Connext Conference 2019 Purwokerto

Helo guiesse, apa kabar?

Dalam acara Startup Coop Camp Batch II kemarin, ada satu kegiatan BMC di mana peserta dibagi perkelompok untuk diskusi membentuk sebuah startup. Dan dari hasil kelompok saya yaitu Talent.in, wadah pendampingan pengembangan minat dan bakat secara intensif bagi anak muda dimulai dari anak sekolah. Karena seperti yang kita tahu, soft skill memang sangat penting bukan hanya untuk mencapai yang sudah menjadi tujuan namun juga saat proses. Hal ini didukung juga agar talent-talent ini menyebar merata nggak hanya di kota-kota besar.

connext conference young on top purwokerto 2019

Temasuk di Purwokerto, saya saat ini seneng karena udah mulai banyak even-even keren atau wadah-wadah keren buat anak muda di Purwokerto untuk lebih berkembang. Contoh salah satu even keren baru aja diselenggarakan pada Sabtu, 4 Mei 2019 kemarin yaitu Connext Conference 2019 Purwokerto oleh Young On Top. Sebelumnya conference ini udah diselenggarain di kota-kota besar lain dan sekarang mampir dan bertempat di Gedung Paschalis Hall, Purwokerto. Pembicaranya nggak tanggung-tanggung dong, ada Andi F. Noya (Host Kick Andy Show), Billy Boen (Founder YOT), Kilala Tilaar (Corporate Creative Innovation Director of Martha Tilaar Group), dan Arto Subiantoro (Brand Activist). Acara keren ini GRATIS dong, tapi tetep dapet fasilitas yang nggak kalah serunya juga di booth-booth merchandise. Sponsornya banyak sih hihi.

Tema dari conference ini sendiri yaitu #MenyatukanINDONESIA. Emang Indonesia lagi kepecah-pecah? Enggak sih, cuma lagi agak terancam aja nih kayanya apalagi di tahun politik ini. Tentu saja yang disasar bukan lagi bapak-bapak atau ibu-ibu, tapi ANAK MUDA! Yes, anak muda buat generasi pembentukan pola pikir yang akan melahirkan tindakan, kemudian barulah bisa dapat menginspirasi dan berdampak bagi sekitar. Bisa dilihat dong, tentunya prosesnya ini panjaang banget.

connext conference purwokerto young on top

Ini acara kemarin rame banget, saya dateng telat 2 jam dari jam mulai 8 pagi—akhirnya nggak kebagian tempat duduk dong, berdiri di belakang nyampe jam 12an nyahaha gempor nggak tuh. Ini acara juga sebelumnya di mana-mana promosinya ada walaupun GRATIS, tapi pas acara untungnya sesuai sama ekspetasi dan banyak insight yang didapat dari sana.

Well, intinya dihadirkan pembicara dari satu lini yang sama yaitu entrepreurship tapi masing-masing bidangnya beda. Karena kemarin nggak full ikutnya, jadi bagi-bagi insightnya cuma beberapa aja ya. Nah sebelumnya kalau dari saya pandangan terhadap dunia entrepreneur ya itu-itu aja termasuk polanya. Selama ini tuh saya berasumsi kayanya kok orang bisa kaya ya emang jalur utamanya entrepreneur, terus yang lain jadi nggak bermakna gitu? Sesuai dengan perkembangan di era digital ini, dunia ini juga turut mengikuti. 

Yang pertama adalah insight dari Arto Subiantoro sebagai brand activist. Beliau ini berusaha membangun brand yang unik yang dapat bertumbuh terutama di daerah-daerah. Misinya ini keren banget, soalnya bisa membuka lapangan pekerjaan tentunya, mengurangi tingkat kemiskinan, turut serta membangun ekonomi daerah, membangun kebanggan Indonesia local brand. Menurut Bung Arto, ada beberapa hal yang bisa anak muda lakukan untuk memulai di bidang ini, yaitu lihat peluang, miliki tujuan, ciptakan NILAI, punya KARAKTER, mulai dari SKALA KECIL, beri MAKNA pada kehidupan, dan LAKUKAN SEGERA. Jangan lupa juga hal tentang jaringan, sistem, dan mentor.

connext conference purwokerto 2019

Insight yang kedua dari Kilala Tilaar, putra bungsu dari Martha Tilaar. Wah, udah kebayang dong perusahaan segede itu pasti gampang aja dapet dari turunannya. Tapi nggak gitu, Bung Kiki ini belajar dari bawah, di perusahaan spa yang kecil dan hampir bangkrut. Kemudian sampailah dia sekarang sampai sudah menjadi Creative and Innovation Director of Martha Tilaar Group. Yang namanya produk kecantikan, nggak main-main kalau berinovasi. Bung Kiki ini punya filosofi DJITU yang didapatkan dari bundanya, yang kepanjangan dari Disiplin, Jujur, Inovatif, Tekun, dan Ulet, nggak hanya buat dia pribadi namun para karyawan yang ada di dalamnya. Selain itu ada juga PAS DONK, yang kepanjangan dari Passion, Attitude, Strategi, Diligent, Observation, dan Kerja Keras. 

