5 Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Raih Untung Besar

Ada banyak kemudahan sejak pemanfaatan internet berkembang, termasuk bagaimana strategi pemasaran online bisnis UKM dapat memengaruhi performa dan kuantitas penjualan. Meskipun berkali-kali kita mendengar atau disajikan banyaknya data pengguna platform dalam internet yang potensial, penjualan ini tetap harus memakai strategi marketing yang tepat agar pengguna bukan hanya menjadi pengunjung namun juga menjadi pembeli.

produk lokal UKM Indonesia berupa kerajinan tangan
cr: pixabay, cocoparisienne

Biasanya, kita hanya melihat produk-produk bisnis UKM lokal melalui pameran atau ketika mendatangi langsung sentra produksi seperti galeri ataupun home industry dalam suatu daerah. Solusi agar produk lokal UKM ini dapat menuju penjualan global adalah memanfaatkan penggunaan digital marketing untuk menjalankan kiat-kiat penjualan online.

Keuntungan dan Pentingnya Strategi Pemasaran Online Bagi UKM

Adapun keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penggunaan strategi marketing yang tepat peruntukannya bagi UKM, yaitu:

1. Meluaskan Jangkauan Pemasaran Produk

Tujuan pertama dalam strategi ini adalah mengenalkan produk lebih luas melalui banyak platform ataupun tools yang nantinya digunakan. Meskipun belum sampai tahap pembelian, minimal produk sudah dikenal dan bisa menjadi bahan rekomendasi dari satu pengguna telah sekilas melihat pada pengguna yang sedang mencari produk tertentu. Kemudian seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan perencanaan pemasaran online yang tepat maka produk-produk lokal dapat bersaing secara global. Jika hal ini terus kontinyu, maka akan banyak keuntungan yang didapat seperti bertambahnya lapangan pekerjaan melalui proses produksi serta meningkatkan perekonomian.

2. Menaikan Omzet dari Kuantitas Penjualan

pembayaran digital dalam marketplace
cr: unsplash, rupixen.com

Tentu saja tujuan utama dari langkah-langkah strategi marketing online ini adalah meningkatkan angka penjualan untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya omzet. Namun sebelumnya perlu dilakukan sejauh mana produk tersebut dibutuhkan pelanggan atau pembeli dengan melihat kebutuhan pasar. Seiring dengan penggunaan internet, produk dapat berkembang baik untuk meningkatkan citra akan produk yang dibutuhkan maupun menjadi produk yang dibeli karena kuatnya brand tersebut.

3. Cepat Dalam Inovasi Produk

Seiring dengan berjalannya waktu, tak mungkin suatu produk akan berjalan di satu tempat atau stagnan. Di era keberlimpahan informasi ini, inovasi produk harus dilakukan dengan skema marketing online yang tepat yaitu dengan memertimbangkan cara dan waktu. Inovasi produk ini juga dapat dilakukan dengan melihat kompetitor serupa dalam pengembangan produk dengan menggunakan cara amati, tiru, dan modifikasi namun tetap mempunyai ciri khas terhadap produk tersebut. Diversifikasi produk juga memungkinkan terutama jika produk tersebut adalah makanan dari hasil inovasi ini.

4. Memperkuat Branding & Value Dalam Produk

Ada kecenderungan di mana pembeli membeli suatu produk karena iklannya unik dengan memerlihatkan desain yang unik juga meskipun mereka sedang tak membutuhkan produk tersebut. Maka di sini bisa dikatakan brand itulah yang dibeli terlepas dari kegunaan produk tersebut. Terutama bagi anak muda yang menyukai bentuk visual untuk dimiliki dan dapat digunakan sebagai properti keperluan di media sosial atau hanya semata ingin mengikuti tren. Dengan perencanaan tepat yang dipilih, produk akan memiliki nilai tambah dan branding yang kuat untuk dikenal. Selain itu, harga jual juga dapat ditingkatkan dengan kuatnya branding ini.

