Sesibuk Apapun, SehatQ Solusi Info Kesehatanmu



Halo!

Gimana, setengah tahun ini masih dikejer-kejer deadline atau udah bisa mengimbangi pola habbit sehari-hari? Nggak kerasa setengah tahun ini saya mengubah cara belajar dari yang awalnya agak santai menjadi lebih serius. Otomatis, pola hidup juga berubah—jadi sering pulang malem, nggak pernah olahraga pagi, bangun pagi jarang-jarang, dan sering minum kopi dari pada air putih. Suatu hari, kaget dong karena efeknya tentu sudah bisa ditebak yaitu penambahan berat badan, jerawat, kantung mata, gangguan tidur, dan kulit yang kasar. Nggak enak banget kalau lagi suka-sukanya belajar tapi nggak invest kesehatan, bisa-bisa 5-7 tahun lagi kena penyakit serius kalau nggak memerhatikan pola kesehatan. Percuma banget kan kalau otak dikasih nutrisi tapi badan sendiri dipaksa bertahan melawan gaya hidup?



Makanya, saya juga lagi usaha nih biar jalan kuliah-freelance-life-balancenya, ada beberapa step yang saya lakukan. Masa sih, baru kuliah udah sepadat ini aja gimana nanti kalau udah kerja. Makanya perlu menciptakan kebiasaan mulai dari yang terkecil hingga terbiasa. Mungkin saja bisa cocok di kamu yang padatnya udah level “tidur aja sambil mikir”. So, here they are:


1. Biasakan bangun pagi, menarik nafas dalam, dan peregangan. Sebenernya, nikmat banget loh kalau bangun pagi cuma ya kadang masih kalah sama godaan kasur nyahaha. Nah, perlu dibiasakan nih kalau bangun segera bangun ke kamar mandi jangan ngecek smartphone. Fokus buat ibadah atau meditasi dan peregangan ringan, kemudian kalau sudah tak ngantuk bisa curi-curi start nih buat memulai hari di saat banyak yang masih terlelap. Bisa dengan mereview kegiatan sebelumnya, baca beberapa paragraf buku, atau rencana. Percaya deh, habbit ini bisa meningkatkan percaya diri.

2. Sepele banget tapi sering dilupain, yaitu minum satu gelas sehabis bangun tidur dan dua jam sebelum tidur. Yang pertama tentu saja untuk detoks dan melancarkan buang air pada pagi hari, kamudian juga membiasakan sebelum minum selalu baca doa dahulu sesuai kepercayaan. Atau, kadang juga saya mencampurnya dengan sari lemon tanpa gula, works banget sih buat menjaga stamina dan rasanya jadi seger terus tanpa suplemen, selain itu juga alami.



3. Membiasakan untuk sarapan ringan. Yup, sarapan itu penting tapi jangan yang berat-berat biar nggak ngantuk. Kalau ini biasa lah ya tipsnya mah. Enaknya yang penuh protein dan berserat seperti buah sayur. Kalau untuk makan berat disarankan pada siang hari dan sore sebelum pukul 18.00. Ingat, pendamping minumannya jangan yang manis-manis ya, air putih is always better!

4. Usahakan olahraga setiap Jumat-Minggu. Ya, ini sih kalau weekdaysnya sibuk abis. Harusnya olahraga tiap hari selama minimal 30 menit, tapi bisa disiasati dengan jalan kaki jika tujuannya dekat. Atur juga wajib olahraga kalau weekend, serius deh olahraga kaya lari atau bersepeda itu nyenengin banget.

Udah gitu aja, lho kok nggak banyak-banyak? Ya banyak sih, bisa ditambahkan tuh pakai infused water, refreshing yang banyak jalannya, dan meningkatkan kemampuan otot dengan olahraga cardio. Namun, keempat hal tersebut dibiasakan sehari-hari juga udah bagus. Saya juga selalu bawa obat pribadi ke mana-mana dalam kantong kecil, isinya kalau nggak obat migrain, pengurang rasa nyeri saat haid, ya suplemen seperti stamina atau vit C. Kalau lupa ngebawa gimana?

