The words. The thoughts. The journal.

January 30, 2019

3 Pekerjaan Untuk Pria yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Bekerja menafkahi keluarganya dan dirinya adalah salah satu kewajiban utama pria. Pilihan pekerjaan yang paling populer dari dulu sampai sekarang adalah kerja kantoran.

Bedanya, jaman sekarang makin banyak pria yang ingin kerja dengan ikatan yang longgar. Mereka ingin mempunyai kebebasan mengatur jam kerja, pakaian yang dikenakan, dan ritme kerja.

Karena itu, freelance, bekerja dari rumah, diminati oleh banyak pria. Dari riset singkat didapat informasi bahwa remote working yang tinggi penghasilannya diantaranya adalah programming, graphic/video, dan internet marketing. Kesemuanya membutuhkan skill khusus yang tidak mudah dipelajari secara cepat.
 

Tapi ada beberapa bidang yang cukup/lebih mudah dipelajari dan tetap menjanjikan penghasilan yang bagus. Dan bisa dikerjakan dari rumah, misalnya 4 bidang berikut ini:

Menulis

Memang sekarang sulit mencari media cetak yang menerima tulisan (fiksi/non fiksi) dari luar dan memberikan honor. Tapi dengan adaptasi terhadap jaman uang tetap bisa didapat dari menulis.

Pasar yang cukup besar untuk Indonesia adalah membuka jasa penulisan artikel untuk blog post atau website page. Memang sudah banyak yang membuka jasa seperti itu, tapi hampir semua kualitasnya biasa saja dan banyak juga yang cenderung buruk.

Apalagi mereka juga menawarkan jasa penulisan artikel SEO friendly tapi nyatanya penerapan SEO di artikelnya payah. Dengan kualitas tulisan beberapa lapis di atas mereka, dan penguasaan SEO (terutama on-page dan riset keyword), bisa punya potensi menjual jasa penulisan yang laris meski lebih mahal tarifnya.

Jika belum punya pengalaman menulis, sisihkan biaya untuk mengikuti workshop atau membeli online course tentang kepenulisan. Salah satu yang sangat direkomendasikan karena high quality, adalah writing online course-nya Jon Morrow.

Berjualan Online

Berjualan online menuntut terpenuhinya 3 syarat utama: ada suplai produk yang kontinyu, ada pasar yang cukup besar dan awet, ada tempat berjualan. Di sini diberikan contoh berjualan fashion pria yang memenuhi 3 syarat di atas.

Untuk mendapatkan suplai produk yang terus-menerus, bisa bekerjasama dengan produsen. Salah satu produsen fashion pria yang direkomendasikan adalah www.murahamat.com. Cocok sekali untuk tempat kulakan karena produknya up to date, murah, dan berkualitas.

Pangsa pasar fashion pria sangat besar. Saat mulai berjualan pelan-pelan jual dulu di medsos, situs marketplace baru nanti membangun website sendiri.

Bisnis Barang Bekas

Sampah orang lain bisa jadi adalah harta karun bagi yang lainnya. Banyak barang-barang yang masih bagus yang dibuang orang. Jika jeli, bisa menemukan barang masih sangat layak pakai yang bisa dijual lagi.

Contoh barang yang biasanya dibuang dalam kondisi bagus yaitu majalah, buku, furniture, tas, sepatu, dan alat elektronik. Seringkali barang bekas ditemukan dalam kondisi prima dan bisa langsung dijual. Ada juga yang perlu perbaikan dulu, misalnya kursi goyang yang sandarannya sudah agak longgar.

Selain berburu di tempat sampah orang, cara lain yang lebih nyaman untuk mendapatkan barang bekas adalah dengan membelinya. Orang yang sudah berpengalaman, bisa mendapatkan barang-barang murah yang dijual kembali dengan harga cukup mahal. Barang bekas bisa dijual secara online, bisa juga dijual di rumah, bazar, car free day, atau event tertentu. 

3 pekerjaan di atas, tentu saja, bisa juga dilakukan oleh wanita. Namun kebanyakan wanita lebih suka pekerjaan yang sesuai dengan karakternya seperti berjualan hijab, kuliner, dan kecantikan.

Bekerja dari rumah tidak berarti mengurung diri terus-menerus di rumah. Terkadang pekerjaan itu juga menuntut untuk keluar rumah. Mungkin butuh meeting dengan klien, mengirim dan membeli barang, ke bank terkait pembayaran, atau bekerja di kafe yang tenang karena di rumah sedang ramai.
***

3 comments:

  1. Benar banget tuh kak, kalau saya sih biasanya melakukan yang kegiatan menulis hehe

    ReplyDelete
  2. Kalo saya sih ngeblog, jualan online pernah, bekerja dari rumah memang enak

    ReplyDelete