daripada penasaran yang semakin menggila, yok ah baca bukunya. Ini bukan promosi anyway.

                Selain buku, ada juga nih tentang iklan ODGJ. Nah, kayanya udah pada nggak asing deh sama cara penyampaian iklan-iklan Thailand yang selalu menarik dan kadang bikin terharu, seringnya sih tentang kehidupan, termasuk ODGJ. Bagus juga iklan CCTVnya, boleh dilihat disini. 


                Emang, kita bisa belajar dari mana aja, bahkan dari ODGJpun, kit bisa berguru. Kita bisa belajar agar cuek terhadap cacian orang dan terus menggali kemampuan kita. Kita juga harus berani menunjukan siapa kita tanpa malu. Jadilah gila yang terus berkarya, namun juga imbang juga spiritualisnya. Jangan menjadikan harga diri kita rendah karena gila akan harta, cinta, jabatan ataupun pujian. Lalu, kita juga belajar bersyukur atas nikmat sehat untuk menjalani hidup. Terus dengan cara apa kita memanfaatkan nikmat itu? Males-malesan?
***

16 comments

  1. Waktu kecil kalau ketemu orang gila, langsung ngibrit... kabur jauh, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dulu waktu kecil, seringnya lari :D

      Delete
  2. darimanapun kita bisa belajar. dari setiap orang yang kita temui juga termasuk slah satunya. selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil. masalahnya kita mau gak belajar dari apa yang kita lihat.

    good mbak :)

    ReplyDelete
  3. Kebetulan Toko+ warung saya di dekat jalan raya jadi sering banget disinggahi OGJD. Tapi ada 1 yang istimewa, dia ga mau kalo dikasih sesuatu. Pasti bilangnya beli, meskipun uangnya kurang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya beli ya Mbak, OGJD ja gitu :)

      Delete
  4. Aku takut sama orang gila. Waktu kecil aku pernah dilempar batu sama orang gila. Tingkah laku mereka unpredictable.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya kadang suka ngejer2 gitu mba

      Delete
  5. Terima kasih atas partisipasinya maak

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas partisipasinya maak

    ReplyDelete
  7. Videonya bikin aku nangis kak. Masya Allah.. mulia sekali orang gilanya.

    ReplyDelete
  8. Selmat sore, bisa bantu saya untuk sumber2 buku mengenai stigma odgj? Terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam maaf baru balas
      Maaf saya tak punya referensi utk buku tsb :)

      Delete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home