Gandeng Mitbana, Sinar Mas Land Kembangkan TOD di BSD City

Bersama dengan Mitbana, perusahan patungan dari Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land akan kembangkan transit-oriented development (TOD) di BSD City. Pengembangan skala kota BSD City sendiri telah dimulai sejak 1980 dan terus dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Sejalan dengan hal tersebut dan mempertimbangkan tren urban saat ini, kerja sama ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia dengan konsep smart dan sustainable.


Pengembangan TOD dalam area residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektar ini bertujuan untuk memajukan BSD City menuju kota pintar yang terintegerasi dan kemudahan akses dari berbagai destinasi dan dapat dinikmati sebanyak lebih dari 200.000 penghuni. BSD City sebagai smart city yang terus berkembang juga telah menjadi tuan rumah dari perusahaan ternama seperti Apple Developer Academy dan Grab.

Menurut Gareth Wong (Chief Executive Officer Mitbana), pengembangan TOD ini menjawab solusi akan kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan di masa depan. Dengan Sinar Mas Land, kerja sama tersebut memberikan solusi untuk menunjang komunitas sekaligus bisnis di Indonesia. Kerja sama antara Sinar Mas Land, Mitsubishi Corporation, dan Surbana Jurong ini sejalan dengan kolaborasi sebelumnya di mana Mitsubishi Corporation mengembangkan kawasan The Zora di BSD City dengan teknologi smart-home. Begitu juga dengan Surbana Jurong dengan pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau.

Surbana Jurong sebagai salah satu pengembang TOD yang telah berdiri dari Juni 2015 ini telah memiliki pengalaman mendesain 26 townships di Singapura dan memiliki pengalaman dalam bidang konsultasi desain urban termasuk membuat masterplan lebih dari 30 negara. Grup memainkan peran penting dalam pembangunan industri dan perumahan di Singapura dengan mengembangkan berbagai proyek seperti jalan, perumahan, kawasan pesisir, hingga bandar udara.

Mitsubishi Corporation sebagai perusahaan perdagangan ternama dari Jepang telah memiliki tim in house Urban Development Group yang komprehensif terutama dalam bidang real estate, leasing, infrastruktur, dan perbankan perdagangan seluruh dunia. Misi tersebut mendukung pengembangan urban skala besar dan memiliki nilai tambah dalam kebutuhan sosial dan lingkungan. Mitsubishi Corporation sendiri telah berintegerasi di 90 negara dengan jumlah 1700 anak perusahaan.

Hiroshi Nakanishi, General Manager Mitsubishi Corporation di Singapura dan anggota dewan Mitbana optimis akan potensi perkembangan TOD di Indonesia dan memberikan produk serta teknologi terbaik dalam kerja sama pengembangan ini. Kerja sama ini sekaligus melengkapi data Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia bahwa Singapura menjadi nomor pertama penanam modal asing tertinggi di semester pertama 2020 dengan jumlah 3,4 miliar dollar AS dalam 5348 protek. Sedang Jepang menempati posisi kedua dengan jumlah 2,4 milliar dollar AS dalam 3.708 proyek di Indonesia. Kerja sama kedua negara tersebut sekaligus menjadi bukti dalam pengembangan ekonomi di Indonesia dan memperbaharui komitmen tiga perusahaan dalam bersinergi ekonomi.

Dengan pengalaman perusahaan Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation, Mitbana dan Sinar Mas Land akan turut serta mendukung pemerintah Indonesia dalam mengelola konektivitas yang baik untuk penghuni maupun para komuter di Jakarta dan Tangerang dalam akselerasi pengembangan TOD di BSD City ini.

Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)