Bermimpi Besar dan Beraktualisasi Diri Bersama ASUS VivoBook 15 A516

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Di kompleks saya tinggal, keluhan mengenai sekolah online mulai sering terdengar. Rata-rata resah karena takut anak tak maksimal mendapatkan ilmu dan juga kewalahan dalam membagi waktu. Perubahan yang tanpa persiapan ini memang masih jauh dari kata sempurna dan saya rasa kita sendiri yang harus mandiri menyesuaikan.


Keresahan itu juga turut hadir di rumah kami, saya merasa rasanya banyak yang hilang pada kuliah online terutama adik yang masih semester muda. Momen menjadi mahasiswa seharusnya juga ajang aktualisasi dan menantang diri sendiri untuk belajar hal baru, termasuk keluar dari zona nyaman. Anyway, zona nyaman di sini maksudnya adalah fixed mindset yang membelenggu diri sendiri.

Memang, saat ini ada program Kampus Merdeka yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar di luar kurikulum jurusan atau magang di big company saat kuliah. Hal itu bisa jadi sebuah alternatif, namun menurut saya penting juga bagi mahasiswa beraktualisasi diri selain memenuhi babak-babak dalam hidup seperti sekolah-kuliah-kerja.

Saya cukup beruntung pernah mengalami mentoring dan belajar meningkatkan potensi diri secara langsung di lingkungan yang mendukung. Aura positif dan dukungan menular sampai-sampai saya bercita-cita menjadi mentor di bidang pengembangan diri bagi anak-anak muda.

Cita-cita itu saya mulai ketika melihat keresahan yang dialami pada adik, maka sebagai Kakak yang mempunyai privilese karena telah mengikuti dan pernah mengalami kegiatan-kegiatan tersebut jadi ajang yang pas untuk melatih diri menjadi mentor. Perubahan besar memang dimulai dari hal-hal kecil dan dari yang terdekat bukan?

Aktualisasi Diri dan Pertanyaan Besar

Alasan penting memilih aktualisasi diri karena bagi saya, dua kata ini lebih besar namun juga lebih bermakna dari sekadar mengembangkan dan meningkatkan potensi diri yang sifatnya lebih untuk diri sendiri. Betul bahwa hal itu penting dan hal tersebut juga masuk dalam aktualisasi diri, namun goal besarnya di sini adalah turut mengikutsertakan makna dan juga manfaat dengan dampak positif sekecil apapun itu. Perasaan penuh atau fulfillment dan rasa bahagia karenanya juga menjadi dampak yang baik untuk diri sendiri.

Alasan kedua adalah, kita sama-sama masih muda. Seperti yang banyak dikatakan orang, masih membara dan banyak energi sehingga lebih baik memilih banyak-banyak pengalaman. Ini juga terinspirasi dari banyaknya kata-kata manfaatkan waktu dan bermanfaatlah seluas-luasnya dari muda.

Beraktualisasi di umur semuda mungkin juga tak ada ruginya, asal memang caranya tepat. Maka memang peran pendukung seperti mentor itu sangat penting. Lalu, bagaimana proses aktualisasi diri di saat sekarang ini?

Beraktualisasi Diri di Kala Pandemi

Rasanya, keterbatasan karena pandemi sudah menjadi alasan yang so last year. Saya dan adik bekerja sama untuk saling menjadi rekan seperti teman kuliah yang suportif. Kami memulai dari hal-hal yang sederhana dan tak muluk-muluk. Tentu saja ini ada alasannya karena jadi melatih berpikir agar terasa mudah, menantang, namun juga menyenangkan. Kan asyik kalau tahu-tahu, hasil progresnya sudah jauh :)

Berproses menuju sesuatu yang besar ini membutuhkan perangkat keren juga, yang memenuhi dan mendukung kebutuhan. Perangkat itu selain smartphone, ialah laptop yang membantu keseharian dan kebutuhan aktualisasi diri. Anyway, laptop sendiri sekarang rasanya memang menjadi lebih penting dan sering digunakan pastinya. Misalkan saja ketika dibandingkan saat dulu yang digunakan hanya untuk mengerjakan tugas, sekarang fungsinya lebih luas lagi.

