Cara Memaksimalkan Jualan Online di Instagram untuk Small Business

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Terdapat banyak bahasan mengenai bagaimana cara berjualan online, salah satunya menggunakan platform media sosial yang akrab digunakan sehari-hari yaitu instagram. Untuk small business atau usaha online dengan modal kecil yang baru mulai, penggunaan Instagram bisa menjadi salah satu media promosi. Fitur-fitur yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk jualan online tanpa harus mengeluarkan biaya, tinggal memaksimalkan saja yang ada.

cara jualan online di instagram small business

Meskipun sudah banyak tips-tips yang ada di internet, memaksimalkan penjualan online melalui media promosi Instagram tetap butuh banyak praktik. Apa yang paling cocok antara satu bisnis dengan yang lainnya bisa jadi berbeda, hal ini juga didasari pada kebutuhan dan jenis cakupan calon pelanggan.

Terutama untuk small business dengan modal terbatas, penggunaan fitur yang ada di Instagram dengan tepat dapat menghemat biaya namun tetap berdampak pada peningkatan penjualan. Tak perlu terfokus dahulu harus memenuhi semua trik-trik yang ada, karena salah satu metode promosi disesuaikan dengan ciri khas tersendiri.

Ada beberapa poin penting dalam memaksimalkan penggunaan Instagram ini untuk bisnis, yaitu:

1. Pengambilan Foto yang Detail

Di Instagram, keunggulan utamanya memang aspek visual bahkan sampai-sampai terdapat jasa foto/feed tersendiri. Pemilik small business juga bisa menghemat budget dengan memanfaatkan sumber yang ada, misalnya smartphone dan tutorial di internet. Gunakan pula editing seperlunya sehingga tak meninggalkan kesan palsu agar pelanggan tak kecewa.

2. Tuliskan Keterangan Produk dengan Detail dan Kontak Yang Jelas

Alasan menuliskan detail ini karena akan efisien dengan pelanggan tanpa harus menanyakan ulang perihal produk tersebut. Sertakan pula berbagai kontak yang dapat dihubungi pelanggan untuk pemesanan. Sedikit saran, hindari pula jenis-jenis DM untuk harga karena kebanyakan calon pelanggan justru mengurungkan niat.

3. Interaksi dengan Pelanggan

Kembali lagi karena ini small business, membangun kedekatan dengan pelanggan maupun calon pelanggan itu diperlukan. Satu sisi bisa menjadi perbaikan baik produk ataupun pelayanan, satu sisi lainnya lagi dapat menjadi promosi melalui testimoni. Interaksi ini juga perlu dilengkapi dengan metode pelengkap, misalnya pemberian freebies, memberikan tester atau free sample, maupun kupon diskon setelah pembelajaan tertentu. Hal-hal kecil seperti ini bisa jadi kesan atau ingatan sendiri untuk bisnis kita.

4. Jangan Lupakan Testimoni

Testimoni memang penting dan umum digunakan, namun sekaligus menjadi boring jika formatnya hanya mengandalkan tangkapan layar berupa chat. Sedikit tips, gunakan template untuk menampilkan testimoni yang diletakkan di-highlight, jumlahnya juga tak perlu terlalu banyak atau gunakan yang paling update.

5. Manfaatkan Instagram Ads

Menggunakan Instagram Ads adalah opsi yang dilakukan jika poin-poin di atas telah terlebih dahulu lengkap. Ada alasannya tersendiri yaitu, sudah memiliki modal yaitu bahan yang lengkap untuk nantinya ditampilkan. Hal tersebut berkaitan nantinya untuk evaluasi saat melihat laporan yang ada di dashboard berdasarkan behaviour dari target pelanggan.

Menggunakan Instagram Ads bukanlah cara yang paling final karena masih ada yang terus menerus disesuaikan, diperbaiki, atau untuk peningkatan lanjutan jenis produk pada bisnis. Ketika telah berlangsung cukup lama, penggunaan platform lain juga dibutuhkan untuk membantu penjualan melalui Instagram ini.

