Volunteer Adalah: Mengenal Lebih Dalam Tentang Volunteer Serta Manfaatnya

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Volunteer adalah istilah untuk orang yang menjadi relawan, yaitu memberikan bantuan dalam bentuk tenaga, pikiran serta waktu mereka kepada orang-orang yang membutuhkan. Belakangan ini nyatanya ada semakin banyak anak muda yang terketuk hatinya sehingga memutuskan untuk menjadi relawan juga di berbagai acara, mulai diantaranya adalah relawan korban bencana alam, relawan tenaga pendidikan di daerah terpencil, serta masih banyak lagi diantaranya.

volunteer adalah
pict: Pixabay, geralt

Manfaat dari Kegiatan Volunteering

Jika berbicara mengenai kegiatan sebagai volunteer atau relawan ini, pada dasarnya memang punya banyak manfaat baik dari volunteernya sendiri maupun yang dibantu, yaitu:

1. Membantu dalam Membangun Serta Memperluas Jaringan Sosial

Kegiatan semacam ini akan membuat Anda berjumpa dengan banyak orang baru di luar sana dengan tujuan yang sama, yaitu komunitas sosial, sehingga membantu untuk memperluas jaringan sosial Anda, hal ini akan sangat membantu kedepannya untuk peluang karir atau misi sosial yang sedang dijalankan dalam hidup.

2. Membantu Seseorang untuk Menemukan Nilai dalam Hidup

Faktanya sendiri memang beberapa orang akan merasa bahwa hidupnya tersebut bermanfaat atau bernilai setelah bisa memberikan kontribusi dirinya dengan membantu melalui apa yang ia bisa. Kegiatan sukarelawan juga bisa mengisi ruang kosong dalam hidup yang tak bisa diisi dengan hanya pencapaian-pencapaian atau kepuasan pribadi saja. Kemudian semakin memberikan arti bahwa manusia memang tak bisa hidup sendiri dan kebahagiaan akan bertambah jika dibagikan.

3. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Tim

Dengan menjadi seorang volunteer nyatanya juga mampu untuk membuat Anda berkesempatan untuk membangun kerjasama dengan tim. Misalnya saat berkoordinasi dengan tim, bagaimana berkomunikasi yang tepat agar tujuannya tercapai. Kemampuan yang satu ini punya manfaat yang sangat besar di dalam kehidupan sosial Anda kedepannya nanti.

4. Membuat Kita Menjadi Lebih Mensyukuri Hidup

Jika ada yang selalu merasa kurang dalam hidupnya karena melihat orang lain yang statusnya lebih tinggi dan terlihat lebih segalanya, maka dengan ikut menjadi volunteer ini Anda akan melihat sebaliknya atau setidaknya menemukan perspektif baru dalam hidup. Kegiatan volunteering dapat melembutkan hati dan membuat kita menjadi lebih menjadi manusia seutuhnya.

5. Mengasah Kepekaan Terhadap Sekitar

arti volunteer adalah
pict: pch.vector (freepik)

Terkadang hidup ada masanya terlalu fokus dengan diri sendiri karena banyak hal yang harus diselesaikan atau setidaknya dicapai. Rutinitas yang monoton juga seringkali menambah kurang pekaan pada sekitar dan bisa saja ada kalanya membutuhkan bantuan dari kita. Dengan volunteering akan mengasah kemampuan menjadi lebih peka akan keadaan dan permasalahan di sekitar. Tak perlu hal yang besar, dengan bantuan yang kecil pun kita dapat membantu pada sesama dari yang paling dekat.

6. Menambah Pengalaman dalam Hidup

Volunteering itu tak hanya itu-itu saja, tentunya akan menambah pengalaman baru dalam hidup yang tak ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Di sisi lain pengalaman ini bisa menjadi nilai tambah pembelajaran dalam hidup secara personal, maupun pengalaman secara teknis yang dapat diceritakan atau menunjang karir seperti leadership, kerja sama tim, resiliensi, komunikasi, dan sebagainya. Tentunya bergantung pula pada jenis volunteering, misalnya bersama dengan tim dalam jumlah besar atau kecil, untuk acara tertentu atau kejadian luar biasa, dan sebagainya.

Banyak bukan manfaatnya, jadi jika ingin menambah pengalaman dan menemukan jati diri yang sebenarnya maka bisa mencoba ikut menjadi volunteer ini. Kegiatan ini juga sering direkomendasikan jika pelajar atau mahasiswa sedang dalam masa libur untuk mengisi waktunya. Arti volunteer adalah seseorang yang menjadi relawan untuk acara dengan ikut menyumbangkan tenaga, pikiran dan waktu mereka. Wahana Visi Indonesia juga punya program menarik ini dan kita bisa menjadi bagian di dalamnya untuk berkontribusi.

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.