Aneka Camilan dan Jajanan Enak Yang Nagih di Purwokerto

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo September! Balik lagi ke rutinitas kuliah tetep pasang muka bahagia. Rutinitas artinya tugas-tugas udah antri minta dikerjain, tapi tenang aja selalu ada aneka camilan biar tetep semangat. Kalo balik ke Purwokerto, selalu ada beberapa spot kuliner yang harus selalu saya beli, iya pantesan garis timbangan makin geser ke kanan. Belum lagi kalo bawaanya stres juga pengin makan, makin sering ngemil. Biar ala-ala food blogger gitu, sayang banget kalo makan cuma sekadar makan. Harus dikumpulin, diposting, dan bisa jadi rekomendasi camilan enak di Purwokerto. Apa aja sih, mari nyimak:

1. TahugranatAM—Pedasnya Meledak di Mulut

Instagram: @tahugranatam
Lok: Area GOR Satria dekat kantor Bappeda
Buka: 11.00-22.00
Pesan: 085712958844





Dulu lokasinya di area GOR Satria, namun sekarang pindah di Jl. Soeparno arah mau ke Fakultas Biologi UNSOED atau seberang SBC. Rasa tahunya empuk, lembut, padat, dan gurih tapi luarannya garing. Banyak varian isian dan harga mulai 4rb sampe 6rb aja. Tahu granat ini nagih, makan tiga aja kurang. Favorit saya semuanya tapi paling suka nom-nom, pok-pok, sama shrimpy, suka banget apalagi kalo gratis nyahaha.

2. Pisang Leleh—Pilihan Tepat

Instagram: @pisang_leleh
Lok: Jln Kampus No 22 Sblm Univ Terbuka, Grendeng Purwokerto Utara
Buka : 09.00 - 21.00
Delivery Order:  09.00-16.00 (085701783515/Agus
)







Kayanya sementara ini Pisang Leleh ini jadi “piscok” terenak di Purwokerto menurut saya. Banyak varian rasa nggak cuma coklat doang, tapi ada keju, greentea, tiramisu, kacang coklat, capucino, choco berry bahkan lumpia pedes. Yang saya suka dari Pisang Leleh adalah selalu mengeluarkan inovasi baru yang nggak cuma bikin pengunjung datang nyoba doang, tapi penasaran, bahkan ketagihan. Untuk harga satuannya 3rb, dan ada paketan 10rb isi 4. Lumayan mahal tapi worth it, nggak cuma varian goreng tapi pisleh panggang dan lelehannya itu loh suka. 

Ditambah kemasannya yang unik dan terdiri dari tiga varian, pop corn, box, dan french fries. Favorit saya yaitu lumpia pedes, pisleh panggang choco berry, tiramisu, green tea¸dan keju. Sementara ini Pisang Leleh nggak mempunyai cabang, manut ownernya sih buat ngejaga kualitas rasa dan pelayanan maksimal. Sering-sering cek Instagram Pisleh juga karena sering ngadain promo yang heboh dan gerainya selalu ramai jika ada promo.

Update Maret 2022:
Harga PisLeh udah naik ya sekarang, jadi 15rb dapet 4 biji. Tapi menunya udah bertambah ada varian asin dan gurih gitu. Ada menu perpisangan lain seperti banana roll, nugget pisang, dan pisang crispy. Ada juga varian minuman serta bubur. Lokasinya juga udah pindah tapi nggak jauh-jauh sih, di seberangnya hahaha.

3. Dorayacroot—Croot Every Bite

Instagram: @dorayacroot
Outlet 1 Karangwangkal Jl. Ahmad. Jaelani Depan Gg. Cermai
Outlet 2 Komplek Gor Satria Dekat Pintu Masuk GOR
Outlet 3 Perempatan Dukuwaluh arah UMP 100m Kanan Jalan
 D.O WA/SMS : 083 844 10 5050 / Line OA: @qdv6340p







