The words. The thoughts. The journal.

May 14, 2018

Maknai Kebersamaan di Hari Raya Dengan Baju Seragam Keluarga

             Halo apa kabar?

Tak terasa di tahun 2018 ini sudah akan memasuki Bulan Ramadan, ayo udah ada persiapan? Kalau udah ada, ancang-ancang apa aja nih kira-kira? Yang pasti kudu ningkatin kualitas ibadah dengan sungguh-sungguh dong. Tentu saja urusan ibadah disimpan masing-masing aja ya, jangan lupa dicatat biar nggak lupa hihi. Dan Bulan Ramadan biasanya sekaligus sebagai momen kebersamaan, bersama keluarga, apalagi yang udah merantau dan disibukkan oleh pekerjaan, udah pasti jadi momen yang sangat dinantikan kan?

Nah, sesudah melalui satu bulan ibadah dengan sungguh-sungguh, nggak mau dong momen hari raya juga biasa-biasa aja. Memang sih, yang penting adalah kebersamaanya namun tentu saja tak mau dilewatkan begitu saja bukan? Yap benar, kudu tetep butuh dokumentasi apalagi era sekarang, mau ambil foto sebanyak apapun mah udah gampang, nggak perlu lagi repot-repot pakai kamera digital. Terus dalam satu bingkai foto, kurang mantep juga dong kalau nggak kompakan. Dan yak, jawabannya adalah seragam baju lebaran keluarga!


Kalau saya sendiri belum pernah sih lebaran pakai baju seragaman, biasanya misah pakai selera masing-masing. Dan kayanya kok tahun ini butuh perbedaan ya, biar lebih bermakna karena satu tahun nggak di rumah terus. Banyak pertimbangan juga nih kalau mau seragaman baju lebaran keluarga, nih saya bagi poin-poin pentingnya yaa.


1. Persiapkan jauh hari sebelum hari raya.

Pengalaman banget nih untuk dipersiapkan jauh-jauh hari, apalagi dengan anggota keluarga yang tak hanya satu. Manfaatkan waktu-waktu luang untuk bahas pakaian seragaman ini, kalau sedang puasa bisa pada waktu mempersiapkan buka puasa, atau siang hari saat senggang. Dipertimbangkan dahulu dari model, bahan, warna, hingga cara memperoleh baik apakah mau kustom sendiri atau langsung beli. Tanyakan pada masing-masing anggota keluarga mau yang model seperti apa, misal bagi yang perempuan mau yang model gamis atau paduan bawahan-atasan. Manfaat mempersiapkan dari jauh-jauh hari tentunya biar meminimalisir kesalahan agar segera dapat diperbaiki, juga waktu-waktu jelang hari raya dapat digunakan untuk keperluan yang lain.


2. Pilih bahan pakaian yang nyaman di tubuh.

Ini juga penting pastinya, jangan sampai bahan pakaian justru menganggu kegiatan saat hari raya. Tentunya kebutuhan masing-masing tubuh berbeda, yang pasti pilih bahan yang berkualitas, menyerap keringat, dan tidak panas dipakai. Kemudian bahan juga harus kuat agar tak mudah sobek apalagi untuk anak-anak yang aktif dan suka beraktivitas di luar ruangan nantinya.


 
3. Jangan lupakan padu padan.

Siapa bilang pakaian hari raya harus baru? Keluaga saya juga tak pernah repot-repot harus beli baju lebaran baru kecuali memang sifatnya butuh, misal bapak yang perlu baju koko putih untuk bepergian silaturahmi atau baju yang sudah tak muat dipakai. Ya, dari pada banyak pakaian akhirnya numpuk, lebih baik memakai baju yang masih bagus di lemari, tentunya cari yang senada dong antara anggota keluarga lainnya. Hal ini membantu sekali karena dapat menghemat biaya, misal saja hanya satu anggota keluarga yang tak punya warna baju senada, baru deh cari bahan buat baju atau beli yang sesuai. Manfaatkan juga teknik padu padan secara maksimal, bahkan baju lebaran keluarga bisa juga dipakai selain hari raya loh, kondangan dan silaturahmi keluarga misalnya.


4. Nyaman dipakai dan tidak mencolok.

Nah, walaupun seragaman saya nggak mau juga dong mencolok dan jadi pusat perhatian. Maunya sih sederhana aja tapi tetep rapi dipandang, perpaduan warna putih dan batik sih rencana awalnya buat baju lebaran keluarga. Terus tentu saja sesuai dengan batasan dalam Islam, seperti tak menerawang, tak ketat, dan menutup aurat bagi perempuan.

Bagaimana, tahun ini ada yang berniat pakai baju lebaran keluarga seragaman juga? Mumpung masih lumayan lama, silakan dilihat-lihat referensi baju seragam keluarga untuk lebaran di internet, atau referensi bahan jika ingin kustom sendiri. Semoga poin-poin di atas dapat membantu ya, selamat menikmati kebersamaan dengan keluarga!
***
Ref gambar model baju: http://contohmodelbajubatik.com/model-baju-batik-couple-keluarga-modern-terbaru-2016/

3 comments:

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.