5 Rekomendasi Kelas Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik, ya!

Setelah jeda sebulan, akhirnya pendaftaran Prakerja di buka lagi dan itu berita bagus terutama bagi yang sudah menunggu. Program kartu prakerja sendiri telah berjalan sejak April 2020 yang merupakan program pemerintah dalam pelatihan keterampilan.

Mengenai Prakerja

pelatihan prakerja

Prakerja sendiri menyasar pada pencari kerja baik yang akibat terkena PHK, lulusan baru atau fresh graduate, pelaku usaha yang terdampak selama memenuhi syarat. Sedangkan untuk syarat mendaftar Kartu Prakerja ini yaitu:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang menjalani pendidikan formal seperti kuliah
  • Bukan sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, Perangkat Desa, Komisaris, Dewan Pengawas BUMN dan BUMN
  • Tidak sedang menerima bantuan pemerintah lainnya seperti BSU, BPUM, atau Kemensos.

Adapun nantinya akan mendapatkan insentif setelah menyelesaikan kelas pelatihan yang dipilih sebanyak 2.400.000 yang terbagi menjadi 4 bulan dan saldo pelatihan sebanyak 1 juta. Bantuan Prakerja ini hanya berlaku satu kali dan tidak dapat mengikuti lagi di gelombang selanjutnya jika terpilih. Dan ada batas NIK dengan maksimal 2 anggota keluarga. Perlu diperhatikan jika juga tak kunjung lolos, apakah salah satu anggota keluarga terdaftar dalam bantuan lainnya. Jika terdapat data yang kurang sesuai dapat melapor ke aduan lapor.go.id.

Melihat manfaat dari Prakerja di atas, tentunya kesempatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Terlebih bagi yang sedang menunggu panggilan kerja, membutuhkan dana saat jeda pergantian kerja, dan menambah keterampilan bagi para fresh graduate. Nanti dapat menjadi bekal dalam pekerjaan yang berhubungan dengan minat dalam kelas yang dipilih atau pengembangan dalam karir.

Untuk mendapatkan kesempatan memperoleh Prakerja, terlebih dahulu mendaftar di website Prakerja dan mengisi semua permintaan isian data serta verifikasi. Setelah itu mendaftar para periode gelombang yang tersedia dengan mengklik menu Gabung.

Keuntungan Memilih Kelas Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Sembari menunggu pengumuman, ada baiknya mencari kelas yang cocok sesuai minat untuk rencana jika terpilih nanti. Beragam kelas pelatihan tersedia di Skill Academy, yang mungkin beberapa lebih mengenal terlebih dahulu sebagai lembaga pelatihan secara online. Itu betul, dan Skill Academy juga termasuk menyediakan kelas-kelas pelatihan untuk Prakerja.

prakerja skill academy

Beberapa keuntungan jika memilih kelas pelatihan di Skill Academy ini adalah:

  • Sistem belajar menggunakan micro-learning dengan durasi hanya 2-5 menit. Dengan durasi pendek maka akan lebih fokus dan menghindari kebosanan. Lebih mudah lagi, akses belajar ini dapat digunakan melalui smartphone saja.
  • Kelas dapat diakses selamanya atau tanpa kadaluarsa. Ketika membeli kelas di Skill Academy, maka masa berlaku bersifat selamanya dan tanpa perlu membeli lagi untuk akses ulang. Bermanfaat untuk yang ingin re-learning atau memahami lebih dalam.
  • Terdapat dua sertifikat digital yaitu Certificate of Completion dengan warna putih ketika selesai menyelesaikan kelas, dan Certificate of Excellence dengan warna biru jika telah dinilai lulus.
  • Pengajar atau Instruktur ahli dan terbaik di bidangnya, seperti praktisi maupun ahli lainnya sehingga kita belajar langsung dari ilmu yang mereka praktekan.
  • Ada bimbingan dan mentoting karir yang tergabung dalam grup. Di sini akan mendapatkan info lowongan pekerjaan, CV, dan yang berkaitan dengan pekerjaan.

Skill Academy juga memiliki pusat bantuan aktif dan responsif sehingga ketika ada kendala selama pelatihan, dapat segera menghubungi untuk segera diatasi. Dengan keunggulan dengan raturan kelas dalam berbagai kategori ini, tak heran juga Skill Academy terpilih Google Play Choice Award sebagai aplikasi pengembangan diri terbaik.

Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy

  • Mengoperasikan Microsoft Office & Korespondensi untuk Sekretaris Umum

Mengoperasikan Ms. Office umumnya sudah dikenalkan terlebih dahulu saat sekolah maupun sudah digunakan sehari-hari kala mengerjakan tugas kuliah. Untuk belajar sendiri atau otodidak juga bisa dilakukan karena materi dapat diakses dengan mudah di internet. Namun untuk lingkup kerja, mempelajari keahlian ini perlu ketepatan.

Karena terangkum secara komprehensif menjadi satu, peserta pelatihan akan dengan mudah mengakses untuk belajar bagaimana saja pemakaian tools ini untuk korespondensi. Di kelas pelatihan Prakerja ini akan mempelajari bagaimana penulisan email yang tepat, surat bisnis, pengerjaan proposal, pengerjaan laporan dengan  memaksimalkan fitur dari Ms Office.