Pernah nih pas acara Bekraf kemarin, eh flu dong mana acaranya padat dan males keluar. Ya jaman sekarang, tinggal pesen online aja nyahaha. Namun sebelum itu konsul dulu dong sama dokter via internet. Eh tunggu, sekarang kan banyak info yang perlu disaring dari internet bisa-bisa salah diagnosa? Ya ngga dong, kan ada SehatQ.com, website konsul kesehatan dan tips yang bisa ngebantu banget tanya-tanya mengenai kesehatan.

SehatQ

website sehatq


Di sini nggak cuma nampilin artikel kesehatan, tips kesehatan, sama informasi kesehatan ya. Nggak acak gitu, sudah tersusun secara sistematis yaitu informasi penyakit, obat dari A-Z, dokter, rumah sakit, promo, hingga acara! Well, acara ini sih yang jadi nilai tambah karena emang nggak cuma nampilin info-info aja. Misalnya acara seminar kesehatan bullying dan trauma pada anak-anak, anxiety & resilience, atau bahkan trail run! Nah, nggak ngebosenin ibaratnya cuma itu-itu aja. Lagi, bisa juga konsul via chat dan juga pesan jadwal untuk bertemu langsung dengan dokter.

sehatq

Nggak heran sih kalau taglinenya “Asisten Kesehatan Keluarga Anda”, melingkup semua bagian seperti ayah, ibu, kakak, orang tua, dan berbagai pekerjaan. Bisa jadi solusi sebelum konsul via dokter secara langsung. Nah, kamu-kalian jangan lupa akan selalu mengecek kesehatan diri sendiri meskipun tak merasakan sakit atau keluhan apa-apa ya. Seperti pepatah lama, lebih baik mencegah dari pada mengobati hihi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya yaa! :)
*** 
sumber gambar: SehatQ, freepik, pixabay

10 comments

  1. Cek kesehatan sendiri itu lho yg belum jadi kebiasaan. Padahal ya memang baiknya kita rutin cek kesehatan untuk mencegah sakit

    ReplyDelete
  2. Keknya hampir jadi rutinitas buruk bangun tidur pegang hp ya mbak ihiihii
    Terus bangun tidur minum air putih juga, kalau inget aja. Kalau nggak ya ntaran minumnya hehee.
    Ohh ada website SehatQ yang bisa buat konsultasi kesehatan keluarga ya mbak,
    Uhh boleh dicoba ahh nanti ^_^
    TFS mbak

    ReplyDelete
  3. Mempermudah banget kalo butuh cepet dan belum bisa jalan ke dokter. Bisa kesitu dulu ya ngecek

    ReplyDelete
  4. Yang kurang mah selalu olahraga. Ntah mengapa semenjak naik berat badan olahraga jadi malas banget deh. Better aku pasti coba deh.

    ReplyDelete
  5. Olahraga dan minum air putih ini yang benar-benar harus ditambah porsinya, tapi ya itu rasa malas yang selalu jadi alasan.

    ReplyDelete
  6. Sekarang gak perlu jauh-jauh pergi ke rumah sakit atau klinik kalau mau konsultasi dengan dokter. Tinggal konsultasi di web SehatQ aja. Praktis.

    ReplyDelete
  7. Sejak jadi freelancer atau pekerja kantoran, aku masih sulit atur pola makan, istirahat, dan pekerjaan. Nanti deh mampir ke SehatQoe supaya bisa cari tau tentang tips untuk atur pola hidup sehat!!

    ReplyDelete
  8. PR tulisan dan naskah buku numpuk makanya ngga bisa tidur nyenyak kalo belum kelarin salah satu kerjaan. Eh, jadinya begadang dan memang ga bagus untuk kesehatan fisik dan psikis.

    ReplyDelete
  9. Bener banget tipsnya. Banyak penyakit yang disebabkan gaya hidup yang nggak sehat.

    ReplyDelete
  10. Ahhh, tipsnya simpel, tetapi manfaatnya luar biasa banget. Saya baru bisa olah raga seminggu sekali euy

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)