Tetap Produktif di Rumah dengan Mencoba Investasi Aman


Halo, apa kabar?

Sudah lama tak bersua, semoga selalu tetap diberikan keberlimpahan rezeki terutama kesehatan di masa sekarang dan terbebas dari virus Covid-19, ya. Sudah lebih dari sepekan semenjak social distancing dan work from home diberlakukan di sebagian besar daerah di Indonesia sehingga aktivitas menjadi serba online dari sekolah, kuliah, hingga pekerjaan. Bukan hanya kegiatan utama yang dialihkan dengan dikerjakan di rumah, namun segala kegiatan yang menyertakan banyak orang juga ditunda. Hal ini membuat fleksibilitas waktu di rumah harus kembali diatur ulang; kapan harus menyelesaikan tugas utama, tugas dalam rumah, serta kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Banyak kegiatan bermanfaat yang dilakukan selama social distancing dan masa work from home ini yang mungkin selama ini selalu tertunda atau terlewat prioritasnya, seperti:


  1. Belajar Meditasi & Mindfulness 
sc: pexels Prasanth Inturi

Di era serba cepat dan keberlimpahan informasi (abundance), penting untuk menjaga fokus dari distraksi agar hidup selalu berjalan tanpa keluar jalur. Belajar meditasi dan mindfulness bisa menjadi salah satu cara dan harus dilakukan dengan rutin. Mudah juga untuk menjangkau akses dengan video-video yang ada di YouTube maupun aplikasi, catat juga perkembangan dengan jurnal harian untuk menjaga fokus dan perkembangan. Bermeditasi secara rutin dari rumah juga bisa menghindarkan dari kepanikan, tetap tenang dan waspada.

  1. Membaca Buku & Review 

sc: pexels, Thought Catalog

Agar waktu tak terbuang sia-sia, maka inilah saatnya untuk membaca buku-buku yang sudah lama menumpuk atau bahkan belum dibuka segelnya. Membaca buku di sini bukan hanya membaca kemudian selesai, namun meresapi intinya sehingga bisa bermanfaat. Caranya dengan memilah topik buku yang kita butuhkan atau inginkan, kemudian meluangkan waktu untuk mencatat hal baru yang didapat dari buku tersebut. Dari sinilah akan ada juga proses produksi pengetahuan, selain mendapat manfaat berupa hiburan dengan membaca.

  1. Belajar Investasi
Beberapa hari yang lalu atas kondisi rentan seperti sekarang, kurs rupiah ke dolar mencapai angka Rp16 ribu. Keadaan seperti sekarang segera membuat saya benar-benar belajar pentingnya menyiapkan dana darurat dan pembagian pos-pos tabungan. Ternyata saya juga masuk salah satu karakteristik anak muda milenial yang ceroboh dalam penggunaan uang. Sebagai freelancer dan mahasiswa tingkat akhir, selalu ada kepuasan sendiri dalam menghabiskan uang untuk ngopi atau traveling. Selain itu, ada juga aneka diskon yang rasanya sayang sekali untuk dilewatkan dan menimbulkan latte factor—pengeluaran kecil yang jika dijumlahkan hasilnya mengejutkan.

Belajar dari pengalaman bahwa hidup seharusnya memang perlu perencanaan, masa sekarang cocok untuk belajar investasi secara penuh bagi pemula sekaligus mempraktekannya. Yang paling sering kita dengar adalah investasi reksadana, investasi emas, investasi properti, dan investasi saham. Namun bagi pemula, tentunya harus berhati-hati dan banyak bertanya kepada ahli yang terpercaya serta membaca detail rujukan karena sifatnya rentan. Saya sendiri sudah belajar investasi emas yang cenderung aman harganya walaupun keuntungan yang didapat bisa jadi tak terlalu besar. Tahun ini, saya belajar investasi pendanaan Peer to Peer (P2P) Lending yang ternyata ramah untuk pemula dan bahkan bisa dimulai dari Rp100 ribu saja.

akseleran

P2P Lending mengingatkan saya ketika masih berada di komunitas startup, kala itu ada ide tercetus untuk membuat platform crowdfunding untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ternyata hampir sama hanya saja di sini fokusnya sebagai peminjam atau lender dan berupa investasi pendanaan karena bisa mendapat imbal hasil hingga 21% per tahun khusus di Akseleran. Sebelum lanjut ke pembahasan, jika kamu bertanya-tanya tulisan ini mungkin ulasan platform keuangan biasa maka tahan dulu karena kita akan belajar bersama. Untuk lebih mudahnya, video berikut akan menjelaskan secara singkat apa dan bagaimana.



