Lembutnya Mini Softcake Kukus dan Kopi Susu Ala Kafe Tiga Sapi Susu Evaporasi

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hola hai! Apa kabar?

Sudah beberapa bulan ini saya mulai mengalami kendala perihal porsi makanan, terutama kalau sedang makan di luar. Rasanya dikit aja udah kenyang, dan selebihnya perlu waktu lama untuk menghabiskannya. Yeees, prinsip tetap menghabiskan makanan yang tersaji karena bagi saya makanan itu ada dua: enak dan enak banget. 

Resep Challenge Kreasi Merah Putih

Nah, jika pesan makanan di luar kan nggak selalu bisa request untuk mengurangi porsi ya, kecuali misal kalau nasi bisa dikurangi porsinya. Makanya sekarang jika kira-kira mau ke luar dan ada agenda makan di dalamnya—apa pun itu, selalu memperhitungkan terlebih dahulu di rumah untuk hanya sedikit makan terlebih dahulu. Makin ke sini juga justru jadi sering bungkus atau takeaway, karena menyantapnya bisa bebas tanpa harus dilirik atau nggak enak karena duduk terlalu lama.

Selain itu juga jadi suka mencoba berbagai resep atau bebikinan sendiri di rumah. Memang sih, kadang rasanya nggak seenak kalau beli atau disajikan dari proses tangan orang lain, tapi ternyata hal ini juga butuh hal bernama kebiasaan. Hahaha. Seperti ketika sepanjang hari sedang banyak mendung dari pada sinar mataharinya, tambah malas juga ke luar dan akhirnya membuat resep kreasi sendiri di rumah.

Sasaran utama kali ini adalah membuat mini softcake kukus, alasannya karena lagi ingin mencoba dessert. Ternyata untuk ukuran atau porsi kecil, membuatnya tanpa perlu melalui huru hara heboh dahulu. Simpel, dan juga waktunya tidak lama. Cakep, sekalian bikin untuk challenge kreasi merah putih jadi bisa pas untuk berbagi waktu dengan kegiatan lainnya.

Resep Challenge Kreasi Merah Putih Mini Softcake Kukus Rumahan

Berkat melihat resep-resep yang mudah, bahannya sebenarnya mudah aja dan bisa dari dua bahan yaitu susu segar dan biskuit. Namun ketika di toko bahan kue saya kepincut dengan nama susu evaporasi. Waw, malah jadi inget pelajaran IPA tentang proses hujan. Tapi ini beda ya, bestie, susu evaporasi ini multiguna karena bisa untuk campuran hidangan manis maupun asin seperti sup, hidangan pasta, dll karena sifatnya bisa sebagai pengganti santan.

Nah susu evaporasi ini sendiri teksturnya lebih kental dari pada susu segar karena telah melalui proses pemanasan. Dari sana, kandungan airnya berkurang sebanyak 60% dan tinggal menyisakan zat gizi yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi segar. Jadi dari segi kalori dan protein juga jadi lebih tinggi, plus biasanya tanpa ada tambahan gula juga. Cocok kan ga sih ini untuk tambahan energi?

Dari sana jadi niat awal mencampurkan biskuit dengan kental manis dan air aja jadi berubah ke Tiga Sapi susu evaporasi, sedikit tambahan Tiga Sapi Kental Manis juga. Itulah mengapa kedua primadona ini yang akan ada pada resep yes. Untuk selengkapnya mari simak detailnya di bawah ya:

Bahan:

Tiga Sapi Kental Manis

  • Biskuit 133 gr, untuk biskuit ini saya pilih oreo karena ada kesan pahitnya.
  • Tiga Sapi Kental Manis
  • Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • Mentega
  • Telur 1 butir
  • Bahan topping yang bisa disesuaikan, kalau saya menggunakan keju dan krim dari biskuitnya.

Cara Membuat:

  • Karena saya menggunakan biskuit Oreo, jadi terlebih dahulu dipisahkan bagian keping biskuit dengan krim dan simpan.
  • Haluskan keping biskuit Oreo tadi, bisa menggunakan blender agar lebih cepat. Tapi bisa juga ditumbuk halus dengan gilingan kayu untuk kue.
  • Sembari mengolah adonan ini, jangan lupa untuk mempersiapkan panci kukus sehingga nanti sudah siap ketika adonan sudah dalam cetakan.
  • Jika sudah halus, campurkan dengan tiga sapi susu evaporasi dan telur, kemudian aduk. Pastikan kekentalan pas, jangan terlalu encer juga.
  • Masukkan 1 sendok makan mentega yang sudah dicairkan.
  • Masukkan 2 sendok makan Tiga Sapi Kental Manis untuk kesan manis. Tingkat kemanisan di sini sesuai selera, sedang saya menyukai dengan mempertahankan hint pahit dari biskuitnya.
Tiga Sapi Kental Manis
  • Siapkan wadah dan terlebih dahulu oleskan dengan mentega tipis-tipis. Masukkan dalam wadah khusus tahan panas atau cetakan. Ingat jangan sampai full karena nanti akan mengembang.
  • Di sini saya membagi menjadi dua adonan, pertama yang polosan dan kedua ditambahi dengan keju yang dipotong kotak kecil-kecil.
kreasi resep softcake kukus

