Malas untuk Berolahraga? Yuk Coba Lakukan Jenis Olahraga Ringan Berikut!

Pada dasarnya kunci utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Namun sebagian orang sering mengabaikan hal ini karena alasan kesibukan atau tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya. 

Padahal ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan tanpa mengganggu aktivitas dan tetap mendapatkan manfaatnya. Olahraga ringan merupakan latihan yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan banyak tenaga. 

Perbedaan olahraga ringan dan olahraga berat adalah saat melakukan olahraga ringan kita masih bisa bernafas secara teratur atau bisa sambil menikmati musik yang diputar. Bahkan jika dilakukan secara rutin, olahraga ini bisa menjadi salah satu rutinitas yang menyenangkan untuk dijalani dan menjadi kebiasaan. Tertarik mencoba olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Jenis Olahraga Ringan yang Mudah Dilakukan 

Meskipun olahraga ringan tidak memerlukan banyak tenaga, tapi manfaatnya sangat berguna untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Di samping itu, dengan kesehatan tubuh yang baik otomatis akan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari.

Adapun gerakan yang ada pada olahraga ringan dimulai dari gerakan cukup sederhana, hanya membutuhkan sedikit gerakan dengan berdiri, duduk, ataupun berbaring di tempat. Selain itu untuk melakukannya bisa di mana saja, seperti di dalam rumah atau di dekat komplek rumah. 

1. Bersepeda di Sekitar Komplek 

cycling in healthy lifestyle
pict: Flo Karr, unplash

Tak hanya jogging, olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah bersepeda di komplek rumah. Olahraga ini bukan hanya ringan, namun juga menyenangkan karena tak perlu menghabiskan banyak tenaga dan sekaligus sembari melihat suasana sekitar. Terlebih, bersepeda akan lebih menyenangkan lagi jika nyaman digunakan karena memiliki kualitas terbaik. Maka jika bersepeda merupakan salah satu kegiatan rutin sebaiknya membeli merk yang bagus dan awet, seperti contohnya sepeda pacific.

2. Sit Up dan Push Up 

Di pagi hari push up dan sit up bisa dijadikan olahraga rutin saat baru bangun tidur. Lupakan sejenak rasa ngantuk dan rayuan ponsel, mulailah kebiasaan dari kecil. Lakukan push up dan sit up dengan benar setiap hari sebanyak 15 atau 20 kali. 

Push up dan sit up bermanfaat untuk menambah kekuatan otot perut, lengan, dada, dan paha. Selain itu jika dilakukan secara rutin, keduanya juga bisa membuat aktivitas jadi lancar karena terasa lebih ringan dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 

3. Berdiri Satu Kaki 

Meskipun terlihat sederhana, namun berdiri dengan satu kaki memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Jenis olahraga ringan satu ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan alat. 

Untuk melakukannya, cukup berdiri tegap di dekat dinding dengan mengangkat satu kaki hingga sejajar dengan lutut, dan kedua tangan diangkat setinggi mungkin. Kemudian tahan selama kurang lebih 10 sampai 15 detik kemudian lakukan cara yang sama pada kaki kanan. Olahraga ini juga bisa dilakukan dengan gerakan naik turun dan bersandar pada satu kaki.

4. Lompat Tali

jump rope home workout
pict: Kelly Sikkema, unplash

Olahraga ringan lainnya yang mudah dan murah dilakukan adalah lompat tali, hanya cukup menyiapkan niat dan tali lompat untuk berolahraga. Olahraga lompat tali juga bisa dikombinasikan dengan olahraga sit up dan push up jika ingin lebih banyak membakar kalori.

5. Squats 

Squats memiliki banyak manfaat untuk menurunkan berat badan, mengencangkan pantat, hingga membakar lemak. Selain itu squats juga bisa meningkatkan kekuatan pada otot paha, betis, dan otot kaki. Olahraga ini bisa dilakukan beberapa menit saja tanpa mengganggu kesibukan. Adapun cara melakukan squats cukup mudah untuk rutin dilakukan.