Akseleran sendiri merupakan platform P2P Lending yang menghubungkan pemberi pinjaman (lender) dan peminjam (borrower) yakni pelaku UKM yang membutuhkan pinjaman dalam pengembangan usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan tenor pinjaman, model pembayaran, penyertaan agunan yang fleksibel. Keuntungan bagi pemberi pinjaman (lender) apa nih?

- Pertama, nilai investasi pendanaan bisa dimulai dengan sangat terjangkau yaitu dimulai dari Rp100 rb. Teman-teman bisa mendaftar dengan kode referral saya yaitu AKSLUMI330013 Jika teman-teman menggunakan kode referral saya, maka teman-teman akan mendapatkan free saldo senilai Rp100 ribu sebagai modal awal mengembangkan dana atau sebagai pemberi pinjaman (lender). Selain itu, nantinya teman-teman juga bisa menggunakan kode referral yang didapat setelah mendaftarkan diri untuk menambah keuntungan.Menjadi lender juga akan mendapatkan tawaran keuntungan sebagai berikut:

keuntungan berinvestasi di akseleran

- Kedua, informasi yang detail, transparan jelas, dan keterbukaan. Proses investasi pendanaan di Akseleran sangat lengkap dimulai dari saat cara pendaftaran, saat memilih jenis pendanaan yang akan kita pinjami, hingga dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan dengan cara yang mudah. Terbukti bahwa Akseleran memang platform yang profesional namun tak ada unsur keterpaksaan dalam prosesnya.

- Ketiga, Akseleran sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga tak ada lagi kekhawatiran akan resiko penipuan dalam penggunaan platform yang tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store (Android) ataupun Apple App Store (iOS). Sehingga, melalui Akseleran kita dapat melakukan investasi pendanaan yang aman dengan mengembangkan dana di sana. Tips dari saya adalah tetap juga perbanyak berliterasi keuangan terutama investasi pendanaan P2P Lending dimulai dari proses, resiko, hingga jenis pendanaan yang akan kita pilih.

aplikasi akseleran


- Keempat, bukan hanya alur informasi yang membuat kita mudah belajar dan memahami, di web Akseleran www.akseleran.co.id tersedia artikel blog yang bisa memandu kita bagaimana belajar jenis-jenis investasi secara lengkap hingga investasi pendanaan di P2P Lending, seperti misalnya Bebas Kembangkan Dana di Akseleran, Cari Cuan Dari Blog, dan Investasidi Akseleran Mengubah Pola Hidup Konsumtif Menjadi Produktif. 

Jika teman-teman mencari kata kunci Akseleran di YouTube, di sana juga tersedia informasi mengenai P2P Lending sehingga teman-teman tak akan ragu belajar investasi pendanaan ini.

Bagaimana, tertarik memulai investasi pendanaan melalui P2P Lending di Akseleran? Investasi pendanaan ini bisa dilakukan siapa saja dengan profesi apapun, termasuk anak muda milenial yang sedang belajar mengembangkan dana. Jika ada pertanyaan terkait P2P Lending dan Akseleran, bisa ditulis di kolom komentar ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

58 comments

  1. poin ke 3 menurut aku penting banget dalam infestasi, jita jadi lebih yakin hingga pikiran menjadi tenang. Menarik akan aku pertimbangkan nih programnnya

    ReplyDelete
  2. Wah ide bagus nih. selama ini Dewi hanya buat karya, nge blog dan baca buku. Bisa rekomendasi juga nih untuk ikutan investasi apalagi kalau sudah di bawah OJK tuh kita jadi merasa aman ya mbak Marfa:)