5. Memiliki Loyal Customer

Salah satu cara pemasaran secara daring yang akan dibahas nanti adalah media sosial dan email marketing. Hal ini tentu saja bukan tanpa tujuan, yaitu untuk menjaring pembeli potensial yang akan menjadi pelanggan. Pembeli yang puas baik pelayanan maupun kualitas produk akan melakukan pembelian ulang lebih dari sekali. Bahkan tak segan-segan, loyal customer ini akan merekomendasikan pada calon pembeli lain dan menanti-nanti keluaran terbaru dari inovasi produk yang dilakukan.

Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Produk Bisnis UKM Secara Online

Setelah melihat keuntungan dari pentingnya kiat-kiat memasarkan secara online, maka selanjutnya adalah menerapkan strategi ini dalam bentuk praktikal. Berikut langkah-langkah strategi marketing secara online bagi UKM:

1. Gunakan Platform Pemasaran Digital Untuk Media Promosi

Ada beberapa platform besar yang dapat kita manfaatkan untuk promosi produk dan mengatur display dalam mengisi konten agar menarik minat pembeli, diantaranya:

Optimasi Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness

instagram store merupakan layanan untuk menjual produk
cr: pixabay, cloudlynx

Ada jenis platform media sosial yang digunakan untuk menampilkan produk dan mengenalkan brand dari produk tersebut. Ambil contoh penggunaan Instagram karena tampilan visual utamanya yang dapat lebih menampilkan foto produk. Kiat-kiat yang dapat dilakukan dalam menarik calon pembeli yaitu dengan:

  • Konten kreatif. Karena sifatnya yang visual, tentu saja diperlukan desain yang unik dan menarik pandangan untuk dapat mengklik foto pada Instagram. Perhatikan juga penggunaan hashtag untuk meningkatkan engagement pada profil bisnis. Pemilihan untuk membuat iklan video marketing juga disarankan karena akan menahan pengunjung lebih lama, namun juga diperlukan durasi yang pas termasuk detik-detik pertama untuk menarik perhatian agar tak bosan.
  • Info dan penjelasan yang detail. Calon pembeli lebih menyukai informasi yang lengkap dan detail agar efisien waktu dan tak mengulangi pertanyaan-pertanyaan yang serupa. Informasi ini meliputi detail produk, cara pemesanan, harga, dan platform mana saja yang dapat dijadikan pemesanan alternatif. Informasi yang lengkap juga mendorong pengunjung untuk langsung membeli produk.
  • Memisahkan akun profil bisnis dengan akun testimoni pelanggan. Hal ini dilakukan agar efisien konten dan tak terlihat campur aduk. Namun untuk testimoni dari bentuk review atau endorse dapat diletakan di akun utama.
  • Membangun interaksi dengan followers. Hal ini bertujuan agar akun utama tak terlihat kaku, namun bukan berarti juga beralih menjadi seperti akun personal. Interaksi ini dapat dilakukan dengan melempar pertanyaan yang dikemas dengan konten dalam postingan atau story yang dapat memicu followers untuk berinteraksi dengan memberikan jawaban. Selain itu dapat juga memadukan konten postingan berupa tips maupun topik yang masih berhubungan dengan produk. Pilihan lain yang dapat dilakukan dalam berinteraksi sekaligus meningkatkan engagement adalah mengadakan giveaway secara berkala. Hal ini juga dapat memperluas jangkauan pengenalan produk.

Untuk media sosial lain yang dipilih, kiat-kiatnya hampir sama dengan Instagram. Tentu saja masing-masing media sosial memiliki karakteristik tersendiri bagi penggunanya dan kita dapat memilih mana yang paling pas untuk pemasaran.

