Bagusan Brainly atau Roboguru? Yuk Cek Dulu Perbandingannya!

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hola, enthusiast learner! How's school going so far?

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat kenalan baru, usianya masih sangat belia karena masih duduk di sekolah menengah. Pertemuan tersebut merupakan waktu yang tepat untuk ngobrol banyak hal dengan jarak usia seperti kakak-adik. Kami membicarakan seputar sekolah online, rencana kuliah, hingga aktor atau bias Korea mana yang paling ganteng

tanya jawab soal brainly vs roboguru
pict: mohamed_hassan (Pixabay)

Banyak istilah di dunia pendidikan yang ternyata telah berubah dan saya mengenang masa putih abu-abu. Misal masuk perguruan tinggi syaratnya sudah berubah, sistem penilaian sudah berubah, dan begitu juga kesukaan remaja saat ini. Namun tak semuanya berubah tentu saja, seperti penggunaan internet untuk membantu mengerjakan PR atau soal tugas. Maklum, masih sama-sama generasi Z nih, bedanya saya yang paling mentok atas aja.

Mencari jawaban atau referensi terkadang tak ditemukan semuanya dalam modul, sehingga perlu cara lain. Sewaktu saya SD, mencari jawaban bisa dengan membaca buku-buku lain. Sekarang sih cukup dengan mengetikkan soal saja di internet, nah yang paling akrab ini menggunakan platform Brainly.

Namun sekarang bukan hanya Brainly untuk tanya jawab soal tugas atau PR, ada juga platform lain seperti Roboguru dari Ruangguru. Keduanya sama-sama gratis, cuma bedanya Brainly memang hadir lebih dahulu. Apakah ada teman-teman yang menggunakan keduanya? Well berdasarkan pengamatan, berikut beberapa perbedaan antara Roboguru dan Brainly.

Roboguru Tanpa Biaya Tambahan

Baik Roboguru atau Brainly sama-sama bisa diakses secara gratis, hanya perlu login saja untuk menuliskan pertanyaan. Hanya saja untuk di Brainly jika ingin melihat jawaban yang terverifikasi perlu berlangganan atau biaya tambahan atau melalui aplikasi. Sedangkan untuk Roboguru tidak perlu dan bahkan bisa dilihat tanpa harus login akun. Jikapun login dan ingin mengakses Roboguru juga tak perlu terlebih dahulu berlangganan paket tertentu.

Jawaban Roboguru Terverifikasi dari Master Teacher

roboguru atau brainly
Jawaban Roboguru tersedia dalam teks dan video penjelasan


Karena berasal dari Ruangguru, maka jawaban soal atau pertanyaan yang ditulis di Roboguru ini sudah terlebih dahulu diverifikasi dan berasal dari Master Teacher. Di Ruangguru sendiri, Master Teacher dipilih dari lulusan-lulusan terbaik atau pengajar yang memang berkualitas dan berpengalaman. Sedangkan di Brainly ini lebih luas, bisa jadi sesama siswa namun bisa jadi juga pengajar atau guru pula. 

Selain PC/Laptop, Akses Soal Bisa Melalui WhatsApp

Baik brainly atau Roboguru sama-sama bisa diakses melalui PC/Laptop ataupun web browser di smartphone. Nah di Roboguru ini juga bisa melalui WhatsApp seperti chat biasa sehingga jika ingin mengecek penjelasan dari soal tertentu hanya perlu membuka ruangan chat. Kemudian untuk jawaban yang terverifikasi juga bisa diakses di manapun untuk Roboguru, sedangkan di Brainly harus melalui aplikasi.

Adanya Pembahasan Dalam Bentuk Video

Keunggulan lain dari Roboguru vs Brainly ini adalah jawabannya hanya satu namun sudah terverifikasi, bisa lengkap juga dalam bentuk video sehingga pembahasan lebih mudah dipahami. Kalau brainly perlu menunggu beberapa jawaban dan memilih mana yang paling tepat. 

Topik Soal/Pertanyaan di Roboguru Lebih Spesifik

Jika ingin menuliskan soal di Roboguru, sudah tersedia untuk jenjang apa dan mata pelajaran apa serta pilihannya lebih banyak bahkan sampai soal SBMTPN dan STAN. Sedangkan di brainly lebih ke beberapa mata pelajaran saja.

Well, baik Roboguru maupun Brainly sama-sama bisa digunakan sebagai referensi dalam mendapatkan jawaban karena sama-sama gratis. Namun jika menginginkan dari segi kecepatan, lengkap, dan fitur saya merekomendasikan untuk menggunakan Roboguru. Mumpung segala aksesnya gratis juga ya kan hihi, jadi serasa mendapat penjelasan dari guru privat. Nah jangan lupa untuk tak menyia-nyiakan manfaat ini ya.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

1 komentar

  1. Anak suka banget yang googling secara instan di brainly, padahal jawabannya gak tentu akurat. Jadi, mulai dialihkan ke roboguru aja yang lebih jelas sekalian anak juga bisa belajar, ya, Mbak. Terima kasih infonya.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.