The words. The thoughts. The journal.

September 14, 2018

Nyari Roommate? Cek Dulu Deh Hal-Hal Berikut

Halo, apa kabar?


Manusia-manusia rantau pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya nyewa ruangan. Entah dari kost-kostan, kontrakan, atau asrama. Setelah pertimbangan fasilitas, lokasi, dan harga tentunya kita nggak bisa jauh-jauh dari kenyamanan dong. Salah satunya adalah apakah akan individu atau ada temen sekamar. Nah pilihan nomer dua nih yang jarang diambil, makanya saya mau bagi-bagi sedikit pertimbangan apabila ada yang berminat untuk nyari roommate atau memertimbangkan kamar mana sih yang bagus atmosfirnya kalau kita milih kamar yang isinya dua tiga orang sekaligus. Karena ada hal-hal kecil yang perlu diperhatikan dan jangan sampai terlewatkan, biar nantinya nggak ngganjal dan bisa lebih fokus buat istirahat.



Keterbukaan
Hal pertama yang dilakukan ketika mendapat roommate, jangan cuma kenalan formalitas aja tapi juga harus ada semacam perjanjian. Misal perkara pinjam meminjam barang apa aja yang boleh dan nggak boleh, misal ada kesalahan atau kurang nyaman nanti segera dikomunikasikan langsung aja biar rasa mangkel nggak numpuk, terus juga kalau misal ada biaya bersama juga ditulis biar nggak lupa dan jadi nggak berat sebelah. 

Cairkan suasana
Waktu-waktu yang dihabiskan dalam satu ruangan jangan sampai cuma ada suara detik jam, lalu lalang lemari, pintu, dan jendela aja yang dibuka. Biar suasananya nggak dingin dan surem nih, ngobrol lah yang ringan-ringan aja dulu meskipun sama-sama punya kesibukan. Ngobrol ini penting walaupun misal ada yang punya sifat pendiem, atau misal dua-duanya nih, salah satu harus bisa nyairin suasana dulu. Fungsi ngobrol ini selain menjalin hubungan baik, bisa jadi partner kamar yang menyenangkan, juga bisa menghindari hal-hal yang kurang mengenakkan dari ketidakjujuran.

Silaturahim
Ngobrol sama sekamar udah beres, tetep kita kudu silaturahim atau interaksi dengan tetangga kamar lainnya. Nggak enak banget pokoknya mah kalau antar tetangga kamar aja nggak pernah ngobrol, dan cuma sekedar tahu misalnya. Sekali-kali bagilah cemilan-cemilan atau hadiah kecil-kecilan buat perayaan misal mereka wisuda atau diterima kerjaan baru. Bukan tentang masalah kita bakal dikenal lingkup luas atau enggaknya, tapi kita nggak akan tahu pertolongan-pertolongan apa aja yang kita akan dapatkan kalau sewaktu-waktu butuh bantuan apalagi sifatnya genting. Enak juga kok kalau suatu saat kita wisuda, nikah, atau syukuran yang lain yang diundang bisa banyak nyahaha. Karena kadang sifat terlalu cuek juga merugikan, atau sifat yang terlalu acuh sama sekitar. Well ini dirasain sama pribadi juga nyahaha.

Berani Untuk Pindah
Benar, nggak salah. Jangan segan-segan untuk SEGERA PINDAH jika bener-bener udah nggak nyaman sama suasana kamar entah karena sifat buruk penghuni sekamar yang nggak cocok maupun berdampak negatif bagi kita. Ini casenya kalau udah dikomunikasiin tapi tetep nggak ada perubahan ya. Jangan cuek, jangan diem aja ke diri sendiri karena ketidaknyamanan bakal nganggu istirahat dan juga berpengaruh ke jam-jam produktif. Intinya jangan ngabisin waktu buat hal-hal sepele yang nggak penting.

Nah kira-kira itu aja yang bisa jadi pertimbangan kalau mau nyari shared room macam asrama atau kost-kostan tipe seperti itu. Seneng-seneng sih malah bisa jadi sahabat yang nyenengin, bukan cuma sekadar kenal aja dong pastinya. Tips di atas berdasarkan pengalaman ya, kalau kamu kira-kira ada pengalaman bareng roommate yang nggak terlupakan nggak nih?

4 comments:

  1. Sangat bermanfaat sekali blognya, apalagi untuk anak-anak rantau. Semoga bermanfaat untuk yang lainnya juga ya :)

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget tipsnya buat rantau-ers yang mau ngekos tapi musti bareng sama orang lain. biar sama sama enak buat kita dan temen sekamar dan ga saling merugikan ya

    ReplyDelete
  3. sama-sama ga papa kalau sama2 suka ngorok, ga keganggu kecuali super gede ngoroknya hahaha.. penting

    ReplyDelete
  4. iya tuh, penting banget mempertimbangkan hal-hal di atas, daripada ga nyaman kan ya, akrena kamar itu tempat kita mencari ketenanan dan kedamaian

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.