A lifelong learner's digital journal you will read passionately

November 05, 2019

8 Fitur Aplikasi SehatQ Untuk Pilihan Terbaik Asisten Kesehatan Digital

Halo, gimana kabar temen-temen?

Juli lalu saya menulis artikel tentang website SehatQ di mana website tersebut bisa membantu kita mengakses informasi kesehatan baik dari obat-obatan atau artikel kesehatan. Pada waktu itu belum hadir sih aplikasinya dan emang sempet kepikiran bakal keren nih kalau bentuknya aplikasi. Soalnya dari awal pertama liat website SehatQ kok sepertinya akan memiliki branding tersendiri ya yang berbeda dari akses kesehatan lainnya. Pemilihan warna dan tata letaknya milenial banget, didukung juga sama info-info di Instagram yang bisa membuat orang berhenti sejenak untuk pengin tahu apa sih SehatQ.com itu.


Akhir Agustus kalau saya tak salah, ternyata SehatQ udah ada aplikasinya! Langsung dong saya unduh dan ngecek. Eh tapi sebelum ngomongin fitur nih, sepenting apa sih kita punya aplikasi kesehatan digital? Yas, salah satunya adalah memanfaatkan kemudahan teknologi dan kebiasaan kita yang tak jauh dari gawai jadi contohnya. Manfaat lainnya yaitu:

1. Menumbuhkan kesadaran akan healthy lifestyle (gaya hidup sehat).
Ngerasa nggak sih kalau sekarang apa-apa harus serba cepat dan kompetitif? Waktu jadi cepat sekali berlalu, kita menjadi semakin sibuk, dan menomorduakan urusan kesehatan dengan gaya hidup tak sehat seperti begadang, makan berminyak dan manis, atau malas berolahraga. Segudang motivasi apapun di media sosial nggak akan mempan kalau nggak ada kegiatan langsung. Nah melalui aplikasi kita bisa mengakses banyak info, bukan hanya info sekilas aja namun info yang edukatif dan menumbuhkan kesadaran akan menjaga kesehatan.

2. Sarana cek diagnosa awal.
Pasti ada rasa jenuh kalau kita mau periksa karena cukup memakan waktu, jadi harus mengalokasikan satu hari penuh untuk mempersiapkan. Di kemudahan aplikasi kita bisa live chat dahulu dengan dokter, jadi kalau mau ke Rumah Sakit udah bisa menjelaskan detail minimalnya.

3. Kemudahan sarana edukasi kesehatan keluarga.
Banyaknya simpang siur informasi kesehatan seringkali bikin resah, apalagi kalau di grup-grup keluarga. Jangan abai! Karena kesehatan itu penting, bisa dimulai dari keluarga sendiri loh mengedukasinya. Para orang tua itu sebenernya enak kok untuk diajak diskusi dan mengerti kalau memang ada yang ngajarin atau komunikasi dengan baik. Mereka juga bisa belajar menggunakan gawai dengan baik, jadi jangan lupa sekalian unduhin layanan aplikasi kesehatan digital ini.

Nah kira-kira itu ya 3 poin pentingnya ada aplikasi kesehatan. Kira-kira, SehatQ bisa memenuhi kebutuhan di atas nggak sih? Apa bedanya sama aplikasi serupa, dan kita bisa akses apa aja di sana? Nih, saya kenalin.


8 layanan aplikasi sehatq


1. Di aplikasi SehatQ, kamu bisa dengan mudah booking dokter. 

aplikasi sehatq

Selama ini kan prosesnya masih daftar dulu, nunggu antrian, baru deh periksaan. Nah melalui SehatQ kamu udah bisa booking dokter dan lebih menghemar waktu.

2. Kamu bisa baca artikel kesehatan terpercaya di aplikasi SehatQ. 

aplikasi sehatq

Sekarang udah nggak perlu bingung milih artikel kesehatan di internet, nggak perlu bingung lagi yang mana yang benar. Artikel bacaan di SehatQ ringan kok bahasanya, jadi mudah untuk dimengerti siapa aja. Oh iya di Instagram SehatQ juga suka bagiin infografis-infografis menarik mengenai kesehatan, suka banget bacanya hihi. Nih contoh-contohnya di bawah berikut:

info kesehatan sehatq

3. Info obat-obatan? Nggak perlu browsing satu-satu, SehatQ aja!

informasi obat aplikasi sehatq

Nah kalau misal kamu suka penasaran sama nama obat-obatan yang dikasih resep dokter, untuk apa fungsinya bisa cek di aplikasi SehatQ nih. Atau misal pas kamu lagi baca artikel di SehatQ nemu nama obat yang asing, bisa loh kamu temuin di sini karena udah kaya ensiklopedi. Nama obat dari A-Z ada.

4. Nemu istilah penyakit di bacaan favoritmu? Coba cek informasi lengkapnya di SehatQ!


daftar penyakit aplikasi sehatq


Pasti ada di antara kita yang ketawa sendiri ngebedain nama penyakit versi lokal atau versi ilmiahnya. Atau kita suka penasaran nama penyakit yang terdengar asing di telinga bisa ngecek juga di SehatQ. Seperti info obat-obatan di atas, di sini juga lengkap dari A-Z serta informasi detailnya seperti gejala dan ciri-ciri atau tanda-tanda.

5. Informasi rumah sakit terdekat ada SehatQ, travelingmu tanpa panik!


Kalau lagi di daerah sendiri sih pasti hafal rumah sakit mana aja yang bisa kita kunjungi atau mana saja yang menerima BPJS. Ini nih ngebantu pas traveling bukan hanya misal kondisi darurat namun persiapan sebelum berangkat traveling. Memang sih jangan sampai terjadi hal yang kurang mengenakan, namun selalu persiapan untuk kemungkinan terburuk kan? Jadi info RS terdekat ini bisa dimasukan sebelumnya ke rencana traveling.