Memiliki Toko Virtual Berupa Website

strategi pemasaran digital menggunakan website
cr: pixabay, oginueve_ilustra

Penggunaan platform media sosial memiliki keterbatasan jika calon pembeli ingin mengetahui lebih dalam siapa pelaku UKM yang memproduksi produk tersebut. Pembuatan website untuk identitas akan meningkatkan identitas dalam mesin pencarian dan meningkatkan kepercayaan pengunjungnya. Poin-poin penting yang harus dimiliki dalam website tersebut meliputi:
  • Pemilihan domain yang tepat, usahakan simpel dan mudah diingat orang.
  • Desain website jadikan profesional namun tetap responsif, tampilan seperti ini akan membuat orang berlama-lama berseluncur di website. Memiliki tata letak yang jelas juga menjadi nilai tambah untuk kemudahan pengunjung.
  • Selain kolom About/Tentang, jangan lupakan kolom isian untuk perihal pertanyaan maupun pesan. Sediakan juga pop up layanan bantuan.
  • Penerapan SEO pada website baik dalam struktur maupun postingan blog agar website terindeks dalam mesin pencarian.
  • Keamanan pada website, tentu saja pentingnya memiliki website dengan perlindungan yang menjamin pengunjung dapat meningkatkan kepercayaan.
  • Memiliki kolom artikel blog yang diupdate secara berkala, dapat berupa tips dalam produk atau artikel terkait agar website tidak kaku.

Mendaftar Ke Ragam Online Marketplace

aplikasi marketplace terinstal dalam ponsel
cr:  pixabay, akashjoshi772

Untuk memperluas jangkauan pemasaran secara online dan kemudaahan preferensi pembeli dalam melakukan pembelian, maka jangan lupa untuk mendaftarkan juga ke marketplace besar yang terkenal. Marketplace ini menjadi pihak ketiga di mana customer dapat merasa aman karena ada ketentuan refund maupun penukaran barang dengan sistem yang jelas. Selain itu dengan adanya review toko jika performa dan kualitas baik maka akan menjadi nilai plus bagi UKM tersebut di marketplace. Kemudahan lain yang dapat digunakan adalah kemudahan memakai jasa iklan dalam marketplace tersebut agar produk ditampilkan di urutan paling atas di kategori yang dipilih.

2. Gunakan Jasa Iklan untuk Jangkauan Target Lebih Luas


Kita sekarang tahu bahwa setiap smartphone yang terkoneksi internet juga memungkinkan algoritma pencarian di mana ketika mengetikkan sesuatu di search engine atau marketplace, maka iklan serupa dapat muncul ketika beralih ke halaman lain atau aplikasi tertentu. Iklan ini merupakan jasa layanan yang dapat kita manfaatkan seperti:

Search Engine Marketing

atau SEM. Hampir mirip dengan SEO namun perbedaannya, SEM ini adalah layanan berbayar. Meskipun berbayar, penerapannya harus pas dan lengkap agar iklan yang ditampilkan saat penelusuran di halaman utama dapat menampilkan website kita di urutan paling atas dengan label AD. 

Facebook/Instagram Ads

Selain menggunakan profil media sosial bisnis dan mengaktifkan fitur shopping misalnya di Instagram, memaanfaatkan Ads atau iklan ini juga memberikan peluang secara tepat berdasarkan data demografi dari sasaran pengguna di media sosial. Kita hanya perlu membayar sesuai paket yang tersedia dan mengatur isian iklan tersebut.

Google Bisnisku

Untuk mempermudah lokasi dan kontak lainnya, dapat menggunakan layanan ini karena terintegrasi dengan mesin pencarian terbesar yang digunakan saat ini. Apalagi, jika usaha tersebut telah memiliki galeri maupun tempat produksi yang dapat dikunjungi secara langsung oleh pengunjung. Pemanfaatkan ini bukan hanya terbatas pada Maps di mesin pencarian.

