A lifelong learner's digital journal you will read passionately

November 02, 2019

Vivo Y17 Smartphone: Makes Your Digital Living Easier

Halo guiesse, gimana kabar?

Ini merupakan ketiga kalinya saya menggunakan Vivo Smartphone dalam membantu keseharian. Dari postingan ini ke belakang murni review ya, non paid. Jadi, halo Vivo apaqa tida sebaiknya kita beqerja sama atau kolab-kolab? Hei, siapa Anda nona!

vivo y17

Nah jadi kali ini ada Vivo Y17, sebelumnya saya memakai Y53 dan Y21. Tentu saja dalam review ini saya akan menggunakan smartphone sebelumnya tersebut sebagai pembanding yaitu Y53. Dan kesan pertama setelah memakai dari Juli 2019 adalah:

Lega bener lord, akhirnya punya banyak space buat install aplikasi dan ambil banyak gambar sepuasnya. Hayo siapa yang ngalamin juga RAM cuma 2GB club? Tiada hari tanpa notifikasi penuh padahal sudah clear cache, hapus foto ngga penting, sama ngurangin aplikasi yang ada di smartphone juga. 

Selanjutnya mengenai spesifikasi Vivo 1902 atau Y17 ada pada gambar dari gsmarena.com ya, supaya nggak repot baca via teks:

Spesifikasi Vivo Y17

Vivo Y17 1902


Sebenernya saya nggak update soal smartphone, karena bakal terus ada inovasinya tiap bulan jadi baru nengok-nengok kalau pas butuh ganti aja. Nah biar lebih enak, saya masukkan ke dalam poin-poin kelebihan dan kekurangan aja ya, kira-kira sebagai berikut:

KELEBIHAN 

- Warnanya elegan. Jadi ini ada dua pilihan warna yaitu pink sama biru dan sama-sama elegan. Jadi misalkan kalau bawa ke mana-mana kamu akan percaya diri apalagi kameranya ada tiga wow. Tapi saran saya tetap pakai softcase sih tentu saja agar ketika jatuh tak lecet-lecet. Jangan hardcase ya, karena kalau jatuh memang hasilnya lumayan sekali.

Y17 Vivo

- Baterai awet. Ini sangat-sangat ngebantu sih jadi yang biasanya sehari ngecas sekali, ini bisa nyampe satu setengah hari baru dicas itupun udah buka segala medsos nyampe aplikasi lainnya. Pernah bahkan pas awal nyampe 2 harian, sampai takjub saya dibuatnya karena tim ngecas mulu. Asalkan kamu ngerawatnya bener-bener terutama dalam charging maka bakalan awet. Jangan disia-siakan kalau ada smartphone yang baterainya awet.

- Fast Charging. Selain awet baterainya, Y17 ini juga fast charging! Ini kerasa banget bedanya sama Y53 yang saya pakai sebelumnya dan tetep nggak panas walau prosesnya cepet asal kamu nggak nyalain data. Walaupun fast charging, biasain jangan ngecas sambil rebahan dan mainan smartphone, ya!

- UI Volume enak. Ini sangat-sangat menyenangkan sekali karena sedetail itu sampai ke tampilan ukuran volume yang vertikal dan ada di pinggiran jadi nggak menutupi layar. Lagi-lagi ini dibanding sama Vivo sebelumnya ya bukan dengan merk lain.

Vivo Y17 UI


- Memori Internal Banyak. 128GB dan 4GB, sesuai yang saya sebutkan di atas jadi bebas banget mau unduh banyak aplikasi besar yang memang dibutuhkan. Cocok banget buat yang emang suka bikin konten, bisa unduh aplikasi editing yang ukurannya gede-gede. Kalau saya contohnya bisa enak impor banyak foto di aplikasi lightroom tanpa harus hapus foto sealbum. Terus buat gaming udah ada fitur Ultra Game Mode, saya belum pernah nyoba sih karena nggak suka ngegame tapi saya rasa ini cocok juga buat gamers. Terus otomatis karena punya banyak space, ngga perlu tambahan kartu memori lagi sih dan untuk performa jadi lebih responsif-nggak ada lagi tuh lelet. Terooos yang pasti, nggak ada lagi tuh bikin instastory mau dikasih stiker aja nggak bisa nyahahaha.

- Ada album recently deleted. Ini fungsinya kaya folder trash kalau di laptop gitu sih jadi foto yang dihapus itu masih ada dan bisa dikembalikan lagi selama jangka waktunya belum 30 hari. Jadi nih jadi yang ngehapus foto mantan tapi ragu-ragu tenang aja masih bisa direstore nyahaha! Kalau saya sih sempet ngebalikin foto yang mau diunggah karena emang nggak sengaja kehapus, ini nih enaknya jadi nggak ada tuh foto-foto ulang.

