Alasan Kuliah di Malang dan Kampus Terbaiknya

Kota Malang selain terkenal karena kampus terbaik yang dimiliki, juga terkenal karena berbagai keindahan alam yang ada. Para mahasiswa yang ada di sana datang dari berbagai penjuru Indonesia. Malang sendiri tercatat memiliki banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh penjuru kotanya. Itulah alasan mengapa kota itu kerap kali disebut sebagai kota pelajarnya Jawa Timur.

kota malang
gambar: instagram/pakzam

Malang seakan mempunyai pesonanya sendiri bagi calon mahasiswa baru dan menjadikannya sebagai salah satu dari tempat tujuan untuk berkuliah. Selain membahas mengapa kuliah di Malang menjadi tujuan favorit, artikel ini juga akan membahas beberapa kampus unggulan yang ada di Malang. Jika kamu salah satu dari orang yang sedang mengidamkan kuliah di kota Malang, maka simak artikel berikut. 

Kelebihan Kuliah di Malang 

Kota Malang selain terkenal karena apelnya juga masih memiliki banyak kelebihan yang tersembunyi. Bagi para calon mahasiswa terkadang bukan hanya soal kampus yang menjadi masalah utama menentukan tempat kuliah, tak jarang mereka lebih memilih kuliah di tempat yang nyaman untuk mendukung kegiatan selama kuliah baik akademik maupun non akademik. Jika kamu adalah bagian dari mereka, maka ada beberapa alasan kuliah di Malang yang bisa kamu pertimbangkan. 

Beberapa kelebihan Kota Malang untuk tujuan kuliah adalah: 

Biaya Hidup Murah Surga Anak Kost 

Permasalahan utama yang sering dialami oleh anak kost di perantauan adalah biaya hidup. Biaya hidup di Kota Apel ini bisa dikatakan murah dan terjangkau bagi mahasiswa, hanya dengan selembar uang lima ribuan Anda sudah bisa menikmati sepiring nasi pecel dengan kerupuk di atasnya. Banyaknya ragam tempat kuliner yang memiliki harga murah juga menjadi idaman tersendiri bagi mahasiswa. 

Tidak hanya harga makanan, harga sewa kost di Malang juga masih dalam harga yang murah dan terjangkau. Kost dengan harga di bawah 500 ribu per bulan menjamur di sana, dan jika menginginkan kost mahasiswa yang lebih memiliki fasilitas banyak cukup mengeluarkan budget sesuai dengan keinginan. Banyak sekali calon mahasiswa yang memilih kota Malang sebagai tempat melanjutkan belajar karena biaya hidupnya, yang tentu saja sangat terjangkau oleh semua golongan. 

Banyak Tempat Nongkrong 

coffee shop kota malang
foto: Hari Obbie/Sivarajas Secret Garden

Bagi anak-anak muda kekinian tempat pertama yang akan dicari jika keluar rumah pasti tempat untuk ngopi atau tempat yang nyaman untuk sekedar duduk-duduk bersama teman. Di Malang tempat untuk sekedar bersantai dan menikmati kopi sangat menjamur, sehingga jika kamu pergi ke sana tidak perlu bingung memilih tempat untuk berkumpul dengan teman-teman. 

Bukan hanya sebagai tempat ngobrol bersama teman, namun banyak juga coffee shop dengan suasana yang nyaman. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas kuliah, mengerjakan pekerjaan part time jika sekaligus menjadi freelancer, maupun tempat untuk me time

Kuliner Khas Kota Malang 

Jika merantau ke kota tujuan, pasti yang dicoba adalah aneka kuliner khas yang kaya rasa. Cita rasa makanan Jawa Timur yang khas bisa kamu coba di Kota Malang, seperti misalnya pecel kawi, bakso malang, rawon, tahu campur, nasi jagung, hingga rujak cingur. Beberapa kuliner khas Malang yang memanjakan perut ini juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau bagi mahasiswa. 

Keberagaman Budaya dan Event Tahunan Yang Menarik 

Yang menarik dari suatu kota baru yang dikunjungi selain makanan khasnya adalah mengenal keberagaman budayanya. Sebagai anak muda yang biasanya penuh rasa penasaran, di Malang memiliki banyak sekali ragam budaya yang unik dan keren, salah satunya topeng malangan. Topeng Malangan adalah seni pahat topeng tradisional yang mengusung tema berbagai karakter manusia, topeng malangan adalah bukti keberagaman budaya di Kota malang masih sangat terjaga. 

