The words. The thoughts. The journal.

February 15, 2019

Leaders Camp: Kejar Mimpi dan Curi Ilmunya!



(Photo & Credit: unsplash.com)

Halo, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan bahagia ya!

Mau sedikit cerita, nih. Saat saya memasuki umur 20 tahun, saya mulai sadar dan bener-bener mempertimbangkan kembali tentang apa yang menjadi mimpi dan tujuan saya. Ya, meskipun masih “nggak rela” dengan jatah waktu main-main sih. Terus sekarang udah mau usia 22 tahun kurang beberapa bulan aja, emang bener-bener cepet luar biasa dan seorang pemuda memang kudu adaptif dan responsif. Gini-gini, buat yang masih berusia sekitaran 20 sampai, katakanlah 25 nih, pernah nggak sih merhatiin syarat-syarat dari pertukaran pelajar, kegiatan kepemudaan, beasiswa, atau lomba-lomba yang temanya nggak jauh-jauh dari anak muda? Biasanya antara 17 sampai 25 tahun, iya nggak?

A little bit scary, emang.

Alias dari situ tuh udah bisa dikatakan masa muda emang beneran waktunya terbatas baik kesempatannya juga, dengan kata lain rugi banget kalau cuma diisi dengan namanya malas-malasan, suka nunda-nunda, masih terpaut dengan masa lalu, serta nggak segera membiasakan diri atau habbit yang positif. Intinya, satu-satunya orang yang membatasi diri kita sendiri itu cuma satu kok, ya diri sendiri.

Hal-hal di atas juga saya rasakan selama berada di dunia kampus dan lika-liku memasuki usia 20an tadi. Kata orang-orang dewasa sih usia segitu baru permulaan, alias nggak ada apa-apanya padahal kadang udah ngerasa stres banget nyahaha. But still, sih, makanya walaupun cuma tahap permulaan perlu yang namanya latihan-latihan-latihan, dan juga kegigihan atau persistence. Kebetulan juga kemarin saya abis liat video tentang gimana caranya membangun kepercayaan diri dengan terus meningkat, jadi nggak naik turun gitu jatuhnya. Caranya dengan yang sudah saya sebutkan tadi, practice dan persistence!

Masa muda emang bener banget buat banyak belajar salah satunya dengan banyak melakukan kesalahan. Serius, bikin banyak kesalahan itu enak banget nyahaha! Ya, maksudnya sih kesalahan yang lebih ke luar jalur dari alurnya orang lain, nyari jalur waktu dan ruang yang beda gitu. Gampangnya: secara mantap dan tegas menentukan langkah sendiri. Tentang target, tentang tujuan, dan tentang mimpi!
 
Ngomongin mimpi, yang nggak ada habisnya itu kita butuh yang namanya role model. Liat kegiatan apa aja yang mereka lakukan, kebiasaan baik apa aja, gimana manajemen saat berada di masa-masa buruk juga. Role model bisa didapat dari orang-orang terdekat kita misal, kalau yang ini enak sih bisa interaksi langsung dan bagi-bagi pengalaman serta ilmu. Iya, karena saya percaya yang namanya kekuatan interaksi. Dari ngobrol aja orang itu bisa kepengaruh loh alias nular semangatnya. Hal serupa juga dilakukan di acara yang namanya Leaders Camp sebagai salah satu kegiatan yang diadakan gerakan sosial Kejar Mimpinya CIMB Niaga.

Dari tadi engap baca mulu, nih liat sekilas videonya dulu yuk:


Wah nyesel sih kenapa saya baru tahu sekarang tentang Leaders Camp ini, kan bisa melipir yang deket misal Yogya gitu. Kan kalau ke Jakarta, Bogor, Surabaya, Medan, atau Bandung kejauhan. Gimana nggak tertarik kalau dengan kegiatan yang berisi sharing session, kelas inspirasi, volunteering day, movement session, dan juga motivational class. Leaders Camp ini nggak cuma muluk-muluk tentang kepemimpinan aja, namun juga tentang kreativitas. Intinya sih gimana kepemimpinan dan kreativitas dipadukan untuk menjadikan peserta atau dream warrior lebih mengenal diri sendiri, lebih yakin sama mimpinya, dan tentunya berani melalui kegiatan peningkatan softskill di atas. Karena, yang paling mendasar adalah bagaimana pemuda bisa terlebih dahulu memimpin diri sendiri.

Arif Susanto sharing inovasinya di Leaders Camp Surabaya 2018 (Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)

Kemudian biar makin termotivasi ada banyak tema-teman talkshow plus pembicara yang bener-bener bisa menginspirasi anak muda. Contohnya aja di Leaders Camp Surabaya dengan tema Creating Breakthrough For Indonesian Youth, di sini ada Maudy Ayunda, Indri Lakhsmi, Leonika Sari, Sandra Dewi, Cut Mini, Emil Dardak, dan Arief Susanto. Terus kalo yang di Bandung dengan tema Indonesian Innovation Going Global ada Ridwan Kamil, Maudy Ayunda, Dina Dellyana, Meryl Saragih, dan Dewa Eka Prayoga. Nggak kalah keren di Malang juga ada Maudy Ayunda lagi, Hans Saleh, Fourry Handoko dengan tema Understanding Technopreneur in Today’s Disruptive Era, terus ada juga tentang Creative Entrepreneurship in Today’s Digital Landscape dengan pembicara perempuan seperti Diah Paramaiswari dan Diajeng Larasati. Masih ada juga tokoh lain seperti Hendriyanti Bahtiar, dan Hedy Lapian.

