Santap Segar dan Penuh Nutrisi di Nuansa Hari Minggu

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Tak terasa ya, sekarang tuh kerasa bentar aja udah weekend. Tau-tau sudah hari Jumat, dan Minggu sore juga rasanya sudah Senin aja. Perasaan baru kemarin beli sayur, bahan lauk, dan mampir ke toko buah untuk meal prep, sudah butuh restock aja.

resep kangkung asam manis

Tapiii, ada nggak sih yang seperti saya? Kalau weekend sudah datang, selalu prioritaskan hari Sabtu aja untuk acara di luar pekerjaan seperti bertemu teman, main, dan belanja ini itu. Kalau Minggu bawaanya pengen nyantai di rumah aja, beresin ruangan, dan pokoknya menikmati waktu di rumah.

Makanya hari Minggu itu rasanya jadi khas banget, apalagi kalau pas siang-siang dan waktunya lenggang, enak banget buat nonton film-film Ghibili hihi. Terus biasanya kalau Minggu ini sarapannya jadi lebih siang, lebih santai gitu pokoknya. Nah karena khas inilah, apalagi kalau cuaca panas, cocok untuk menyantap yang segar-segar.

Saya punya salah satu masakan favorit resep dari Ibu sejak pertama kali diperkenalkan dulu, namanya Kangkung Asam Manis. Aroma asam manisnya beuh, mantap betul. Terus ternyata cara membuatnya ini amat mudah dan bahan-bahannya juga nggak banyak serta mudah ditemukan pastinya.

Berhubung Minggu adalah waktunya untuk mengisi energi dan mood untuk persiapan Senin, cocoklah memang masakan ini khusus untuk mengisi nuansa Hari Minggu ini. Barangkali teman-teman ingin mencoba recook juga boleh lho, resepnya di bawah ya:

Kangkung Asam Pedas Manis

kangkung asam manis pedas

Bahan:

  • 1 ikat sayur kangkung
  • 2 siung bawang putih
  • Gula Merah
  • Terasi 1 balok kecil/bungkus (4.2g)
  • Garam
  • Asam Jawa (1 tangkai buah)
  • Cabai Rawit 6 (sesuai selera ya untuk tingkat kepedasannya)

Cara Memasak:

  • Kangkung dipotong-potong terlebih dahulu, jangan lupa untuk dicuci bersih.
  • Terasi terlebih dahulu dibakar agar aromanya dan rasanya lebih sedap.
  • Siapkan bahan untuk bumbu dengan uleg cabai, garam, bawang putih, terasi, gula merah, dan asam. Cicipi terlebih dahulu tingkat pas rasanya, jika ada yang kurang bisa ditambahkan dengan bahan yang dibutuhkan.
  • Rebus kangkung sampai agak layu, usahakan jangan sampai terlalu layu agar manfaat nutrisinya masih banyak. Jika sudah, tiriskan.
  • Kemudian campurkan kangkung rebus tersebut dengan bumbu asam tadi, siap disantap.

Mudah sekali bukan? Jika ada yang bertanya, kok sambalnya mirip dengan sambal terasi tanpa tomat, ya memang betul. Ibu saya juga berkata demikian, hanya bedanya menggunakan asam. Lha, waktu kecil dulu saya kira berbeda, hihihi. Kemudian kalau di keluarga kami, masakan ini termasuk memorable karena resep ini Ibu bawa kala masa merantau di kota orang dulu.

Jus Nanas Seledri

Sedep nih menyantap yang hijau-hijau, hari Minggu yang biasanya cenderung cerah itu juga kurang kalau belum dilengkapi dengan minuman segar dan sehat. Kalau bagian ini, percayakan saja dengan buah yang tentunya mudah saja ditemukan toko buah yaitu nanas!

jus nanas seledri segar

Caranya juga mudah, tinggal dibuat jus saja dan campur dengan seledri. Apakah rasanya aneh? Wah, awalnya saya juga berpikir demikian namun ketika dicoba enak-enak saja lho, jadi mirip dengan tekstur makan buah belimbing dengan ada asam dan kesan serat-seratnya. Oh iya, untuk jus nanas seledri ini nggak perlu ada tambahan pemanis apapun ya karena sudah ada manis dari nanasnya.

Manfaat dari jus nanas seledri ini tak main-main lho, gengs. Mulai dari untuk detoks racun di tubuh, melancarkan proses pencernaan, mengurangi kadar kolesterol, sampai membantu permasalahan kulit wajah berjerawat dari dalam.

Beli Bahan-Bahan Jus Tanpa Harus Datang ke Toko Buah

Lengkap sudah hari Minggu yang menyenangkan ini, kalau kata orang-orang mah Sunday well spent. Memang lah Minggu enaknya untuk mengendurkan badan terlebih dahulu dan recharge dengan nutrisi kebutuhan tubuh. Makin enak karena ada yang mengerti kebutuhan belanja bahan jus nanas seledri tanpa kita kudu ke toko buah langsung.