Kalo lagi mager atau nugas dan pengin nyemil saya sering DO ke Dorayacroot buat hemat waktu. Dorayacroot ini dulunya jualan ala-ala dorayaki dengan isian yang banyak. Rasa dorayakinya sendiri ala-ala martabak atau pancake gitu. Terus ditambah dengan aneka roti bakar, pisang bakar, aneka minuman, sampai taiwan chicken. Sekarang udah lengkap asin-manis-pedasnya dengan lebih banyak varian seperti samyang, gekikara, sandwich, nugget, sosis, indomie, aneka minuman dan lain-lain. Favorit saya di sini selalu roti bakar green tea dan blueberry, sebenernya sih roti bakar biasa tapi kan bisa satuan jadi bisa semua rasa nyahaha. Terus sandwich telur sosinya juga enak, paket komplit yang isinya nugget, kentang, dan sosis ini juga nagih. Psst, mereka juga sering mengadakan giveaway di Instagram dan Line Oanya loh.

Update Maret 2022:
Sayangnya ini sudah discontinued frens :(

4. Lucky Takoyaki

Lok: Sunmor GOR Satria (06.30-11.00)






Salah satu makanan Jepang ala-ala yang saya suka, biasanya saya beli di Sunmor di GOR Satria. Biasanya ada tiga atau empat gerobak Lucky Takoyaki di sana, bulatannya lembut dan banyak varian isi. Ditambah taburan ikan cakalang yang bikin aroma jadi lebih ngiler. Harga mulai 5rb sampai 16rb.

5. Burger Aroma

Lok: Sebelah pintu masuk P&D Aroma sebelah Tamara Plaza
Jl. Jenderal Sudirman No.217, Sokanegara, Purwokerto Timur
Buka: Mulai 10.00-18.00





Burger depan toko Aroma ini nggak pakai mayones seperti burger kebanyakan, tapi rasanya enak karena banyak taburan bawang bombainya. Harga mulai dari 9rb, jika mau tambah daging asap cuma 3rb. Selain burger juga ada hotdog.

6. Pizza Mozza 

Lok: Jl. Dr. Angka No 33 A, Purwokerto Timur
Buka: 9 am - 9 pm




TERJUARA! Ini masuknya jajanan berat sih tapi juara banget. Umum aja variannya ada Pizza tentunya, burger, ayam2an krispi, sama pisang krispi. Semuanya enak dan murah jadi bisa beli banyak varian. Itu di atas semuanya cuma 25rb. Yang spicy chicken dan kentang cuma 10k karena tanpa nasi, kalau pakai nasi kayanya 13rban, terus sweet banana ukuran personal (2 bh) cuma 6k gaes! Kalau mau ukuran yang family malah lebih murah lagi 12.5k dapet 5 biji. Terus burgernya cuma 9k dan banyak saus mayonya nggak pelit. Kalau mau jajan enak, murah, dapet banyak dan kenyang ya di sini aja yaaa!

Kaming Sun..

Iya beneran nanti kalo ada tambahan saya taruh di sini, semoga camilan-camilan di atas bisa jadi rekomendasi jika kamu sedang di Purwokerto yaa. Atau, kamu punya rekomendasi lain selain di atas, silakan berbagi di kolom komentar. :)

***
Update Maret 2022:


Buka postingan ini malah nostalgia, sampai tahun 2022 variasi jajanan di Purwokerto tentunya udah banyaaaak bener dan membludak. Ada jajanan koreaan, jajanan sekolahan, jajanan pricey juga ada hahaha. Udah gampang nemuinnya jalan dikit udah nemu. Glad beberapa jajanan di atas masih ada, tahu granat masih seenak dulu dong! Rasanya kalau nulis jajanan favorit nggak bakal cukup di sini, tapi saya akan tetap tambahkan beberapa:

7. KopiCo & LekkerStory

Saya baru coba order lekker ini ketika baru ada promoan pick up lewat Grab, hahaha. Padahal sering ngelewatin ruko lamanya, pas pesen baru tahu udah pindah. Pertama coba lekkernya kok enak, kan jadi pengin beli lagi. Terus rasanya tentu saja variatif ya dari yang basic cokelat-pisang-kacang-keju ke blueberry, matcha, nutella, sampai biscoff. 

