Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Ada banyak kemudahan sejak pemanfaatan internet berkembang, termasuk bagaimana strategi pemasaran online bisnis UKM dapat memengaruhi performa dan kuantitas penjualan. Meskipun berkali-kali kita mendengar atau disajikan banyaknya data pengguna platform dalam internet yang potensial, penjualan ini tetap harus memakai strategi marketing yang tepat agar pengguna bukan hanya menjadi pengunjung namun juga menjadi pembeli.
cr: pixabay, cocoparisienne |
Biasanya, kita hanya melihat produk-produk bisnis UKM lokal melalui pameran atau ketika mendatangi langsung sentra produksi seperti
galeri ataupun home industry dalam
suatu daerah. Solusi agar produk lokal UKM ini dapat menuju penjualan
global adalah memanfaatkan penggunaan digital
marketing untuk menjalankan kiat-kiat penjualan online.
Keuntungan dan Pentingnya Strategi Pemasaran Online Bagi UKM
Adapun keuntungan yang bisa kita
dapatkan dari penggunaan strategi marketing yang tepat peruntukannya bagi UKM,
yaitu:
1. Meluaskan Jangkauan Pemasaran Produk
Tujuan pertama dalam strategi ini
adalah mengenalkan produk lebih luas melalui banyak platform ataupun tools yang
nantinya digunakan. Meskipun belum sampai tahap pembelian, minimal produk sudah
dikenal dan bisa menjadi bahan rekomendasi dari satu pengguna telah sekilas
melihat pada pengguna yang sedang mencari produk tertentu. Kemudian seperti
yang telah disebutkan sebelumnya, dengan perencanaan pemasaran online yang
tepat maka produk-produk lokal dapat bersaing secara global. Jika hal ini terus
kontinyu, maka akan banyak keuntungan yang didapat seperti bertambahnya lapangan
pekerjaan melalui proses produksi serta meningkatkan perekonomian.
2. Menaikan Omzet dari Kuantitas Penjualan
cr: unsplash, rupixen.com |
Tentu saja tujuan utama dari langkah-langkah
strategi marketing online ini adalah meningkatkan angka penjualan untuk
mendapatkan sebanyak-banyaknya omzet. Namun sebelumnya perlu dilakukan sejauh
mana produk tersebut dibutuhkan pelanggan atau pembeli dengan melihat kebutuhan
pasar. Seiring dengan penggunaan internet, produk dapat berkembang baik untuk
meningkatkan citra akan produk yang dibutuhkan maupun menjadi produk yang dibeli
karena kuatnya brand tersebut.
3. Cepat Dalam Inovasi Produk
Seiring dengan berjalannya waktu,
tak mungkin suatu produk akan berjalan di satu tempat atau stagnan. Di era keberlimpahan
informasi ini, inovasi produk harus dilakukan dengan skema marketing online
yang tepat yaitu dengan memertimbangkan cara dan waktu. Inovasi produk ini juga
dapat dilakukan dengan melihat kompetitor serupa dalam pengembangan produk dengan
menggunakan cara amati, tiru, dan modifikasi namun tetap mempunyai ciri khas
terhadap produk tersebut. Diversifikasi produk juga memungkinkan terutama jika
produk tersebut adalah makanan dari hasil inovasi ini.
4. Memperkuat Branding & Value Dalam Produk
Ada kecenderungan di mana pembeli
membeli suatu produk karena iklannya unik dengan memerlihatkan desain yang unik
juga meskipun mereka sedang tak membutuhkan produk tersebut. Maka di sini bisa
dikatakan brand itulah yang dibeli
terlepas dari kegunaan produk tersebut. Terutama bagi anak muda yang menyukai
bentuk visual untuk dimiliki dan dapat digunakan sebagai properti keperluan di
media sosial atau hanya semata ingin mengikuti tren. Dengan perencanaan tepat
yang dipilih, produk akan memiliki nilai tambah dan branding yang kuat untuk dikenal. Selain itu, harga jual juga dapat
ditingkatkan dengan kuatnya branding ini.
5. Memiliki Loyal Customer
Salah satu cara pemasaran secara
daring yang akan dibahas nanti adalah media sosial dan email marketing. Hal ini tentu saja bukan tanpa tujuan, yaitu untuk
menjaring pembeli potensial yang akan menjadi pelanggan. Pembeli yang puas baik
pelayanan maupun kualitas produk akan melakukan pembelian ulang lebih dari
sekali. Bahkan tak segan-segan, loyal customer
ini akan merekomendasikan pada calon pembeli lain dan menanti-nanti
keluaran terbaru dari inovasi produk yang dilakukan.
Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Produk Bisnis UKM Secara Online
Setelah melihat keuntungan dari
pentingnya kiat-kiat memasarkan secara online, maka selanjutnya adalah
menerapkan strategi ini dalam bentuk praktikal. Berikut langkah-langkah
strategi marketing secara online bagi UKM:
1. Gunakan Platform Pemasaran Digital Untuk Media Promosi
Ada beberapa platform besar yang
dapat kita manfaatkan untuk promosi produk dan mengatur display dalam mengisi konten agar menarik minat pembeli, diantaranya:
Optimasi Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness
cr: pixabay, cloudlynx |
Ada jenis platform media sosial
yang digunakan untuk menampilkan produk dan mengenalkan brand dari produk
tersebut. Ambil contoh penggunaan Instagram karena tampilan visual utamanya
yang dapat lebih menampilkan foto produk. Kiat-kiat yang dapat dilakukan dalam
menarik calon pembeli yaitu dengan:
- Konten kreatif. Karena sifatnya yang visual, tentu saja diperlukan desain yang unik dan menarik pandangan untuk dapat mengklik foto pada Instagram. Perhatikan juga penggunaan hashtag untuk meningkatkan engagement pada profil bisnis. Pemilihan untuk membuat iklan video marketing juga disarankan karena akan menahan pengunjung lebih lama, namun juga diperlukan durasi yang pas termasuk detik-detik pertama untuk menarik perhatian agar tak bosan.
- Info dan penjelasan yang detail. Calon pembeli lebih menyukai informasi yang lengkap dan detail agar efisien waktu dan tak mengulangi pertanyaan-pertanyaan yang serupa. Informasi ini meliputi detail produk, cara pemesanan, harga, dan platform mana saja yang dapat dijadikan pemesanan alternatif. Informasi yang lengkap juga mendorong pengunjung untuk langsung membeli produk.
- Memisahkan akun profil bisnis dengan akun testimoni pelanggan. Hal ini dilakukan agar efisien konten dan tak terlihat campur aduk. Namun untuk testimoni dari bentuk review atau endorse dapat diletakan di akun utama.
- Membangun interaksi dengan followers. Hal ini bertujuan agar akun utama tak terlihat kaku, namun bukan berarti juga beralih menjadi seperti akun personal. Interaksi ini dapat dilakukan dengan melempar pertanyaan yang dikemas dengan konten dalam postingan atau story yang dapat memicu followers untuk berinteraksi dengan memberikan jawaban. Selain itu dapat juga memadukan konten postingan berupa tips maupun topik yang masih berhubungan dengan produk. Pilihan lain yang dapat dilakukan dalam berinteraksi sekaligus meningkatkan engagement adalah mengadakan giveaway secara berkala. Hal ini juga dapat memperluas jangkauan pengenalan produk.
Untuk media sosial lain yang
dipilih, kiat-kiatnya hampir sama dengan Instagram. Tentu saja masing-masing
media sosial memiliki karakteristik tersendiri bagi penggunanya dan kita dapat
memilih mana yang paling pas untuk pemasaran.
Memiliki Toko Virtual Berupa Website
cr: pixabay, oginueve_ilustra |
Penggunaan platform media sosial
memiliki keterbatasan jika calon pembeli ingin mengetahui lebih dalam siapa
pelaku UKM yang memproduksi produk tersebut. Pembuatan website untuk identitas
akan meningkatkan identitas dalam mesin pencarian dan meningkatkan kepercayaan
pengunjungnya. Poin-poin penting yang harus dimiliki dalam website tersebut meliputi:
- Pemilihan domain yang tepat, usahakan simpel dan mudah diingat orang.
- Desain website jadikan profesional namun tetap responsif, tampilan seperti ini akan membuat orang berlama-lama berseluncur di website. Memiliki tata letak yang jelas juga menjadi nilai tambah untuk kemudahan pengunjung.
- Selain kolom About/Tentang, jangan lupakan kolom isian untuk perihal pertanyaan maupun pesan. Sediakan juga pop up layanan bantuan.
- Penerapan SEO pada website baik dalam struktur maupun postingan blog agar website terindeks dalam mesin pencarian.