3. Kuasai Komunikasi Marketing Dengan Cara-Cara Berikut

Email Marketing

promosi online menggunakan email marketing
cr: unsplash, Stephen Phillips

Strategi pemasaran online bagi UKM bukan hanya terbatas pada menampilkan produk dan iklan saja, namun pemanfaatan komunikasi yang dapat menggunakan email marketing. Email marketing yang powerful dapat menarik perhatian pengguna karena hampir setiap hari orang membuka email. Namun tentu saja pemanfaatan email marketing ini harus efektif agar tak terkesan SPAM. Pengiriman email juga disesuaikan dengan waktu yang pas dan dengan copywriting yang menarik seperti promo, diskon, atau penawaran tertentu.

Customer Relationship Management

CRM ini memiliki 4 komponen utama yaitu Marketing, Sales, Orders, dan Support. Pelayanan yang utama terhadap pelanggan ini tentu saja akan memengaruhi bagaimana keberlanjutan usaha berlangsung, dimulai dari perencanaan, pengendalian aktivitas penjualan hingga strategi yang dapat digunakan. Penggunaan CRM ini bukan hanya sebatas pelayanan terhadap pelanggan namun juga dapat menyajikan data untuk proses evaluasi dan peningkatan atau perbaikan dalam usaha.

4. Pendekatan Pada Calon Pembeli


Dalam memiliki sebuah usaha, pastinya pelaku tersebut menawarkan terlebih dahulu produk tersebut ke khalayak umum. Meskipun sudah menggunakan platform, tools dalam menampilkan produk maupun beriklan, ada setidaknya cara manual namun dapat menjaring calon pembeli yang potensial dengan menggunakan cara:

Aktif di Komunitas Online atau Grup


Contoh platform yang memiliki grup dengan anggota yang banyak adalah Facebook, ketik saja misalnya “Pusat Kuliner di Semarang”, “Jual Beli Purwokerto”, “Info Banjarnegara” dan lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana berpromosi dengan mengirimkan foto dan keterangan produk dalam grup tersebut. Ingat juga untuk memberi posting terjadwal agar postingan rapi serta tidak dinilai sebagai spam. Selain Facebook, ada juga grup-grup WhatsApp umum untuk berjualan yang potensial menarik pembeli dimulai dari cakupan lokal.

Community Building

Jika sudah memiliki banyak pelanggan loyal, maka membentuk komunitas untuk komunikasi dan berdiskusi membahas peluang dapat dilakukan. Community building ini biasanya dilakukan pada skala lokal terlebih dahulu terutama pada pelanggan atau orang-orang yang memiliki kesamaan interest pada bidang usaha yang memungkinkan untuk kolaborasi produk serta rencana-rencana yang berkelanjutan.

5. Menarik Calon Pelanggan dengan Menggunakan Jasa Ulasan

Jasa ulasan atau review diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dan mendorong rasa penasaran calon pembeli terutama yang sebelumnya belum mengenal produk usaha tersebut. Ulasan ini dapat menggunakan jasa-jasa berikut:

Influencer/KOL

Jasa influencer ini biasanya terdapat di akun Instagram perorangan yang memiliki jumlah pengikut yang banyak dan sebanding dengan tingkat interaksi dalam postingan maupun instagram story. Kerja sama ini berupa mengulas produk yang dikirimkan ke influencer tersebut dan akan ditukar dengan ulasan dalam postingan maupun story, tergantung dengan paket yang dipilih. Pastikan memilih influencer yang memiliki citra positif dengan melihat review-review sebelumnya, serta dapat mengulas secara detail, jujur, namun juga tak menjatuhkan.

YouTuber

YouTuber juga dapat menjadi pilihan untuk mempromosikan produk UKM dengan konten kreatif dalam video. Perlu diperhatikan juga, ada kemungkinan mengeluarkan modal yang lebih besar dari menggunakan jasa instagram influencer. Pilih Youtuber dengan niche yang sesuai dengan produk UKM dan komunikasikan alur cerita dalam mengulas produk. Menggunakan jasa youtuber juga dapat menghemat waktu dibanding membuat sendiri channel youtube dan memulai dari awal.