Saya sempat khawatir karena harga laptop naik semenjak pandemi dan berpikir apakah ada laptop yang memiliki harga terjangkau namun spesifikasinya berkualitas. Hal ini karena kondisi laptop adik yang sudah berumur dan mulai sakit-sakitan, ya maklum sih sudah dipakai sekitar 5 tahunan. Saya memperkirakan jika direparasi, harganya akan memakan banyak karena menyangkut keyboard, LCD yang bergaris, dan juga masalah pada hardwarenya. Untuk investasi ke depan, membeli laptop baru ini menjadi solusi yang saya rasa akan jauh lebih menguntungkan.

laptop asus
laptop asus adik

Bermimpi Besar dan Beraktualisasi Diri Bersama ASUS VivoBook 15 A516

Setelah cukup lama mencari, saya teringat jika ASUS memiliki varian VivoBook yang memiliki banyak pilihan baik bagi masing-masing profesi penggunanya, termasuk mahasiswa. Anyway, melihat kondisi saat ini saya menemukan beberapa kecocokan antara kebutuhan dan fitur yang ada di ASUS VivoBook 15 A516 ini. Here we go!


Berkarya dengan Layar yang Lebih Lebar

ilustrasi gambar

Adik saya menyukai gambar karakter, dan sudah lama merencanakan untuk pindah ke digital. Bagi calon animator (hihi semoga ya), layar besar ini akan lebih banyak membantu jika dibandingkan layar 14 inch. ASUS VivoBook 15 A516 memiliki layar NanoEdge yang memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan. Ternyata nggak cuma itu saja, dengan luas yang lebih lebar ini juga dilengkapi anti-silau. Saya kira, ini akan membantu jika sedang berkerja atau berkarya di tempat outdoor.

Dual Storage, Compile The Drafts Without Worry!

Saya memiliki kebiasaan banyak mengambil bahan baik untuk tulisan maupun pendukung lainnya, tentu saja saya selalu memilih laptop yang memiliki ruang penyimpanan besar. Begitu juga dengan adik yang tentunya butuh bahan-bahan lebih banyak untuk menjadi animator. Didukung juga dengan jurusan kuliahnya yaitu ilmu komunikasi, tugas-tugas multimedia juga seringkali memakan banyak tempat.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

ASUS VivoBook 15 A516 mendukung kedua hal dalam akademik maupun menjalani hobi untuk aktualisasi diri karena memiliki penyimpanan ganda yaitu SSD PCIe® hinggai 256GB dan HDD hingga 1TB. Kita semua juga pasti setuju kalau perihal ruang penyimpanan ini bukan hanya sekadar fungsi menyimpan namun loading saat membuka banyak file. Nah jadi dengan kapasitas sebesar itu,  permasalahan dalam menyimpan banyak bahan atau koleksi sudah saatnya dicoret.

Membuat Rencana Jangka Panjang ditemani Keyboard Backlit



Beraktualisasi diri juga salah satunya tetap memperhatikan ilmu yang utamanya adalah pendidikan. Saya dan adik saya sama-sama night owl, yang suka merancang ide-ide untuk keesokan harinya atau ya mengerjakan pada malam hari. Tak lupa bahwa keyboard yang ada di ASUS VivoBook 15 A516 sudah didukung dengan backlit dan didesain dengan ergonomis. 

Sebetulnya juga, fungsi backlit ini bagi saya tak hanya dibutuhkan pada saat malam hari namun ketika hari mulai sore saja sudah butuh apalagi kalau di dalam ruangan. Ketika terjadinya mati listrik juga misalnya, nggak perlu tuh jadinya nerangin layar biar keyboardnya kelihatan kan. Hihi.

Desain Ala Anak Muda



Laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini memiliki dua pilihan warna, yaitu transparent silver dan slate grey. Warna yang bagi saya minimalis namun tetap stylish bagi anak muda untuk pede membawa ke mana-mana jadi partner. Lagi pula, beratnya juga hanya 1,8kg saja jadi tak membebani pundak dan jadi mudah dalam mobilitas.

Touch Log In

Kerasa banget kalau sedang buru-buru dan panik, waktu untuk membuka laptop kadang berubah menjadi lebih lama saat mengetikkan password. Seringnya, tombol enter atau long space yang menjadi korbannya. Aduh duh, saya yakin saya nggak sendiri kalau sedang seperti ini haha.