- Keamanan pada website, tentu saja pentingnya memiliki website dengan perlindungan yang menjamin pengunjung dapat meningkatkan kepercayaan.
- Memiliki kolom artikel blog yang diupdate secara berkala, dapat berupa tips dalam produk atau artikel terkait agar website tidak kaku.
Mendaftar Ke Ragam Online Marketplace
cr: pixabay, akashjoshi772 |
Untuk memperluas jangkauan pemasaran
secara online dan kemudaahan preferensi pembeli dalam melakukan pembelian, maka
jangan lupa untuk mendaftarkan juga ke marketplace besar yang terkenal.
Marketplace ini menjadi pihak ketiga di mana customer dapat merasa aman karena
ada ketentuan refund maupun penukaran barang dengan sistem yang jelas. Selain
itu dengan adanya review toko jika performa dan kualitas baik maka akan menjadi
nilai plus bagi UKM tersebut di marketplace. Kemudahan lain yang dapat
digunakan adalah kemudahan memakai jasa iklan dalam marketplace tersebut agar
produk ditampilkan di urutan paling atas di kategori yang dipilih.
2. Gunakan Jasa Iklan untuk Jangkauan Target Lebih Luas
Kita sekarang tahu bahwa setiap
smartphone yang terkoneksi internet juga memungkinkan algoritma pencarian di
mana ketika mengetikkan sesuatu di search engine atau marketplace, maka iklan
serupa dapat muncul ketika beralih ke halaman lain atau aplikasi tertentu. Iklan
ini merupakan jasa layanan yang dapat kita manfaatkan seperti:
Search Engine Marketing
atau SEM. Hampir mirip dengan SEO
namun perbedaannya, SEM ini adalah layanan berbayar. Meskipun berbayar,
penerapannya harus pas dan lengkap agar iklan yang ditampilkan saat penelusuran
di halaman utama dapat menampilkan website kita di urutan paling atas dengan
label AD.
Facebook/Instagram Ads
Selain menggunakan profil media
sosial bisnis dan mengaktifkan fitur shopping
misalnya di Instagram, memaanfaatkan Ads atau iklan ini juga memberikan
peluang secara tepat berdasarkan data demografi dari sasaran pengguna di media sosial.
Kita hanya perlu membayar sesuai paket yang tersedia dan mengatur isian iklan
tersebut.
Google Bisnisku
Untuk mempermudah lokasi dan kontak
lainnya, dapat menggunakan layanan ini karena terintegrasi dengan mesin
pencarian terbesar yang digunakan saat ini. Apalagi, jika usaha tersebut telah
memiliki galeri maupun tempat produksi yang dapat dikunjungi secara langsung
oleh pengunjung. Pemanfaatkan ini bukan hanya terbatas pada Maps di mesin
pencarian.
3. Kuasai Komunikasi Marketing Dengan Cara-Cara Berikut
Email Marketing
cr: unsplash, Stephen Phillips |
Strategi pemasaran online bagi
UKM bukan hanya terbatas pada menampilkan produk dan iklan saja, namun pemanfaatan
komunikasi yang dapat menggunakan email marketing. Email marketing yang
powerful dapat menarik perhatian pengguna karena hampir setiap hari orang
membuka email. Namun tentu saja pemanfaatan email marketing ini harus efektif
agar tak terkesan SPAM. Pengiriman email juga disesuaikan dengan waktu yang pas
dan dengan copywriting yang menarik seperti promo, diskon, atau penawaran tertentu.
Customer Relationship Management
CRM ini memiliki 4 komponen utama
yaitu Marketing, Sales, Orders, dan Support. Pelayanan yang utama terhadap
pelanggan ini tentu saja akan memengaruhi bagaimana keberlanjutan usaha
berlangsung, dimulai dari perencanaan, pengendalian aktivitas penjualan hingga
strategi yang dapat digunakan. Penggunaan CRM ini bukan hanya sebatas pelayanan
terhadap pelanggan namun juga dapat menyajikan data untuk proses evaluasi dan
peningkatan atau perbaikan dalam usaha.
