Beragam Kelas Pelatihan Online di Skill Academy untuk Pegiat UMKM

Dalam beberapa kali berada dalam lingkup kewirausahaan, saya menyadari bahwa sekadar berjualan dan promosi saja tak cukup. Apalagi jika tujuannya ingin besar dan scalable, banyak hal yang harus dimiliki dan dipelajari dari seorang pegiat usaha atau pegiat UMKM terutama fokus pada produk dan hal-hal yang mengelilinginya. Semakin cepat belajar dan melakukan trial error, semakin cepat juga mencari cara atau strategi yang paling cocok dan bertahan lama.

Sebelum adanya pandemi, ada banyak seminar dan juga bisa rutin mengikuti komunitas para pegiat UMKM untuk saling bertukar ide dan berbagi wawasan. Hal itu juga yang dapat membuat usaha lebih cepat berkembang apabila jika hanya dilakukan sendiri. Adaptasi, pada akhirnya menjadi kunci bagaimana merespon kala aktivitas terbatas saat ini dan sekaligus, kata tersebut sudah terkenal lekat dengan para pegiat usaha.

Tentang Skill Academy

kelas online umkm skill academy

Untuk tetap bisa mempelajari hal baru dengan beragam topik, akan lebih mudah jika mengaksesnya dalam satu platform. Hal tersebut terjawab oleh platform pelatihan online, Skill Academy yang mewadahi kebutuhan tersebut dengan beragam pilihan kelas online untuk pelatihan UMKM digital. Kategori kelas online yang ditawarkan di sini yaitu Mentoring, Bisnis & Keuangan, Pemasaran, Pengembangan Diri, Persiapan Tes, hingga Teknologi & Software.

Skill Academy sendiri merupakan inovasi dari Ruangguru yang bergerak dalam layanan pendidikan. Bedanya, di Skill Academy lebih diperuntukkan pada mahasiswa, karyawan, perusahaan (enterprise), pegiat UMKM, hingga freelancer untuk mengembangkan dan meningkatkan beragam skill yang dibutuhkan. Beberapa kelas pelatihan di Skill Academy juga terdaftar dalam program Kartu Prakerja melalui marketplace.

Keunggulan Mengambil Kelas Online di Skill Academy

Saya pernah dua kali mengikuti kelas online di Skill Academy, yaitu kelas IELTS Hacks for Getting Higher Score dengan instruktur Alexandria Tjai dan kelas daring Step by Step Menuju Sekolah Idaman dan Beasiswa Impian dengan mentor Ayu Kartika Dewi. Secara keseluruhan, ada beberapa keunggulan mengikuti kursus online di Skill Academy ini, apalagi bagi pegiat UMKM karena tersedia banyak kelas dengan topik mengenai pengembangan UMKM. Keunggulan tersebut menurut saya adalah:

1. Beragam Topik Pilihan Dalam Satu Platform

Cukup dengan satu akses di Skill Academy, beragam pilihan kelas dapat diambil jadi terkumpul menjadi satu wadah saja sehingga tidak terpisah-pisah. Kelas-kelas yang diambil akan tersimpan di bagian Kelas Saya yang bisa diakses kembali sewaktu-waktu. Hal ini tentu saja efisien, kelas yang dengan topik UMKM juga bisa lintas kategori misalnya Bisnis & Keuangan dan Pemasaran.

2. Akses Website yang Ringan dan Responsif

Sebagai bloger, saya terbiasa menyukai blog atau website dengan loading yang cepat, responsif, dan navigasi yang memudahkan. Web Skill Academy sendiri ringan ketika diakses dan tak menemui kesulitan berarti. Skill Academy juga sudah dapat diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya terlebih dahulu.

3. Materi Dapat Diakses Berulang Kali

Keunggulan membeli kelas pelatihan online di Skill Academy ini adalah kita dapat mengakses materi berulang kali bahkan ketika sudah selesai dipelajari. Jadi cukup membayar sekali saja dan kelas tersimpan di bagian Kelas Saya.

4. Penjelasan Materi Jelas dan Mudah Dimengerti

Grafik yang menampilkan materi dan juga videonya mudah dimengerti, lebih nyamannya lagi tak ditampilkan dan disajikan terlalu panjang namun dengan durasi yang pas. Sehingga, menikmati materi tak akan merasa bosan.

5. Tutor/Instruktur yang Berpengalaman dan Ahli di Bidangnya

materi marketing skill academy

Seiring dengan materi yang dibawakan secara tidak membosankan namun sekaligus mudah dimengerti, hal ini dikarenakan memang tutor atau instruktur sudah berpengalaman di bidangnya. Istilahnya, kita belajar langsung dari ahlinya melalui kelas online ini.

6. Terdapat Rangkuman Materi dan Latihan Soal

Untuk membantu kita memahami kembali materi dengan terstruktur dan tak terlewat poin-poin pentingnya, selalu ada rangkuman materi dan latihan soal yang diajarkan. Dari sini, minimal kita bisa tahu apakah kita sudah memahami materi atau ada yang terlewatkan.