Keragaman budaya lainnya yang dapat disaksikan di Malang ini yaitu wayang kulit, wayang orang, ludruk, ketoprak, dan juga reog. Menariknya lagi, bentuk keragaman budaya ini juga bisa disaksikan saat hari-hari tertentu dan biasanya dimasukan dalam event tahunan yang selalu dinanti-nanti seperti misalnya saja Festival Malang Kembali dan Karnaval Lampion. Selain itu ada banyak juga event tahunan di Malang yang menarik seperti Festival Lawang Kota Tua Malang, Batu Flora Festival, dan juga Malang Flower Carnival. 

Selain melestarikan budaya kota Apel ini ternyata juga hebat dalam hal melestarikan alam. Di Malang tempat wisata bertajuk alami masih sangat banyak ditemukan, seperti kota wisata Batu misalnya. Jika Anda memilih berkuliah di Kota Malang, maka ketika penat Alam Kota Malang yang masih asri siap menjadi teman Anda melepas penat. 

Tempat Wisata Alam dan Tempat Wisata Populer 

Tempat wisata di Malang juga sayang jika tak dikunjungi selama berada di sini. Malang memiliki Pantai Goa Cina yang indah, Teluk Bidadari, Coban Nirwana, Coban Rondo. Tempat wisata selain alam yang bisa dikunjungi juga tak kalah banyaknya seperti Museum Angkut, Kampung Warna Warni, Jawa Timur Park, Malang Night Paradise, dan Batu Flower Garden. Tempat-tempat tersebut dapat menjadi destinasi untuk menyegarkan pikiran di sela kegiatan kuliah maupun ketika libur kuliah. 

Banyaknya Aneka Event Kreatif 

Event kreatif biasanya banyak diminati anak muda karena adanya ruang untuk kebebasan berekspresi. Malang disebut-sebut juga sebagai kota kreatif karena memiliki beragam event kreatif seperti misalnya Malang Jazz Festival, Malang Tempoe Doeloe, Malang Fashion Movement, dan Malang Film Festival. 

Kampus-Kampus Terbaik Di Kota Malang 

Kampus-kampus terbaik dengan lingkungan belajar yang nyaman adalah salah satu dari alasan kuliah di Malang yang bisa kamu pertimbangkan. Namun tentu saja, yang paling penting adalah memahami dahulu jurusan kuliah yang akan diambil dan memiliki visi ke depan mau ke arah mana setelah kuliah nanti. Berikut untuk kampus-kampus terbaik di Malang 

Universitas Brawijaya - UB 

Menurut data peringkat yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2019 Universitas Brawijaya menempati urutan ke 6 dalam daftar 100 universitas terbaik se Indonesia. Universitas Brawijaya berdiri pada tahun 1963 dan beralamat di Jalan Veteran, Kota Malang, Jawa Timur. Universitas Brawijaya atau biasa disingkat dengan UB memiliki 15 Fakultas, 177 prodi dan kurang lebih 245 guru besar. UB yang merupakan salah satu kampus di Malang ini sendiri sering disandingkan sebagai kampus favorit seperti halnya UGM, UI, maupun ITB. 

Universitas Negeri Malang - UM 

Kampus terbaik di Malang selanjutnya yaitu Universitas Negeri Malang yang menempati urutan ke 14 dari seratus universitas terbaik di Indonesia menurut catatan pada tahun 2019. Universitas Negri Malang berdiri pada tahun 1954 lebih tepatnya pada tanggal 18 Oktober. Pada awalnya kampus ini bernama PPTG atau Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Malang, kemudian berubah menjadi IKIP atau Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang. Nama Universitas Negeri Malang sendiri terhitung per tanggal 4 Agustus 1999 melalui Kepres No. 93 Tahun 1999. 

Universitas Negeri Malang sendiri meluluskan banyak sekali lulusan yang berkompeten di berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah motivator hebat Mario Teguh atau seorang tokoh publik seperti Bayu Skak. Menurut Data Pokok yang dimiliki UM jumlah mahasiswa per Desember 2017 ada kurang lebih sekitar 32.985, dengan jumlah prodi 144 dan sekitar 79 guru besar. 

BINUS Malang 

gambar: binus.ac.id

BINUS merupakan kampus yang terkenal dengan jurusan di bidang teknologi dan bisnis. Bagi yang belum tahu, BINUS bukan hanya terletak di Jakarta namun ada juga di Bandung serta Malang ini. Lokasi tepatnya berada di Jl. Araya Mansion No. 8 - 22, Araya, Malang, Jawa Timur. 