4. Pendekatan Pada Calon Pembeli
Dalam memiliki sebuah usaha,
pastinya pelaku tersebut menawarkan terlebih dahulu produk tersebut ke khalayak
umum. Meskipun sudah menggunakan platform, tools dalam menampilkan produk
maupun beriklan, ada setidaknya cara manual namun dapat menjaring calon pembeli
yang potensial dengan menggunakan cara:
Aktif di Komunitas Online atau Grup
Contoh platform yang memiliki
grup dengan anggota yang banyak adalah Facebook, ketik saja misalnya “Pusat
Kuliner di Semarang”, “Jual Beli Purwokerto”, “Info Banjarnegara” dan lainnya
yang dapat digunakan sebagai sarana berpromosi dengan mengirimkan foto dan
keterangan produk dalam grup tersebut. Ingat juga untuk memberi posting
terjadwal agar postingan rapi serta tidak dinilai sebagai spam. Selain
Facebook, ada juga grup-grup WhatsApp umum untuk berjualan yang potensial menarik
pembeli dimulai dari cakupan lokal.
Community Building
Jika sudah memiliki banyak pelanggan
loyal, maka membentuk komunitas untuk komunikasi dan berdiskusi membahas
peluang dapat dilakukan. Community building ini biasanya dilakukan pada skala
lokal terlebih dahulu terutama pada pelanggan atau orang-orang yang memiliki
kesamaan interest pada bidang usaha yang memungkinkan untuk kolaborasi produk
serta rencana-rencana yang berkelanjutan.
5. Menarik Calon Pelanggan dengan Menggunakan Jasa Ulasan
Jasa ulasan atau review
diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dan mendorong rasa penasaran calon
pembeli terutama yang sebelumnya belum mengenal produk usaha tersebut. Ulasan
ini dapat menggunakan jasa-jasa berikut:
Influencer/KOL
Jasa influencer ini biasanya terdapat
di akun Instagram perorangan yang memiliki jumlah pengikut yang banyak dan
sebanding dengan tingkat interaksi dalam postingan maupun instagram story. Kerja
sama ini berupa mengulas produk yang dikirimkan ke influencer tersebut dan akan
ditukar dengan ulasan dalam postingan maupun story, tergantung dengan paket
yang dipilih. Pastikan memilih influencer yang memiliki citra positif dengan
melihat review-review sebelumnya, serta dapat mengulas secara detail, jujur,
namun juga tak menjatuhkan.
YouTuber
YouTuber juga dapat menjadi
pilihan untuk mempromosikan produk UKM dengan konten kreatif dalam video. Perlu
diperhatikan juga, ada kemungkinan mengeluarkan modal yang lebih besar dari
menggunakan jasa instagram influencer. Pilih Youtuber dengan niche yang sesuai
dengan produk UKM dan komunikasikan alur cerita dalam mengulas produk.
Menggunakan jasa youtuber juga dapat menghemat waktu dibanding membuat sendiri
channel youtube dan memulai dari awal.
Blogger
cr: pixabay, geralt |
Blogger sendiri menggunakan
platform blog untuk membuat tulisan sesuai niche yang dipilih. Meskipun
mayoritas konten berbentuk tulisan, ulasan blogger memiliki keunggulan
dibanding dengan konten visual seperti influencer atau youtuber. Keunggulan
yang dimiliki tersebut adalah tulisan blog yang muncul di mesin pencariaan
ketika seseorang membutuhkan informasi, ulasan yang lebih detail berbentuk
tulisan, dan juga dapat dipadukan dengan konten lain yang dimiliki seperti
short video maupun infografis yang dapat menjadi nilai tambah. Blogger sendiri
biasanya juga sudah terbiasa menulis konten dengan gaya bahasa soft selling namun tetap disesuaikan
dengan gaya bahasa maisng-masing.
Menemukan blogger untuk jasa
ulasan juga tak susah karena blogger yang menulis dengan banyak tema juga
memasukan ulasan tersebut di topik postingannya. Jasa ini biasa dinamakan sebagai
job review bagi blogger dan biasanya
sudah memiliki ketentuan sendiri yang ditulis dalam halaman blog. Narasi atau story telling memang menjadi kunci utama
ulasan blogger, namun tetap ada pertimbangan lain agar maksimal seperti desain dan
tata letak blog, peringkat blog yang berkaitan dengan trafik, interaksi melalui
komentar, dan elemen pendukung pelengkap tulisan blog seperti infografis atau
video pendek.
Bagaimana jika ingin menampilkan
artikel langsung dari pelaku UKM? Tentu saja hal tersebut bisa dilakukan dengan
jasa content placement, jasa ini
lebih murah dan dapat menghemat dibanding job
review. Biasanya, blogger juga memiliki rate card untuk penawaran paket
lengkap seperti ulasan blog dan media sosial yang dapat menjadi pilihan dalam
perencanaan online marketing ini.
