Inilah Keutamaan Ayat Seribu Dinar Beserta Latin dan Terjemahan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Sebagai umat dari Nabi Muhammad SAW, tentunya Alquran adalah pedoman terakhir bagi para muslimin. Berbagai hal telah dijelaskan bagaimana bertata hidup telah dijelaskan di dalamnya tidak terkecuali dalam mencari rezeki.

keutamaan ayat alquran
sumber gambar: pin.it/2Gvr16E

Terdapat banyak sekali keistimewaan di dalam Alquran yang salah satunya nya adalah doa seribu dinar pada surat At-Talaq ayat terakhir 2 dan semua ayat ke 3. Dinamakan ayat seribu dinar lantaran ayat ini dapat membawa kelimpahan rezeki bagi setiap muslimin yang rutin dalam mengamalkannya.

Khasiat dari ayat ini juga dijelaskan riwayat Nabi Muhammad SAW di dalam kitab Al Musnad. Dari Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas, dari ayahnya, dari kakeknya, Abdullah bin Abbas, dia berkata, Rasulullah bersabda yang artinya: "Barang siapa banyak beristighfar (memohon ampunan), maka Allah akan menjadikan baginya setiap kesusahan menjadi kemudahan, setiap kesempitan menjadi ke lapangan, dan akan Dikaruniai rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Ayat Seribu Dinar

ayat seribu dinar

Pada ayat seribu dinar yang tercantum pada surat At-Talaq, Allah SWT telah menjanjikan kemudahan bagi para hambanya yang bertawakal. Selain itu Allah SWT juga menjamin kecukupan rezeki pada hambanya yang selalu berada pada jalan yang telah ditentukan Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan dari ayat seribu dinar yang dapat diamalkan umat muslimin agar dilimpahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT :

“Wamayyattaqillaaha yaj'allahuu makhrojaa wayarzuqhu min khaitsu laa yahtasib, wamayyatawakkal 'alallaahi fahuwa hasbuh, innallaha baalighul amrihi qad ja'alallaahu likulli syai inng qadraa”.

Artinya: "Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Dia akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS. At-Thalaq: 2-3)

Keutamaan Ayat Seribu Dinar

keutamaan ayat seribu dinar
sumber gambar: pin.it/6Oz7pey

Ayat seribu dinar mempunyai keutamaan dalam hal rezeki. Selain itu ayat 2-3 At-Thalaq ini juga memberikan pengajaran tentang pentingnya bertaqwa pada Allah SWT. Taqwa sendiri adalah sifat dan perilaku seseorang yang taat pada Allah SWT dengan menjalani perintahnya dan meninggalkan segala larangannya semata-mata mencari ridho-Nya.

Tapi sebenarnya surat At-Talaq sendiri mengisahkan mengenai perkara talak atau perceraian dalam Islam. Adapun keutamaan dari ayat seribu dinar adalah sebagai berikut :

1. Dibukakan Pintu Rezeki dari Arah yang Tidak Disangka

Sesuai dengan penamaannya, ayat seribu dinar biasanya diamalkan oleh umat muslim secara rutin untuk pembuka pintu rezeki. Biasanya sebagian kalangan umat muslim membacanya dalam jumlah tertentu pada waktu malam hari.

Akan tetapi tetap wajib hukumnya untuk tetap berikhtiar dan berusaha di barengi dengan sifat tawakal berserah diri kepada Allah SWT.

2. Diberikan Solusi pada Setiap Masalah

Berdasarkan penjelasan atas surat At-Talaq yang telah dijelaskan diatas, Allah SWT telah menjanjikan kepada umat muslimin akan menyelamatkan dari kesulitan dunia dan di akhirat bagi mereka yang bertawakal.

Seseorang yang bertaqwa akan selalu mendapatkan petunjuk serta hidayah dari Allah SWT, sedangkan bagi mereka orang-orang zalim tidak akan mendapatkan apapun selain kerugian. Hal ini dijelaskan dalam salah satu surat di dalam Alquran yang artinya : 

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS Al Isra’ : 82)

3. Dicukupkan Segala Kebutuhannya

Keutamaan ayat seribu dinar selanjutnya yaitu Allah SWT menjamin terpenuhinya segala kebutuhan umatnya yang mengamalkan ayat seribu dinar.

Lantaran sesungguhnya Allah SWT telah memutuskan segala sesuatu yang terbaik pada masing-masing hambanya, termasuk rezeki baik berupa material lahir maupun batin.

Waktu-Waktu Mustajab Memanjatkan Ayat Seribu Dinar

waktu baca ayat alquran
sumber: pin.it/37fqdgK

Setelah mengetahui keutamaan dan manfaat dari ayat seribu dinar, perlu diketahui juga waktu-waktu mustajab untuk memanjatkan doa dari seribu dinar.

Mungkin memang semua waktu dalam satu hari dan semua hari dalam satu minggu adalah waktu yang baik dalam pengamalan, akan tetapi beberapa momen ini memiliki waktu agar doa lebih mudah dikabulkan.

  • Waktu Sahur

Menjelang memasuki waktu Subuh adalah salah satu momen yang tepat untuk memanjatkan doa dikarenakan termasuk waktu doa mudah diijabah.

  • Setelah Sholat Subuh

Ayat seribu dinar yang dipanjatkan setelah seseorang muslimin mendirikan sholat Subuh dapat menciptakan tubuh yang lebih mudah menerima afirmasi positif.

  • Ketika Tahajud

Tahajud atau Sholat yang dilaksanakan pada waktu 1/3 malam terakhir diketahui memiliki keistimewaan tersendiri. Hal ini dikarenakan selain dari segi waktu, sholat Tahajud sendiri memang waktu dimana doa yang dipanjatkan seorang hamba sangat mudah terkabul oleh Allah SWT disebabkan ini lah waktu yang biasanya dipergunakan seorang ciptaan secara berinteraksi dan intensif berkeluh kesah kepada penciptanya.

  • Saat Berangkat Kerja

Menjelang perjalanan untuk mencari nafkah, ada baiknya seseorang untuk memanjatkan ayat seribu dinar supaya pekerjaan diberikan kelancaran, kemudahan, dan keberkahan.

Demikianlah artikel ini memuat tentang keutamaan, bacaan hingga waktu mustajab untuk membaca ayat seribu dinar, referensi yang digunakan dalam artikel ini tidak terlepas dari indozone. Semoga para pembaca pada artikel di sini mendapatkan manfaatnya dalam pengamalannya. Amiin.

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.