9 Rekomendasi Game Asah Otak di Android yang Seru

Ada banyak cara untuk mengisi waktu luang atau menghilangkan penat, salah satunya dengan bermain game yang mengasah otak. Developer game ramai-ramai membuat game yang sederhana namun tetap menantang dan dapat dimainkan oleh siapa saja, baik tua, muda, maupun anak-anak. Genre-nya pun beragam, mulai dari petualangan, simulasi, hingga pendidikan. 

Anggapan bahwa game kurang memiliki manfaat telah bergeser dengan hadirnya game-game yang dibuat sebagai sarana edukasi dan bisa juga untuk mengasah otak. Ada banyak game asah otak di Android yang bisa meningkatkan daya ingat dan membuat kamu jadi lebih kreatif. Masing-masing menawarkan gameplay beragam yang sangat seru untuk dimainkan di waktu senggang. 

Game Asah Otak di Android 

Seperti penjelasan sebelumnya, game asah otak bukan hanya bisa memberikan hiburan, namun juga sebagai sarana edukasi. Di samping itu, sebagian besar game asah otak juga memiliki tampilan menarik sehingga bermain game jadi lebih menyenangkan. 

Nah, jika bosan bermain game yang ada di smartphone kamu, coba mainkan game asah otak Andorid berikut yang bisa diunduh secara gratis di App Store maupun Play Store. 

1. Tricky Test 2: Genius Brain? 

Tricky Test 2: Genius Brain

Di urutan pertama dalam daftar game asah otak offline ada Tricky Test 2: Genius Brain. Seperti namanya, game ini sangat tricky atau penuh tipu daya. Ada banyak teka-teki yang dibuat untuk menguji seberapa jauh kamu bisa berpikir.

Selain itu, game ini akan melatih kesabaran kamu agar tetap fokus pada satu hal untuk mencapai level yang lebih tinggi. Karena game ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja, secara tidak langsung Tricky Test 2 juga bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu. 

2. Tebak Gambar 

Boleh dibilang Tebak Gambar adalah game sejuta umat. Sebagian besar pengguna Android pasti pernah memainkannya. Game ini memungkinkan pemainnya untuk berimajinasi, menebak gambar yang ada, dan kemudian menggabungkannya menjadi kata atau kalimat.

Selain itu, nalar dan logika juga dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap levelnya. Sampai saat ini game Tebak Gambar sudah sampai di level 150 lebih dan akan terus bertambah setiap 10 harinya. Kamu juga bisa mendapatkan bonus hint dengan selfie dan mengunggahnya ke media sosial. 

3. Peak 

Rekomendasi game asah otak terbaik di Android selanjutnya adalah Peak. Pada game yang dikembangkan oleh Brainbow Limited ini terdapat lebih dari 35 jenis permainan seru yang terdiri dari kuis, teka-teki, hingga puzzle. 

Game ini dirancang untuk mengasah kemampuan otak, melatih konsentrasi, serta meningkatkan kreatifitas pemainnya. Selain itu, game ini juga bagus dimainkan untuk kamu yang mungkin merasa akhir-akhir ini kinerja otak mulai menurun atau merasa stuck. Pasalnya, kalau kita lihat review di Play Store, banyak pengguna yang merasa game ini membantu mereka dari yang sebelumnya pelupa dan kurang fokus menjadi lebih baik lagi. 

4. Kahoot 

Kalau kamu mencari game asah otak matematika, Kahoot adalah jawabannya. Bukan hanya matematika saja, di game ini kamu juga harus menjawab pertanyaan lain seputar sejarah hingga pengetahuan umum. 

Sama halnya dengan Peak dan Tricky Test 2, untuk saat ini game Kahoot belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Namun jangan khawatir, pertanyaannya juga dilengkapi dengan gambar, sehingga sangat mudah untuk dipahami. 

5. Brain Out 

brain out

Belakangan ini game Brain Out sangat populer di Indonesia. Game ini menuntut pemainnya untuk sabar dan berpikir kritis dalam menyelesaikan perintah yang diberikan. Pasalnya, game ini sedikit menjebak dan terkadang saat memainkannya kita akan berpikir "loh, kok gini?". 

Itulah kenapa game ini masuk ke dalam rekomendasi game asah otak gratis yang wajib kamu coba. Karena apa yang kita pikirkan belum sepenuhnya benar, dan kita diajarkan untuk berpikir dua kali sebelum melakukan sesuatu. 

6. Plumber 3 

Plumber 3 adalah versi terbaru dari game sebelumnya. Terdapat 300 level yang dapat kamu mainkan secara offline atau tanpa jaringan. Konsep game ini sangat menarik, dimana pemain akan diberikan perintah untuk menyambung pipa-pipa sehingga air dapat mengalir dengan lancar. Di game ini, logika dan imajinasi kamu akan diuji. Kalau salah perhitungan, kamu akan mengalami kegagalan

7. Roll the Ball – Slide Puzzle 

Roll the Ball juga masuk dalam jajaran game asah otak di Android. Game ini memiliki konsep layaknya puzzle. Kamu diperintahkan untuk menyusun jalur sehingga bola dapat bergelinding ke tempat yang sudah ditentukan. 

Setiap menyelesaikan perintah, kamu akan mendapatkan bintang dan naik ke level berikutnya. Pada game ini terdapat empat mode yang bisa kamu mainkan, mulai dari star mode, classic mode, moving mode, hingga rotation mode

8. DOP: Draw One Part 

Draw One Part bisa jadi solusi bagi kamu yang sedang mencari game asah otak yang cocok untuk anak-anak. Game-nya tidak terlalu sulit, bahkan terbilang mudah. Kamu hanya disuruh untuk menggambar sesuatu sesuai dengan perintah pada layar. 

Gambarnya bisa berupa lingkaran, mahkota, kotak, hingga tanduk kambing. Meskipun permainannya hanya berupa menggambar saja, tapi game ini mampu meningkatkan kreativitas dan mengasah kinerja otak kanan. 

9. TTS Pintar (Teka Teki Silang Offline)

Teka Teki Silang Offline

TTS Pintar merupakan games kata-kata yang dapat mengasah otak dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Jika kamu menyukai Teka Teki Silang dan bermain kata-kata, maka game ini sangat cocok untukmu dan dapat melatih keterampilan dari sinonim berbahasa atau menjawab pertanyaan pengetahuan umum. Game TTS Pintar ini juga memungkinkan untuk menambah wawasan pada pertanyaan pengetahuan umum yang belum kamu temui sebelumnya.

Bermain game asah otak selain dapat menjadi hiburan karena sifatnya ringan, juga tentu saja dapat turut mengaktifkan kerja otak kita untuk berpikir melalui taktik atau mencari celah dari pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kalau kamu, apa game asah otak di Android yang paling menjadi favorit?
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)