Blogger

jasa ulasan blogger dengan job review
cr: pixabay, geralt

Blogger sendiri menggunakan platform blog untuk membuat tulisan sesuai niche yang dipilih. Meskipun mayoritas konten berbentuk tulisan, ulasan blogger memiliki keunggulan dibanding dengan konten visual seperti influencer atau youtuber. Keunggulan yang dimiliki tersebut adalah tulisan blog yang muncul di mesin pencariaan ketika seseorang membutuhkan informasi, ulasan yang lebih detail berbentuk tulisan, dan juga dapat dipadukan dengan konten lain yang dimiliki seperti short video maupun infografis yang dapat menjadi nilai tambah. Blogger sendiri biasanya juga sudah terbiasa menulis konten dengan gaya bahasa soft selling namun tetap disesuaikan dengan gaya bahasa maisng-masing.

Menemukan blogger untuk jasa ulasan juga tak susah karena blogger yang menulis dengan banyak tema juga memasukan ulasan tersebut di topik postingannya. Jasa ini biasa dinamakan sebagai job review bagi blogger dan biasanya sudah memiliki ketentuan sendiri yang ditulis dalam halaman blog. Narasi atau story telling memang menjadi kunci utama ulasan blogger, namun tetap ada pertimbangan lain agar maksimal seperti desain dan tata letak blog, peringkat blog yang berkaitan dengan trafik, interaksi melalui komentar, dan elemen pendukung pelengkap tulisan blog seperti infografis atau video pendek.

Bagaimana jika ingin menampilkan artikel langsung dari pelaku UKM? Tentu saja hal tersebut bisa dilakukan dengan jasa content placement, jasa ini lebih murah dan dapat menghemat dibanding job review. Biasanya, blogger juga memiliki rate card untuk penawaran paket lengkap seperti ulasan blog dan media sosial yang dapat menjadi pilihan dalam perencanaan online marketing ini.

Demikian langkah dalam menyusun strategi pemasaran online bagi UKM untuk meraih omzet besar. Perlu perencanaan yang teliti dan detail berdasarkan kebutuhan masing-masing pelaku UKM, jangan sampai modal yang dikeluarkan tak sebanding dengan hasil yang kurang maksimal. Dengan keuntungan strategi yang telah disebutkan sebelumnya, mengandalkan banyak platform secara terukur dapat memperluas kesempatan untuk UKM naik kelas.
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

52 comments

  1. Terimakasih pembahasannya kak. Bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak hal yang harus dipelajari ya mba,, supaya penjualan kita meningkat terlebih lagi dikenal masyarakat luas.
    Di daerahku juga ada UKM, biasanya mereka membuka stand saat event tertentu. Mereka memamerkan hasil kerajinan seperti tas yang terbuat dari kulit lantung atau kain batik basurek ciri khas Provinsi Bengkulu dan masih banyak lagi

    ReplyDelete
  3. UMKM jaman now harus banget melek digital ya kak.. biar exposurenya lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya UMKM harus mengikuti juga perkembangan teknologi jaman sekarang yang serba online

      Delete
  4. Wah makasih mba ilmunya,aku jadi semangat lagi upload akun onlineshopku nih.

    ReplyDelete
  5. UMKM memang saat ini karus menguasai teknologi komunikasi informasi untuk lebih mudah membuka pasar dan memperluas jaringan pelanggan supaya produk bisa laris manis

    ReplyDelete
  6. platform dari strategi pemasaran online di jaman sekarang sangat unik dan menarik karenab bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dan minat dari pelanggan yg setia

    ReplyDelete
  7. ini benar benar trik jitu untuk pemasaran era di rumah saja, memanfaatkan internet untuk menjangkau pembeli

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini apa-apa serba online dan banyak peminatnya. Jadi kalau mau usaha ya kudu mau juga belajar bermedsos dan lainnya buat promosi

    ReplyDelete
  9. jangan lupa juga bikin database pembeli, nah ini yg dulu enggak kepikiran di saya pas punya online shop hehe. padahal database pembeli ini bisa dijadikan repeat order. wah tapi beberapa strategi diatas juga harus dilakukan nih, biar makin keren pemasarannya. makasih mba infonya.