    ReplyDelete
  3. Berinvestasi mudah lewat akseleran, ternyata dananya ini untuk pengembangan bisnis ya. Praktis mau investasi aja sekarang bisa lewat online. Paling penting Akseleran sudah dijamin oleh OJK

    ReplyDelete
  4. Seringnya rasa takut sih yang ada setiap ada yang nawarin untuk investasi. Takut ditipu, ngga paham dan alasan lainnya yang ngga kalah horor. Tapi kalau sudah ada ojk udah bisa lumayan bisa membuat aman dan khawatir memudar ya, mba :)

    ReplyDelete
  5. Kegiatan berfaedah ya selama #dirumahaja , belajar investasi Penting, mumpung ada waktunya Dan bisa dilakukan di runah

    ReplyDelete
  6. Wow daftar menggunakan kode dari Mbak kita sudah dapat seratus ribu ya?
    Selama kita simpan seratus ribu itu ada biaya admin atau sejenisnya gak ya?

    ReplyDelete
  7. Investasi sekarang bukan lagi sesuatu yang harus dimulai dengan modal besar ya, lewat Akseleren dengan P2P Lending-nya dana investasi juga diputarkan untuk membantu usaha kecil menengah ya.

    ReplyDelete
  8. Dalam menyikapi polemik Covid-19 ini memang harus dihadapi dengan hal-hal positif aja ya biar gak stress. Mencoba hal-hal baru bisa jadi alternatif supaya gak bosen di rumah. Akseleran ini punya program yang bagus juga buat kita investasi mengembangkan penghasilan dari sistem P2P ini.

    ReplyDelete
  9. Aku juga udah coba investasi di akseleran nih kak. Emang sih mulainya kecil-kecil dulu. Hitung-hitung sambil belajar hehehe.

    ReplyDelete
  10. Aku sudah inves lhi mbak...
    Nilai investasinya terjangkau jadi semua bisa coba ya

    ReplyDelete
  11. Menarik juga nih untuk dikunjungi situsnya. Mumpung lagi di rumah aja. Waktunya dipakai untuk belajar banyak tentang investasi.

    ReplyDelete
  12. Waaa...keren nih masa di rumah aja nya dipakai buat belajar investasi. Jadi mau ikutan belajar...

    ReplyDelete
  13. Huaaa keren nih. Seenggaknya di rumah jadi ga gabut banget ya karena emang harusnya diisi sama kegiatan yang menambah skill. Btw aku tertarik banget sih soal investasi cuma ya gitu. Angot-angotan banget mau belajar huhu

    ReplyDelete
  14. aku perlu belajar banyak tentang investasi gini2 nih mbak. minat banget tapi belum paham banget :D

    ReplyDelete
  15. Cara investasi yang kreatif ya Mbak. Sambil meditasi uangnya bisa berkembang, usaha orang bisa maju.

    ReplyDelete
  16. Hmm sejujurnya aku agak awam nih kalau dihadapkan dengan jenis investasi P2P, mesti banyak belajar. Tapi kalau sudah dijamin aman, bolehlah

    ReplyDelete
  17. Sempat invest ke Tanihub. Walau jangka waktunya ratarata 1 tahun, bagi hasilnya 12-18%.
    Cuma sekarang lagi tekak nih. Jadi ivnvestasinya baca buku dan review ajalah hehe

    ReplyDelete
  18. Ah iya nih.. investasi masuk dalam upaya kita untk tetap produktif ya.. situasi saat ini memang jangan dijadikan malah bermalas malasan dan menghabiskan banyak uang, justru harus mulai memikirkan masa depan salah satunyadengan investasiya

    ReplyDelete
  19. Kalau investasi secara online seperti akseleren sih belum pernah ya. Investasinya ke bentuk lain aja kayak emas dan tabungan. Ini boleh juga nih buat UKM yang mau berinvestasi.

