The words. The thoughts. The journal.

May 24, 2019

Untuk Yang Masih Bingung, Berikut Rekomendasi Beberapa Pilihan Jurusan Kuliah Soshum



Halo guiesse, apa kabar?

field of study

Udah lama ide ini muncul di kepala, eksekusinya aja biasa yang lama. Nah ini postingan emang bakal subjektif banget sih, lebih sesuai ke preferensi pribadi yang mungkin beberapa ada yang tertarik juga. Karena beberapa rekomendasi pilihan jurusan nanti nggak jauh-jauh dari Sastra Inggris, dan saya sendiri yang tertarik dengan jurusan tersebut. Ah iya, jurusannya khusus soshum ya tentunya, yang nggak jauh-jauh sama perkara kehidupan manusia karena kalau saintek saya nggak tahu pilihannya nyahaha. Oke langsung aja nih, buat kalian yang masih bingung kira-kira mau jurusannya apa semoga bisa jadi alternatif buat yang suka ide-ide kreatif, melihat permasalahan sosial, suka mengamati atau observasi, dan memaksimalkan pikiran kreatif. Yaitu: 


1. ILMU KOMUNIKASI

Jurusan ini dulu masuk pilihan ketiga saya saat SBMPTN, namun kami tak berjodoh. Menurut saya jurusan ilkom ini nggak jauh-jauh dari yang namanya dunia kreatif baik nulis atau bikin konten gitu, how to handle with people juga. Intinya, kayanya bisa bikin banyak karya dari  jurusan di sini karena penuh dengan ide. Karena nggak ada pengalaman sama sekali tentang jurusan ini, kebetulan kemarin saya nanya ke Lajeng buat ngedapetin beberapa insight. Asyiknya apa sih di ilkom ini? Jadi menurut doi nih, asyiknya bisa belajar di bidang kreatif dari belajar nulis, fotografi, videografi, broadcasting, bikin film pendek, atau bikin event.

Event-even tersebut cocok banget bagi yang suka banyak kegiatan, tapi buat yang kurang suka juga bisa jadi menyenangkan karena tantangan sendiri. Bisa belajar banyak prosesnya nggak cuma langsung ke teknis. Tantangan di jurusan ini juga nggak jauh-jauh dari mengasah skill komunikasi yang baik dan benar. Kudu siap ketemu banyak orang dari berbagai latar belakang, siap ditolak narasumber, dan belajar gimana caranya mikir cepet backupnya, problem solvingnya.

2. HUBUNGAN INTERNASIONAL

Biasanya kalau yang punya cita-cita mengglobal milihnya HI nih. Karena lingkup yang dilihat lebih luas tentunya. Jurusan HI ini sendiri multidisiplin ilmu sebenernya karena belajar politik, ekonomi, sosiologi, kenegara-negaraan, diplomasi, serta organisasi. Skill yang dapat kamu peroleh selama kuliah di HI itu sendiri yaitu diplomasi, belajar nulis ilmiah, dan bisa juga bertemu mahasiswa/I HI seIndonesia dalam satu forum. Buat yang pengin pertukaran pelajar luar negeri, di sini akan lebih banyak juga kesempatannya. Atau buat yang mau belajar MUN bisa juga ngasah dulu dan latihan dulu di sini.

3. ANTROPOLOGI

mata kuliah jurusan antropologi

Nah ini dulu saya penasaran juga sama antropologi ini, tapi termasuknya jurusan yang nggak di setiap univ itu ada. Keliatannya challenging kalau ngeliat matkul-matkulnya. Lebih ke manusia dan hal-hal yang melingkupinya terutama kebudayaan yang pastinya membentuk kebiasaan tertentu dan saling berkaitan satu sama lain.

4. ILMU POLITIK

Tahun 2019 ini emang puncak ramainya politik, dan ngerasain sendiri kalau buta politik itu nggak enak apalagi kalau statusnya kita sebagai mahasiswa. Emang sih pengetahuan tentang politik ini bisa diraih saat berorganisasi seperti BEM, atau organisasi eksternal. Tapi buat kamu yang emang pengin belajar sejak dini, mengasah sampai matang, hingga menjadi pribadi yang kritis dan menyukai kebaikan-kebaikan melalui jalur politik serta berdampak bagi sekitar, ambil aja jurusan Ilmu Politik. Toh, politik sebenernya bukan cuma politik itu saja.


5. FILSAFAT

buku filsafat

Jika saya tidak salah, jurusan ini lebih cocok untuk mereka yang suka bertanya-tanya ke dalam diri, atau juga di luar itu. Lebih menggunakan pikiran dan rasa, mengenai arti dan pilihan-pilihan. Nggak cuma hal itu sih, banyak stereotipe negatif ke jurusan ini karena terlihat tanpa masa depan dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum kamu masuk ke sini, suka bertanya-tanya aja nggak cukup namun setidaknya punya rencana nanti hal apa yang ingin kamu asah, ingin kamu ketahui lebih dalam, yang ingin kamu pelajari hingga rencana karir yang mungkin berhubungan dengan jurusan ini.

