Apa Saja KPI Yang Harus Dicapai Recruiter?

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
KPI (Key Performance Indicator) merupakan standar untuk recruiter mencapai keberhasilan kinerja suatu perusahaan. Bukan hanya sekedar monitoring terhadap karyawan saja, melainkan juga semua komponen dalam perusahaan.

target KPI pada recruiter
pict: megan_rexazin, Pixabay

Dengan penerapan KPI, kinerja suatu perusahaan dapat terukur dengan sistematis. HR atau recruiter dapat mengacu pada KPI yang sudah terstruktur. Selain itu, recruiter dengan mudah mengetahui kredibilitas dan kemampuan karyawan.

3 KPI yang Harus Dicapai Recruiter

Bagi recruiter/HR, untuk mendapatkan karyawan baru, atau mengukur kapan karyawan akan bertahan di perusahaan, memang cukup membutuhkan waktu. Misalnya, pada karyawan yang tidak mendapatkan peningkatan jabatan.

HR akan mengevaluasi dan memperkirakan waktu karyawan tersebut bertahan di perusahaan. KPI dibutuhkan untuk menjawab kesulitan yang dialami oleh recruiter atau HR. Oleh karena itu, terdapat 3 KPI yang harus dicapai oleh recruiter, untuk memudahkan selama merekrut dan mengukur kinerja karyawan:

1. Waktu untuk Rekrutmen Karyawan

Posisi kosong suatu jabatan di perusahaan akan menentukan efektivitas kinerja perusahaan tersebut. HR harus mengetahui pentingnya dalam pengisian jabatan dalam waktu dekat, dengan demikian diperlukan untuk perekrutan karyawan.

Dalam perekrutan karyawan juga tidak mudah karena recruiter cukup membutuhkan waktu, pemikiran dan tenaga. Recruiter akan mempertimbangkan setiap individu, baik skill, profile dan kemampuan kandidat untuk mengisi jabatan tersebut.

Alangkah baiknya, HR merancang waktu minimal dan maksimal ketika melakukan perekrutan guna mengisi kekosongan posisi jabatan.

2. Mengukur Efisiensi Kinerja Karyawan

HR dapat mengevaluasi target yang diberikan oleh karyawan untuk mengetahui kualitas kinerjanya. Selain mengukur target karyawan, HR dapat mengetahui masalah yang terjadi pada perusahaan. Dengan demikian, HR dapat mengukur efektivitas kerja karyawan pada perusahaan.

3. Pelatihan

pelatihan kerja

HR memiliki wewenang untuk memberikan training atau pelatihan kepada karyawan. Tujuannya adalah mengetahui apakah training tersebut akan bermanfaat bagi karyawan, atau justru tidak sama sekali. Selain itu, training juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri setiap karyawan.

Software Terbaik untuk Rekrutmen Karyawan

Mencari kandidat karyawan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebagai recruiter, proses ini cukup melelahkan karena bukan hanya untuk kepentingan kinerja pribadi saja, melainkan juga perusahaan.

Kini tersedia software yang akan memudahkan Anda dalam perekrutan kandidat yakni Shortlyst. Berikut beberapa kelebihan Shortlyst:

1. Terdapat 600 Juta Profile Kandidat

Software ini menyediakan kemudahan bagi Anda dalam perekrutan karyawan, karena terdapat 600 juta profile kandidat yang dapat diakses dari seluruh dunia. Anda dapat dengan mudah menemukan karyawan sesuai dengan kriteria perusahaan.

2. Dapat Diintegrasikan Ke Seluruh Platform

Anda tidak perlu mencantumkan nomor WhatsApp atau email untuk kandidat menghubungi Anda. Sebab, software dapat diintegrasikan ke berbagai platform seperti Linkedn, Slack, email, WhatsApp dan platform lainnya.

3. Menggunakan Teknologi AI

Kecerdasan buatan (AI) ikut serta diterapkan pada software ini sehingga kinerja software Shortlyst lebih efisien dan memudahkan Anda dalam perekrutan kandidat.

4. Dilengkapi Fitur Pendukung

Shortlys juga dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan Anda dan kandidat saling berintegrasi. Diantara fitur tersebut adalah adanya interaksi antar kandidat dan recruiter seperti dalam tim.

Anda dapat saling tag dengan recruiter maupun kandidat dan berbagai fitur lainnya yang akan memudahkan Anda.

5. Harga Terjangkau

Untuk merasakan berbagai kemudahan yang ditawarkan software ini, Anda cukup membayar 23 USD saja. Harga ini merupakan 5% dari software yang disediakan oleh Linkedin, sangat murah bukan?


Shortlys merupakan software untuk recruiter terbaik saat ini yang menyediakan berbagai fasilitas dan fitur mumpuni. Cukup menggunakan software Shortlyst, perekrutan kandidat dapat berjalan lebih cepat dan mudah.
***

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)