    ReplyDelete
  20. Wih main p2p lending juga. Aku udah mulai sejak dua tahun lalu di p2p lending ehehe salahnsatu model investasi yang masih aman buat pemula sih menurutku, selepas nyoba reksadana dan emas. :3

    ReplyDelete
  21. Kalau daku melakukan yang mirip meditasi sih alias tafakur gitu, biar lebih woles aja pikiran sambil merenungi juga soal keuangan ya coba bisa investasi juga buat masa depan

    ReplyDelete
  22. aku sebelumnya udah pernah mendengar investasi ini sebelumnya, bisa jadi bahan pertimbanagan nih usai baca penjelasannya hihi

    ReplyDelete
  23. Menarik nih. Terima kasih banyak jadi tambahan ide untuk bikin waktu di rumah aja jadi punya manfaat.

    ReplyDelete
  24. wahhh ternyata sudah terdaftar di OJK. Aku jadi penasaran sama investasi ini, lumayan juga ya :)

    ReplyDelete
  25. Ternyata ini hikmahnya tetap di rumah aja yaa...
    Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dan lakukan. Termasuk dalam berinvestasi.

    ReplyDelete
  26. penting banget tuh investasi terdaftar di OJK, jadi berinvetasi lebih tenang.jadi nggak was-waslah kalau mau investasi

    ReplyDelete
  27. wah sudah terdaftar OJK, jadi tenang nih.. masih belajar sama yang namanya investasi nih..

    ReplyDelete
  28. Wah, menarik sekali ya, bisa belajar dan ikut P2P Lending di Akselerasi. Bisa investasi dengan aman karena kiranya juga belajar.

    ReplyDelete
  29. Yang jelas, terbuka n transaparan yang ini makin biat pelanggan suka ya kak. Semoga makin sukses n yang investasi juga makin maju.

    ReplyDelete
  30. harus belajar mnegenai investasi pendanaan dengan P2P landing ini nih biar pergerakan uang di masa-masa produktif bisa lebih efektif kan ya. Akseleran juga sangat mengedukasi nih untuk belajar investasi yg aman

    ReplyDelete
  31. Dengan keadaan sekarang memang sih harus melek ya salah satunya investasi

    ReplyDelete
  32. Mudahnya investasi akseleran ini dengan modal 100 ribu sudah bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman. Jadi pengen investasi lagi mbak.

    ReplyDelete
  33. Aku kebetulan lagi ngepoin soal investasi akhir-akhir ini, investasi yang terjangkau tentunya. Eh ternyata di Akseleren bisa mulai 100k aja ya buat investasi di P2P Landing yang aman. Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  34. Sepertinya saya harus lebih banyak belajar mengenai investasi. Karena bagi saya investasi itu penting, untuk jaga-jaga di masa yang akan datang

    ReplyDelete
  35. lagi belajar juga mengenai p2p lending, sekarang makin banyak wadah untuk membantu kita berinvestasi, nominalnya juga sudah bisa dari 100ribu untuk investasi

    ReplyDelete
  36. Sounds interesting. Saya coba diskusikan dulu sama suami nih. Siapa tau beliau kepengen kami join.

    ReplyDelete
  37. aku juga lagi belajar nih mengenai investasi, karena baru satu nyoba investasi dan tertarik dengan P2P landing dan tentu harus aman ya

    ReplyDelete
  38. Iya ya sekarang kalau investasi harus hati hati, jangan sampai bodong, ngarep untung besar yang ada tekor, huhuhu. jadi pengen tahu lebih lanjut soal akseleron ini, apalagi udah disetujui OJK

    ReplyDelete
  39. Iya ya sekarang kalau investasi harus hati hati, jangan sampai bodong, ngarep untung besar yang ada tekor, huhuhu
    jadi pengen tahu lebih lanjut akseleron ini, apalagi udah disetujui ojk :)

    ReplyDelete
  40. Beberapa kali membaca tentang P2P lending dan sepertinya menarik dari segi keamanan dan biaya investasi yang terjangkau.Produk ini cocok banget buat pemula di dunia investasi.

