The words. The thoughts. The journal.

May 18, 2018

Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api Online Dengan Harga Murah

Halo, apa kabar?

Ngomongin transportasi darat, tentunya nggak bisa jauh-jauh dari moda transportasi favorit orang-orang saat ini dengan banyak pertimbangan tentunya. Mahasiswa atau pekerja rantaupun bisa menikmati perjalanan dengan tenang dengan harga yang terjangkau, atau bahkan budget backpacker seperti saya ini. Rasanya menyenangkan tiap kali datang dan pergi dari stasiun dan merasakan suasananya. Namun karena kesibukan setiap orang yang pasti berbeda-beda, nggak semua orang memilih memesan tiket kereta api secara langsung di stasiun karena butuh waktu yang lebih banyak dari pada memesan secara online, belum lagi kalo pengin reschedule

Biasanya, jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, calon penumpang harus memesan tiket lebih awal. Apalagi untuk keberangkatan pada hari lebaran buat para pemudik, kudu memesan beberapa minggu sebelumnya biar dapet kursi dan juga harganya lebih miring. Keuntungan yang lain pastinya kalau jumlah penumpang banyak, bakal lebih hemat juga—untung-untung dapet diskon. Nah kemudian, saya ada langkah-langkah dan tips nih buat pesan tiket kereta api secara online apalagi untuk pemula:


1. Pilih situs pemesanan yang nggak ribet.

Sekarang, untuk memesan tiket kereta sudah banyak pilihan link atau platform yang bisa dipilih. Biasanya sih saya milih yang nggak ribet dalam artian dalam pengisian mudah dan loadingnya nggak berat, iya, hemat waktu dan kesabaran hihi. Kalau masih bingung, bisa baca-baca testimoni atau ulasan-ulasan penggunanya dulu ya. Pilih juga tuh yang banyak ngasih promo, kan lumayan hihi.


2. Cari tiket.

Pada langkah ini, calon penumpang disediakan pilihan kota asal dan tujuan keberangkatan. Caranya mudah tinggal klik nama kotanya saja, jika salah satu stasiun di kota tujuan atau kota tujuan belum tersedia, pilihlah yang terdekat. Ada dua jenis pilihan tiket, yaitu sekali jalan dan pulang pergi. Buat tiket sekali jalan hanya tinggal mengisi tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang maksimal empat orang, sedangkan tiket pulang pergi ada tambahan tanggal kepulangan. Kemudian lanjut ke tahap berikutnya.


3. Pilih tiket.

Apabila poin sebelumnya sudah selesai dilakukan, selanjutnya masuk ke menu cari tiket. Akan banyak pilihan tiket kereta yang tersedia. Ada pilihan rute dan waktu yang sudah kita tentukan sebelumnya dan apabila sudah mengisi namun tidak sesuai dengan rencana sebelumnya, bisa kembali ke menu sebelumnya dengan cari menu cara klik ganti tanggal. Anda bebas untuk memilih jenis kereta, harga, waktu dan tanggal keberangkatan atau kepulangan, namun apabila sudah full pemesanan akan keluar pemberitahuan.


4. Isi data penumpang, pastikan TELITI ya.

Di bagian ini, nanti ada isian nama, nomor identitas, dan nomor telepon. Ada tambahan isian alamat surel juga untuk data pemesanan, pastikan di bagian ini hati-hati ya mengisinya, pastikan sudah benar-benar cocok. Terus abis isi data langsung diberi pilihan kursi atau dilewati, saran saya sih pilih kursi aja biar nyaman mau di gerbong berapa, di dekat jendela atau dekat toilet, dan lain-lain. Pesan tiket jauh-jauh hari juga bisa lebih dapet kesempatan tempat duduk yang diinginkan loh.


5. Pembayaran.

Biasanya saat hendak melanjutkan ke halaman pembayaran, akan diberikan waktu 10 menit untuk menyelesaikan semua tahapan sebelum membatalkan transaksi. Maka, saat mengisi semua data, calon penumpang harus siap dengan semua pilihan, salah satunya metode pembayaran tiket yang akan dipilih. Apakah melalui ATM, kartu kredit, minimarket atau cara lainnya. Kemudian akan diberi waktu sekitar satu jam untuk pembayaran, kalau ini harus disegerakan ya soalnya kalau sampai waktu habis harus mengulang pemesanan dari awal dan kemungkinan harga dan posisi tempat duduk idaman sudah diambil orang lain.

Itulah beberapa tahapan dan tips saat hendak membeli tiket kereta api online, jangan lupa setelah dapet surel kode booking, di simpan baik-baik dan dicatat agar tak lupa jadwal. Selamat menikmati perjalanan dengan kereta ya, ayo rasakan atmosfirnya juga!

No comments:

Post a Comment

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.