Cara Memilih Jenis Sikat Gigi Yang Tepat

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo hai, apa kabar?

Sejak mendapatkan tindakan cabut tiga gigi geraham dan scaling perdana dalam hidup, saya jadi makin perhatian sama kesehatan gigi dan mulut. Pastinya, bukan hanya untuk fungsinya dalam sehari-hari, kesehatan gigi dan mulut juga akan mendukung penampilan yang mana berpengaruh pada kepercayaan diri. Makanya, kalau sudah waktunya ganti sikat gigi, yang dilihat bukan hanya dari harga sikat gigi namun juga jenisnya.

cara memilih jenis sikat gigi
pict: Benny1900, pixabay

Dulu sih masih suka asal-asalan atau tinggal beli aja, padahal rasa nyaman dan cocok itu sangat penting. Pernah juga karena memilih asal, malah membuat sariawan. Dari pengalaman itulah jadi memperhatikan jenis sikat gigi yang memang cocok untuk kondisi gigi. Sesuai lah kalau sedang mencari pasta gigi yang cocok, nah kalau poin yang ini sih karena saya suka kopi jadi perlu pasta gigi yang tepat pula.

Cara Memilih Jenis Sikat Gigi yang Tepat

Baiklah, jadi biar kita maksimal dalam menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut, sudah saatnya kita mencari sikat gigi yang tepat. Cara memilih sikat gigi tersebut bisa dilihat sebagai berikut:

1. Pilih Sikat Gigi dengan Bulu Nilon

Rasanya pasti akan puas ya kalau sehabis menyikat gigi, rasanya jadi kesat? Tapi hati-hati juga ya, jangan terlalu keras ketika sedang menyikat gigi. Memilih sikat gigi juga berpengaruh, maka pilihlah bulu sikat gigi dengan bahan nilon, halusnya pas atau medium, dan memiliki panjang bulu yang rata sehingga mudah digunakan. Terutama bagi Anda yang memiliki gusi sensitif, pastikan memilih bulu yang halus untuk menghindari gusi berdarah.

2. Perhatikan Ukuran Kepala Sikat

Selain melihat dari ukuran halusnya bulu sikat, perhatikan juga untuk ukuran kepala sikat. Pilihlah dengan ukuran yang tak terlalu besar atau sedang agar bisa menjangkau ke seluruh area dalam mulut. Sehingga nantinya bisa menjangkau ke area belakang seperti geraham dan juga sela-sela gigi untuk menjangkau sisa-sisa makanan.

3. Pilih Sikat Gigi dengan Handle Grip

Langkah selanjutnya yaitu dengan memperhatikan area pegangan gigi. Pilihlah dengan kelengkapan area handle grip dengan bahan non-slip atau karet yang mudah digenggam. Hal ini karena biasanya saat menyikat gigi, kita bersentuhan dengan air dan juga pasta gigi yang licin, sehingga proses menyikat gigi dengan adanya handle grip ini akan tetap nyaman.

4. Jangan Tergiur Harga Sikat Gigi Murah

Harga sikat gigi ini variatif memang dan biasanya ada yang dikemas dalam bentuk bundle maupun satuan. Memilih harga sikat gigi yang lebih murah dengan yang lainnya apalagi bundle terlihat menggiurkan dan lebih hemat, apalagi jika bisa share untuk anggota keluarga lainnya. Hal tersebut tentu saja boleh saja, asalkan tipe dan bentuk sikat giginya sesuai dan nyaman untuk digunakan. Cermati dahulu tulisan-tulisan yang tertera, tentunya kita juga tak ingin rugi bukan?

Cara Menyimpan Sikat Gigi yang Benar

harga sikat gigi
pict: sanmoorg, Pixabay

Hayo siapa yang masih pakai sikat gigi itu-itu aja sedari lama? Atau baru mengganti sikat kalau sudah benar-benar bulunya sudah berubah bentuk? Hehe, jangan dibiasain lagi ya teman-teman jika masih punya kebiasaan tersebut. Sudah saatnya kita menyimpan dan merawat sikat gigi dengan tepat dengan cara berikut:

  • Ganti Sikat Gigi 2-3 Bulan Sekali

Harga sikat gigi ini kalau untuk jangka waktu 2-3 bulan mah nggak berat-berat banget dong. Jadi selalu perkirakan ya kapan saatnya untuk mengganti sikat gigi ini. Terutama kalau sudah berubah warna atau berubah bentuk, biar fungsinya tetap maksimal. Nah jadi bukan periksa gigi rutin 6 bulan sekali aja, namun mengganti sikat gigi ini juga perlu.

  • Selalu Gunakan Helm/Penutup Kepala Gigi

Dalam satu paket sikat gigi biasanya sudah ada nih termasuk helm atau kepala sikat giginya. Itu bukan hiasan atau dipajang saat display aja dong tentunya, namun untuk digunakan kalau sikat gigi sedang tak digunakan. Jangan malas-malas menutup kembali sikat gigi ini dengan penutupnya ya, karena bisa melindungi dari tetesan cairan atau air maupun dengan sikat gigi lainnya.  Menggunakan penutup sikat gigi juga setidaknya akan menghindari bakteri berkembang lebih banyak dalam keadaan lembab.

  • Simpan di Tempat Terpisah

Biasanya di kamar mandi suka campur gitu atau berdekatan ya dengan perlengkapan mandi lainnya. Nah bisa nih mulai memisahkan tempat penyimpanan atau rak di tempat yang terpisah. Bisa juga dengan opsi menyimpan sendiri-sendiri atau tempat yang terpisah, asalkan jauh dari area toilet agar tak terkontaminasi bakteri.

  • Jangan Digunakan Bersamaan

Wah kalau ini jangan sampai ya, guys. Soalnya bisa menularkan penyakit karena infeksi jika salah satu sedang mengalami masalah di rongga mulut. Selain itu, menggunakan milik sendiri tentunya akan merasa lebih nyaman bukan?

Nah itu dia cara memilih jenis sikat gigi dan cara merawatnya dengan tepat. Semoga kesehatan gigi dan mulut teman-teman senantiasa terjaga ya pastinya. Ketika baca tulisan ini, sudahkan teman-teman menyikat gigi? Hihi, jangan sampai terlupa ya terutama kalau sudah akan beranjak tidur di malam hari. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.