6. Penasaran ideal dietmu yang seperti apa? Live chat dokter SehatQ yuk!


Pada waktu SehatQ masih berbentuk website, saya pernah dong konsultasi daring melalui fitur live chat mengenai mata panda. Kirain mata panda tuh karena emang suka begadang dan susah dipudarkan aja, tapi saya dapet info kalau emang kulit di lingkaran mata itu lebih tipis jadi kalau lagi kurang istirahat ya keliatan sekali. Kaan jadi bisa tahu kalau konsul, jadi buat yang pengin konsul mudah serta gratis bisa lewat SehatQ loh. Tenang aja jawabannya nggak template kok, kita bisa juga dapet saran obat apa saja yang sebaiknya dikonsumsi. Selain itu ada juga forum tanya jawab jadi yang memiliki keluhan yang sama bisa dicek di sini juga.


7. Seminar motivasi dan pengembangan diri udah sering, nah saatnya cari acara kesehatan di SehatQ yuk!

acara kesehatan sehatq

Kalau lihat temen-temen bloger di media sosial, pasti sekian bulan sekali ada yang menghadiri undangan bloger dengan tema kesehatan. Ini insightful sekali sih karena pasti yang datang ahlinya langsung, terutama buat para bunda. Kerennya di SehatQ, nggak cuma biasa aja nih dengan konsul daring atau info dan artikel aja namun ada acara terdekat mengenai kesehatan yang bisa kita datangi. Bukan cuma seminar tapi ada talkshow, donor darah, cek kesehatan dan lainnya. Udah tersedia juga informasi lengkap mengenai lokasi, waktu, detail acara, pembicara, sampai harga tiket dan fasilitas. Seru dong, lengkap bener ya? Hihi.

8. Bisa dapet promo nggak di SehatQ? Bisa banget!




Ah aplikasi di era milenial sekarang apalah tanpa ada promo, kata orang-orang sekarang sih gitu alias pengabdi diskonan hihi. Di SehatQ juga tersedia aneka promo untuk kesehatan jadi jangan sampai dilewatkan. Jangan makanan aja yang dibeli dengan harga potongan namun cek juga promo-promo kesehatan melalui SehatQ.

Kalau melihat 8 keunggulan fitur di atas, rasanya SehatQ cocok banget buat jadi asisten kesehatan digital milenial. Keren ya? Berasa punya "Jarvis"nya Iron Man tapi versi prototype hihi. Gaya hidup sehat kan mulai jadi trend, nggak mau dong ketinggalan start. Nggak mau dong telat kalau selama ini apa yang kita makan ternyata perlu dikurangi atau pembagian jam tidur yang kurang sesuai? Oke, jadi inget gaya hidup sehat, inget aplikasi SehatQ! Saya sudah unduh, kamu?
***

sumber gambar&video:
 infografis SehatQ (instagram) & aplikasi SehatQ

20 comments:

  1. Kesehatan memang salah satu hal yang sangat penting ya Mbak, terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ka, jangan lupa install ya :)

      Delete
  2. Menarik banget. Salah satunya bisa booking jadwal untuk ke Dokter, fitur yang lainnya juga keren, dah mirip asisten pribadi yang handal.

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk yang suka baca artikel kesehatan khususnya kesehatan anak di Sehatq, trus akhir2 ini kalau booking dokter anak juga memanfaatkan apliaksi sehatq soalnya aplikasi RS sendiri suka error hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kan ya baca di SehatQ? hihi. Sudah lebih mudah ya kak :)

      Delete
  4. Wih, mirip Halodoc ya. Bagusan mana nih SehatQ sama Halodoc? Jadi penasaran, karena selama ini aku pakenya Halodoc dan itu menolong banget sih. Asli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing2 ada keunggulannya sih kak, aku pakainya gantian :D

      Delete
  5. SehatQ ini membantu sekali yaaaa. Waktu itu aku pakai untuk cek jadwal dokter dan booking jg. Praktis! Inovasi kek gini bagus bgt sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay Kak Amanda udah pakai juga, pengalamannya gimana nih?

      Delete
  6. Wajib unduh nih aplikasi sehatQ, apalagi lagi rempong sama krucil kadang repot kalau ada yang sakit, kalau ada aplikasi gini lebih praktis ya buat booking dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, SehatQ bisa juga untuk asisten keluarga :)

      Delete
  7. Teknologi tepat guna yang bisa diunduh dismartphone. Jadi kalau butuh apa apa dan informasi kesehatan langsung dipake aja. Berguna banget nih untuk info kesehatan harian. berasa punya dokter ama perawat dirumah sik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya bener kak jadi jarak sama kesehatan nggak jauh-jauh :)

      Delete
  8. Merasa terbantu banget sih.. Jadi ga harus repot2 kosul ke dokter secara langsung.. Responnya pun cepat.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhu, bisa jadi tim antisipasi duluan :)

      Delete
  9. Aku sudha langganan setahun kedepan nih aplikasi sehatq.
    Enaknya langsung booking jadwal praktek dokter dari rumah tanpa harus mengantri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecee! Nah itu dia salah satu kemudahannya ya :)

      Delete
  10. Aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.
    karena praktis dan no hoax.
    Semua tulisannya valid karena merupakan tulisan langsung dari ahlinya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, jadi nggak khawatir lagi :)

      Delete