Sarapan Sehat dan Cepat dengan Resep Pancake Cuma 5 Menit

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Panekuk atau pancake sering dijadikan hidangan sarapan oleh sebagian keluarga di seluruh dunia. Teksturnya yang ringan, lembut, dan hangat serta rasanya yang manis membuat senang penikmatnya. Selain itu, hidangan tersebut mudah dikreasikan.

resep pancake praktis


Dengan bahan-bahan yang tepat, membuat hidangan satu ini tak hanya nikmat disantap tapi juga sehat bagi tubuh. Triknya adalah mengganti bahan-bahan pancake klasik dengan bahan-bahan yang kaya nutrisi. Misal tepung terigu diubah menjadi gandum utuh, bisa juga mengurangi topping manis seperti sirup maple menjadi madu atau buah-buahan segar.

Manfaat Sarapan dengan Pancake Sehat

1. Sumber Energi

Pancake mengandung banyak karbohidrat dan itu baik bagi tubuh apalagi kalau dikonsumsi di pagi hari. Sebagaimana diketahui, karbohidrat adalah sumber bahan bakar buat tubuh, itu berarti pancake juga merupakan sumber energi yang bagus. Satu porsi pancake buttermilk (bernilai sekitar 200 kalori) memiliki total 38 gram karbohidrat, demikian pula dengan pancake gandum, juga memiliki total karbohidrat yang hampir sama banyaknya yakni mencapai 30 gram.

Pancake gandum utuh adalah pilihan yang lebih baik. Anda masih akan mendapatkan banyak karbohidrat untuk mengisi gaya hidup aktif Anda sehari-hari. Namun sekaligus, dengan kandungan serat tinggi yang dikandung gandum juga bisa membantu menstabilkan gula darah Anda sehingga Anda akan merasa berenergi setelah makan.

2. Sumber Zat Besi

Pancake juga sumber zat besi, lho! Satu porsi pancake gandum akan memberi Anda sekitar 3 miligram mineral penting, yaitu antara 16 dan 38 persen zat besi yang perlu Anda konsumsi setiap hari, tergantung pada usia dan jenis kelamin Anda.

Seperti karbohidrat, zat besi juga berkontribusi sebagai sumber energi. Karena memainkan peran kunci dalam mengoksidasi jaringan dalam tubuh sehingga mereka dapat menghasilkan bahan bakar yang dibutuhkan. Zat besi juga penting untuk fungsi sel-sel kekebalan tertentu, sehingga mendapatkan cukup zat besi dalam makanan Anda dapat membantu Anda melawan penyakit.

3. Kalsium untuk Tulang Kuat

Pancake juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Satu porsi panekuk gandum memiliki sekitar 250 miligram kalsium, atau sekitar seperempat dari kalsium yang Anda butuhkan dalam sehari.

Selain bermanfaat bagi tulang, kalsium juga bisa membantu saraf dan otot Anda berfungsi dengan baik, dan mungkin juga membantu mengontrol tekanan darah Anda, demikian menurut laporan Linus Pauling Institute.

Resep Pancake Sehat dan Enak Cuma 5 Menit

resep pancake sehat
source:Matthias_Groeneveld, Pixabay


Resep ini hanya membutuhkan 3 menit persiapan dan 2 menit untuk memasak. Jadi total waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 5 menit saja. Praktis, bukan?

Untuk nutrisinya pun tak perlu diragukan. Hidangan ini mengandung total 109 kilo kalori, 10 gr karbohidrat, 3 gr protein, 6 gr lemak, 1 gr lemak jenuh, 42 mg kolesterol, 165 mg natrium, 161 mg kalium, 1 gr serat, 2 gr gula, 90IU vitamin A, 68 mg kalsium, dan 0,6 mg zat besi. Sudah tak sabar ingin membuat resep ini? Berikut resepnya:

Bahan-Bahan:

  • 1 cangkir tepung gandum utuh
  • 1 cangkir susu cair Frisian Flag purefarm low fat
  • 3 butir telur
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok makan madu
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh soda kue
  • ¼ cangkir minyak (minyak sayur atau minyak canola)

Cara Membuat:

  • Tambahkan tepung gandum dan susu ke dalam blender dan blender dengan kecepatan tinggi selama 3 menit.
  • Tambahkan sisa bahan dan aduk hingga rata.
  • Masak di atas teflon berminyak panas selama 1-2 menit. Masak kedua sisi sampai berwarna coklat keemasan. (Saat memasak adonan mungkin akan terlihat sangat tipis dan Anda mungkin mulai mempertanyakan apakah cara memasak Anda sudah tepat atau belum. Tenang, Anda masih di jalur yang tepat, yang perlu Anda lakukan adalah menekan adonan ke depan dan Anda akan melihat adonan tersebut akan mengembang dan menjadi sangat ringan dan lembut!)

Petunjuk Penyimpanan:

  • Tempatkan pancake yang sudah jadi namun belum mau Anda habiskan ke dalam kantong ziplock atau wadah kedap udara di lemari es selama 4-5 hari.
  • Biarkan panekuk yang sudah dimasak benar-benar dingin. Lalu masukkan ke dalam freezer selama 30 menit. Setelah beku sebagian, susun pancake dalam wadah yang aman disimpan di freezer dalam waktu yang lama. Pancake ini bisa disimpan selama 2-3 bulan.
  • Untuk memanaskan kembali: Bungkus pancake dengan handuk kertas dan hangatkan selama beberapa detik dalam microwave. Anda juga bisa memanaskannya kembali dalam oven pemanggang roti.

Petunjuk Pembuatan Pancake Untuk Vegan:

  • Ganti susu sapi dengan susu almond
  • Ganti telur dengan 3 sendok makan bubuk biji rami
  • Ganti sirup maple atau sirup lainnya dengan madu
  • Bahan dasar tepung juga bisa diganti dengan tepung almond atau tepung beras merah

Bila bosan dengan resep pancake di atas, coba kreasikan adonan pancake dengan resep-resep lainnya. Sebagai referensi, Anda bisa mencoba resep-resep pancake dari laman Frisianflag.com. Selamat berkreasi!
***

2 komentar

  1. Dari dulu suka banget lihat pancake sampai pengin nyoba rasanya, tetapi belum tercapai sampai sekarang. Jadi pengin buat sendiri aja.

    BalasHapus
  2. sebenernya gampang ya kalau buat sendiri. aku lebih sering pesen kalau pas ke cafe dan itupun kalau ada menunya
    terakhir kali makan ini, kayaknya waktu naik gunung, temen aku sampe bawa bahan-bahannya ke gunung

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.