Yuk, Sambangi Tempat Makan Bakso Enak di Jakarta!

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Makan bakso atau nge-bakso sepertinya sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia di berbagai daerah. Tidak hanya enak dinikmati di waktu-waktu cuaca sedang dingin, bakso juga sangat lumrah dilahap di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya.

Kuah bakso yang segar, diracik dengan saus kecap, cuka, dan sambal pedas yang membuat kita bersemangat untuk memakannya dan kembali bersemangat untuk melanjutkan aktivitas. Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, tidak ada salahnya mencoba 5 tempat makan bakso enak di Jakarta ini dan jangan lupa untuk patuhi protokol kesehatan ya kalau kamu mengunjunginya!

5 Tempat Makan Bakso Enak di Jakarta Yang Harus Kamu Coba

1. Bakso A Kiaw 99

tempat makan bakso enak di jakarta
credit: manual.co.id

Berlokasi di Jalan Mangga Besar, Jakarta Pusat, Bakso A Kiaw 99 menjadi salah satu destinasi wisata kuliner favorit di bilangan Taman Sari. Berbekal bakso sapi ala oriental yang khas, dengan kaldu bening yang segar untuk disantap serta tambahan irisan-irisan daging sapi, Bakso A Kiaw 99 menjadi pilihan utama destinasi non-babi di daerahnya. Disajikan berbarengan dengan kwetiau atau mi, menyantap bakso di Bakso A Kiaw 99 sudah pasti mampu memanjakan perut yang kelaparan. Untuk harga, Bakso A Kiaw 99 mematok di kisaran Rp50.000.

2. Bakso Bom Mas Erwin
Kalau tadi berlokasi di Jakarta Pusat, Bakso Bom Mas Erwin terletak di kawasan Tebet, tepatnya di Jalan Tebet Barat No 43, Jakarta Selatan. Bakso Bom Mas Erwin menjadi salah satu favorit masyarakat pecinta bakso karena ciri khas ‘Bakso Bom’-nya.

Ada bermacam-macam varian bakso bom isian seperti bakso bom urat, bakso bom telur, bakso bom keju, hingga bakso bom beranak. Sensasi pedas saat menyantap bakso isi ini menjadikan kedai bakso ini dijuluki sebagai Bakso Bom. Untuk kamu yang sangat menyukai rasa pedas, patut dicoba Bakso Bom Mas Erwin ini.

Harga satu porsi Bakso Bom Mas Erwin dimulai dari Rp22.000 hingga Rp35.000, tergantung isian bom yang dipesan.

3. Bakso Beranak Pak Gayeng
Bagaimana jadinya kalau bakso berukuran besar yang kamu santap ternyata bermuatan 8 bakso kecil di dalamnya? Itulah ciri khas dari Bakso Beranak Pak Gayeng, kedai bakso yang terletak di Jalan Tulang Bawang 4 Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Selain isian bakso yang lebih kecil, Bakso Beranak Pak Gayeng menambahkan pula varian seperti telur puyuh, keju, dan cabai rawit di dalamnya. Penasaran kan?

Harga satu porsi Bakso Beranak Pak Gayeng sebesar Rp15.000, sudah lengkap dengan sayur dan mi.

4. Bakso Solo Samrat
Bakso Solo Samrat ini sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Pasalnya, kedai bakso ini telah memiliki berbagai cabang di kawasan Karet, Tanjung Duren, Kembangan, dan Mangga Besar. Bakso Solo Samrat terkenal dengan kuah kaldunya yang kental sedap dan bakso dagingnya.

Ada berbagai macam varian bakso yang dijual di Bakso Solo Samrat. Yang paling menjadi favorit di kedai bakso ini adalah bakso tenis rusuk, bakso berukuran besar dengan iga sapi yang nikmat.

Harga seporsi Bakso Solo Samrat berkisar Rp60.000-an.

5. Bakso Rusuk Samanhudi
Bermula di Samanhudi, Pasar Baru, Bakso Rusuk Samanhudi telah membuka berbagai cabang di daerah-daerah Jakarta. Godaan iga rusuk yang disajikan di mangkok yang berbeda dengan baksonya membuat Bakso Rusuk Samanhudi sulit untuk tidak dilirik oleh para pecinta bakso. Harga per porsi Bakso Rusuk Samanhudi mulai dari Rp25.000.

Cara Membuat Bakso di Rumah

bakso rumahan
credit: haibunda.com

Di masa pandemi ini, cukup berisiko untuk berwisata ke destinasi kuliner bakso yang telah disebutkan di atas. Untuk kamu yang tergoda ingin memakan bakso dengan versimu sendiri di rumah, simak langkah-langkah berikut ini dan jangan lupa siapkan bahan-bahannya ya!

Bahan:
  • 500 gram daging sapi sengkel segar tanpa dicuci, buang uratnya dan iris tipis
  • 1 sendok makan garam kasar
  • ½ sendok teh poly powder
  • 50 gram putih telur
  • 225 gram es serut
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1 siung bawang putih dihaluskan
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok makan bawang putih goreng
  • ½ sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren

Cara Membuat Bakso:
  1. Giling daging sapi dengan dicampur bawang putih goreng, dan garam hingga sedikit lembut
  2. Masukkan poly powder, putih telur, es serut, penyedap rasa, bawang putih, merica bubuk, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Lanjut Giling hingga lembut.
  3. Tambahkan tepung sagu, giling rata sampai lembut dan kalis.
  4. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat. Lalu masukkan ke dalam air hangat.
  5. Sedikit tip, celupkan sendok untuk membentuk bakso ke dalam air agar adonan tidak lengket saat disendokkan.
  6. Rebus bakso sampai matang. Tiriskan.

Nah, meskipun kamu tidak memiliki waktu untuk mencicipi 5 tempat makan bakso enak di Jakarta, resep dan cara membuat bakso di atas dapat membantu kamu menghilangkan rasa penasaran mencicipi destinasi kuliner kedai bakso tersebut. Selamat mencoba dan menikmati!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

  1. Ya ampuuuun bakso a kiaw aku kemana ajaaaa :D. Pdhl 3 thn kerja di daerah manggadua sebelum resign :D.

    Selama di mangga dua, jujurnya aku memang ga banyak jajan Krn kuatir Ama halalnya. Tapi kalo udh ditulis dan direview Ama blogger lain, jd LBH yakin sih. Dr platingnya udh pengeeen mba. Ntr aku ajakin suami kesana ah :D.

    Kalo bakso lainnya aku udh coba :D. So far fav msh yg samanhudi, trus baru samrat.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)