    ReplyDelete
  10. Penting banget para UKM belajar strategi pemasan online ya untuk meningkatkan penjualannya. Harus aktif juga di komunitas online ternyata ya

    ReplyDelete
  11. bagus banget tips and trick, plus juga qt harus berani sih dalam mengambil risiko tentunya jg hrs memiliki perencanaan yg jitu dan tepat

    ReplyDelete
  12. artikel nya bagus dan enak buat dibaca dan mudah dipahami....menambah wawasan dalam mengatur strategi pemasaran online👍 sukses selalu🙏

    ReplyDelete
  13. Makasih kak jadi smkin mengerti

    ReplyDelete
  14. saya setuju dgn memasarkan lewat marketplace, krn saya jualan di marketplace dulu dan hasil penjualannya oke bgt

    ReplyDelete
  15. terima kasih sudah berbagi ilmu kak, sangat bermanfaat artikelnya, sukses terus ☺

    ReplyDelete
  16. Ini sih manfaat banget. Alhamdulillah jadi nambah wawasanku dan semakin yakin buat aku mulai ngerintis bisnis.

    ReplyDelete
  17. makasih kak infonya sangat bermanfaat, semangat terus yaa^^

    ReplyDelete
  18. makasih infonya kak, sangat bermanfaat. semangat terus ya^^

    ReplyDelete
  19. Artikel yang bagus dan menarik buat dibaca. Sangat bermanfaat sekali buat yang mau belajar pemasaran online karena sekarang serba digital.
    Terimakasih untuk sharingnya sukses selalu.

    ReplyDelete
  20. Marketplace ini juga mengalami pertumbuhan tapi juga ada tantangannya biar dapat orderan dari sana. Sejauh ini masih suka medsos untuk jualan :))

    ReplyDelete
  21. Ulasannya runut dan sistematis ini, bisa jadi referensi yang lebih mudah dipahami utk UKM mengembangkan usahanya di era industri 4.0 sekarang agar bisa go nasional, atau bahkan lebih go internasional

    ReplyDelete
  22. Di era sekarang semua harus siap dengan teknologi ya. Tidak terkecuali ukm..harus siap bersaing..

    ReplyDelete
  23. UMKM sekarang kayaknya wajib banget untuk peka terhadap pemasaran era baru! Langkah-langkah ini mudah diikuti. Berguna sekali. Terima kasih banyak!

    ReplyDelete
  24. Sebagai blogger bisa banget ya membantu pemasaran online pengusaha UKM, atau bisa belajar banyak juga biar bisa melakukan pemasaran online dan menjadi pengusaha UKM juga

    ReplyDelete
  25. yang teknis-teknis yang aga susah nih, SEO dan kawan2 masih peer banget

    ReplyDelete
  26. Terimakasih untuk sharingnya kak marfa umi sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  27. Terimakasih untuk sharingnya kak marfa umi sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  28. UKM wajib melek digital supaya bisa beradaptasi dengan kondisi kekinian. Meski pemiliknya ga paham seluk beluk digital marketing, ia bisa merekrut orang yang ahli di bidang ini untuk mengelola usahanya secara online. Tulisan ini sangat bermanfaat untuk para pelaku UKM, Mbak 😊

    ReplyDelete
  29. Wah ini penting bgt dibaca bagi para pemilik umkm atau yg mau buka umkm. Akupun seneng bacanya soalnya lengkap buangetttt

    ReplyDelete
  30. Segala sesuatu memang bagusnya pakai strategi ya, Mbak Marfa, biar hasilnya maksimal. termasuk soal pemasaran online UKM ini. Kalau jitu, maka hasil penjualan juga meningkat. Jadi harus terus belajar dan optimis, produk-produk UKM Indonesia akan terus meningkat penjualannya.