Ttentunya jika berkaitan dengan surat menyurat, pengerjaan laporan perlu ketelitian karena hubungannya bersifat profesional antar dua pihak. Sasaran untuk kelas ini yaitu untuk sekretaris umum, staf administasi, karyawan, atau peminat menjadi sekretaris. Metode ajar yang digunakan pada kelas ini yaitu dengan demo tutorial dan learning management system. Untuk total topik yang dipelajari sebanyak 22 dengan 81 total materi, sedangkan perkiraan durasi pelatihan sebanyak 6 jam 53 menit.

  • Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Spesialis Periklanan (Digital Marketing)

Marketing saat ini memiliki banyak peminat karena kebutuhannya yang lebih kompleks di era digital. Dikarenakan berkaitan dengan bisnis, maka strategi dalam pemasaran ini perlu dipelajari secara lengkap. Dimulai dari identifikasi tujuan iklan, strategi kampanye menggunakan tools di internet, content marketing, sampai evaluasi.

Kelas ini cocok bagi pemilik bisnis offline yang ingin mencoba internet marketing, profesional yang ingin meningkatkan keterampilan digital marketing, sampai masyarakat umum. Topik dalam materi digital marketing ini terdiri dari 12 topik dan memiliki durasi total sebanyak 6 jam 11 menit. Metode ajar yang digunakan yaitu LMS, studi kasus, handout, beserta peragaan. Di kelas ini juga sudah termasuk bonus tambahan career mentoring.

  • Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

Bagi yang sedang meminati hobi membuat konten, senang membuat sesuatu atau karya, maka kelas ini cocok untuk meningkatkan keterampilan. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini, media sosial maupun teknik marketing tak jauh-jauh dari media konten sebagai pengisinya. Selain itu, konten juga bisa menjadi medium bagi sebuah brand atau bisnis dapat memasarkan produknya.

Kelas ini diinstrukturi oleh Astri Soeparyono (Managing Editor Gojek), Carin Sanjaya (Senior Creative Design), dan Yoga Arizona (Content Creator). Di kelas ini, peserta akan mempelajari bagaimana membuat content marketing, strateginya, serta yang masih berkaitan dengan topik tersebut seperti personal branding, berpikir kreatif dan mengolahnya, meningkatkan engagement di media sosial, sampai mendapatkan penghasilan dari media sosial dengan konten yang telah dibuat.

  • Menjual Produk dan Mendapatkan Pelanggan Baru untuk Sales (Kanvas)

Kelas ini cocok bagi yang menyukai pekerjaan dengan tantangan seperti mencari prospek dari calon pelanggan. Menjadi sales sendiri memerlukan banyak trik karena penawaran pada calon pelanggan juga memiliki cara yang khusus untk menariknya. Topik yang akan dipelajari yaitu dimulai dengan persiapan, strategi negosiasi, taktik yang digunakan untuk mencapai kesepakatan, identifikasi customer, sampai kiat presentasi.

Topik materi di kelas ini sebanyak 16 dengan total materi sebanyak 75.  Namun materi disediakan dengan video-video pendek dan interaktif, sehingga kegiatan pelatihan online ini tak akan mendatangkan kebosanan. Materi rata-rata terfokus pada bagaimana mendapatkan prospek dari calon pelanggan potensial. Untuk keterampilan bagi seorang sales sendiri juga antara perpaduan antara praktik atau pengalaman dengan dapat menerapkan materi pelatihan dari kelas ini.

  • Membuka dan Mengembangkan Usaha Kedai Kopi

Kedai kopi saat ini mudah sekali ditemukan di berbagai sudut tempat. Ada yang khusus hanya menjual minuman kopi dan kudapan, ada yang bergabung dengan konsep eatery, ada yang dibuat khusus ramah untuk pekerja digital, sampai mengikuti trend kekinian. 

Bukan hanya semakin banyak peminat pekerja digital yang dapat melakukan kerja di mana saja secara fleksibel, kedai kopi juga menjadi pilihan ketika suntuk work from home. Untuk itu, memiliki ciri khas dapat menjadi penunjang keberlanjutan bisnis ketika membuka kedai kopi.

Ketika memilih kelas ini, peserta akan dikenalkan pada coffee culture, istilah pembuatan kopi, mengenal alat pembuat kopi, mengolah biji kopi, cara membangun bisnis kopi dari penentuan modal hingga pemasaran.

Instruktur di kelas ini adalah Djoko Pamungkas yang sudah berpengalaman tahunan menjadi barista dan saat ini menjadi Head Barista Cliq Coffee & Kitchen, ada juga Viki Rahardja sebagai Barista & Latte Art Professional. Sedangkan untuk sisi bisnis ada Gana Pratama (General Store Manager) dan Bernard Hasiholan (Head of Finance).

Cara Membeli Pelatihan Prakerja Skill Academy

Untuk mengakses kelas pelatihan, dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama dengan membuka website atau aplikasi Skill Academy dengan memasukkan akun, pilih kelas, dan gunakan saldo Kartu Prakerja untuk metode pembayaran kemudian verifikasi. Pembelian kelas pelatihan Prakerja Skill Academy juga dapat dilakukan di platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Pintaria.

Khusus pembelian di Skill Academy, jangan lupa untuk memasukkan kode referral UMIFQL19A89W7Y2K ketika melakukan pembelian kelas prakerja incaranmu ya. Keuntungannya apa nih memang? Bisa dapet pulsa, dong. Seru kan? Berikut untuk nominal pulsa yang akan didapat tergantung pada harga kelas tertera. 

pulsa prakerja

Yuk rencanakan kelas pelatihan pilihanmu di Skill Academy!

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)