Kilala Tilaar dalam pengembangan produknya ini menurut saya adalah contoh dari produktifitas ilmu pengetahuan yang tak berhenti dengan terus mempertahankan business valuenya. Seperti misalnya kampanye safe cosmetic alliance, nunjukin konsumen buat memerhatikan komposisi yang terkandung dalam kosmetik dalam jumlah yang aman. Tentunya telah melewati penelitian yang ketat sehingga punya produk alami dan tetap aman.

Selanjutnya ada dari Bang Andi Noya, cuma kemarin keluar duluan karena udah pegel aja berdirinya nyahaha. YOT Purwokerto juga udah kebentuk tuh, kesempatan banget buat anak muda kalau mau ngembangin diri di luar kampus, biar pengalamannya makin kebentuk. Ada aplikasinya juga ini YOT ternyata yaitu Social Connext, ada artikel-artikel seger di sana, ask mentor, sampai gamesnya juga ada. Akhir dari conference ini adalah, kamu bisa kok jadi diri sendiri dan ningkatin valuemu lewat banyak hal, salah satunya entrepreneur ini. Kalau kamu mau bagi insight juga, boleh banget di kolom komentar lho!
***

15 comments

  1. Suka banget lihat acara-acara seperti ini. Jadi keinget jaman kuliah dulu aku suka nyari kelas-kelas menulis kreatif. Tapi waktu itu mah belom ada conference untuk anak muda gini. Your so lucky.

    ReplyDelete
  2. Kereen! Acaranya bener-bener bermanfaat sekali. Banyak pelaku entrepreneur yang mau berbagi dengan peserta yang datang. Sayang sekali Mbak Marfa datang terlambat, jadi gak bisa dengar sharing dari pembicara terakhir ya... hehehe

    ReplyDelete
  3. Ini acara kayaknya berfaidah banget ya. Semoga di Purwokerto makin banyak acara-acara kayak gini biar anak mudanya makin keceh badai

    ReplyDelete
  4. kalau acaranya YOT mah emang keren selalu
    pembicaranya gak tanggung2. ngasih lebih dari 3 pembicara, yang semuanya kualitas

    ReplyDelete
  5. Aku sih belum pernah ikut seminarnya YOT, tapi pengen
    semoga lain waktu dikasih kesempatan
    aamiin

    ReplyDelete
  6. Uch acaranya ini Eny banget loh mba... Moga aja ada acara ini dibanjarmasin nanti yaa soalnya bermanfaat sekali buat anak muda hhi

    ReplyDelete
  7. Baca tulisan ini aja udah berasa kerennya acara ini apalagi langsung hadir dan menyimak materi dari pembicara ya, emak-emak udah susah nih ikut acara kece beginian

    ReplyDelete
  8. ilmunya daging semua. bermanfaat sekali untuk bisa diterapkan bagi yang akan memulai bisnis kreatif. beruntung sekali bisa dapet ilmu dari praktisi yang sudah mempraktekkannya bertahun tahun.

    ReplyDelete
  9. Temanya berat banget yaa kayaknya, hehehe. Tapi pasti semangat sekali lah liat semua pembicaranya. Semoga bener-bener bisa menginspirasi pemuda Purwokerto untuk berbuat lebih.
    Btw makin keren ya sekarang Purwokerto.. banyak event2 keren di sana :)

    ReplyDelete
  10. Aku senenh deh liat acara2 dengan tema yang membangun karakter gini, terutama anak muda. Karena di tahun penuh konflik ini, perlu banget acara kaya gini supaya kondisi jd lebih baik

    ReplyDelete
  11. Wah mantaaap....seneng ya kalau anak muda dikasi kesempatan untuk belajar dan melangkah lebih maju lagi. Biar bisa ngembangin diri dan potensi yang dimilikinya...

    ReplyDelete
  12. Yang hadir dan turut berpartisipasi banyak juga yaa..
    Jadi terbayang sebenarnya..banyak sekali anak muda jaman sekarang yang ide nya membludak.
    Semoga dukungan pemerintah juga aktif dalam mewujudkan ide-ide kreatif anak muda Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Wahh asyikkk banhet nih ada kelas dengan ilmu yang dihasilkan tuh banyak juga ya mba jadi tinggal kita teraokan sehari hari

    ReplyDelete
  14. Hehe iya gak semudah itu ya langsung mewarisi perusahaan besar, saya yakin Mas Kiki ini pasti juga ada upaya. Apalagi yang namanya dunia usaha makin lama makkin banyak saingannya. Seneng ya ikutan acra kyk gtu dapat banyak inspirasi.

    ReplyDelete
  15. Biar berdiri berjam jam dijabanin juga ya mbak, pembicaranya kece kece sih...bisa ikutan acara ini beruntung banget

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)