7. Mendapatkan Sertifikat

Kelas atau kursus online di Skill Academy juga memberikan apresiasi berupa sertifikat jika kita menyelesaikan kelas dan lulus dalam menyelesaikan keseluruhan soal.

8. Harga Kelas Diskon Sewaktu-Waktu

Harga kelas di Skill Academy relatif terjangkau dan sering terdapat diskon sewaktu-waktu, terdapat juga paket bundling dengan harga yang tentunya lebih murah.

Pelatihan Online UMKM di Skill Academy

Setelah mengetahui kemudahan dan beragam keunggulan yang ditawarkan pada layanan di atas, berikut rekomendasi kelas pelatihan UMKM online yang tersedia di Skill Academy.

1. Sukses Mengelola Keuangan UMKM

keuangan umkm skill academy

Pencatatan keuangan yang detail ini penting bagi sebuah UMKM, terutama bagi yang baru memulai atau yang berada di kota-kota kecil. Pasalnya, ada juga pemilik UMKM yang pencatatannya manual dan masih kurang lengkap. Beragam faktor yang melatarbelakangi, misalnya menganggap kurang penting atau 'yang penting balik modal'. Padahal, catatan keuangan ini penting bukan hanya demi perputaran usaha namun juga bermanfaat jika ingin membuat Surat Izin Usaha resmi atau mengajukan bantuan modal.

2. Menentukan Badan Usaha untuk UMKM

kelas online umkm skill academy

Untuk UMKM yang sudah mulai scalable, memang penting untuk menentukan jenis badan usaha apa yang cocok untuk keberlanjutan usaha yang dimiliki. Di kelas ini, topik dan materi yang akan didapat yaitu bagaimana mendirikan badan usaha di Insonesia, mengenal badan usaha, hingga materi bagaimana untuk mengubah bentuk badan usaha.

3. Atur Harga Produk, Jual dengan Harga Bersaing

mengatur harga produk pada UMKM

Untuk mendapatkan keuntungan yang meningkat dan tak rugi, memang ada kalanya harga produk berubah. Namun tentu saja, bagaimana menentukan harga juga dapat mempengaruhi penentuan pelanggan dalam pembelian. Agar keduanya sama-sama untung dan nyaman, penentuan harga produk ini tentu saja harus memperhitungkan strategi yang tepat.

4. Pahami UMKM dan Pajaknya

pajak pada umkm

Tak dapat dipungkiri bahwa pelaku UMKM juga dapat dikenai pajak dan melalui kelas ini dapat diberikan gambaran bagaimana konsep pajak UMKM, menghitung pajak, dan tata cara pembayarannya. Kelas ini cocok bagi pegiat UMKM pemula mengenai perpajakan dalam UMKM.

5. 2 Jam Pahami Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Anda

digital marketing untuk umkm

Tak terelakkan bahwa UMKM saat ini juga sedang diarahkan menuju digitalisasi agar penjualan meningkat dan juga tak kalah dalam persaingan. Salah satu dari digitalisasi ini adalah pentingnya kekuatan promosi online dengan digital marketing. Di Skill Academy sendiri banyak topik digital marketing dari umum sampai khusus. Sebagai pemula untuk UMKM, kelas singkat 2 jam ini cocok untuk mempelajari digital marketing dari awal atau dasar.

6. Mahir Foto Produk Menggunakan HP

foto produk umkm

Sekilas, judul-judul pelatihan online UMKM skill academy ini terlihat sederhana dan tak membutuhkan effort yang berarti. Namun masih berhubungan dengan konten marketing yang masuk dalam digital marketing yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pelanggan (visual), kelas ini penting dapat menjadi acuan untuk dipelajari. Nyatanya, jasa foto produk sekarang mulai bermunculan dan saling bersaing antar kualitas satu dengan yang lainnya. Minimal jika memiliki skill dan trik sendiri dalam pengambilan foto produk yang menarik, tentunya akan lebih menghemat cost bukan?

7. Aneka Webinar UMKM

webinar tema UMKM

Di Skill Academy juga tersedia webinar dengan topik UMKM sewaktu-waktu untuk melengkapi kelas pelatihan yang sedang diikuti. Ini bisa menjadi solusi jika ingin menambah insight lebih singkat jika sedang memiliki waktu terbatas. 

Demikian beberapa rekomendasi pilihan pelatihan UMKM digital di Skill Academy bagi para pegiat atau pelaku UMKM. Dapat dilihat bahwa kelas yang tersedia pada topik UMKM ini lengkap mulai dari keuangan, digital marketing, hingga fokus pada pengembangan produk. Maka dari itu, mengikuti kelas online di Skill Academy dapat menjadi bekal dan membantu dalam proses mengembangkan usaha yang dimiliki. 
***
sumber foto: Skill Academy
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)