WHO AM I: Kein system ist sicher – Sebuah Permainan Menunjukan Identitas

Genre                  : Action, Thriller, SciFi, Crime
Sutradara            : Baran Bo Odar
Rating IMDb       : 7.6/10
Durasi                  : 102 menit
Rilis                      : 25 Sep 2014 (Jerman)
Pemain :
- Tom Schilling sbg Benjamin engel
- Elyas M’Barek sbg Max
- Wotan Wilke Mohring sbg Stephen
- Hannah Herzprung sbg Marie
- Antoine Monot Jr. sbg Paul, dkk


Semua yang ada di dunia adalah permainan. Kemarin-kemarin nih ada salah satu situs provider yang diretas, ngomong-ngomong tentang diretas, ada satu film berbahasa Jerman tentang hacker yang keren banget! Adalah Benjamin Engel, tipikal manusia anti sosial, tak terlihat di dunia nyata yang hanya tinggal bersama neneknya dan menghabiskan waktunya untuk programming secara otodidak sampai dirinya berada di tingkat pro. Pada suatu hari dirirnya bertemu dengan Max dan kawan-kawannya, yang ternyata sama-sama menggeluti bidang komputer. Satu demi satu “proyek” mereka kerjakan hanya untuk membuktikan eksistensi mereka sebagai hacker dan diakui oleh Marfa eh maksudnya MRX, yang udah dikenal sebagai panutan dalam dunia hacking.

Who Am I sendiri adalah film berdasarkan kisah nyata, aksi demi aksi dalam film ini tak membuat bosan menontonnya, justru ikut merasakan bagaimana asyiknya petualangan dari awal Clowns Laughing at You (CLAY) yang terdiri dari masing-masing karakter, Max, Benjamin, Paul, dan Stephan. Lalu, makin ke tengah film sebenernya makin ketebak intinya bakal cekcok dalam CLAY sendiri. Kemudian Benjamin yang merasa bertanggung jawab karena berurusan dengan MRX akhirnya turun tangan, sendirian. Tak ayal tentunya, nyawa dirinya dan ketiga anggota CLAY juga terancam.


Yang saya sukaaaa banget dari film ini selain lagu dari Royal Blood berjudul Out of the Balck yang mengiringi filmnya adalah permainan psikologisnya, karena cerita dalam film ini keseluruhan adalah narasi Benjamin saat sudah ditangkap dari mulai awal dia bergabung dengan CLAY dan sang penyidik mengobservasi dan memutuskan bahwa semau cerita yang dikarang Benjamin hanya ilusinya semata, bahwa dari semua aksinya hanya dilakukan oleh diri sendiri, dan tentang Max, Stephan, dan Paul hanyalah karakter yang ia buat dari dirinya sendiri. Benjamin, memiliki kelainan kepribadian ganda setelah sang penyidik berkunjung ke rumah Ben dan dokternya. Kan, Benjamin itu yatim piatu.

WHAT? Setekah sekian lama ini? Lalu siapa MRX? Apakah masih ada hubungannya dengan kerabat atau masa lalu Benjamin? Apakah petualangan Benjamin dalam mematokan eksistensinya akan berakhi? Tonton saja sendiri, nggak bakal nyesel, dan pastikan juga nggak ikutan tertipu dengan permainan mereka. Tchuss!

Sc pict:
http://www.besoklusa.com/2015/05/who-am-i-2014-tak-ada-sistem-yang-aman.html
http://www.eyeforfilm.co.uk/review/who-am-i-no-system-is-safe-2014-film-review-by-luke-shaw 
 ***

6 comments

  1. worth to watch nggak, nih? masukin ke daftar yang harus ditonton, deh, tapi nanti dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WORTH! Rekomen sekali ini Uneeeh :D

      Delete
  2. belum nonton nih, patut untuk ditonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera kak, biar nggak kelupan :D

      Delete
  3. saya suka jenis film yang begini nih, seiyanya saya memang suka progamming, makasih ya, saya jadi punya refrensi film dari Jerman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaap, ini film rekomen banget! :D

      Delete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home