  • Kukus adonan tersebut selama 20 menit dalam api sedang. Lumayan nih waktunya buat cuci-cuci alat yang habis digunakan, hihi.
  • Jika sudah, tunggu sampai dingin kemudian siap dipotong dan dibubuhi topping.
  • Hasil challenge kreasi merah putih versi softcake ini siap dinikmati, darling~

kreasi resep tiga sapi kental manis

Rasanya? Pas dong, sesuai dengan perkiraan hihi. Terus saya jadi penasaran kalau versi nggak pakai telur, nanti deh kapan-kapan coba lagi dan dengan tambahan isian atau filling. Kaaan jadi dapet ide baru~ Terus jadi inget sama Challenge Kreasi Merah Putih yang sedang diadakan oleh Instagramnya @lezatnyatigasapi. Jadilah menggunakan krim stroberi dan keju untuk memberi kesan tema ini, ya walau jatuhnya ini pink ya hihi. 

kreasi merah putih

Pssst, ngomong-ngomong mengenai Challenge Kreasi Merah Putih, sudah tersedia hadiah total 5 juta menanti serta ada saldo e-wallet sebesar Rp200.000 untuk pemenang favorit tiap minggunya. Apakah harus ada unsur warna Merah Putih? Nggak dong, temanya ini membuat kreasi makanan atau minuman tradisional khas Indonesia pakai produk Tiga Sapi Susu Evaporasi atau Tiga Sapi Kental Manis. Yuhuu mumpung masih suasana Agustusan, yuk ramaikan! Informasi lengkap bisa meluncur di Instagramnya @lezatnyatigasapi ya!

Kopi Susu Ala Kafe dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Terus waktu dalam proses membuat mini softcake ini jadi terpikir, kenapa nggak sekalian aja bikin kopi susu. Sebagai penyuka kopi, sudah beberapa kali juga mencoba kombinasi kopi susu yang dibuat di rumah, apalagi sejak masih adanya kebijakan di rumah aja. Tapi kalau yang versi dicampur dengan susu evaporasi belum pernah dong, kan mumpung masih ada sisanya dalam kotak yang sama jadilah sekalian.

Bahan:

  • 2 sachet (2gr) kopi hitam tanpa ampas dan tanpa tambahan gula.
  • Tiga Sapi Susu Evaporasi.
  • 1 sendok Tiga Sapi Kental Manis

Cara Membuat:

Untuk membuatnya ini gampang pol karena cukup larutkan kopi dengan air terlebih dahulu kemudian masukkan susu evaporasi Tiga Sapi kira-kira setengah gelas. Tambahkan air agar tidak terlalu kental dan juga 1 sendok Tiga Sapi Kental Manis agar ada rasa manisnya. Tapi tidak ditambah atau dikurangi jadi setengah juga tak apa, sesuai selera.

kreasi resep tiga sapi susu evaporasi

Takjub banget karena memang rasanya jadi creamy, tetap ada pahitnya tentu saja dan lebih rich. Persis sama cappuccino kalau yang dibikin di coffee shop atau kafe gitu. Astaga, ke mana aja sih baru nemu formula gini, bahannya juga murah dan bisa menghemat tentunya.

Kalau untuk kreasi merah putih versi minuman, temen-temen bisa nih misalnya membuat minuman cendol, red velvet yang kekinian itu, atau rasa strawberry. Kebayang belum nih enaknya?

Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis si Primadona

Tahu nggak sih sepanjang membuat softcake dan kopi susu di atas udah kepikiran untuk pengin bikin resep-resep lainnya menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis. Ada oatmeal, pasta, salad buah, mi goreng pedas creamy, sampai soto betawi. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Multiguna banget susu evaporasi Tiga Sapi ini dan harganya juga terjangkau aja loh fren. Bisa ditemukan di minimarket, supermarket, toko online, dan juga toko bahan kue. Harganya? Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Kalau Sudah Dibuka, Bisa Ditutup Kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%. Cakepnya lagi menggunakan kemasan kotak yang ternyata pertama di Indonesia, dilengkapi dengan tutup ulir jadi memudahkan untuk penggunaan dan juga penyimpanan.

Seperti yang disebutkan di atas kalau bisa untuk campuran minuman seperti kopi, pembuatan puding, aneka dessert, dan juga pengganti santan. Memang enak sih, rasa creamynya ini yang bikin hidangan termasuk aneka resep kreasi merah putih yang lagi dijadikan challenge ini jadi lebih lezat. Terus pastinya lebih sehat karena kandungan utamanya tetap utuh dan lebih kaya karena lebih pekat.