Menurut saya LekkerStory ini ketebelannya pas, nggak yang tipis banget udah lenyap gitu aja. Paling suka rasa yang dikombinasikan sama keju karena jadi gurih enak gimana gitu. Sekalian waktu itu pesen sama kopi susu arennya, surprisingly enak juga dan lumayan bikin melek.

8. Makaroni Ngehe

Ya kalau lagi BM makaroni basah sama cimol ke sini. Memang sih dari segi harga jadi lebih mahal dari abang-abang, tapi rasanya variatif dan bisa custom sesuai keinginan. Cimolnya itu enak karena bukan tipe yang kopong, jenis cimol yang saya suka.

9. Lin's Burger

Biasanya saya beli yang di depan Toko Kue & Roti Selera. Burger Lin ini udah jadi semacam comfort burger kalau misalnya lagi pengin. Perpaduan dari saus sambalnya ini enak, jadi jatuhnya nggak ngebosenin. Terakhir ke sana ternyata udah ada menu tambahan, kalau tidak salah ada korea-korea bbqnya dan tetep enak. Terus harganya juga terjangkau, worth the price banget.

10. Pempek Ny. Kamto

Hmm, ini masuknya jajanan agak mahal ya kalau untuk disebut jajanan hahaha. Tapi memang sejak kemunculannya jadi bisa ngerasain mam pempek yang ikannya terasa. Walaupun banyak yang bilang masih beda dari asli Palembang, tapi gini aja udah seneng. 

11. Dimsum Skuy

Dari beberapa perdimsuman Purwokerto yang saya cobain, paling cocok sama Dimsum Skuy ini. Terus ini harganya murah abis, sebijinya cuma 1,5rb. Walaupun segitu, rasanya tetep enak dan nggak so-so tepung. Saos cocolannya juga enak, jadi tiap dipadukan beh rasanya tambah nikmat.

Terus mereka tuh punya banyak gerobak dan tersebar di mana-mana, jadi kalau pengin nih jajan dimsum bisa nyari yang terdekat. Ada yang di deket pasar SPN Purwokerto, area Unsoed, area UMP, dan lainnya.

12. Risol Yummy

WKWKWK ini risol tuh dulu andalan banget buat danusan. Dulu sebiji 2rb ajah, nah kalau buat danusan sama anak-anak jadi 2.5rb. Tapi memang jadi membantu banget kalau misal laper di pertengahan nunggu jam kuliah tapi mager ke luar, risol danusan ini andalannya. 

Enak banget kalau dimakan anget-anget, sausnya asam manis gitu. Ada yang versi isian burger (ayam) dan isian telur. Ini masih ada di Grendeng, area depan Fire Chicken-an.
***
Sebenernya masih ada beberapa jajanan favorit, tapi sayangnya udah nggak ada lagi atau pindah. Kaya misalnya Sansei Food, itu menu makanan ala Jepang homemade yang menu-menunya enak banget. Dulu kalau order pakenya LINE, menu favorit saya itu Chicken  Katsudon. Harganya juga terjangkau untuk makanan sekenyang itu. Menu lain di Sansei ini yaitu Onigirazu. Terakhir saya cek di akun Instagramnya, mereka beroperasi di Jogja.

Terus ada pula Seblak Parahyangan yang ternyata udah nggak ada, terakhir makan kayanya tahun 2020. Seblak Parahyangan itu kuahnya khas berasa rempah, untuk isian juga bisa pilih sendiri.

Memang ya, pandemi ini berefek ke banyak hal. Saya berharap dan ikut berdoa semoga yang masih eksis bisa terus berjalan ataupun bahkan maju. Pun untuk semua orang yang terdampak untuk tetap bertahan serta menemukan hal-hal lebih.

***
NB: Beberapa foto dalam postingan ini kepunyaan dari akun Instagram @tahugranatam, @pisang_leleh, dan @kulinerpurwokerto_ kecuali foto Takoyaki, Roti Bakar Piscok Dorayacroot, Sandwich Sosis Telur, Pizza Mozza. Silakan menilik akun-akun tersebut untuk mendapatkan info menarik atau aneka promosi. Awas ngiler!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.