Bagi yang memiliki passion di bidang teknologi, bisnis maupun industri kreatif, maka kuliah di universitas bisnis di Jawa Timur ini dapat menjadi kesempatan untuk mengasah lebih kemampuan yang dimiliki. Kampus yang mengusung konsep digital technopreneur ini mempunyai 6 program studi yaitu: 

  • S1 Entrepreneurship – Business Creation, 
  • S1 Computer Science 
  • S1 Interior Design 
  • S1 Communication 
  • S1 Public Relation 
  • S1 Visual Communication Design 

Selain itu, BINUS Malang juga terdapat program, 2+1+1 yang mana mahasiswa dapat berkuliah 2 tahun di kampus Malang, kemudian 1 tahun berikutnya dapat kuliah di kampus BINUS Jakarta atau Bandung, dan 1 tahun selanjutnya mengikuti program enrichment. Program enrichment ini memiliki berbagai pilihan yaitu riset, start-up business, kuliah di kampus partner di universitas luar negeri, pengembangan kualitas, maupun magang. 

Jadi bisa dikatakan kuliah di BINUS sudah dapat memiliki rencana kuliah serta karir yang saling berhubungan dengan program 2+1+1 tersebut. BINUS sendiri juga telah masuk The Top 10 Universities in Indonesia versi World University Rankings ASIA 2020, Top 8 Indonesian Universities versi QS World University Rankings 2021, dan Top 10 Universities in Indonesia versi QS Asia University Rangking 2021. 

Dengan berbagai kampus pilihan terbaik dan kelebihan yang dimiliki, maka dapat menjadi pertimbangan untuk menjadikan Malang sebagai tempat tujuan untuk berkuliah. Untuk beberapa orang, kuliah tentu saja bukan hanya tentang mencari gelar saja namun mencari tempat yang mendukung untuk pengembangan diri dan karir nantinya. Meski Malang terkesan kota yang jauh karena berada di ujung pulau Jawa, ternyata kota yang satu ini memiliki banyak hal yang bisa membuat kamu menjatuhkan pilihan kepadanya, kota kecil dengan beragam keindahan dan kelebihan yang dimilikinya. 
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

29 comments

  1. MALANG kota kecintaan akuuuu! Dulu aku juga sempat ada wacana daftar ke Unibraw, mbaaa. tapi kok ya kasian Ibu di Surabaya ngga ada temennya ntar hiks hiks.
    Ya wis, akhirnya aku tetep tinggal dan kuliah di Sby.
    Pengin banget ngerasakan tinggal d malang. :D

    ReplyDelete
  2. Iya ya, kuliah di Malang selain nyaman buat belajar, biaya hidup di sana murah. Apa saya kuliah lagi di sana ya, hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah sekarang di malang ada binus ya. Jadi kangen malang aku mbak, ngangenin dan emang bener sih biaya hidup murah disana

    ReplyDelete
  4. wah ada binus ya di malang, keren nih makin melebarkan sayapnya,
    aku suka malang, dingin enggak kaya kotaku, panas. hehe

    ReplyDelete
  5. aku setujuuu..... semuanya setuju.... sebagai anak UB dan 12 tahun di Malang, memang sungguh menyenangkan dan ngga bisa dilupakan banget sih. keceeee. malang selalu keceeee

    ReplyDelete
  6. Adikku kemarin mau ambil kuliah setelah SMA juga memilih Malang.
    Tapi karena keterimanya di Surabaya, akhirnya yang di Malang dilepas.
    Seneng banget siih...pasti kalau sekolah di Malang.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah saya sendiri sebagai warga Malang bersyukur banget lahir dan tumbuh dewasa di kota ini. Kehadiran Binus Malang semakin mengukuhkan Malang sebagai kota pendidikan.

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah Malang, kota yang pengen aku singgahi lho Mbak
    jadi pengen jalan-jalan lihat kampus-kampus keren apalagi Binus Malang ini ya

    ReplyDelete
  9. Cocok banget nih, apalagi kalo yang ngincar kuliah atau sekolah dengan biaya hidup murah. Jadi gak harus melulu ke kota itu-itu aja kan, ke Malang juga cocok.

    ReplyDelete
  10. Well, Binus Malang sebetulnya juga cukup terkenal sih ya, selain kualitas kampus, memang lingkungan dan biaya hidup di malang juga supoort banget.