Memaksimalkan Jualan Online di Instagram dengan Aplikasi TOKKO

website jualan pribadi tokko

Selain Instagram, tentunya ada juga keinginan untuk membawa bisnis tersebut lebih luas. Misalnya dengan memiliki website jualan untuk menarik calon pelanggan lebih luas dan menambah level trusted. Sayangnya untuk pembuatan website serta merawatnya secara berkala membutuhkan perhatian dalam bentuk waktu dan tenaga yang banyak. Sementara, fokus pada bisnis ini utamanya adalah pada peningkatan penjualan.

TOKKO menjadi oase akan pertimbangan-pertimbangan di atas. Untuk gambaran, TOKKO ini bukan marketplace namun platform D2C (direct to consumer) yang memudahkan baik interaksi maupun transaksi dengan pelanggan. Kemudian apakah untuk pendaftaran dan penggunaan rumit? Tidak, dong. TOKKO justru hadir membawa keuntungan dan bisa dimanfaatkan bagi para pemilik small business dengan lebih gampang dan ringkas.

Beberapa keunggulan yang ada pada aplikasi TOKKO ini adalah langsung terhubung dengan WhatsApp, pelanggan tak perlu unduh aplikasi atau membuat akun, dan komisinya cenderung kecil karena baru akan dikenakan biaya pada fitur tertentu saja.

Naik Level dengan Daftar TOKKO Plus

TOKKO Plus

Kalau fitur yang ada di TOKKO bersifat lebih memudahkan, kemudian bagaimana nasib dari penggunaan Instagram Ads? Apakah harus terpisah sendiri-sendiri? Nah jawaban dari kerisauan di atas dijawab dengan adanya TOKKO Plus.

Masih bagian dari TOKKO kok, namun program TOKKO Plus sifatnya lebih ke untuk pemaksimalan kebutuhan jualan online ini. Misalnya nih kalau sudah mulai ke skala besar, orderan dengan jumlah banyak mulai rutin, dan menginginkan tetap ada dalam kendali sendiri. TOKKO Plus ini, salah satunya terintegrasi dengan Instagram Ads. Bagi yang menggunakan Facebook Ads atau Google Ads, TOKKO Plus juga terhubung dengan itu.

Bedanya, jika menggunakan TOKKO Plus ini nantinya akan ke sistem berlangganan. Ada paket 1 bulan, 6 bulan, dan juga 12 bulan. Oh iya, fitur dari TOKKO Plus ini juga sudah termasuk dengan fitur toko online regular. Untuk lebih lengkapnya dan sebagai perbandingan antar paket, bisa dilihat di tabel berikut ya.

fitur TOKKO Plus

Nggak perlu khawatir kalau menggunakan TOKKO Plus apakah akan worth it untuk small business, karena dalam 3 bulan ke depan akan terus ada peningkatan fitur. Beberapa yang akan hadir yaitu:

  • Loyalty Program
  • Fitur Admin & Manajemen Pengguna
  • Personalisasi TOKKO Advance & Tema Pilihan
  • Grouping Pelanggan & Fitur CRM
  • Personalisasi Poster 2.0

Sudah mulai lengkap, ya? Nah sembari menunggu, bisa terlebih dahulu kenalan dengan fitur-fitur gratis yang tersedia di TOKKO ini. Bisa diakses baik melalui aplikasi maupun web desktop dan ada customer service aktif yang bisa dihubungi jika menemui kendala.

Cara Langganan TOKKO PLUS

Untuk mulai berlangganan ini mudah saja, terlebih dahulu membuat akun TOKKO melalui alamat https://web.tokko.io/login. Dari sana kemudian memilih menu Langganan Toko Plus dan pilih paket. Langkah terakhir tinggal melakukan pembayaran yang bisa melalui cara e-wallet, transfer bank, atau virtual account.

Saran saya, sebagai pengguna pemula bisa memilih paket 1 bulan TOKKO Plus terlebih dahulu untuk adaptasi dan memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya.

Ternyata sekarang jualan online beneran jadi lebih mudah dan sangat terjangkau dengan platform direct to consumer TOKKO ini. Fitur yang ada bisa dimanfaatkan dengan maksimal dan bisa membantu sekali terutama untuk small business atau bisnis online yang baru merintis. Jadi untuk pegiat small business, yuk Download TOKKO segera dan manfaatkan fitur-fiturnya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.