Enaknya, dengan sensor sidik jari di touchpad dan Windows Hello sudah membantu untuk log in. Mirip-mirip sama kalau kita sedang gunain smartphone, jadi untuk tim mudah panik hal ini tentunya: sangat membantu.

Dukung Produktivitas dan Kegiatan Kreativitas dengan Prosesor Intel® Core™ 10th Gen

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”
Ciri-ciri Gen Z sekarang seperti saya dan adik saya itu sama-sama menyukai hal yang cepat terutama dalam akses apapun yang ada hubunganya dengan teknologi. Ya ribet kan ya, kalau lagi mau kirim tugas eh tiba-tiba ngehang atau ketika lagi sibuk-sibuk asyik editing justru ngeforce close sendiri. Sedih dooong.

Si ASUS VivoBook 15 A516 ini menghapus kekhawatiran itu karena memiliki prosesor Intel® Core™ 10th Gen yang memungkinkan penggunanya nyaman dalam produktivitas dengan laptop sehari-hari. Loh, woiya dong ketika semangat dan energi sedang menggebu-nggebu memang cocoknya dengan perangkat satu ini. Baik mau kegiatan kreatif dalam hobi, pekerjaan freelancer, hingga tugas-tugas segunung dari dosen siap dihajar semua.

Seimbangkan Hobi dan Akademik Didukung Office Home & Student 2019 

Sejatuh-jatuh cintanya apapun dengan hobi, kami selalu berusaha mengutamakan akademik. Prinsip kami memang academic first, yang lain baru nomor dua. Hal itu karena akademik tuh kan seringnya butuh waktu yang nggak instan untuk mencapai hasil atau mencapai tujuan kalau dibanding hobi yang biasanya bersifat instant gratification ya. Mimpi besarnya nanti sih mendapatkan beasiswa pascasarjana hihi, doakan ya! :)

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Lagi pula, jika perangkatnya si ASUS VivoBook 15 A516 masa sih mau akademiknya medioker aja? Nggak, nggak dong. Perangkatnya udah kece, penggunanya harus lebih kece juga hahaha. Nah untuk mendukung agar nggak jadi medioker, ternyata sudah diberi fitur lain yang ciamik yaitu pre-installed  Office Home & Student 2019 yang tentu saja original. 

Saatnya apa? Ucapkan selamat tinggal pada software bajakan yang biasanya menjadi rahasia umum di kalangan mahasiswa namun juga menjadi keresahan. Soalnya kalau lagi presentasi suka tiba-tiba was-was kalau ada keterangan product invalid. Sudahi keresahan itu dari laptop  ASUS VivoBook 15 A516 ini yes!

Kalau original, saya personal menjadi lebih lega karena kan asli dan rasanya jadi lebih berkah hihi. Semoga langkah-langkah jadi lebih ringan dan menyenangkan karena berasal dari kerja-kerja produktif dari laptop ini.

Keunggulan Lain

Kebutuhan akan dukungan harian sudah dipenuhi melalui fitur-fitur di atas. Namun tak berhenti sampai di sini, ternyata ASUS VivoBook 15 A516 masih memiliki keunggulan lain yang fungsinya tak kalah penting. Misalnya nih:

  • Internal/HDD Protection & Chassis Enhancement

Apaan tuh? Sebagai manusia yang tak sempurna dan kadang clumsy, bawa laptop ini riskan kalau sedang bergerak, apalagi jika laptop dengan  HDD. Di sini untuk melindungi data ketika terjadi benturan, fitur peredam getaran HDD E-A-R berfungsi di sini. 

  • Connect to MyASUS

Sekarang tuh ya, ngapa-ngapainnya kadang udah bisa lewat smartphone aja tapi masih suka riweh kalau lagi pindah-pindahin data atau koneksikan dengan laptop. MyASUS bisa bantu dari sini, bahkan lebih dari sekadar pindah-pindahin data namun sampai fitur lain seperti hands-free phone call, mirror screen, url transfer, remote file access, dan juga screen extender.

  • Connectivity

Untuk konektivitas, laptop ini memiliki USB-C® 3.2 (1), USB 3.2 Type-A (1), USB 2.0 (2), HDMI (10), Audio Combo Jack (1), dan microSD card reader (1).