Demikian langkah dalam menyusun
strategi pemasaran online bagi UKM untuk meraih omzet besar. Perlu perencanaan
yang teliti dan detail berdasarkan kebutuhan masing-masing pelaku UKM, jangan
sampai modal yang dikeluarkan tak sebanding dengan hasil yang kurang maksimal. Dengan
keuntungan strategi yang telah disebutkan sebelumnya, mengandalkan banyak platform secara terukur dapat memperluas kesempatan untuk UKM
naik kelas.
Bagus mba Marfa
BalasHapusTerimakasih pembahasannya kak. Bermanfaat.
BalasHapusTernyata banyak hal yang harus dipelajari ya mba,, supaya penjualan kita meningkat terlebih lagi dikenal masyarakat luas.
BalasHapusDi daerahku juga ada UKM, biasanya mereka membuka stand saat event tertentu. Mereka memamerkan hasil kerajinan seperti tas yang terbuat dari kulit lantung atau kain batik basurek ciri khas Provinsi Bengkulu dan masih banyak lagi
makasih sharingnya
BalasHapusUMKM jaman now harus banget melek digital ya kak.. biar exposurenya lebih luas
BalasHapusIya ya UMKM harus mengikuti juga perkembangan teknologi jaman sekarang yang serba online
HapusWah makasih mba ilmunya,aku jadi semangat lagi upload akun onlineshopku nih.
BalasHapusUMKM memang saat ini karus menguasai teknologi komunikasi informasi untuk lebih mudah membuka pasar dan memperluas jaringan pelanggan supaya produk bisa laris manis
BalasHapusplatform dari strategi pemasaran online di jaman sekarang sangat unik dan menarik karenab bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dan minat dari pelanggan yg setia
BalasHapusini benar benar trik jitu untuk pemasaran era di rumah saja, memanfaatkan internet untuk menjangkau pembeli
BalasHapusSekarang ini apa-apa serba online dan banyak peminatnya. Jadi kalau mau usaha ya kudu mau juga belajar bermedsos dan lainnya buat promosi
BalasHapusjangan lupa juga bikin database pembeli, nah ini yg dulu enggak kepikiran di saya pas punya online shop hehe. padahal database pembeli ini bisa dijadikan repeat order. wah tapi beberapa strategi diatas juga harus dilakukan nih, biar makin keren pemasarannya. makasih mba infonya.
BalasHapusPenting banget para UKM belajar strategi pemasan online ya untuk meningkatkan penjualannya. Harus aktif juga di komunitas online ternyata ya
BalasHapusbagus banget tips and trick, plus juga qt harus berani sih dalam mengambil risiko tentunya jg hrs memiliki perencanaan yg jitu dan tepat
BalasHapusartikel nya bagus dan enak buat dibaca dan mudah dipahami....menambah wawasan dalam mengatur strategi pemasaran online👍 sukses selalu🙏
BalasHapusMakasih kak jadi smkin mengerti
BalasHapussaya setuju dgn memasarkan lewat marketplace, krn saya jualan di marketplace dulu dan hasil penjualannya oke bgt
BalasHapusterima kasih sudah berbagi ilmu kak, sangat bermanfaat artikelnya, sukses terus ☺
BalasHapusIni sih manfaat banget. Alhamdulillah jadi nambah wawasanku dan semakin yakin buat aku mulai ngerintis bisnis.
BalasHapusArtikel yang bagus dan menarik buat dibaca. Sangat bermanfaat sekali buat yang mau belajar pemasaran online karena sekarang serba digital.
BalasHapusTerimakasih untuk sharingnya sukses selalu.
Marketplace ini juga mengalami pertumbuhan tapi juga ada tantangannya biar dapat orderan dari sana. Sejauh ini masih suka medsos untuk jualan :))
BalasHapusUlasannya runut dan sistematis ini, bisa jadi referensi yang lebih mudah dipahami utk UKM mengembangkan usahanya di era industri 4.0 sekarang agar bisa go nasional, atau bahkan lebih go internasional
BalasHapusDi era sekarang semua harus siap dengan teknologi ya. Tidak terkecuali ukm..harus siap bersaing..
BalasHapusUMKM sekarang kayaknya wajib banget untuk peka terhadap pemasaran era baru! Langkah-langkah ini mudah diikuti. Berguna sekali. Terima kasih banyak!