    ReplyDelete
  41. Agak kurang paham sih main p2p landing seperti ini, keren kamu udah berani mencoba, jadi pingin coba haha

    ReplyDelete
  42. Tenyata cukup banyak yang dapat dilakukan selama di rumah yaa, salah satunya belajar apapun yang belum sempat dipelajari misalnya investasi. Aku juga dari dulu nunda2 buat belajar tentang ini, pasti mikirnya ah nantilah. Sepertinya saya bisa belajar dari artikel blog ini, hehe

    ReplyDelete
  43. Di masa tenang kayak gini memang kayaknya cocok belajar lagi ya termasuk belajar investasi, mumpung ada waktu di rumah, pengennya juga sekalian praktek langsung investasi

    ReplyDelete
  44. jadi teringat saya punya banyak buku baru yang belum dibaca. Ya Allah entah kenapa malas sekali untuk membaca buku atau membuat reviewnya.

    ReplyDelete
  45. Masa-masa ini memang masa-masa belajar banyak hal ya mba
    yang tadinya terlewatkan jadi bisa dimulai lagi apaalgi soal investasi yang aman.

    ReplyDelete
  46. Dari dulu aku pengen banget invest, tapi selalu butuh modal yang gede. Alhamdulillah kini ada Akseleran, mulai 100rb aja udah bisa invest yaa..

    ReplyDelete
  47. Benar. Apapun yang terjadi dari rumah bisa bekerja dan kreatif asalkan memiliki ide yang segar untuk diolah. Tetapi kembali lagi pada diri kita masing-masing mau berbenah atau nggak. Sukses terus ya.

    ReplyDelete
  48. Masa² stay at home gini sebenarnya bisa banget menghasilkan sesuatu yg positif ya mbak. Coba deh dipikir, daripd buat jajan mulu atau cuma disimpan di bank, menurutku better klo duit itu diinvestasikan. Tp memang harus cari yg aman & kecil risikonya seperti yg mbak tuliskan di atas tadi. Akseleran mungkin bisa jadi solusinya.

    ReplyDelete
  49. Wah cocok banget nih untuk saya yg baru mau belajar investasi, secara mumpung masih muda lgi semangat2nya kak hhi

    ReplyDelete
  50. Sebenarnya selama 3 minggu berdiam diri dirumah saya hampir tidak melakukan apa-apa kecuali bantu beberes rumah dan membantu mama produksi masker kain. Time consuming banget apalagi polanya pake yang rumit.

    belajar invest penting si, aku sih sudah coba akseleran :D

    ReplyDelete
  51. Sekarang kudu teliti banget klo mau berinvestasi ya, jgn gegabah apalagi sampe salah pilih investasi bodong. Thanks ya informasinya, jadi pengen nyoba invest dg ini.

    ReplyDelete
  52. wah aku langsung buka nih websitenya Akseleran, infonya pas benget nih. Pas kita harus dirumah dan pas harus nyari tempat investasi yang aman

    ReplyDelete
  53. Apapun itu nama Investasinya, semoga bisa menjadikan hidup lebih baik dimasa depan ya mbak..

    ReplyDelete
  54. Zaman now, berinvetasi bisa dari mana saja. Dan pilihannya beragam ya mbak. Aku jadi tertarik juga, mau diskusi dulu deh sama pak suami.

    ReplyDelete
  55. Boro boro mau meditasi mbak, punya anak 1,5 tahun mau mainan hape atau BW aja susah hahaha, tapi yes Kita harus mulai open minded soal investasiini demi masa depan Yang cerah

    ReplyDelete
  56. aku sudah mulai sih kak kepikiran untuk investasi. Dan sudah ada investasi di salah satu penerbit dan percetakan di jawa timur. :D

    ReplyDelete
  57. Wah iya bener juga, saat pandemi ini bisa banget ya investasi dari rumah lewat akseleran/.

    ReplyDelete
  58. Sekarang banyak pilihan investasi dan bisa dimulai dari Rp 100rb juga. Bisa jadi referensi nih. Tapinya emang kudu hati2 milih invesInve yg aman ya...

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)