Fungsi Mesin Cuci dan Kelebihan dalam Menggunakannya

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Semua orang akrab dengan kegiatan mencuci pakaian dari kecil hingga dewasa. Sebagian memilih menggunakan jawaban dari apa fungsi mesin cuci, sebagian menggunakan cuci manual dengan tangan, dan selebihnya memilih bantuan jasa laundry. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing berdasarkan kebutuhan.

apa fungsi mesin cuci
pict: stevepb, Pixabay

Untuk usia menjadi perantau baik mahasiswa atau bekerja misalnya, kebanyakan untuk memiliki mesin cuci tak menjadi prioritas karena jumlah pakaian kotor cenderung sedikit. Jika waktu sedang terbatas akibat kesibukan, alternatif lainnya yaitu menggunakan jasa laundry yang dapat menghemat waktu dan tenaga. Kemudahan atas kelebihan lain seperti antar jemput juga menjadi nilai tambah.

Namun, bagi yang sudah berumahtangga yang mana segala sesuatunya dimulai dan berada di tempat tinggal menjadi hal yang berbeda lagi. Apalagi jika keduanya sama-sama memiliki waktu yang terbatas karena pekerjaan atau belum memutuskan memiliki ART, maka fungsi mesin cuci sangat terasa perannya di sini. Antara lain manfaat lebih dari penggunaan mesin cuci ini yaitu:

1. Efisien Waktu

Mempercayakan tugas cuci pakaian pada mesin cuci dapat memberikan kita waktu lebih. Kala mesin cuci sedang bekerja, kita dapat mengerjakan tugas rumah lain seperti membersihkan, merapikan, atau menyiapkan hidangan. Mencuci pakaian dengan mesin cuci juga memberikan kesempatan bagi kita untuk sembari mengerjakan pekerjaan penting yang memiliki nilai prioritas lebih tinggi. 

2. Ringkas Tenaga 

Menggunakan mesin untuk pakaian bukan hanya menyelesaikan satu pekerjaan dalam rumah yaitu mencuci, namun juga sekaligus mengeringkan pakaian. Dibandingkan dengan cuci manual terutama jika waktu sibuk, menggunakan mesin cuci juga ringkas tenaga karena mengurangi beban tenaga dan waktu dalam membilas dan membuang noda pada pakaian saat proses mencuci.

3. Jumlah Pakaian yang Dicuci Lebih Banyak

Memandang tumpukan pakaian kotor yang menggunung sudah terasa lelah atau capek terlebih dahulu. Namun kekhawatiran terhadap persoalan ini bukan lagi menjadi masalah karena mesin cuci dapat menampung lebih banyak pakaian untuk dicuci. Hal ini akan terasa lebih manfaatnya jika anggota keluarga lebih dari dua, misalnya dengan adanya anak-anak.

4. Hempas Khawatir akan Cuaca

Kehadiran cuaca tak selalu bisa diprediksi, ada kalanya datang hujan sedangkan pakaian belum kering sepenuhnya. Pun ketika sedang berada di musim penghujan di mana terdapat sedikit sekali panas cahaya matahari. Solusi ini hadir bersamaan dengan fungsi dari mesin cuci yaitu mengeringkan pakaian lebih cepat. Sehingga akan lebih mudah dan cepat ketika pakaian akan disetrika dan tanpa harus menjermur lebih lama.

5. Mengurangi Risiko Pakaian Rusak

Adalah hal yang sangat disayangkan jika mengetahui pakaian kesayangan rusak, seperti terkena luntur, warna pudar, atau warna yang tak merata karena teknik mencuci yang keliru. Menggunakan mesin cuci dapat membuat pakaian lebih awet karena tinggal mengatur dan selebihnya kita menunggu sampai proses pencucian selesai. Pun karena tak harus menunggu lama ketika menjemur, warna pada pakaian akan lebih lama ketahanannya.

Memiliki mesin cuci memberikan manfaat lebih tersendiri dalam penggunaanya. Tak heran jika banyak berbagai merk dari mesin cuci beserta fiturnya menjadi idaman bagi beberapa orang. Hal tersebut karena selain mengedepankan fungsi utama yaitu mencuci, penggunanya juga dapat merasakan manfaat lain. Manfaat tersebut berupa dapat meringkas dan efisien pada waktu, serta mengurangi kekhawatiran baik cuaca maupun keawetan pakaian.

Meskipun demikian, menggunakan mesin cuci harus bijak dan memperhatikan tata cara penggunaanya dengan detail dan teliti. Hal itu dikarenakan agar fungsi mesin cuci tersebut dapat terus digunakan karena awet dan tak cepat rusak. Memilih mesin cuci juga harus dipertimbangkan sebelum membeli seperti jenis, merk, atau pilihan akan hemat listriknya. Pastikan mesin cuci yang dipilih sesuai dengan kebutuhan akan penggunaanya.
***
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)