BalasHapusSebagai blogger bisa banget ya membantu pemasaran online pengusaha UKM, atau bisa belajar banyak juga biar bisa melakukan pemasaran online dan menjadi pengusaha UKM juga
BalasHapusyang teknis-teknis yang aga susah nih, SEO dan kawan2 masih peer banget
BalasHapusTerimakasih untuk sharingnya kak marfa umi sangat bermanfaat sekali.
BalasHapusTerimakasih untuk sharingnya kak marfa umi sangat bermanfaat sekali
BalasHapusWah ini penting bgt dibaca bagi para pemilik umkm atau yg mau buka umkm. Akupun seneng bacanya soalnya lengkap buangetttt
BalasHapusSegala sesuatu memang bagusnya pakai strategi ya, Mbak Marfa, biar hasilnya maksimal. termasuk soal pemasaran online UKM ini. Kalau jitu, maka hasil penjualan juga meningkat. Jadi harus terus belajar dan optimis, produk-produk UKM Indonesia akan terus meningkat penjualannya.
BalasHapusPlatform digital memang sudah seharusnya dijadikan media pemasaran UKM. Dengan berkembangnya teknologi memang kita harus mengikuti jaman. Para pelaku bisnis UKM yang melek digital akan menjadi lebih mudah dalam pemasaran melalui media online.
BalasHapusSaat psbb kemarin, saya pun mengandalkan belanja online, beruntung banyak ukm yang udah melek pemasaran online jadinya pilihan produk berkualitas lun banyak
BalasHapuspintar menggunakan media online untuk pemasaran UMKM, pasti membuat usaha semakin berkembang dari segi kuantitasnya nanti. Semoga bisa jadi pengusaha yang maju lewat bantuan internet Marketing.
BalasHapusKecanggihan teknologi bisa dipergunakan untuk meningkatkan promosi produk UMKM, jadi pemasarannya tidak terbatas lagi pada jarak dan lokasi
BalasHapusBeruntunglah mereka yg bisa memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan uang. Saya masih belajar sampai sekarang. Katanya so far Facebook masih yg terbaik untuk pemasaran media online ya mba.
BalasHapusWow terima kasih penjelasan lengkapnya kak. Memang sih sekarang semua pebisnis termasuk UKM juga dituntut untuk memiliki skill pemasaran online, ya!
BalasHapusPenjelasannya lengkap dan detail. Informasinya bikin UKM tambah semangat nih untuk mengembangkan usahanya secara online. Terima kasih.
BalasHapusAlhamdulillah zaman sekarang semua sudah mengarah pada online, sehingga saat bisa dimanfaatkan dengan baik, maka bisa membuahkan hasil yang baik pula.
BalasHapusPerlu banyak-banyak belajar mengenai strategi pemeasaran online.
Iya nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak
BalasHapusBenar kak, saat ini umkm harus melek digital..
BalasHapusKarena promosi digital akan makin menjangkau banyak orang
Tipsnya sangat komplit dan dijelaskan dengan detail baguss banget kak bener bener ngebantu
BalasHapusBetul sekali, selain beberapa media sosial yang disebutkan diatas untuk pemasaran, blog pun dapat dijadikan alternatif untuk mempromosikan produk, tentunya harus juga dengan strategi pemasaran yang tepat sasaran
BalasHapusDengan pemasaran online, ukm akan makin berkembang ya kak.
BalasHapusYang kulihat saat ini berjualan melalui social media dan marketplace sungguh efektif mbak
BalasHapusAgar bisa bersaing dengan yang lain, UKM harus mau beradaptasi ya mb, salah satunya dengan menerapkan strategi pemasaran online yang tepat...
BalasHapusPembahasannya sangat bermanfaat bagi pelaku UKM, di tengah berkembangnya teknologi seperti ini. Dengan memanfaat teknologi membantu pelaku UKM untuk menaikkan omzet.
BalasHapusAsyik ini informasi yang kudu aku pelajarin dan terapkan ni. Memang terkadang teori itu susah kalau tidak dilakukan dalam bentuk nyatanya. thankiss mbak ya infonya
BalasHapusSebagai marketplace lover, yang suka belanja di marketplace, aku liat potensi menambah penjualan dari platform ini positif banget. Soalnya di marketplace ini mau jualan apapun tetap laku sih. Sesuai segmen market masing-masing.
BalasHapus