Sedangkan untuk Tiga Sapi Kental Manis ini juga cocok abis dioleskan ke roti tawar atau topping. Ya bisa juga sih untuk membuat minuman kopi, biasanya namanya kopi dolce hihi. Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Nah jika temen-temen pembaca punya resep andalan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi atau Tiga Sapi Kental Manis, bisa sekalian ikutan challenge kreasi merah putih juga. Enak kan dapet sedapnya hidangan dan kesempatan menangnya nanti. Yuk, abis ini bikin apalagi kita?

18 komentar

  1. Terus terang baru tahu ada brand Tiga Sapi ini.
    Coba ntr nyari di minimarket deket rumah ah.
    Nyaaamm banget mbak makanannya. Resepnya pun gampang dicontek. Bisa jadi alternatif camilan homemade untuk anak2 nih TFS

    BalasHapus
  2. wiih keren deh mba, ini ala ala mini softcake oreo coklat yaa.. bisa dicoba nih di rumah buat variasi menu bekal anak. kebetulan passs lagi kehabisan ide mau kasih bekal apa lagi hahah

    BalasHapus
  3. Sungguhan suka banget sama mini softcake.
    Cara buatnya bisa dengan mudah menggunakan bahan lezat seperti Tiga Sapi Susu Evaporasi Indofood.

    BalasHapus
  4. Duh, sore-sore baca postingan ini jadi laper pengen cemilan juga. Apa langsung eksekusi aja mini softcake kukus ini ya, mumpung di rumah ada tiga sapi kental manis juga.

    BalasHapus
  5. Yummy...
    Ngilerr kuenya enaak sepertinya tambah teh hangat sambil leha2 di rumah enaak banget ya bunn...

    Susu evaporasi cap tiga sapi bikin penasaran oengen cobain juga (gusti yeni)

    BalasHapus
  6. Wah boleh juga nih dicobain praktekkin resepnya, kayanya enak nih, kuncinya yang jelas sih di susu evaporasinya yaaa

    BalasHapus
  7. mba kayaknya softcakenya enak banget keliatan lembut banget, saya suka kue-kue basah seperti ini, apalagi coklat gini warnanya berasa makan brownies

    BalasHapus
  8. Wah ini tinggal kukus ajanpakai dandang ya.. wah qku jadi terinspirasi nih

    BalasHapus
  9. uwuwu, aku suka banget softcake begini. Kalau aku suka pake telur meski cuma 1 biji doang mb. menurutku, bikin roti kalau tanpa telur kek ada yang kurang :D. Susu evaporasi ini bisa jadi pilihan juga ya, mantap. Makasih resepnya, Mbak. Pan-kapan aku recook yaa

    BalasHapus
  10. Hmm menggoda banget soft cake kukus nya, anak anakku juga pasti suka kalau dibuatkan. Boleh intip resepnya lagi kapan kapan ya mbak, siapa tau ada niat dan waktu untuk nyobain resepnya...

    BalasHapus
  11. Ya ampun kak Marfa, kelemahan aku banget nih masakannya. Softcake kukus dan cokelaaat, huhu jadi pengen ambil buat sesuapan deh mkwkwk. Jadi penasaran juga pengen recook, otw beli Tiga Sapi dulu ah

    BalasHapus
  12. Jadi penasaran pake bahan pewarna apa tuh jadi pink? klau saya emang gk pakai pewarna sintetik, biasanya bikin dari buah naga atau bit.. warnanya emang gk sebagus pewarna sintetik

    BalasHapus
  13. Mantab sekali susu evaporasi tiga sapi ini ya kak. Bisa untuk hidangan asin maupun hidangan manis. Cocok buat kue cocok juga buat minuman seperti kopi dan es. Wah sekarang kalo butuh santan sudah bisa lebih sehat dengan evaporasi susu tiga sapi

    BalasHapus
  14. Wah, bisa juga buat olahan cake dengan evaporasi. Jadi pengin beli nih Susu Tiga Sapi buat bikin donat. Kebetulan sekali si kecil lagi pengin dibuatkan donat.

    BalasHapus
  15. Huaa mudah ya membuat Mini Softcake Kukus Rumahan ini. Bahan-nya mudah didapat, enak pula. menggunakan Tiga Sapi dan Oreo, sungguh perpaduang yang mantap.

    BalasHapus
  16. Ya Ampyun imut banget bikin gemess yg melihatnya pengen nyomot nyomot. Susu cap tiga sapi boleh nih di coba yaa (gusti yeni)

    BalasHapus
  17. Ya Allah bikin mupeng aja kreasinya mana bahannya gampang didapar pula.
    Harga 12.000 per kaleng, wah terjangkau juga ya, bisa buay berulang ulang makanan ya

    BalasHapus
  18. Kayak kue balok ya, enak banget keliatannya :D
    Jadi pengen bikin buat cemilan di rumah
    Thank you mba inspirasi resepnya

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.