The words. The thoughts. The journal.

May 07, 2018

Ramadan Ekstra dan Bijak Dalam Berbelanja

Halo, apa kabar?

Alhamdulillah, sebentar lagi memasuki bulan Ramadan yang pasti sangat dinantikan oleh umat Muslim. Bulan di mana bersama-sama menyucikan diri kembali, dan juga bulan yang tepat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi baik rohani maupun jasmani. Banyak sih yang bilang kenapa sih harus menunggu bulan Ramadan, padahal berbuat baik kan bisa dimulai dari kapan aja? Nah, dari pada pusing memperdebatkan hal tak tak ada ujungnya itu, mending mulai ngerinci kegiatan yang bakal dilakuin pas Bulan Ramadan nanti, iya kan? Jangan lupa berdoa biar kebiasaan baiknya terus berlanjut dong jangan pas Bulan Ramadan aja, hihi.


 Misal nih, tahun ini kudu punya semangat Ramadan Ekstra misalnya khatamin Alquran 30 juz, pahami isi Alquran dengan artinya, ngafalin asmaul husna, atau surat-surat yang lumayan panjang. Kalau kata mama saya sih, waktu beliau kecil anak-anak dahulu tuh malah bisa nyelesein Alquran bisa lebih dari sekali, kan masa sih mau kalah nih? Kan dari pada cuma menunggu jam maghrib dengan skroling lini masa aja? Eits, nggak susah kok hal-hal di atas apalagi sekarang jamannya media, kan bisa liat video di internet aja kalau mau ngafalin—asal sumbernya terpercaya nih, kudu tetep hati-hati ya.

Terus jangan lupa juga dengan asupan bernutrisi buat tubuh biar badan nggak loyo pas beraktivias maupun beribadah, misal selalu ada asupan kurma, madu, atau susu berkolostrum yang nutrisinya lebih banyak itu selain buah-buahan, sayuran, dan air putih yang cukup. Oh iya, karena susu berkolostrum ini kebanyakan hanya dijual secara online, jadi bisa tuh mulai dari sekarang pesen banyakin sekalian biar nggak bolak-balik-beli, biar hemat juga sekalian tanya bapak-ibu-adek-kakak-kakek-nenek siapa tahu mau beli suplemen yang susah didapatkan di sekitar. Nah salah satu penyedia kebutuhan online ini adalah marketplace Tokopedia, udah tahu lah ya pasti Tokped itu apa. Sekalian juga nih biar Ramadan Ekstra, ada tips belanja lebih hemat di Tokopedia, yaitu:

1. Selalu bandingkan kembali perbedaan harga masing-masing online shop di Tokopedia.

Udah paham kan kalau belanja pasti nggak cuma lihat terus asal beli. Rajin-rajinin ngecek harga yang tepat sebelum membeli, cek juga ongkir karena bisa saja malah lebih mahal ongkos kirimnya—kan sama aja bohong kalaupun harga barangnya lebih murah. Di Tokopedia kan banyak tuh toko online berkualitas, tinggal kita filter yang mana yang paling tepat untuk berbelanja nantinya.


2. Dukung kreator lokal dengan berbelanja online, mengapa tidak?


Yas, berbelanja nggak selamanya identik dengan budaya konsumtif kok. Loh kok bisa? Ya dong, dengan cara mendukung produk lokal yang berkualitas bahkan lebih unik. Bosen kan misalnya kalau pakai barang branded terus dan sama seperti kebanyakan? Udah saatnya nih menilik barang-barang dari kreator lokal yang harganya bisa lebih miring namun tetap mempunyai kekhasannya sendiri, bisa lebih menghemat pengeluaran juga bukan?

3. Pilih toko online yang paling dekat.

Nah kalau yang ini masih ada hubungannya dengan yang nomor satu sih. Di Tokopedia kan ada fitur filter, mulai dari harga, domisili, dan yang lainnya. Nggak ada salahnya milih toko online yang paling dekat dengan kediaman kita, biar dapet ongkos kirim yang lebih murah. Kan nggak selamanya tuh ada gratis ongkos kirim, misal harus ada minimal pembelian atau hanya ekspedisi tertentu jadi berbelanja tetap hemat tanpa khawatir ongkir yang berlebihan.


4. Perhatikan pula metode pembayaran.


Kalau kita jeli, di bagian daftar diskon selalu ada kok promo salah satunya ya di metode pembayaran ini. Di Tokped sendiri ada banyak cara seperti lewat minimarket, saldo tokped, sampai transfer, kan lumayan tuh bisa hemat sekian ribu sesuai pilihan kita.


5. Jangan lupa pula, pilih metode pengiriman pesanan.

Selain ongkos kirim, perhatikan juga layanan pengiriman pesanan. Kan sekarang selain ada ekspedisi konvensional, juga ada pengiriman via transportasi online pada hari yang sama. Jadi, bisa saja ongkirnya sama namun waktu sampainya berbeda.


6. Cek selalu dan gunakan promo atau diskon.

Ini nih selalu dong, hambar banget kalau berbelanja tanpa promo atau diskon. Tokopedia sendiri tentunya memberikan banyak promo di Bulan Ramadan nanti biar Ramadan makin ekstra. Apalagi nanti ada kejutan tanggal 25 Mei, kira-kira apa yah? Kalau saya sih berharap cashback yang gede, free ongkir tanpa minimum pembelian, atau diskon tiket kereta deh, nyahaha. Jadi jangan sampai ketinggalan yaa!



7. Persiapkan kebutuhan Idulfitri jauh hari sebelumnya.

Selain Ramadan Ekstra, catat juga tanggal kapan mulai perlu berbelanja online untuk persiapan hari raya. Pastikan membeli hal-hal yang dibutuhkan saja biar pengeluaran nggak membesar. Kemudian juga, persiapan berbelanja jauh-jauh hari penting biar pengiriman tak terlambat, atau mepet libur bersama.

Nah, kira-kira tujuh poin tersebut dalam berbelanja online saat Bulan Ramadan. Ah iya, jangan lupa juga menyisihkan rezeki untuk yang membutuhkan. Di Tokopedia sudah ada kok layanan donasi, jadi sekalian berbelanja juga berbagi hihi, ayo kurang nyaman apa coba? Jadi, selamat mempersiapkan Bulan Ramadan sebaik-baiknya ya. Salam! 
***

No comments:

Post a Comment

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.