    ReplyDelete
  11. Dulu pas masih mau kuliah, sempat bilang ke orang tua kepengen kuliah jauh dari rumah alias jadi anak kost. Sayangnya nggak diperbolehin. Padahal Malang ini lengkap banget ya mulai kehidupan anak kost hingga kampus yang keren

    ReplyDelete
  12. Malang dengan alamnya yg indah dan segar, menjadi tempat yg cocok utk kuliah dan bertempat tinggal ya. Apalagi dgn biaya hidup yg relatif murah, pasti menjadi daya tarik tersendiri

    ReplyDelete
  13. Waktu saya pas STM, banyak juga guru saya yang kuliahnya di Malang, Mbak. dan Beliau bercerita betapa menyenangkan kuliah di Malang hehehe.
    Kalau saya masih anak sekolah, mungkin saya akan kuliah di Malang. Apalagi zaman now. Kuliah, sekalian jalan-jalan juga menikmati wisata Malang, dan icip-icip kulinernya hehehe.

    ReplyDelete
  14. Eh, aku kira Binus cuma ada di Jakarta. Secara yang kuliah di ibu kota kan banyakan artisnya di Binus.

    Tapi asyik ya program 2+1+1 nya. Bisa jadi ajang nambah relasi plus pengalaman nih

    ReplyDelete
  15. pengen ke malang nih jadinya

    ReplyDelete
  16. Wah udah lama ya gak ke Malang... pernah ke Unibraw saya... trus wisata kuliner deh makan Rawon, seneng deh ke kota pelajar di Jawa Timur ini

    ReplyDelete
  17. malang ini dikenal juga sebagai kota pendidikan ya mbak
    karena banyak banget kampus di malang
    salah satu yg terkenal ya binus ini

    ReplyDelete
  18. Aku baru sekali ke Malang dan langsung jatuh cinta. Walau gak bisa kuliah di Malang, ya minimal bisa lah hidup dan kerja di sana. ^^ UM jadi incaran aku nih.

    ReplyDelete
  19. Binus ini keren banget. Lingkungannya kayak daerah BSD, tangerang. Heheh.

    Emang si kalau soal pendidikan apalagi kampus, emang Malang itu bisa jadi pilihan.

    Banyak tempat nongkrong instagramable wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Kangan Malang. Suami asli Malang, jadi bbrp kali kami ke Malang. Kulinernya engga ada duanya deh. Enak semua...Haha...
    Bersih pula kotanya...

    ReplyDelete
  21. Ga cuma kuliah, liburan dan tinggal juga asik di Kota Malang,, saya dan keluarga juga sering jalan-jalan ke Malang,, betah dan minim budget

    ReplyDelete
  22. wow bisa double degree ya
    menguntungkan banget
    asalkan bisa me-manage waktu dengan baik

    ReplyDelete
  23. Seru ya bisa tinggal di Malang dan menikmati segala kelebihan yang ada..bahkan kalau cuma punya duit 5000 aja ga perlu khawatir hihihi

    ReplyDelete
  24. Binus di Malang ini ada per kapan mba? berarti aku dah lama banget meninggalkan jawa timur nih sampe ada kampus baru di malang ku tak tau hehehe

    ReplyDelete
  25. saya nyaris dua kali sekolah di Malang. yang pertama saat mau mendaftar SMK, ternyata ditolak oleh ayah saya, padahal sekolah itu dibentuk oleh instansi tempat ayah saya bekerja. Yang kedua ketika kuliah. Orang tua meminta saya untuk sekolah di Malang, ternyata saya lebih tertarik untuk kuliah di Surabaya.

    ReplyDelete
  26. Aku jadi kangen Malang. Gara gara pandemi jadinya aku ga bisa ke sana. Semoga bisa main kesana lagi entar.

    ReplyDelete
  27. Beneran baru tahu kalau ada Binus di Malang, kirain cuma di Jakarta. Pengen banget nih ke Malang, tempat wisatanya banyak. Semoga usai pandemi bisa dapat kesempatan jalan2 ke sana.

    ReplyDelete
  28. Malang memang menawarkan sejuta pesona ya kak, mulai dari kuliner, tempat wisata juga panorama alam yang super duper kece

    ReplyDelete
  29. Aku punya sepupu kuliah di Malang, sementara aku dulu kuliah di Surabaya. Kalau liburan bukan dia yg main ke Surabaya, aku yg main ke Malang hehehe. Sebab di Malang kemana2 bisa naik angkot. Sekarang nggak tau deh angkot Masih Ada atau nggak. Terakhir ngangkot Di Malang tahun 2018. Padahal taun 2018 di Surabaya udah ga ada angkot tergantikan ojek online

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)