- Bisa split screen. Lagi-lagi takjub, ini emang saya yang norak atau gimana sih hahaha. Abisnya, bisa YouTuban sambil Twitteran, atau WhatsAppan. Enak banget nggak perlu nyekip video dulu kalau ada chat WA masuk gitu. Terus ada ikon notifikasi kecil kalau misalkan mau split. Enak bisa split screen, memangnya hanya bills saja yang bisa displit? Hihihi~

Split screen Y17

KEKURANGAN

Baik, ayo mari membicarakan kekurangannya nih, diantaranya:

- Ukuran smartphone nggak sport-friendly. Sebelumnya karena terbiasa dengan ukuran yang ringan dan pas di tangan, bawa Vivo Y17 isn't a good idea untuk jogging. Emang sih udah bisa pakai wadahnya tapi ukurannya terlalu lebar dan ya lumayan berat jadi jatuhnya di lengan turun-turun mulu. Jadinya nggak bisa deh tracking lagi berapa kilometernya atau dengerin lagu, hmm, apakah saya harus mempunyai smartwatch? 
 
- Hasil kamera. Jadi banyak yang bilang kamera Y17 ini ampas, dan memang hasilnya kurang tajam--sangat disayangkan padahal baterai dan memori sudah bagus. Namun saya nggak kehabisan ide dong, kemarin sempet install aplikasi perkameraan yang ada di Playstore dan nemu One S10 Camera. Hasilnya jernih dan tajam serta untuk pengambilan foto di malam hari bagus sekali dari pada kamera asli. Kok bisa ya padahal dari kamera yang sama namun hasilnya beda? Nah lebih enak lagi aplikasi ini jarang ada iklannya, namun sangat disayangkan setelah upgrade hasilnya jadi jelek bertekstur gitu dan iklan setiap kali mau preview hasil tangkapan. Sekarang bingung pakai apa, terakhir install aplikasi S Pro Camera sih namun ukurannya lebih besar yaitu 65MB. Salah satu keunggulannya yaitu bisa time-lapse via kamera depan, jarang ngiklan, kecerahan layar saat membuka aplikasi bisa diatur, dan ada AI-nya alias bisa mendeteksi yang mau difoto itu apa. Belum foto-foto lagi sih via S Pro Camera, akan saya update nanti.

- Kekurangan lain yang minor adalah email yang belum terbaca sama sudah dibaca nggak ada bedanya, kadang juga nggak ada notifikasinya di pop up padahal udah dinyalain notifikasinya. Terus kalau di aplikasi WhatsApp jadi nggak bisa liat tulisan yang dicetak tebal, jadi cuma italic sama strikethrough aja.

Nah jadi dari kesimpulan di atas, Vivo Y17 seperti judul postingan ini "makes your digital living easier". Lumayan lah buat bloger, content creator, atau instagrammer dengan budget 2.7jutaan mungkin kalau sekarang--cuma untuk masalah kamera kita perlu utak atik dikit aja sih hehe. Masih ada kelebihan lain sih misalnya pengaturan suara genre musik yang bisa diatur, enak ini buat penyuka lagu. Eh ngomong-ngomong kalau ada pengguna Vivo Y17 dan atau tahu aplikasi kamera yang bagus ini bisa loh komen-komen di bawah. Yuk ah share!
***

14 comments:

  1. Memorynya wow sekali,saya yg 64gb aja uda kerasa full,,butuh upgrade 128 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa nih, wow buat install apa aja ituuu

      Delete
  2. Kok tumben, kamera Vivo kurang bagus, Mbak? Ah, untung ada solusi kamera external, ya. Saya juga pernah pakai kamera eksternal pada HP X (ga sebut merk, ah) karena kurang puas dengan hasilnya.

    Spek lainnya, keren, ya, Saya paling suka split screen agar bisa melakukan dal bersamaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibanding dengan saudaranya yang lain emang masih kurang si mba menurutku, tapi asal bisa diutak atik sih beres aja hehe

      Delete
  3. Ayooo beli smart watch, aku juga lagi target beli smart watch nih, hahaha..buat wanita ya, elegan itu memang kriteria nomer 1 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh mbak Ruli kompor nih wkwkwk mau dong smartwatchnya jugaa

      Delete
  4. Hahaha kubaru tahu Vivo kameranya juga bisa jelek ternyata ya? Aku sampe sekarang belum bisa berpindah hati dari Xiaomi, beda cerita sih kalo tiba2 ada yang ngasih iPhone 11. *Lha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa haha better nyari langsung yang Z1 aja udah bagus tuh

      Delete
  5. Untuk harga 2,7 jtan speknya udah lumayan banget ya, sayang kameranya kurang tajam ya, padahal vivo biasanya kameranya oke banget tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk 9am-11am masih bisa bagus ko, cuma kalau malem terutama buat foto konser I need another apps heheh

      Delete
  6. Segi memori wow tapi kamera ampas wahahahahaha. Sedih sih wahahahaha. Tapi menarik juga buat ngegame ya. Kayaknya bakalan kenceng wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sedih sih kan udah nemu solusinya wkwkwk

      Delete
  7. Wihh banyak banget ya kelebihan dari Vivo Y17 ini. Aku pun paling seneng kalo space memorinya banyak, jadi gak bingung kudu hapus ini-itu. Trus yg bisa split screen, ini kayak OPPO F9 ku. Aku awalnya juga ndesit kok, eh kok bisa ya multitasking gitu? Hahaha..
    Sayang ya hasil foto Vivo Y17 kurang bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aku taunya juga krn nggak sengaja sih hehe. Tenang udah bisa disolusiin, feed IG tetep lancar pakai y17 kok :3

      Delete