Perihal Harga ASUS VivoBook 15 A516 

Tak perlu gigit jari dahulu bahwa laptop ini bakal mahal, jenisnya sendiri bisa dipilih karena banyak tipe sesuai dengan kebutuhan yaitu:
  • (Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/HD/Office Pre-installed) - Rp 5.299.000
  • (Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed) - Rp 5.399.000
  • (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/HD/Office Pre-installed) - Rp 7.599.000
  • (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed) - Rp 7.899.000
  • (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed) - Rp 7.799.000
  • (Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/512G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed) - Rp 8.199.000
  • (Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/4G+4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed) - Rp 10.999.000
  • (Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/8G/1TB+256G PCIE/VIPS FHD/Office Pre-installed) - Rp 11.099.000

Penutup

Perangkat yang "keren" memang menjadi bertambahnya motivasi tersendiri untuk terus bisa melajut. Mau berkarya, melanjutkan cita-cita pendidikan, dan yang lainnya. Pastinya, beraktualisasi diri juga bisa dibantu oleh perangkat ini.

***

­­Spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

Up to 8GB DDR4 RAM

Storage

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

Display

15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare

15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX330 (optional)

Intel UHD Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,8 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

Warranty

2 tahun garansi global












13 comments

  1. ASUS VivoBook 15 A516 membantu banget ya mengaktualisasikan diri kita. Menuangkan ide-ide kreatif dengan dukungan fitur fitur lengkap yang dimiliki ASUS tentunya akan makin keren.

    ReplyDelete
  2. ASUS VivoBook 15 A516 membantu banget ya mengaktualisasikan diri kita. Menuangkan ide-ide kreatif dengan dukungan fitur fitur lengkap yang dimiliki ASUS tentunya akan makin keren.

    ReplyDelete
  3. Naksiiiir banget Ama produk2 laptopnya Asus ini. Aku suka Krn variannya banyaaak mba. Trus udh include Ama office. Yg ori pula. JD ga ribet kan. Produknya mulai dr yg utk pelajar dan hrg terjangkau sampai yg kategori premium pun ada. Makanya aku pengen kalo ntr ganti laptop, aku bakal pilih Asus :)

    ReplyDelete
  4. Semoga mimpinya jadi mentor pengembangan diri buat anak-anak muda segera terwujud ya, dan juga laptop impian ASUS VivoBook 15 A516 terkabul juga. Jadi bisa saling mendukung antara profesi sama gawainya nanti aamiin

    ReplyDelete
  5. Wow speknya luar biasa sekali, laptop idaman banget ini, dari jaman kuliah pokoknya tetap setia sama Asus.

    ReplyDelete
  6. Keren mimpinya kak, semangat menggapai mimpi yak...akupun pake ASUS lama tapi sampe skarang masih bandel next kalau ada rezeki minat juga ganti ASUS VivoBook

    ReplyDelete
  7. Laptop yang cakep. Layar besarnya bakalan bikin puas. Storage-nya juga. Pastinya ya, laptop begini bisa bikin kita aktualisasi diri dengan maksimal. Harganya pun terjangkau. Huhu aku juga pengeeeen 😆

    ReplyDelete
  8. Asus nih memang berkualitas laptopnya. Aku juga di rumah pakai laptop Asus dan oke banget untuk blogging, video editing dan content creating. Sayaaang banget deh pokoknya hehe.

    ReplyDelete
  9. Desain ergonomis itu penting banget ya ... keyboard backlit juga. Kerennya pula Asus Vivobook 15 A516 ini sudah dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen.

    ReplyDelete
  10. Kalau mba punya impian jadi mentor, saya juga punya impian yaitu miliki ASUS VivoBook, hihihi.
    Keren soalnya.

    ReplyDelete
  11. Pilihannya sure..sangat beragam tergantung kebutuhan dan budget.
    ASUS VivoBook 15 A516 mengerti sekali kebutuhan konsumen. Semakin produktif dengan ASUS VivoBook 15 A516.

    ReplyDelete
  12. Memiliki perangkat pendukung yang lengkap memang membuat kita lebih bersemangat untuk berkarya dan mengejar impian ya kak.

    ReplyDelete
  13. Ya Allah semoga aku dimampukan punya asus, aamiin.
    spesifikasinya kece badai sih ya produk asus ini mbak

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)