6. SASTRA INDONESIA

Mengenal lebih dalam Indonesia melalui budaya dalam keliterasian juga bisa didapatkan pada jurusan ini. Nanti ada matkul pilihan seperti kewartaan, manajemen perpustkaan, psikologi umum, kearsipan, kepenulisan. Kalau menurut teman saya (NS), Sasindo bahkn bisa bikin kita lebih bijak karena yang dikaji tentang kebudayaan dan kemanusiaan. Bisa juga mengambil banyak hal dalam sastranya itu sendiri mengenai budaya, atau sosial. Kalau dilihat nggak jauh-jauh dari antropologi.

Nah mungkin itu sih yang mungkin bisa jadi buat rekomendasi, kalau untuk tentang jurusan Sastra Inggris sudah pernah saya ulas juga di SINI, dan SINI. Semoga bisa jadi pencerahan, atau kalau kamu punya pendapat lain atau menambahkan boleh banget cerita di kolom komentar. Pengalaman tentang jurusan juga boleh, apa yang nggak boleh buat kamu mah. Oke, see ya!
***
Imgsc: pixabay


11 comments:

  1. Sebaliknya, aku bingung dengan jurusan2 Soshum ini. Perkara kehidupan manusia itu bisa ya dipelajari di kelas? Begitu kupikir. Dari keenam jurusan di atas aku tertarik dengan jurusan Ilmu Komunikasi.

    ReplyDelete
  2. Aku dari dulu paling gak bisa sama jurusan sosial.
    Karena segala sesuatunya berteori dan tidak baku.
    Mereka ini kan mengamati apa yang terjadi di sekitar lalu di simpulkan dan di diskusikan.
    Naa...diskusi dan memegang teguh pendirian ini yang aku gak bisa.

    Jadi cari aman.
    Aku anak Saintek.
    Ilmu yang bisa dihitung dan dipertanggung jawabkan dengan rumus.
    Wkkwkw...

    ReplyDelete
  3. Aku bacanya sambil merinding.
    Jadi ingat masa-masa akan lulus SMK dlu, dimana aku gak kepikiran buat kuliah, yang ada di otak cm langsung kerja. Dan memang lulus SMK aku langsung kerja, baru setahun kemudian aku lanjutin kuliah sambil kerja. Aku ambil jurusan sistem informasi di STIMIK, agak jauh sih dari bayangan kuliah yang ada dipikiran aku.
    Saat baca rekomendasi jurusan tadi aku kok rindu kuliah, ingin nyobain kuliah reguler da ambil jurusan pilihan dari hati, antara sastra inggris atau psikologi, tapi kayaknya skrg kesempatannya udah kurang pas.
    Sekarang aku brharap adek bisa masuk jurusan kuliah yang dia inginkan dan di universitas impiannya, dimanapun itu insya alloh aku dukung, yang penting dia bisa menjalankan amanah belajar dengan tanggung jawab.

    ReplyDelete
  4. Diantara itu semua, aku lebih suka ke Ilmu sosial ketimbang Ilmu Alam. Cuma karena waktu kuliah itu gak terlalu negerti2 kali tentang Jurusan, jadi cendrung kata orang. Cuma apapun ceritanya pilihanku Kuliah di Fak. Hukum sangat luar biasa, bisa merubah mindset.

    ReplyDelete
  5. Hahaha, samaan. Aku juga nggak berjodoh pas mau milih ke ilmu komunikasi padahal pengin banget. Soshum menarik banget sih buat dipelajarin emang. :D

    ReplyDelete
  6. dulu pengen masuk hubungan internasional, ngga dibolehin karena alesannya susah nyari kerja. Susah juga ngga ngikutin ortu karena masih disubsidi. entah mengapa sekarang jadi kepengen kuliah itu lagi hehehe

    ReplyDelete
  7. kebetulan dari sd aku udah selalu bersikukuh harus belajar bahasa jepang, senang baca buku psikolog, dan suka menulis. Ketika SMA aku ngotot harus masuk jurusan bahasa, sampai rela pindah sekolah.
    Kuliah pun dari awal aku udah test jurusan ilmu komunikasi dan psikolog, dan ternyata nyangkutnya di fikom. meski awal-awal kerja jauh dari fikom, tapi sekarang terasa bahagia karena kaya kepake banget ilmunya.

    ReplyDelete
  8. Wuih jurusan2 tersebut bukan jurusan yg kupilih karena aku gak kuat2 banget sama pelajaran IPS dan PPKN. Hahaha.
    Ya ini cocok banget buat teman2 SMA yg jurusan IPS sih ya

    ReplyDelete
  9. WAH ADA JURUSAN AKU! WAHAHAHA
    Agak beda ya matkulnya di kampus kita kayaknya. Tapi kurang lebih ya sama, sih. Aku paling suka kalau udah masuk ke kajian budaya. Hepi banget, keluar kelas langsung berasa kinclong gitu otaknya wahahaha

    ReplyDelete
  10. Lho, Sasindo bukan masuk ke jurusan Sastra ya. Jadi inget di kampus dulu, kami yang sastra sama anak antro, HI, komunikasi dll pada tetanggaan.. Hahaha

    ReplyDelete