Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hai salam bahagia untuk semuanya.
Wah, auranya senang sekali ya? Baiklah, kali ini saya akan bahas salah satu strategi pemasaran online yaitu perlunya personal branding dalam online shop. Berbekal ilmu dasar
kewirausahaan ketika SMK, nyimak-nyimak cantik di seminar-seminar dan
pengalaman pribadi online shop, ternyata
personal branding sangat berpengaruh loh. Tentu saja, di era digital yang
membuat apapun serba mudah ini kita otomatis harus kreatif, kalau tidak, bisa
jadi kita akan tertinggal jauh.
Apa saja sih, yang bisa jadi poin-poin pentingnya? Yuk ah telisik satu
persatu:
1. Bedakan Akun Online Shop dengan Akun Pribadi.
Tentu saja, agar proses pemesanan
dan pembelian lebih terorganisir. Tidak lucu juga kalau di akun media sosial
pribadi kita lagi posting yang galau-galau, bisa jadi calon pembeli
mengurungkan niat untuk membeli. Meskipun mungkin saja kita punya followers yang banyak, tapi hal tersebut
bisa digunakan untuk membantu penyebarluasan produk dalam online shop kita.
2. Pengoptimalisasian Akun Online Shop
pict: coffeebeanworks |
Dengan memiliki akun media sosial
yang terpisah, langkah selanjutnya adalah memaksimalkan akun tersebut. Pastikan
memiliki detail info di kolom bio beserta kontak yang mudah dihubungi, jam
operasional pemesanan untuk keperluan pembagian waktu pribadi dengan waktu
mengurus online shop dan pelayanan
atau kebijakan refund. Lalu, dalam
masing-masing gambar produk dalam akun tersebut lebih baik gambar asli dan tata
posisi produk dengan menarik, sertakan juga info lengkap seperti ukuran, harga,
warna, rasa, minimal pembelian, dan bahan.
Kemudian yang tak kalah penting
adalah logo akun, pastikan membuat sendiri dan bukan hasil mengambil dari
internet. Pastikan memiliki logo yang unik dan mudah diingat oleh orang-orang
sehingga memungkinkan juga menjadi rekomendasi dari antar calon pembeli.
3. Pengoptimalisasian Pelayanan Pada Customer
Optimalisasi pelayanan terhadap customer ini merupakan online marketing services yang sangat penting untuk keberlanjutan online shop ke depannya. Pastikan memberikan pelayanan
dengan maksimal, dapat dilakukan dengan respon yang cepat, menanggapi
pertanyaan dengan detail dan sabar, membungkus paket produk dengan rapi dan
memberikan respon terima kasih pada setiap pembelian. Karena sikap ramah akan
membuat pembeli senang dan tidak sungkan untuk kembali membeli produk.
Lengkapi juga dengan aplikasi
jasa pengiriman untuk keperluan mengecek ongkos kirim, jadi tidak perlu
menunggu lama dengan membuka laman webnya.
Tidak jarang hal-hal dalam
mengurus online shop terjadi berbagai
kendala, merespon dengan sabar dan bertanggung jawab dalam menghadapi komplain
atau keluhan adalah kunci untuk tetap mendapatkan kepercayaan pembeli.
4. Inovasi Terus Menerus
Seiring dengan berjalannya waktu,
sudah pasti diperlukan inovasi agar penjualan produk tidak monoton dan
membosankan. Bisa dilakukan dengan pembaruan logo, pembaruan cara upload produk, atau penambahan
produk-produk itu sendiri. Lebih baik juga membuat sendiri format label
pengiriman dengan logo sendiri agar memiliki hal yang berbeda dengan yang lain
dan menunjukan jati diri kita.
5. Pemasaran yang Sesuai dengan Target
pict: PhotoMIX-Company |
Dalam memasarkan, kita dapat
menggunakan bantuan akun pribadi yang sudah luas networkingnya.
Jika ingin berpromosi di grup-grup atau akun media-media sosial, pastikan
sesuai dengan target agar tidak dianggap spam
dan mengganggu. Pasang target sesuai dengan calon pembeli yang membutuhkan,
yang dapat disesuaikan dengan rentang umur dan jenis pekerjaan. Jika pemilik bisnis mengalami kesulitan dalam hal ini, bisa menggunakan jasa digital agency indonesia untuk membantu menerapkan strategi yang tepat.
6. Mendongkrak Pembeli dengan Berbagai Event
pict: coffeebeanworks |
Hal ini dapat dilakukan dengan membawa ikut serta pembeli dalam melakukan inovasi, seperti bertanya atau vote untuk logo terbaru, mengadakan kuis berhadiah atau giveaway kecil-kecilan secara berkala dalam beberapa bulan sekali, memberi tips dalam memakai produk seperti memberi tutorial mix and match pada pakaian, lomba foto atau review, diskon, kreasi resep pada makanan, atau mengeluarkan produk-produk terbaru dengan konsep rahasia yang menimbulkan penasaran dalam awal perkenalan produk.
Semoga ide-ide tersebut dapat mendukung online shop dikenal dengan memiliki jati
diri, memiliki kualitas yang kreatif dari pemerhati. Jadi, bagaimana dengan
perkembangan kualitas online shop yang
dimiliki sejauh ini?
***
Tidak ada komentar
Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.