Dari Performa Mesin hingga Harga Mobil Bekas, Berikut Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Salah Pilih

Membludaknya pertumbuhan kendaraan khususnya mobil dan motor, dipercaya sebagai penyebab utama dari kemacetan. Agar tidak semakin parah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil mungkin perlu mempertimbangkan untuk memilih mobil bekas ketimbang mobil baru. 

harga mobil bekas
credit: piro4d, pixabay

Stigma yang berkembang di masyarakat bahwa mobil bekas mudah rusak sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Asal pandai memilih, dengan harga mobil bekas murah namun tetap berkualitas bisa didapatkan. Nah untuk itu sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda menyimak ulasan tips membeli mobil bekas pada artikel berikut:

Tips Membeli Mobil Bekas 

Bukan hanya berkontribusi dalam mengurangi kemacetan, memilih mobil bekas juga bisa menghemat biaya karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan mobil baru. Jika ada rencana membeli mobil bekas, berikut ini tips-tips yang bisa Anda ikuti. 

1. Cek Ulang Penjual Mobil Bekas 

Baik membeli dari tangan pertama maupun melalui showroom, tentu Anda harus berhati-hati dalam memilih sebelum memutuskan untuk membeli. Perlu juga untuk mempertimbangkan masing-masing kelebihan maupun kekurangan, serta kemudahan apa saja yang bisa Anda dapat.

Jika membeli ke pemilik pertama, Anda bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah dan menanyakan langsung pada pemilik. Jika melalui showroom, Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap beserta surat-surat penting yang dibutuhkan. Selain itu ada juga kemudahan yang didapat misalnya dari mobil88 yang menyediakan Layanan COD atau Car on Delivery di mana calon pembeli dapat mengecek mobil idaman yang sudah dipilih atau sekalian test drive. Nantinya akan ada staff yang mengantarkan mobil tersebut ke rumah dan sudah free biaya antar showing.

2. Pastikan Mesin Dalam Keadaan Baik 

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas adalah memeriksa kondisi mesin. Bagi Anda yang kurang paham dengan mobil, lakukan saja pengecekan dasar seperti tak ada kebocoran oli, serta getaran mesin tidak berlebihan saat mobil dinyalakan. Selain itu, hal yang tak kalah penting saat memilih mobil bekas untuk pemula adalah memastikan semua komponen mesin berfungsi dengan baik. 

3. Periksa Bagian Luar Mobil 

Setelah menentukan mobil bekas yang ingin Anda beli, jangan lupa untuk periksa bagian luar mobil. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada cat yang mengelupas maupun tambalan cat baru pada body mobil. Jangan lupa untuk memeriksa lampu-lampu, ban, wiper, dan kaca spion. Selain itu cek juga kaki-kaki mobil, seperti tie rod, ball joint, suspensi, dan yang lainnya. Pastikan semua dalam kondisi bagus dan terawat. 

4. Periksa Bagian Dalam Mobil 

Bagian dalam mobil meliputi semua hal yang ada di dalam mobil seperti indikator mesin, kecepatan (speedometer), bahan bakar, AC, kursi, dan lain sebagainya. Pastikan semuanya sempurna dan tak ada masalah. 

Di samping itu, lihat juga jarak tempuh kendaraan pada odometer. Sewajarnya jarak tempuh mobil dalam setahun maksimal 24.000 km. Jika lebih dari itu, bisa jadi mobil tersebut bekas kendaraan operasional kantor atau perusahaan. 

5. Kelengkapan Dokumen Kendaraan 

Tips membeli mobil bekas selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah memastikan kelengkapan dokumen seperti BPKB dan STNK. Jika semua dokumen lengkap, pastikan juga nomor-nomor yang ada sesuai dengan nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Setelah itu, jika diperlukan Anda bisa memeriksa keaslian dokumen di kantor Samsat terdekat untuk memastikan mobil tersebut 100% aman. 

6. Cek Riwayat Service 

Mobil yang bagus dan terawat dapat dlihat dari riwayat service. Service mobil biasanya dilakukan setiap 5.000 km sekali. Jika pemilik sebelumnya melakukan service berkala, dapat dipastikan mobil tersebut layak untuk Anda beli. 

7. Bawa Mekanik Ahli 

Sangat disarankan membawa mekanik yang mengerti seluk-beluk mobil untuk menghindari penipuan dan pengecekan mobil dapat dilakukan sesuai standar terutama jika Anda membeli ke tangan pertama. Di samping itu, jika ada masalah Anda bisa langsung berkonsultasi apa saja yang mesti diperbaiki atau diganti. 

Biasanya setelah semuanya selesai diperiksa, mekanik akan melakukan test drive untuk lebih memastikan bahwa mobil tersebut benar-benar dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan yang berarti. 

Kesimpulan 

Beli mobil tidak sama dengan beli baju di online shop, Anda harus memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik agar terhindar dari kerugian. Kalau perlu, bandingkan juga dengan mobil yang dijual oleh penjual lain mana yang lebih baik dan sesuai dengan keinginan Anda. Dengan mengikuti beberapa tips membeli mobil bekas di atas, semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. 
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)