The words. The thoughts. The journal.

November 14, 2018

YORICK Review [Blogtour+Giveaway]

"Memaafkan memang tidak berpengaruh untuk masa lalu, tapi akan berpengaruh untuk masa depan. Tepatnya, memaafkan tidak mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan"
 (YORICK, Kirana Kejora, 316)


Halo, apa kabar? Semoga selalu baik-baik dan bahagia ya!
Rasanya udah lama banget nggak update tentang buku di blog ini, padahal target di Goodreads masih banyak. Beruntung, kali ini kedatangan novel berjudul Yorick karya Kak Kirana Kejora. Bagi yang sudah pernah baca novelnya Kak Kirana ini pasti paham karasteristiknya gimana. Sebelumnya saya juga sudah pernah meresensi dua novel Kak Kirana yang berjudul Ayah Menyayangi Tanpa Akhir dan Senja di Langit Ceko. Yuk mari kita ulas!

Judul Buku: YORICK
Penulis: Kirana Kejora
Editor: Key Almira
Desain Sampul: Sidiq Yusliana
Penata Letak: Devandra Alby
ISBN: 978-602-528-830-2
Penerbit: PT Nevsky Prospekt Indonesia
Jumlah Halaman: x+336
Harga: 89rb


Pertama-tama, saya baru tahu lho kalau Yorick ini udah difilmkan, karyanya Kak Kirana emang suka banget diangkat ke layar lebar sih. Keuda, kesan pertama lihat judul Yorick tentu saja penasaran, apalagi dengan sampul dengan gambar seorang nenek dan anak kecil. Tahu nama Yorick malah justru dari dramanya Shakespeare yang berjudul Hamlet. Dan ternyata novel ini bercerita tentang sosok bernama Yorick, yang terinspirasi dari kisah nyata. Tentang nama Yorick ada jawabannya kok di novel ini. Baca sendiri biar penasaran nyahaha.

Membaca Yorick bagi saya terasa tenang walaupun sang tokoh mengalami jungkir balik kehidupan, seorang anak kecil bernama Yorick yang dirawat neneknya sejak kecil dan perjalanannya menggapai sukses. Tokoh Yorick di sini mungkin bisa digambarkan sebagai laut, tenang namun juga mempunyai semangat yang bergejolak. Saya juga merasakan perkembangan kepenulisan Kak Kirana di sini, lebih singkat namun lebih padat juga sehingga tokoh utama dalam novel ini terasa dekat. Setelah baca Yorick ini, saya jadi inget film korea yang berjudul The Way Home yang menonjolkan hubungan seorang nenek dan cucunya, juga mengingatkan saya pada buku 9 Summers 10 Autumns.

Yorick bukan hanya novel tentang kisah perjuangan seorang manusia, namun juga bagaimana pemikiran dan mindsetnya tumbuh  dan berkembang ke arah yang lebih baik. Bagaimana sang tokoh membawakan potret menjadi manusia yang manusia, untuk tetap tidak menyerah, memiliki hati yang lapang untuk memaafkan, dan berani mengambil kesempatan. Untuk itu menurut saya novel ini cocok untuk menemani manusia-manusia usia 20an yang sedang giat-giatnya mengembangkan potensi, membangun usaha, memulai hidup baru, dan segala yang berhubungan dengan keberaniannya keluar dari zona nyaman. Tenang aja, ringan kok untuk bacaan. Ada 61 judul dalam novel ini jadi paling setiap judul terdiri dari 2-5 halaman, kerasanya kaya baca kumpulan cerpen dan nggak kerasa cepat selesai. Alurnya maju mundur, dari flashback masa kecilnya hingga sekarang.



Novel ini juga tak berakhir final begitu saja, penulis memberikan imajinasi bebas bagi para pembaca tentang bagaimana perjuangan Yorick selanjutnya. Kekurangan novel ini terletak pada beberapa salah peletakan tanda baca dan sedikit kurangnya eksplorasi konflik latar belakang dari Yorick, jadi pembaca masih seolah dibawa pikiran Yorick yang di batas antara. Namun sekali lagi, ini bukan novel yang bisa kamu lewatkan begitu saja. Penasaran? Nah, sekarang saatnya giveaway yeay!

 Jadi, ada ENAM pemenang dari giveaway ini. Pemenang utama akan mendapatkan satu eks Novel YORICK dan 5 lainnya mendapatkan voucher 20% pembelian novel Yorick di website www.yorick.id (nantinya akan ada kode unik untuk bisa digunakan di sana sekaligus berkesempatan diundi dengan hadiah jalan-jalan gratis ke Rusia dengan Kak Kirana (psst, larena novel ini latarnya di Rusia tentunya). Caranya?


1. Silakan follow IG @kiranakejora, @yorick.id, @nevskypictures, dan @marfa.doc (kalau nggak punya IG, boleh pakai Twitter)
2. Repost info giveaway ini, ada di tautan ini atau bagi yang nggak ada IG, share aja via Twitter.
3. Jawab pertanyaan ini:

"Saya percaya bahwa setiap manusia memiliki mimpi yang besar. Dan sejauh ini, usaha apa yang sedang kamu lakukan agar mimpimu menjadi nyata?"

4. Jawab dengan format:
Nama:
Akun IG/Twitter:
Link repost:
Jawaban:

Bagaimana, mudah kan? Ayo kesempatan banget buat kamu baca novel inspiratif nih. Giveaway hanya mulai dari 14-16 November 2018 (23.59) dan akan diumumkan pada tanggal 17 November 2018. Tenang, setelah di blog ini ada rangkaian lain kok. Cek banner di bawah ya. Semoga beruntung dan semoga mimpimu terwujud, ditunggu jawaban terbaikmu. Cheers!


UPDATE: PENGUMUMAN PEMENANG
Halo, akhirnya selesai juga blogtour di blog umimarfa.web.id dan sayang sekali yang ikut hanya sedikit. Namun baiklah, tak apa, semoga akan banyak di lain kesempatan. Dan novel YORICK kali ini jatuh kepada:
Aidzina Nur Fitriani

Dan diskon voucher 20% jatuh kepada
Dian Farida Ismyama

Selamat dan semoga bermanfaat, nanti akan saya hubungi untuk pemenang via akun media sosial. Bagi yang ketinggalan blogtour di blog ini bisa cek banner ya. Terima kasih banyak^^

***

5 comments:


  1. Nama: Dian Farida Ismyama
    Akun Twitter: @dian_ismy
    Link share: https://twitter.com/dian_ismy/status/1063230001867149312?s=19
    Jawaban: Yang saya lakukan adalah terus belajar menulis dan praktek. Saya percaya bahwa pada akhirnya saya akan memberikan menerbitkan buku solo:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berpartisipasi :)

      Delete
  2. Nama: Aidzina Nur Fitriani
    Akun IG/Twitter: @triafitr_
    Link repost: https://twitter.com/triafitr_/status/1063255596118372352
    Jawaban: Masih dalam tahap menyelesaikan studi, doakan ya semua lancar ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berpartisipasi :)

      Delete
    2. Terima kasih telah berpartisipasi :)

      Delete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.