5 Jenis Lowongan Pekerjaan Medan di Bidang Pertambangan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Kota Medan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia yang banyak berdiri sektor pertambangan untuk menunjang perekonomiannya. Semakin banyak sektor pertambangan yang didirikan, maka semakin banyak juga lowongan pekerjaan Medan yang membutuhkan tenaga kerja.

Keberadaan lowongan pekerjaan Medan hari ini yang semakin banyak dibuka, tentu berimbang dengan jumlah angka pengangguran yang makin sedikit. Salah satunya dengan membuka lowongan pekerjaan Medan di bidang pertambangan. Tentu ada banyak sekali keuntungan yang didapat jika bergabung di dalamnya.

lowongan pekerjaan pertambangan
pict: pixel2013, pixabay

Keuntungan tersebut beragam bentuknya mulai dari fasilitas tempat tinggal, jatah makan, dan gaji akan dapat dinikmati. Namun sebelum memasuki sektor tambang, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis lowongan pekerjaan Medan di bidang pertambangan. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Teknisi

Bekerja di sektor tambang pasti melibatkan penggunaan alat berat untuk memenuhi kebutuhan industri. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang teknisi atau operator untuk mengoperasikan alat-alat berat. Selain dapat menjalankan alat berat, seorang teknisi juga diharapkan memiliki kemampuan ekskavasi. Memahami prosedur dalam melakukan ekskavasi ini bertujuan agar penggalian lokasi tambang berjalan lancar.

2. Insinyur Pertambangan

Seorang insinyur pertambangan memiliki tanggung jawab untuk pengembangan model bangunan dan akses terhadap aktivitas pertambangan. Oleh karena itu, keberadaaan insinyur tak kalah penting dengan para teknisi. Seorang insinyur pertambangan harus memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan  sekaligus pengawasan proyek. Hal ini bertujuan agar seluruh fasilitas tambang berfungsi dengan baik, sekaligus berjalan sesuai fungsinya.

3. Teknik Lingkungan

Industri pertambangan lekat dengan pengaruhnya secara langsung kepada lingkungan sekitar. Maka dari itu, keberadaan ahli teknik lingkungan sangat dibutuhkan. Melalui ahli lingkungan, pihak industri dapat mengetahui dampak lingkungan yang dihasilkan dari pertambangan ini. Ahli lingkungan bertugas untuk menganalisis masalah yang kemungkinan muncul akibat aktivitas pertambangan.

Selain itu, seorang ahli teknik lingkungan harus memastikan bahwa fauna, flora, dan kondisi tanah sekitar tidak terganggu akiabt pertambangan. Orang dengan pengemban tugas ini juga harus memikirkan bagaimana cara untuk mengendalikan polusi udara di sekitar lingkungan pertambangan.

4. Keuangan

pekerjaan bidang pertambangan
pict: ds_30, pixabay

Lowongan pekerjaan di bidang keuangan selalu dibutuhkan di mana saja. Sama halnya dengan sektor pertambangan. Industri pertambangan juga membutuhkan seorang accounting atau ahli keungan untuk mengelola sirkulasi keuangan.

Dalam ranah ini, seorang ahli keuangan ditugaskan untuk mengelola, sekaligus mengawasi sirkulasi keuangan perusahaan. Selain itu, ahli keuangan juga menyediakan laporan keuangan perusahaan agar dapat diketahui besaran pemasukan, pengeluaran sekaligus keuntungan yang didapatkan perusahaan.

5. Pemasaran Hasil Produksi

Selain seorang accounting, keberadaan ahli pemasaran juga penting untuk diperhatikan. Karena ahli pemasaran ini ibarat ujung tombak perusahaan. Bayangkan saja, jika sebuah industri yang menghasilkan sebuah produk namun tidak memiliki ahli pemasaran. Maka hasil produksinya pun tidak pernah terjualkan, tidak dapat dikenal oleh pasar secara luas, atau pengeluaran produksi yang tidak efisien.

Kesalahan atau tak menggunakan teknik pemasaran dengan tepat, tentunya malah justru akan mendatangkan kerugian dan tak sebanding dengan usaha produksi. Di sinilah fungsi seorang ahli pemasaran untuk menjalin hubungan yang baik antara pihak ekstern (klien) dengan intern perusahaan. 

Ahli pemasaran memiliki tanggung jawab untuk menjalin kerja sama yang baik dan berkelanjutan dengan para kliennya. Dengan begitu, sektor industri tambang tentulah mendapat keuntungan dengan melibatkan seorang ahli pemasaran untuk memperkenalkan produk mereka.

Uraian di atas merupakan lima jenis lowongan pekerjaan Medan di bidang pertambangan. Masing-masing memiliki tugas dan bagian yang berbeda-beda namun tentunya saling berkaitan. Tak selalu harus jadi teknisi di lapangan, pekerjaan di bidang pertambangan juga ada dalam bentuk analisis dan laporan.
***

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)