4 Tips Memilih AC yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Air Conditioner atau yang biasa disingkat AC merupakan salah satu perangkat elektronik dalam ruangan yang umum tersedia. Sebagai salah satu barang elektronik paling dicari, Anda harus bisa memilih yang terbaik sesuai kebutuhan jika ingin membelinya. Mulai dari jenis AC, tipe AC, hingga kelengkapan fitur yang dimiliki AC harus Anda pertimbangkan matang-matang sesuai kebutuhan. Lalu, bagaimana tips memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan?

Tips Memilih AC yang Sesuai dengan Kebutuhan

tips memilih penyejuk ruangan
pict: Sprinter_Lucio (pixabay)


Berikut ini merupakan tips memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Memilih Jenis AC yang Sesuai dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih jenis AC sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda menggunakan AC untuk ditempatkan di rumah saja, Anda bisa memilih jenis AC split. AC split juga dapat dipakai di area kantoran. Selain AC split, AC cassette yang biasanya dipasang di langit-langit kantor juga bisa menjadi pilihan tepat.

Jenis AC lainnya adalah AC central. AC jenis ini biasanya dipakai di pusat perbelanjaan karena memiliki kompresor yang berkekuatan besar. Selain di pusat perbelanjaan, AC jenis ini juga sering ditemui di perhotelan. Sementara itu jika Anda membutuhkan jenis AC dengan mobilitas yang tinggi, Anda bisa melirik AC standing sebagai opsi. Pilihlah jenis AC yang Anda pilih sesuai kebutuhan  agar penggunaannya bisa maksimal.

2. Memilih Tipe AC yang Dibutuhkan

Secara umum, terdapat dua tipe AC, yakni AC standar dan AC inverter. Jika Anda menghendaki AC dengan watt yang rendah, Anda bisa memilih tipe AC tipe standar. Sementara itu, AC inverter akan bekerja sangat keras saat baru pertama kali dinyalakan. Hal ini karena AC inverter melakukan pemanasan sebab kinerja AC tipe ini akan menurun jika suhu di dalam ruangan telah dingin. Bagi Anda yang memungkinkan penggunaan AC selama lebih dari 6 jam, Anda disarankan memilih AC tipe inverter.

3. Memilih AC dengan Fitur yang Benar-benar Dibutuhkan

Setiap merk AC pasti memiliki keunggulan masing-masing. Biasanya keunggulan tersebut ditunjukkan oleh fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah AC, pastikan dulu fitur AC tersebut benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai hanya ingin terlihat menarik akan fiturnya, namun jarang digunakan karena ternyata tidak dibutuhkan. Hal ini jadi tidak efisien karena mengeluarkan budget berlebih dan juga penggunaan yang tidak maksimal.

4. Membeli AC Terbaik dengan Merk Berkualitas

Jika Anda sudah mempertimbangkan ketiga hal di atas, selanjutnya adalah memilih merk AC yang terpercaya. Pasalnya, banyak merek yang menawarkan keunggulan masing-masing sehingga membuat Anda bingung. Salah satu merk AC terpercaya adalah AQUA JAPAN. Banyak pilihan jenis dan tipe AC dengan fitur terbaiknya sesuai kebutuhan Anda.

Sebagai contoh AC AQUA JAPAN jenis tipe inverter dengan kode AQA-KCRV9WG. AC ini menggunakan teknologi yang mampu membuat perubahan suhu terkontrol secara presisi. Penghematan daya listrik teknologi ini mencapai 63%.

Teknologi lain yang digunakan dalam AC ini juga mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Kemudian kotoran akan hilang melalui kondensasi air es dengan menggunakan ekspansi dan hembusan kipas. Ada pula keunggulan lain dari merk dan tipe ini yaitu adanya hembusan nafas sampai 12 meter hingga ketahanan penggunaan sampai 10 tahun.

Setelah menentukan ukuran dan memilih AC yang tepat sesuai kebutuhan, Anda harus memasang AC dengan tepat dan benar. Secara garis besar, cara pasang AC yang benar adalah memulainya dengan menentukan lokasi AC. Jika sudah, lanjutkan dengan proses pemasangan unit outdoor. Pemasangan AC pun selesai dan sudah bisa Anda gunakan.

Itulah informasi tentang tips memilih AC sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan tips ini, Anda bisa mendapatkan AC terbaik dan pas dengan apa yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.