Beragamnya latar belakang pembicara pasti bisa bikin ide itu lebih banyak yang antri atau nggak habis-habis. Udah nggak jaman lagi yang namanya talkshow yang kaku gitu, semuanya dibagi dan dikupas dengan konsep yang menyenangkan. Tema di atas itu kan nggak jauh-jauh dari digital era kan? Salah satu tokoh dan juga Ambassador Kejar Mimpi Maudy Ayunda juga bagi-bagi tentang sikap adaptasi, observasi, dan fokus. Bisa dilihat di video ini:


Padat, berisi, dan sayang untuk dilewatkan banget nggak sih. Jadi nih kalau misal nanti ada Leaders Camp lagi, kira-kira tema yang pengin banget ada itu apa aja sih? Biar nggak ketinggalan dan nyesel nih, jangan lupa buat follow akun Kejar Mimpi, dan semangat kejar mimpimu!
***

15 comments:

  1. asli, pengen bnaget ikut kegiatan ini

    ReplyDelete
  2. Di Jember ada nggak sih event Kejar Mimpi dari CIMB ini mba
    Kalau ada sih, mau ikutan juga tentunya hehee

    ReplyDelete
  3. Menarik dan bagus kegiatan Kejar Mimpi oleh CIMB Niaga. Memberikan pembekalan soft skill yang akan bermanfaat dari tokoh-tokoh inspiratif pada Leaders Camp.

    ReplyDelete
  4. Jadi inget masa mahasiswa kalo ada event semacam Leader Camp gini. Dulu rajin ikut waktu semester2 awal. Di tahun kedua dan ketiga, sudah sibuk dengan kegiatan pers kampus sehingga ga pernah ikutan lagi. Tahun ke-4 dan 5 sudah riweuh nyusun skripsi dan persiapan nikah. eaa..

    ReplyDelete
  5. Senengnya ya berbagi sambil bahagia, eh aku mau lho kalau diajak ikutan acara gini

    ReplyDelete
  6. terkadang kita memang harus belajar banyak dari kesalahan di masa lalu buat ngejar mimpi kita di masa depan. kegiatan Kejar Mimpi ini menarik yaa kayaknyaa. menginspirasi anak anak muda zaman sekarang, biar lebih termotivasi jugaa

    ReplyDelete
  7. Leader camp ini ilmunya banyak dan kita bisa belajar langsung dari pengalaman para pengisi acara. Sungguh sayang untuk dilewatkan. Ilmu nya banyak dalam satu perhelatan

    ReplyDelete
  8. Masa muda itu memang singkat dan biasanya dipenuhi dengan kesalahan-kesalahan. Tapi enggak apa-apa, toh kita bisa belajar dari kesalahan itu.
    BTW acara Kejar Mimpi memang bergizi banget ya, banyak ilmu bertaburan yang kita bisa dapatkan.

    ReplyDelete
  9. Zaman saya muda kenapa enggak ada acara beginian ya? Atau belum populer acara kayak gini. Pas kuliah kerjaan juga cuma kampus dan rumah aja. Malah sekarang udah Ibu2 baru eksis

    ReplyDelete
  10. Wah kalonya ada dibanjarmasin Eny mau banget dong ikutan kan asik hihi

    ReplyDelete
  11. Paling suka dengan acara2 kyk gini, khususnya kalau targetnya anak milenial :D
    Betul saat kejar mimpi biar semangat butuh role model yaaa. Biar terinspirasi apa aja yang harus dilakukan :D

    ReplyDelete
  12. Menggapai impian di masa muda memang penting sekali.
    Dan alhamdulillah, difasilitasi oleh Leader Camp CIMB Niaga.
    Bener-bener melihat, betaoa hebatnya Indonesia 10-20 tahun ke depan.

    ReplyDelete
  13. Kangen banget aku sama kegiatan kayak ginian. Pas usia 19-20 tuh aku rajin banget ikut volunteering dan kegiatan semacam leaders camp ini. Terus berhenti karena tuntunan dunia yang kejam wkwkwk sekarang rasanya capek, pengin balik lagi ke kegiatan kayak gini. Karena saat diri kita berguna buat orang lain tuh walaupun capek tapi bahagianya jauh lebih besar. Nikmat.

    ReplyDelete
  14. Leaders camp bagus banget nih buat memberikan ilmu bermanfaat bagi para pemuda, materi-materinya pun keren ya

    ReplyDelete
  15. Aku lebih nyesel lagi kenapa pas aku udh tua baru ada or tau yang ginian

    ReplyDelete

Hai. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Jika postingan ini menarik/menginspirasi, jangan segan untuk dibagikan ke media sosial agar blog ini terus semangat memberi manfaat. Jangan segan juga untuk memberi kritik/masukan/komentar. Tetap berlangganan agar tak ketinggalan postingan terbaru ya. Salam, Marfa.