Life Update: Nostalgia dan Menjajal Permainan PC Jadul Masa Kecil

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Saya sama sekali tidak akrab dengan game online yang sering digandrungi banyak orang terutama generasi muda. Ini murni karena preferensi saja sih, saya mudah bosan selain karena berat di smartphone juga menguji kesabaran. Niatnya mau refreshing, malah jadi triggered. Hahaha. Pun alasan lain yang masih terkait dengan preferensi, masih lebih memilih scrolling artikel atau menonton video ketika sedang suntuk.

tom jerry online game


Namun kemudian kebosanan itu datang, benar-benar sampai kegiatan yang biasanya untuk menghilangkan bosan juga dinilai sebagai bosan. Kalau seperti ini, rasanya mati gaya sekali karena waktu malah justru terbuang bingung namun belum merasa recharge. Ketika meminta pendapat dari seorang teman, saya disarankan untuk bermain game yang ringan-ringan saja. Tentu saja usulan tersebut saya abaikan karena not my cup of tea.

Kemudian ketika melihat mutual Twitter senang sekali bermain game dan rutin padahal sehari-harinya disibukkan dengan riset, saya jadi bertanta-tanya apakah bermain game semenyenangkan itu. Sama ketika juga melihat adik yang gemar menghabiskan waktu dengan game di ponselnya yang sudah memiliki level yang tinggi.

Saya jadi teringat permainan-permainan jadul kala SD yang terpasang di komputer sekolah. Momen pertama kali muncul rasa keingintahuan dan penasaran yang besar akan teknologi. Sebagai anak SD, gembiranya bukan main pula saat bisa memainkan permainan di sana. Sejumlah nama terlintas di pikiran, seperti Pinball, Diner Dash, Solitaire, dan Minesweeper. Permainan sederhana dan itu-itu saja namun gembiranya selalu terisi ulang.

Saya pikir, untuk memainkan kembali permainan-permainan tersebut butuh pula install dan tentu saja saya enggan. Namun kekhawatiran sekaligus keribetan itu hilang ketika semua permainan PC jadul tersebut dapat dimainkan cukup melalui website, yaitu di Plays.org. Awalnya saya kira akan memiliki kesan biasa, ternyata perkiraan saya salah.

Website ini ternyata ringan sekali walaupun menyediakan banyak sekali jenis permainan. Caranya juga mudah saja karena seperti kita membuka suatu laman, dan langsung bisa memainkannya secara gratis di sana tanpa login maupun tanpa harus membuat akun. Bagi yang membenci adanya pop up iklan, maka akan senang berada di sini karena tidak ada iklan sama sekali yang menganggu pandangan. Sebuah cara yang praktis untuk mengisi sela-sela waktu dengan mudah juga.

Space Adventure Pinball Game

Permainan pertama yang saya coba tentu saja Pinball, game PC sejuta umat saat kecil itu. Kalau di website ini tepatnya bernama Space Adventure Pinball Game. Game yang teramat sederhana karena hanya menggerakkan tombol arrow kanan dan kiri saja, namun gemas juga kalau bola kecil jatuh dan tak bisa tertangkap.

Ternyata versi dari Pinball di sini cukup banyak apalagi ketika mengetikkan kata kunci. Perhatian saya tertuju pada game online Tom and Jerry Mousetrap Pinball, masih sama sih konsepnya seperti Pinballhanya saja dengan latar kartun animasi favorit saya yaitu Tom and Jerry. Tertulis juga mengenai movie premiere pada 25 Maret lalu, saya jadi berasumsi game ini dilaunching menjelang dan setelah film Tom & Jerry tayang. Oh iya, saya juga telah menonton film ini yang seru sekali, kebetulan ada aktris favorit saya yaitu Chloe Grace Moretz yang dalam film bersahabat dengan Tom.

Tom and Jerry Parade Pranks: Chinese New Year Themed Snake

Banyak juga permainan dengan karakter Tom & Jerry, misalnya seperti Tom and Jerry Parade Pranks: Chinese New Year Themed Snake yang merupakan permainan ular-ularan namun dengan tema Tom & Jerry. Untuk permainan snake sendiri, sudah pasti kita mengenal dan pernah memainkannya. Bedanya di sini ular tersebut berbentuk naga, ya sesuai dengan tema Chinese New Year vibes itu.

Semakin melihat-lihat dan berselancar di sana, saya menemukan permainan sederhana yang sepertinya akan menjadi comfort game saya. Bisa tebak apa itu? Coloring! Sejujurnya, saya memiliki keinginan untuk membeli peralatan menggambar dan mewarnai karena mencari kegiatan yang teraupetik. Keinginan tersebut tertunda dulu karena bermain di sini terlebih dahulu, yah minimal kalau misalnya tiba-tiba bosan dan tak rutin—tak ada barang atau peralatan yang terabaikan.

coloring online game

game online plays
hasil gambar yang bisa disave


Coloring di sini juga mudah karena tinggal klik warna, sudah rapi tanpa keluar garis. Tapi ada juga yang manual, disesuaikan lah sama kesukaan pribadi hehe. Untuk gambar yang pertama saya coba tentu saja Tom & Jerry, namun ada juga gambar-gambar lain yang bisa dipilih seperti Smurf, Garfield, dan Mr. Bean. Serunya lagi, hasil mewarnai nantinya dapat disave tanpa harus screen shot, gokil. Kalau di keterangannya sih ini diperuntukkan untuk siswa TK atau pre school, but who cares karena adulting juga butuh kegiatan yang menenangkan dan seru seperti ini hahaha.

Tak hanya permainan sederhana yang bersifat menyenangkan dan menenangkan, saya juga tertarik pada game Neon Invaders karena memang warna neonnya yang menarik. Ternyata game ini bertema tembak-tembakan dengan alien, yang makin lama tingkat kesulitannya bertambah. Kurang gercep sedikit, habislah nyawa dan harus diulang. Ini seru selain karena permainannya, namun juga visualnya.

neon invaders

Ada juga lho game yang kembali untuk mengasah otak, yaitu dengan tema geografi dengan menebak suatu negara dari Ibukota atau benderanya. Terlihat gampang, namun setelah mencoba, nyatanya ingatan saya sudah banyak yang menghilang dan berkali-kali salah. Hahaha. Ini game rekomendasi kalau main di Plays.org untuk mempertajam kembali ingatan. Judulnya World Bingo Kids Geography Game.

permainan asah otak

Menjelajahi Plays.org seperti menemukan diri sendiri di masa kecil di sana. Memori-memori mengenai jam pelajaran TIK dan tak masalah menghabiskan waktu istirahat tanpa jajan berputar sembari memainkan game-game ringan. Oh iya, di beberapa permainan dapat dibunyikan suaranya—ini juga bisa menarik anak-anak. Selain bisa mencari permainan tertentu dengan mengetikkan kata kunci, bisa juga memilih menu New Games untuk permainan-permainan terbaru, Random Plays untuk pilihan acak, ataupun Categories untuk memilih berdasarkan kategori.

Menurut saya, jika teman-teman sedang bingung bagaimana mengisi waktu yang refreshing namun ringan-ringan saja, boleh menjajal permainan dalam website ini. Begitu juga ketika bosan dan ingin mencoba hal baru, seperti sembari bernostalgia seperti yang saya lakukan. Oh dan tentu saja website ini ramah dan aman untuk anak-anak, dari pada menginstall di smartphone misalnya—saya kira tak akan menimbulkan kecanduan.

Selamat bermain dan bernostalgia!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.