    ReplyDelete
  31. Platform digital memang sudah seharusnya dijadikan media pemasaran UKM. Dengan berkembangnya teknologi memang kita harus mengikuti jaman. Para pelaku bisnis UKM yang melek digital akan menjadi lebih mudah dalam pemasaran melalui media online.

    ReplyDelete
  32. Saat psbb kemarin, saya pun mengandalkan belanja online, beruntung banyak ukm yang udah melek pemasaran online jadinya pilihan produk berkualitas lun banyak

    ReplyDelete
  33. pintar menggunakan media online untuk pemasaran UMKM, pasti membuat usaha semakin berkembang dari segi kuantitasnya nanti. Semoga bisa jadi pengusaha yang maju lewat bantuan internet Marketing.

    ReplyDelete
  34. Kecanggihan teknologi bisa dipergunakan untuk meningkatkan promosi produk UMKM, jadi pemasarannya tidak terbatas lagi pada jarak dan lokasi

    ReplyDelete
  35. Beruntunglah mereka yg bisa memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan uang. Saya masih belajar sampai sekarang. Katanya so far Facebook masih yg terbaik untuk pemasaran media online ya mba.

    ReplyDelete
  36. Wow terima kasih penjelasan lengkapnya kak. Memang sih sekarang semua pebisnis termasuk UKM juga dituntut untuk memiliki skill pemasaran online, ya!

    ReplyDelete
  37. Penjelasannya lengkap dan detail. Informasinya bikin UKM tambah semangat nih untuk mengembangkan usahanya secara online. Terima kasih.

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah zaman sekarang semua sudah mengarah pada online, sehingga saat bisa dimanfaatkan dengan baik, maka bisa membuahkan hasil yang baik pula.
    Perlu banyak-banyak belajar mengenai strategi pemeasaran online.

    ReplyDelete
  39. Iya nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak

    ReplyDelete
  40. Benar kak, saat ini umkm harus melek digital..
    Karena promosi digital akan makin menjangkau banyak orang

    ReplyDelete
  41. Tipsnya sangat komplit dan dijelaskan dengan detail baguss banget kak bener bener ngebantu

    ReplyDelete
  42. Betul sekali, selain beberapa media sosial yang disebutkan diatas untuk pemasaran, blog pun dapat dijadikan alternatif untuk mempromosikan produk, tentunya harus juga dengan strategi pemasaran yang tepat sasaran

    ReplyDelete
  43. Dengan pemasaran online, ukm akan makin berkembang ya kak.

    ReplyDelete
  44. Yang kulihat saat ini berjualan melalui social media dan marketplace sungguh efektif mbak

    ReplyDelete
  45. Agar bisa bersaing dengan yang lain, UKM harus mau beradaptasi ya mb, salah satunya dengan menerapkan strategi pemasaran online yang tepat...

    ReplyDelete
  46. Pembahasannya sangat bermanfaat bagi pelaku UKM, di tengah berkembangnya teknologi seperti ini. Dengan memanfaat teknologi membantu pelaku UKM untuk menaikkan omzet.

    ReplyDelete
  47. Asyik ini informasi yang kudu aku pelajarin dan terapkan ni. Memang terkadang teori itu susah kalau tidak dilakukan dalam bentuk nyatanya. thankiss mbak ya infonya

    ReplyDelete
  48. Sebagai marketplace lover, yang suka belanja di marketplace, aku liat potensi menambah penjualan dari platform ini positif banget. Soalnya di marketplace ini mau jualan apapun tetap laku sih. Sesuai segmen market masing-masing.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)