Apakah cuma buah saja? Oh, tentu tidak dong. Dengan Sayurbox, buat teman-teman yang ada di Jakarta, Bali, dan Surabaya jadi bisa membeli buah, sayur, kebutuhan bahan pokok, makanan ringan, ikan, daging, telur, tempe, bahkan sampai seafood! Asyik-asyik, enggak perlu deh mandi-mandi buat persiapan ke toko buah atau pasar terdekat, energinya jadi bisa buat masak-masaknya aja hihi.

Pengirimannya juga bisa pilih berdasarkan slot, kalau untuk area Jakarta tersedia slot dini hari, pagi hari, siang, sore dan malam. Untuk area Bali tersedia slot pagi dan siang, sedangkan untuk area Surabaya tersedia tiga slot pengiriman yaitu pagi, siang dan sore. Kemudian kita juga bisa dapat gratis ongkir lho kalau belanja sebanyak 75rb ke atas.

Tebus Murah Buah di Sayurbox!

Memangnya, fitur di Sayurbox ini gimana aja sih? Tak hanya jadi menghemat waktu dan praktis di kita dong, tapi juga punya fitur berikut:

fitur sayurbox

  1. Sayurkilat, atau belanjaan bisa datang 1 jam untuk area Jabodetabek dan 2 jam untuk area Bali kalau kita ingin atau butuh cepat.
  2. Sayurtunai, cocok buat yang ingin cek dulu kualitas belanjaan yang datang, kemudian baru bayar.
  3. Sayurfluencer, ah lumayan banget kalau bagi link belanjaan dan sekalian jadi dapat komisi dari sini.
  4. Sayurpoin, jadi setiap belanja nanti bisa dapat poin yang jika sudah terkumpul bisa ditukar dengan kupon. Syarat dan ketentuan tentu saja berlaku, ya.

tebus murah buah-buahan di sayurbox

Seru kan? Tambah lagi nih biar seru karena sedang ada Tebus Murah Buah-Buahan mulai dari Rp1.000 aja yang sedang berlaku dari tanggal 15-31 Agustus 2022 ini. Jadwal paling dekat yaitu di Senin tanggal 22 sampai Rabu 31 Agustus nanti ada Strawberry Sweetheart 125gr Rp 1.000 saja dari harga normal Rp23.800. Masa iya mau dilewatkan?

tebus murah sayurbox

Nah, memang sudah saatnya belanja anti repot dengan adanya Sayurbox! Hari Minggu nanti, teman-teman sudah punya rencana membuat hidangan sehat apa nih? Share yuk di kolom komentar!
***

8 komentar

  1. Wah baru tau resep kangkung asam mani sini kak. Aku save ya karena tadi baru numis kangkung. Biar ada referensi masak kangkung dengan cara lain.
    Enak banget ya belanja sayur buah cukup dari rumah. Mau coba sayur box ahh

    BalasHapus
  2. sayur kangkung adalah salah satu sayur kesukaan saya mba, apalagi direbus terus dikasih sambal kayak begini, mantap banget ya mba, enak pastinya, duh samapi basah tenggorokannya langsung bayangin pelecing kangkung hehhe. btw sekarang dengan adanya Sayurbox jadi mudah untuk belanja ya mba

    BalasHapus
  3. Praktis ya dengan adanya Sayurbox kita bisa masak dengan bahan yang fresh dan menyehatkan karena masih berkualitas super.
    Kangkung sama jus nanasnya harus saya coba juga nih ...

    BalasHapus
  4. Duh kangkungnya menggoda.. mo nyobain juga aah. Btw... toss, aku kalau weekend juga mager masak hehe.

    BalasHapus
  5. Boleh nih beli sayuran segar di Sayurbox yah, pingin nyobain bikin jus nanas seledri juga kayak Umi Marfa, pastinya usus kita berterima kasih ya,, atas asupan enzimnya.

    BalasHapus
  6. Jasa jual beli sekarang beragam ya, sampai sayur mayur pun bisa di order by online. Jadi makin nggak ada alasan kekosongan barang kalau lagi belanja hehe

    BalasHapus
  7. Duh mbaa ikutan ngiler sama sajian segarnya iniiii, aku blm pernah sih nyoba nanas dijuss hihi.. biasanya langsung dimakan, tp kayaknya seger juga yahh

    BalasHapus
  8. makanan kesukaan semua orang rumah ini mbak, seger banget ya, tanpa nasi juga enak itu kangkungnya. ada syur box jadi nggak repot ya, tinggal tunggu di rumah sambil siapin bahan, sayurnya udah dianter

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.