6. Plank 

Plank adalah latihan sederhana yang berguna untuk memperkuat otot-otot tubuh khususnya bagian bahu, dada, leher, perut, dan punggung. Jenis olahraga ini juga sekalian banyak diminati untuk mengempiskan perut. Jenis olahraga ringan ini sangat cocok dilakukan oleh orang-orang yang memegang prinsip time is money

Plank dapat dilakukan di mana saja dan caranya pun cukup mudah. Cukup memposisikan tubuh seperti melakukan push up dengan tumpuan lengan. Setelah itu tahan posisi tersebut selama 1 menit untuk setiap sesinya. 

7. Naik Turun Kursi 

Memperkuat lengan juga bisa dilakukan dengan olahraga ringan, salah satunya dengan chair dips atau naik turun kursi. Modal utama untuk melakukan latihan ini hanya sebuah kursi atau bisa juga dengan kasur. 

Langkah pertama untuk melakukannya adalah duduk di atas kursi dengan kedua tangan memegang bagian pinggir kursi sebagai tumpuan. Kemudian angkat tubuh ke depan, lalu turunkan tubuh perlahan ke arah lantai. Tahan sebentar kurang lebih 15 sampai 20 detik. Setelah itu ulangi kembali dari awal sebanyak 10 atau 15 kali. 

8. Mountain Climbers 

Tubuh yang sehat juga bisa didapatkan dengan melakukan olahraga ringan seperti mountain climbers. Tapi jangan mengira olahraga ini dilakukan di gunung ya, mountain climbers bisa dilakukan di mana saja tanpa bantuan alat apapun. 

Caranya cukup dengan mengambil posisi seperti push up dengan kedua kaki diayunkan seperti sedang berlari di tempat. Saat melakukan gerakan ini efeknya akan terasa pada sekujur tubuh, jadi lakukan secara perlahan hingga tubuh mulai terbiasa. 

9. Olahraga Ringan dengan Barbel

olahraga barbel dari rumah
pict: Sebastian Pociecha, unplash

Membentuk otot juga bisa dilakukan secara mudah dari rumah dengan menggunakan barbel yang dibeli di toko peralatan olahraga atau membuat sendiri dengan botol dan pasir. Olahraga ini juga mudah dilakukan dari rumah dan berat dari barbel dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

10. Naik Turun Tangga 

Jika di rumah memiliki tangga, ini bisa jadi kesempatan untuk melakukan olahraga ringan tanpa mengganggu pekerjaan. Naik turun tangga bermanfaat untuk membakar kalori dan membuat perasaan jadi bahagia karena hormon endorfin yang muncul saat tubuh digerakkan. 

Jika dilakukan dengan konsisten, gerakan kaki dan pinggul saat naik turun tangga akan membuat aliran darah jadi lancar sehingga kesehatan jantung akan meningkat. Ini bisa jadi jenis olahraga ringan alternatif bagi yang malas untuk berolahraga. 

11. Menekuk Lutut 

Menekuk lutut termasuk gerakan paling mudah yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan otot paha dan membuat pinggul jadi lentur. Jika rutin melakukannya, lemak tubuh akan berkurang dan membuat tubuh jadi terlihat ramping. 

12. Jogging di Komplek Rumah 

olahraga jogging
pict: StockSnap, pixabay

Jogging merupakan olahraga murah yang bisa dilakukan di mana saja, termasuk salah satunya di komplek rumah. Untuk jogging, tak perlu datang ke track lari atau pusat olahraga umum untuk dapat melakukan jogging. Cukup di komplek rumah saja untuk menghemat waktu dan jika ada keperluan mendadak, bisa lebih dekat kembali ke rumah.

Kesimpulan 

Untuk dapat rutin melakukan olahraga, kita perlu menerapkan mindset bahwa olahraga itu adalah reward untuk diri sendiri menjadi lebih baik dan bukan sebagai sebuah hukuman. Dengan begitu, olahraga akan terasa menyenangkan dan tanpa beban. 

Untuk itu, penting untuk rutin melakukan olahraga dan dimulai dari jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan seperti di atas. Ingat bahwa satu progres kecil lebih baik dari pada tidak sama sekali. Nah, semoga ulasan tentang jenis olahraga ringan di atas bisa menjadi referensi dan membantu untuk rutin berolahraga di tengah aktivitas yang padat ya. Mungkin saat memulainya akan terasa berat, tapi sesuatu yang dilakukan secara rutin akan membuat jadi terbiasa. Semangat!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)